3 Cara Tercepat Mendapatkan Dana Darurat


Tiba-tiba ada anggota keluarga yang sakit. Kabar mendadak dari keluarga besar yang membutuhkan uluran tangan. Atau, ada keperluan keluarga tiba-tiba yang memerlukan dana segera. Sementara uang yang ada di rekening jumlahnya hanya cukup untuk pengeluaran harian saja. Atau, dana tunai sudah terlanjur didepositokan. Mungkin juga sebagian besar tabungan berwujud investasi yang sifatnya tak mudah dicairkan. Padahal dananya dibutuhkan sekarang. Mau berhutang? Hutang punya banyak risiko yang harus dipikirkan ulang. Lalu harus bagaimana?
Berikut ini 3 cara tercepat untuk mendapatkan dana darurat :

✔ Gadai Barang

Tahu nggak kenapa orang tua kita dulu menyimpan uang dalam bentuk benda berharga, seperti emas daripada kendaraan atau benda mewah lainnya? Karena saat dibutuhkan, emas bisa dengan cepat digadaikan. Prosesnya yang mudah membuat orang menjatuhkan gadai sebagai pilhan pertama saat membutuhkan uang segera. Tapi, kita juga harus hati-hati. Pikirkan sebelumnya apakah kita mampu menebusnya saat jatuh temponya tiba. Juga, pilih tempat pegadaian yang aman. Lebih baik lagi jika berinvestasi dalam bentuk logam mulia (emas batangan) bukan perhiasan. Sebab, harganya akan mengikuti harga pasar dan tak ada potongan. Sedangkan emas bewujud perhiasan akan terkena potongan jasa pembuatan, hingga nilai yang kita terima akan berkurang.

✔ Jual Barang


Benda-benda di rumah yang kondisinya masih bagus bisa dijual untuk mendapatkan tambahan rupiah yang diinginkan. Semakin besar nilai benda akan makin banyak hasil penjualannya. Kita bisa membawa laptop, HP lama, kamera, sepeda, TV, ke toko yang menjual dan membeli barang bekas. Atau lewat aplikasi jual beli online yang banyak tersedia kini. Tinggal klik, menyertakan foto dan kualifikasi barangnya, janjian dengan pembelinya, dan dapat uangnya! Tapi ingat, harus berhati-hati dengan maraknya penipuan yang sering terjadi lewat aplikasi online ini. Jangan sembarangan bertemu dengan calon pembeli. Lebih baik janjian di tempat keramaian dan ajaklah teman.

✔ Garage Sale



Mungkin di daerah belum umum mengadakan acara seperti ini. Tapi di kota-kota besar sudah mulai banyak diadakan. Sebelumnya, kumpulkan dulu barang-barang milik kita yang layak jual. Toh, daripada tak terpakai/jarang digunakan lebih baik dijual agar menghasilkan uang. Tentukan harga barang dan cantumkan label harganya. Jadwalkan waktu dan siapkan brosur untuk ditempelkan di papan pos sekitar perumahan. Mintalah ijin dulu pada pengurus lingkungan atau satpam perumahan. Buatlah petunjuk arah menuju rumah/tempat garage sale diadakan. Nah, saat hari H bersiaplah untuk mendulang rupiah. Agar banyak macam dan jumlah barangnya, kamu bisa juga mengajak tetangga atau teman untuk ikut serta. Adakan di balai pertemuan warga. Tentunya makin ramai yang datang akan makin banyak terjual barang.

Jadi, saat mendapati situasi yang mengharuskan diri berpikir cepat untuk mendapatkan dana darurat, 3 cara tersebut bisa bisa jadi pilihan untuk mendapatkan rupiah yang dibutuhkan. Tapi ingat, solusi ini hanya sementara saja sifatnya. Ke depannya, kita mesti lebih berhati-hati mengelola keuangan, hingga saat tiba-tiba butuh dana darurat kita tak akan kebingungan.



2 comments:

  1. gadai itu biasa aku lakukan kalo kepepet hahhaha, harganya masih mending dari pada garage sale

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak Ike, aku juga pernah kok..kwkwkw...Kalau garage sale barang kita kadang ditawar murah banget..hiks

      Delete