Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sering Susah Tidur? Konsumsi Makanan Ini!

Sering Susah Tidur? Konsumsi Makanan Ini!
“Dan Kami jadikan tidurmu untuk istirahat.” (QS An-Naba 9) 

Tidur memiliki manfaat utama untuk mengistirahatkan tubuh setelah beraktivitas, sebagaimana firman Allah di QS An-Naba 9.


Tips Susah Tidur


Sistem tubuh manusia ibarat mesin yang memerlukan waktu istirahat agar bisa bekerja optimal. Dan, istirahat yang terbaik adalah dengan tidur. Kebutuhan waktu tidur sendiri berbeda-beda tergantung pada tingkatan usia dan aktivitas harian masing-masing orang. Dan yang perlu diingat bahwa tidur yang berkualitas itu lebih penting daripada jumlah jam tidurnya. Karena jika kualitas tidur baik, maka badan akan lebih bugar, daya ingat meningkat, mengurangi stres serta membuat kualitas hidup bisa lebih baik. 

Tapi seringkali kita mengalami susah tidur saat sedang banyak pikiran, kelelahan atau karena menderita penyakit tertentu. Beberapa makanan berikut ini, mengandung bahan alami yang akan membantu Anda cepat terlelap dan memiliki tidur yang berkualitas. 



Susu kaya akan triptofan yang akan menghasilkan hormon serotonin (hormon kebahagiaan) yang dapat membuat perasaan rileks dan memperbaiki suasana hati sehingga membantu tidur lebih nyenyak. Tingginya kalsium di susu juga bisa membuat triptofan di otak memicu produksi hormon melatonin dalam tubuh yang berfungsi membantu menjaga kesehatan dan keteraturan sel tubuh, memperlancar aliran darah, menurunkan suhu tubuh dan kadar kolesterol. 


2. Pisang

Pisang mengandung magnesium yang dapat mengendurkan otot-otot yang tegang. Selain itu, juga mengandung triptofan yang memicu produksi serotonin di otak sehingga membantu tidur lebih lelap.


3. Madu 

Kandungan kadar gula yang alami pada madu dapat meningkatkan hormon insulin dan juga dapat membantu triptofan. Anda bisa minum 1-2 sendok madu atau menambahkannya ke dalam segelas teh hangat atau susu. 


4. Kentang 

Kentang dapat mengurangi kadar asam yang menjadi penghalang kinerja triptofan. Kentang juga sumber potasium yang berfungsi menenangkan otot, membantu melancarkan pembuluh darah dan pencernaan. 


5. Teh Herbal 

Beberapa jenis teh berkaitan erat dengan peningkatan glisin, zat kimia yang membuat rileks saraf dan otot, serta bertindak seperti obat penenang ringan. 


6. Apel 

Apel kaya akan vitamin B, vitamin C, kalium, seng, besi, fosfor, dan kalsium yang baik bagi tubuh. Aroma buah apel juga memiliki efek penenang dan hipnosis yang sangat kuat, sehingga bisa membuat Anda bisa tertidur lebih mudah dan pulas. 


7. Nasi 

Nasi memiliki indeks glikemik tinggi yang akan mempercepat timbulnya rasa kantuk secara signifikan. 


8. Telur 

Protein pada telur bisa membantu kadar gula darah tetap stabil saat tidur di malam hari. Mengonsumsi sebutir atau dua butir telur dengan roti gandum sangat disarankan, karbohidrat akan membuat triptofan dari protein bekerja lebih efektif. 


9. Camilan 

Setelah memakan cemilan/kue kering/kudapan, kadar gula darah dan insulin akan melonjak cukup tinggi, mempersingkat waktu yang dibutuhkan untuk tertidur. Seharusnya, kadar gula darah dijaga agar tidak menimbulkan perubahan suasana hati dan ketidakstabilan insulin. Namun, untuk bisa beristirahat, naiknya gula darah dan insulin sangat diperlukan agar triptofan terbawa ke otak dengan lancar, sehingga tidur pun lebih nyenyak. 



Coklat memiliki kandungan hormon serotonin yang bisa membantu tubuh dan pikiran menjadi lebih santai. Hal tersebut tentu baik untuk mempercepat teman-teman tertidur lelap. 


Baiklah, selamat mencoba yaa, Teman-teman..

Semoga tidurnya lebih nyenyak malam ini! 


Salam Sehat
Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

Posting Komentar untuk "Sering Susah Tidur? Konsumsi Makanan Ini!"