Langkah Mudah Untuk Kulit Wajah Lebih Cerah



Allah menganugerahi kita dengan warna kulit yang berbeda-beda. Ada yang putih bersih, kuning langsat, sawo matang/kecoklatan dan hitam manis. Sementara iklan di media berseliweran meracuni pikiran kita  bahwa kulit yang putih identik dengan cantik. Akibatnya pemakaian kosmetik pemutih kulit pun meraja padahal ada berbagai kandungan berbahaya yang bisa menimbulkan keracunan bila digunakan dalam waktu yang lama

Padahal kebanyakan wanita Indonesia yang terlahir dengan kulit kecoklatan, harusnya lebih bersyukur. Kok bisa?  Ada zat dalam tubuh kita yang bernama melanin yang membuat kulit kita berwarna kecoklatan. Melanin adalah pigmen yang dihasilkan oleh melanosit yang berfungsi melindungi epidermis dan dermis dari bahaya radiasi sinar matahari. Radiasi ini akan menggelapkan warna melanin dan mempengaruhi melanosit untuk mempercepat laju produksinya. Ini berarti bahwa kulit yang gelap banyak mengandung melanin sehingga lebih tahan terhadap radiasi ultraviolet.

Nah, daripada menempuh cara berbahaya, berikut beberapa bahan alami beserta langkah mudah untuk wajah lebih cerah :

1.       1. Kentang

Kandungan vitamin C, asam folat, zat besi, kalium, zink, fosfor dan magnesium akan membantu mencerahkan dan menghaluskan kulit juga menghilangkan jerawat serta bekasnya. Selain itu, kentang juga kaya akan antioksidan yang menangkal ancaman radikal bebas dan penuaan dini. Jenis antioksidan dalam kentang adalah ceratoniod dan flavonoid yang dapat menghalau dampak negatif radiasi sinar matahari. Terdapat pula senyawa patatin yang berfungsi sebagai zat anti-inflamasi yang bisa meredakan peradangan pada jerawat dan kulit meradang pada jenis kulit sensitif.
Caranya : parut/blender kentang, bubuhkan di wajah secara merata, diamkan sekitar 20 menit lalu bilas. Untuk hasil terbaik lakukan setiap hari, sebelum mandi pagi atau malam sebelum tidur.
2.  Mentimun

Mentimun mampu mengikat kolagen yang bisa membuat warna kulit lebih cerah sekaligus melembabkannya.
Caranya potong-potong berbentuk bulat lalu gosokkan irisan di wajah Anda. Atau blender mentimun dan bubuhkan di wajah Anda, tunggu sampai mengering dan hapus dengan air dingin.

3.  Tomat

Tomat mengandung lycopene, antioksidan yang melindungi kulit dari kerusakan UV. Selain itu sebagai zat anti-penuaan dini.
Caranya  haluskan tomat, tambahkan air jeruk nipis, bubuhkan pada wajah, diamkan selama  10 menit, lali bersihkan dengan air dingin, lakukan secara teratur malam menjelang tidur.

4.  Madu

Membantu mencerahkan, sebagai pelembab alami dan memiliki sifat anti-bakteri yang bermanfaat untuk mengobati dan menghilangkan jerawat. Kandungan antioksidan dalam madu dapat membantu memperlambat penuaan dan menyamarkan bintik hitam di wajah.

Caranya : oleskan madu murni langsung ke wajah, biarkan beberapa menit dan bilas dengan air hangat. Atau buat masker dengan mencampurkan 1 sendok makan madu, jeruk nipis, susu. Oleskan di wajah dengan pijatan lembut. Biarkan selama 15 menit dan kemudian bilas dengan air dingin.

5.  Susu

Memiliki lemak alami, mineral, magnesium, kalsium, dan protein lain yang mencerahkan, mengencangkan dan menyehatkan kulit. Susu bekerja merangsang melanosit, sel-sel kulit yang menghasilkan pigmen melanin. Susu juga mengandung asam laktat yang mengurangi pigmentasi kulit yang membuat kulit lebih cerah.
Caranya : Basahi kapas dengan susu, gosokkan ke wajah secara lembut dan merata, Atau buat masker dengan mencampurkan 1 sendok makan madu, jeruk nipis, susu. Oleskan di wajah dengan pijatan lembut. Biarkan selama 15 menit dan kemudian bilas dengan air dingin.

Selamat Mencoba yaaa!😄


No comments:

Post a Comment