Berakhir Pekan di Setu Babakan




(*Setu=danau)

Sebenarnya, libur akhir pekan dan Nyepi ini pengennya pergi kemana gitu.. Tapi, karena hari Rabu nanti, si Mas sudah ujian praktik kelas 6, akhirnya tahan diri dulu..

Selama ini, karena bersekolah di wilayah DKI Jakarta, anak-anak mendapat pelajaran muatan lokal PLBJ (Pendidikan Lingkungan dan Budaya Jakarta). Nah, biar lebih mengerti tentang budaya Betawi-sebagai suku asli sini, Setu Babakan bisa jadi pilihan untuk dikunjungi.

Setu Babakan adalah danau buatan seluas 30 ha yang terletak di Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Merupakan area resapan, ruang terbuka hijau sekaligus menjadi pusat perkampungan dan pelestarian budaya Betawi.

Pintu masuk ke kawasan ini ada di beberapa titik. Masuknya gratis, hanya dikenakan biaya parkir saja (motor 2 ribu/mobil 5 ribu)

teduh tempatnya
Setu Babakan dikelilingi pohon jamblang, kecapi, cempedak, jengkol, dan beberapa pohon langka lainnya. Hingga adem suasananya, cocok untuk main sepeda air, duduk-duduk menyewa tikar sambil menikmati bekal makanan dan menyewa kuda atau naik delman(biaya sewanya 5 - 20 ribu).

sepeda air

delman, sepeda air, pusat makanan

Bisa juga memesan makanan khas Betawi yang tersedia seperti toge goreng, kerak telor, soto betawi, rujak bebek dan tak lupa bir pletok. Minuman khas Betawi yang meski bernama bir tapi non alkohol karena terbuat dari secang, jahe, kapulaga, gula dan campuran rempah-rempah lainnya(harga makanan/minuman sekitar 10 - 20 ribu).


aneka pilihan makanan dan minuman

makan soto betawi dan soto mie...yummie
Setelah kenyang makan, lanjut menikmati wisata budaya yang disajikan, berupa rumah-rumah khas Betawi. Area juga dilengkapi panggung untuk pentas kesenian Betawi seperti Lenong, Gambang Kromong, Tanjidor. Selain itu juga ada pelatihan kesenian Betawi. Seperti tiap Minggu pagi ada anak-anak yang sedang berlatih Pencak Silat dan menari.


Puas berwisata budaya, jangan lupa berbagai oleh-oleh pun ada, misalnya dodol Betawi, tape uli, sagon, kembang goyang, biji ketapang dan lainnya. Juga baju khas Betawi yaitu baju Sadariah, baju Kurung, baju Ujung Serong, kaos bergambar tokoh Betawi, dan miniatur ondel-ondel (harga 10-100 rb).

oleh-oleh

Nah, ceritanye sekian dulu ye. Aye tutup dengan berpantun :

Ke Setu Babakan kita berwisata
Sambil belajar tentang Betawi
Mari lestarikan budaya Indonesia
Kalau bukan kita...siapa lagi







No comments:

Post a Comment