Bosan? Ini 5 Cara Mengatasinya!




"Bosaaaaaaaaaaaan!"

Hhhh..siapa juga yang nggak pernah bosan yaak?😏

Bosan, sebuah kata yang seringkali kita ucapkan saat jenuh melakoni sesuatu hal. Ibu rumah tangga, seperti saya, bosan pada rutinitas keseharian yang itu-itu saja. Seorang pekerja merasa bosan akibat mengerjakan tugas yang sama. Pelajar mengalami kebosanan lantaran tugas sekolah yang bikin hayati makin lelah. Ya, kebosanan memang bisa melanda siapa saja. Tua, muda, apapun profesinya.

Rasa bosan ada, ketika hidup menjadi rutinitas belaka. Dari waktu ke waktu yang dijalani hanya itu. Tak ada yang baru. Hingga membuat kita merasa jemu. Berdasarkan penelitian, jika kebosanan dibiarkan, bisa mengarah pada terjadinya depresi, kegemukan, kegelisahan, emosi meninggi dan menurunnya kemampuan diri. Hiiiiiii mengerikan bukan?😱 Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

Nah, berikut ini 5 cara menghilangkan rasa bosan yang bisa kamu coba:

πŸŽ€ Coba Hal Baru πŸŽ€


Agar tak jemu dengan kegiatan lamamu, cobalah sesuatu yang baru. Misalnya, bosan dengan menu harian yang terus diulang-ulang, coba saja resep baru dari internet, majalah atau yang sering di-share teman di sosial media. Siapa sangka hasil masakan kita bisa bikin buah hati makannya nambah dan nambah lagi (asal bukan ibunya yang beratnya nambah dan nambah lagiii...xixixiπŸ˜€)

πŸ’ Rubah Sekelilingmu πŸ’



Kalau ternyata di atas meja kerja ada hiasan, cangkir atau mungkin pigura foto yang sudah lama sekali berada di sana, kenapa tidak diganti baru saja. Atau, kala bosan dengan tatanan perabot rumah, coba rubah! Pindahkan hiasan yang ada di ruang tamu ke ruang keluarga, ubah susunan sofa, beri pigura hasil lukisan tangan si kecil lalu gantungkan di dekat meja kerja....Sesuatu yang baru di sekitarmu itu akan memengaruhi semangatmu.

πŸ‘ Tantang DirimuπŸ‘ 


Adakalanya kegiatan yang kamu lakukan itu bisa menimbulkan rasa jemu, karena kamu terlena di zona nyamanmu. Kamu merasa baik-baik saja di situasi kini, hingga tak mau menantang diri. Coba lakukan sesuatu yang sebenarnya kamu inginkan tapi tetap kamu simpan. Wujudkan impian itu! Kamu ingin mempelajari bahasa asing, tapi belum-belum sudah merasa itu tak penting. Ayo, pacu diri, kembangkan potensi! Hilangkan rasa bosan dengan keluar dari zona nyaman. Ssst, apalagi mau belajar apapun sekarang gampang kan, beragam online training bisa jadi pilihan. Praktis dan ekonomis.

πŸ‘• Bertemu Teman Baru πŸ‘•


Berjumpa dengan orang yang sama dengan bahasan yang tak jauh beda, bisa membuat rasa bosan melanda. Bergabung ke komunitas offline maupun online, berkenalan dengan kawan anyar di situ dan memulai obrolan hangat dengan mereka. Itu bisa membuat rasa jemu tak lagi mendera. Karena bisa ganti bahasan gosipnya. Upsss!

πŸ’ Rehat Singkat πŸ’



Jika merasa mentok, sebelum gondok, sana istirahat saja! Bosan lihat tumpukan berkas yang tak juga tuntas atau pusing dengan angka-angka yang ada di lembarannya? Pergi saja ke pantry dan nikmati secangkir kopi. Atau, jika hati gundah karena seharian di rumah, coba ke sudut ruang santaimu dan selesaikan rajutanmu. Putar lagu, baca buku favoritmu serta nikmati segelas teh hangat. Rehat singkat akan mengurangi penat dan meredakan kebosanan. Tapi singkat saja yaaa...Kalau kelamaan rehatnya, bisa-bisa banyak tugas kita yang tertunda. Ingat DL...DL...Jangan keseringan jadi Deadliners.πŸ˜‰

Jadi, lain kali saat jemu menerpamu, segera temukan teman atau kegiatan baru. Juga, agar bosan tak lagi datang, cobalah untuk melakukan perubahan pada diri hingga kamu merasa semangat lagi. Ayo, semangaaaat Kakak!! ^^

Nah, kalau kamu, apa yang kamu lakukan untuk mengusir rasa bosan? πŸ’–








6 comments:

  1. bertemu teman baru adalah hal yang biasa kulakukan, biar ga bosen gitu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siip ... teman baru=cerita baru...jemu pun berlalu πŸ˜‰

      Delete
  2. biar gak bosan, biasanya sy tinggal tidur 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setujuuu...Tidur itu sangat membantu. Bosan, kok susah-susah..Tidur ajaa dulu:D

      Delete
  3. Klu bosan saya akan jln sendiri gk tentu arah mba... Paling labuhannta ke pantai atau ke perpus..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ide bagus Mbak..jalan akhirnya merubah pandangan dan menyegarkan pikiran...Makasih masukannya:)

      Delete