Wahai Suami, Bersoleklah untuk Istrimu 


Sahabat Ummi, salah satu cara untuk menjaga keharmonisan dalam rumah tangga adalah dengan berusaha menyenangkan pasangan. Istri seharusnya tampil cantik dan menarik saat bersama suaminya, begitu juga suami semestinya selalu bersih dan rapi saat menemani istrinya. Namun sayangnya, hal ini sering diabaikan oleh para suami. Suami biasanya hanya berhias jika pergi bekerja atau keluar rumah saja. Sedangkan saat di rumah, ia malas memantaskan penampilannya untuk istrinya.

Bersolek untuk istri adalah hak yang harus dipenuhi suami, sebagaimana firman Allah dalam QS Al Baqarah 288 : “Dan para wanita (isteri) mempunyai hak yang sama (seimbang) dengan kewajibannya, melalui cara-cara yang ma’ruf.” Dalam sebuah riwayat, seorang suami yang berambut kusut dan tubuh berdebu berkunjung kepada Khalifah Umar bersama istrinya. Istrinya mengadu bahwa ia tidak cocok dengannya. Maka Beliau mengetahui akan kebencian wanita tersebut terhadap suaminya. Beliau perintahkan sang suami untuk membersihkan diri, merapikan rambut dan memotong kuku, lalu menghadap lagi ke sang istri. Istrinya menghindar karena tak mengenalinya. Setelah tahu bahwa itu suaminya tercinta, ia pun menciumnya dan mencabut pengaduan kepada khalifah.

Khalifah Umar pun menasihati : “Inilah yang seharusnya dilakukan oleh para suami untuk istrinya. Demi Allah, sesungguhnya mereka menghendaki kalian untuk bersolek, seperti kalian yang juga merasa suka jika mereka berhias untuk kalian.” Karena itu, suami yang bijaksana hendaknya bersolek untuk istrinya dengan mandi, berpakaian bersih, menggosok gigi, rambut dan kukunya selalu rapi, serta memakai wewangian, sehingga istrinya akan merasa gembira bersamanya dan senantiasa menjaga kehormatannya dari daya tarik pria lain. 

ummi-online , 30 September 2016 
Referensi : berbagai sumber / Ilustrasi: Google / Penulis: Dian Restu Agustina

No comments:

Post a Comment