Tips Memasak untuk Pemula 


Tips Memasak untuk Pemula 

Sahabat Ummi, memasak selalu  diidentikkan dengan perempuan. Padahal, keterampilan memasak semestinya  dilatih sejak dini tidak hanya untuk anak perempuan tapi juga laki-laki. Sehingga saat dibutuhkan nanti, ia paling tidak bisa memasak untuk dirinya sendiri.

Karena suatu hari nanti, anak-anak akan hidup terpisah dari orang tuanya, untuk melanjutkan sekolah, bekerja atau berumah tangga.
Nah, jika anda termasuk yang jarang masuk dapur, ingin belajar memasak atau hendak mengajari putra-putri, berikut ini tips memasak untuk pemula yang layak untuk dicoba : 
1. Baca Resepnya
Resep masakan mencantumkan semua bahan masakan yang harus disiapkan, cara memasak dan informasi/tips yang terkait. Jadi jangan remehkan langkah pertama ini. Baca baik-baik resepnya dan ikuti petunjuknya. 
2. Siapkan Semua
Bahan apa saja yang diperlukan dan peralatan apa yang harus dipakai, siapkan sesuai resepnya. Lakukan kalau harus memanaskan air terlebih dahulu, membersihkan sayuran dan memotongnya bentuk dadu atau mungkin harus melumuri daging dengan bumbu dan menyimpan di lemari es lebih dulu. Juga, apakah panci atau wajan yang dibutuhkan. Semua siapkan! Sehingga saat semua siap, anda tak perlu mencari ini itu saat di depan tungku.
3. Jangan Tinggalkan Dapur
Mungkin di resep disebutkan, kukus selama 10 menit. Itu bukan berarti, anda bisa pergi ke depan televisi meninggalkan kompor yang sedang menyala. Tindakan ini berbahaya, karena jika anda lupa, masakan bisa gosong bahkan api dapat menjalar kemana-mana. Lebih baik anda tetap di situ menunggu, sembari merapikan dapur atau mencuci peralatan yang baru  digunakan.
4. Lupakan Improvisasi
Karena anda masih pemula, lebih baik tidak coba-coba mengganti jenis, jumlah bahan dan petunjuk yang ada di resepnya. Saat satu sendok teh garam menurut anda kurang, lalu mengubahnya menjadi satu sendok makan, jangan heran kalau hasil masakan nanti jauh dari harapan.
5. Gagal – Coba Lagi ( Ngga Enak – Masak Lagi)
BIsa karena biasa. Kalau anda sering mencoba lama-lama masakan anda akan makin sempurna rasanya. Semula anda memasak untuk diri sendiri, lalu untuk keluarga, lama-lama bisa memasak untuk menambah penghasilan. Siapa sangka!
Selamat mencoba ya, Sahabat Ummi! 

ummi online, 8 November 2016
Referensi: berbagai sumber / Ilustrasi: Google / Penulis: Dian Restu Agustina


  

No comments:

Post a Comment