Liburan Tuntas, Datanglah Si Malas



Klenteng Sam Poo Kong ~ Semarang

Libur panjang akhir pekan baru saja melenggang. Ada yang kemarin puas jalan-jalan ke berbagai tempat wisata atau pulang kampung menjenguk orang tua. Sementara yang di rumah saja, seperti saya, puas selonjoran dan bersantai sejenak dari kewajiban. 
Ketika libur usai dan rutinitas harus kembali seperti biasa, barulah terasa! Duh, malasnya! Liburnya udahan yaaa? Kok cepet banget..!😁

Bad mood kembali datang. Padahal tiga hari badan dan pikiran sudah diisi ulang. Harusnya fresh malah ngeles..#Huaaaaaaa!! Terus harus bagaimana menyiasatinya?

1. Susah Tidur

Biasanya mendera saat malam terakhir libur. Terbayang esok hari setumpuk pekerjaan telah menanti. Atau banyak janji yang harus ditepati. Tidur jadi tak nyenyak dan mimpi dijamin tak enak.

Atasi hal ini dengan melakukan rutinitas menyenangkan sebelum ke peraduan. Membaca bacaan kesukaan, mengisi teka-teki silang atau menonton film jenaka yang bisa bikin hati gembira. Asalkan tidak tidur kemalaman, karena esok hari energi penuh masih dibutuhkan.

2. Bangun Tidur

Aura liburan seringkali masih menghampiri di pagi hari. Rasa enggan tak kunjung hilang. Akhirnya, bad mood pun menjemput!

Sesaat sesudah bangun tidur coba tenangkan diri. Bagi yang Muslim ambil air wudhu dan tegakkan sholat. Atau lakukan meditasi/doa pagi bagi yang beragama lain. Beberapa menit saja agar keluar spirit dari hati terdalam sehingga Anda siap menghadapi hari dengan gagah berani.

3. Tidak Sempat Sarapan

Makan yang paling utama dalam sehari adalah sarapan karena merupakan sumber energi awal bagi badan. Tapi, lantaran buru-buru dikejar waktu, sarapan pun kadang terlupakan.

Siasati dengan sarapan kilat tapi sehat. Pisang, telur orak arik, sereal, roti isi tambah segelas susu, bisa jadi pilihan karena tak perlu waktu lama penyajiannya. Ingat, tidak sarapan bisa memicu Anda menjadi uring-uringan karena kelaparan.

4. Pekerjaan Tak Terselesaikan

Karena masih dalam suasana liburan, akhirnya terbawa ke pekerjaan. Anda merasa pekerjaan begitu lama selesainya. Tumpukan file di meja seperti tak ada habisnya. Pekerjaan rumah tangga sudah dicicil belum kelar juga. Aduh, bagaimana ya?

Di awal, coba Anda susun rencana hari ini apa saja yang akan dilakukan. Dahulukan dulu yang perlu. Yang bisa ditunda dikerjakan nanti saja. Rencana akan membantu Anda merampungkan tugas sesuai prioritas. Dan, akhirnya semua bisa tuntas.

5. Coba Libur Terus, Pasti Enak Yaaa !

Sekembali dari libur panjang akhir pekan, Anda jadi baperan: "Enak benar kalau banyak libur bisa santai macam di pantai!"

Haloooo! Liburan itu perlu biaya. Lha kalau Anda enggak kerja, mau dapat duit dari mana? Ayo, sekarang kerja lagi, cari rejeki,..agar bisa pergi-pergi!😎


Semangat yaaaa !😉





2 comments:

  1. Waah.. aku banget nih.. aku coba praktekkan deh.. TFS ya mbak.. bermanfaat..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siip...Sipp, Mbak Nabila..Sama-sama. Terima kasih yaaa :)

      Delete