Rileks Sejenak di Grand Mulya Hotel dan Gumati Waterpark



Akhir pekan lalu, saya dan keluarga bermalam minggu di Hotel Grand Mulya Bogor. Sebenarnya bukan ada niatan khusus untuk menginap di situ. Tapi karena suami memang lagi ada pekerjaan dan menginapnya di sana, jadilah saya dan anak-anak ikut serta.

Hotel Grand Mulya berlokasi di Jl. Babakan Tumas, Desa Cikeas, Sukaraja Sentul - Bogor, Jawa Barat. Tepatnya, dari Jakarta ke arah Bogor, melewati tol Jagorawi, keluar di pintu tol Sentul Selatan. Lalu menyusuri Jl. MH. Thamrin ke arah Jl. Babakan Madang, lalu lanjut ke Jl. Parung Aleng. Ikuti saja petunjuk arahnya, sampai menemukan papan nama Grand Mulya Hotel Bogor.


Rute ini agak berbelok-belok dan sedikit naik turun seperti pada umumnya contour wilayah Bogor. Jalan arah masuk lumayan bagus, tapi sempit, lebarnya hanya 3 meter. Jadi musti hati-hati saat bersimpangan dengan kendaraan lainnya. 

Hotel Grand Mulya Bogor menyatu dengan Gumati Waterpark dan Desa Gumati. Ketiganya ada dalam satu lokasi sehingga memudahkan pilihan apakah akan menginap di Desa Gumati yang tipe hotelnya bintang tiga atau di Grand Mulya yang merupakan hotel berbintang empat.


Hotel Grand Mulya ini, berkonsep resort and convention hotel hingga sasaran tamunya adalah perusahaan yang mengadakan acara meeting, training ataupun gathering. Selain itu, hotel juga menyasar tamu dari kalangan pribadi yang ingin mengunjungi beberapa tempat menarik yang ada di sekitarnya. Seperti Pemandian Air Panas Gunung Pancar, Jungle Land Sentul, Kebun Raya Bogor, Curug Leuwi Hejo dan Pasar Ah Poong Sentul.


Saat memasuki area hotel kita akan disambut dengan sebuah bangunan dengan aksen dinding bata yang dikelilingi area parkir kendaraan di sekitarnya. Area lobby berkonsep terbuka dengan posisi front office di sebelah kiri dan di sisi kanan beberapa set kursi rotan yang nyaman. Di sekitar area ini ada bunga berjajar segar yang memanjakan mata.


Masuk ke arah dalam terdapat De Yaga Lounge, area coffe break dengan beberapa sofa yang nyaman. Beberapa lukisan menghiasi dinding melengkapi pemandangan.


Berdiri dan memandang ke bawah, kita akan melihat kolam renang baik untuk dewasa maupun anak.


Di sisi kiri kolam renang ada De Gaya Resto yang menyajikan hidangan sarapan, makan siang dan makan malam.


Sementara di sisi kanannya ada saung besar, sebagai balai pertemuan yang berbentuk bangunan tradisional Sunda. Semakin jauh memandang, ada kolam pemancingan, halaman tengah hotel yang merupakan area outbond dan saung besar yang bisa jadi alternatif ruang pertemuan.


Semua area itu dikelilingi dengan tumbuhan dan bunga yang membuat sejuk sekitarnya. Juga dilengkapi pula dengan jogging track, bicycle track dimana sepeda disediakan oleh pihak hotel Grand Mulya.


Jumlah kamar yang ada sebanyak 161 kamar yang menempati 4 lantai. Tersedia 2 lift dan tangga untuk menuju kamar-kamar itu. Tipe kamar mulai dari Grand Superior, Grand Deluxe, Grand Park Deluxe, Grand Cabana Deluxe, Junior Cabana Suite dan Grand Cabana Suite. Kesemuanya dengan luasan mulai 30 - 148 meter persegi.

Grand Superior (tipe termurah...๐Ÿ˜€)
Fasilitas di dalam kamar bervariasi, tergantung pada tipenya. Mulai dari cable TV channels, internet acces, writing desk, sofa, bathroom amenities, self-controlled AC, IDD telephone, coffe&tea making, slippers.


Nah karena hotel ini menyasar kegiatan meeting, jadi paketnya pun lengkap tersedia. Mulai paket meeting dengan coffe break seharga Rp 105.000 / orang, sampai paket lengkap meeting+stay seharga Rp 1.245.000 / orang. Tinggal pilih sesuai kebutuhan.

coffe break duluu...kwkwkwk
Sedangkan untuk paket kamar biasa (tanpa meeting), tergantung pada publish rate atau paket promo untuk event tertentu.


Untuk ruangan meeting ada beberapa pilihan diantaranya mulai untuk 14 orang, sampai 3000 orang (indoor/ballroom) dan 3700 (outdoor/outbond area)

Sayangnya, beberapa tempat memang kelihatan kurang terawat. Ada lukisan yang mulai rusak tapi dibiarkan, timbunan sampah di dekat gerbang hotel (di lahan penduduk) tidak dihiraukan, dan beberapa makanan saat dipesan ternyata tidak tersedia.

Oh ya, waktu untuk check in adalah pukul 2 siang. Jadi, karena kami sudah tiba dari pukul sepuluh (acara suami mulai pukul 10), akhirnya anak-anak nunggu di lobby dan mulai rewel setengah mati. Gimana nggak, di depan Grand Mulya adalah Gumati Waterpark. Jadi mereka sudah mupeng habis melihatnya...๐Ÿ˜‚


Akhirnya, saya dan anak-anak pun ke sana ketika matahari mulai mereda. Gumati Waterpark adalah tempat rekreasi air keluarga dengan berbagai wahana menarik.


Saat tiba di lokasi, kita disambut lahan parkir yang luas. Lalu ada konter tiket di pintu masuk sebelah kanan.


Harga tiket untuk weekday adalah 50 ribu/orang dan untuk weekend 70 ribu/orang. Untuk weekday buka dari 08.00-17.00. Sedangkan weekend 08.00-18.00




Lalu ada konter penyewaan ban, toko baju renang dan kelengkapannya, berseberangan letaknya dengan konter tiket.

Wahana paling depan adalah tong siram yang lumayan luas, meski airnya terlihat keruh.

Nampak juga kios penjual snack dan baju renang yang sayangnya membuat kurang enaknya pemandangan.



Ada juga kolam waterboom yang bisa dijadikan pilihan setelah menyewa ban atau untuk sekedar seluncuran.


Untuk yang suka tantangan bisa coba seluncuran dengan ketinggian seperti ini:


Sayangnya, beberapa kolam tidak difungsikan lagi. Airnya tergenang dan kotor. Seperti whirpool sudah mati airnya.

Air mancurnya mati...
Sepertinya tempat ini kurang perawatan, padahal fasilitasnya lumayan. Hmm, sayang sekali! Akhirnya anak-anak ribut ngajak balik ke hotel, berenang di hotel saja katanya. Karena ekspetasi yang jauh dari realita ..#eaa

Jadilah kami, pesan makanan dulu, karena banyak mbak-mbak yang hilir mudik menawari pengunjung untuk memesannya (mungkin karena sedang sepi pengunjungnya). Jadilah pesan makanan/minuman yang harganya lumayan murah, 10-20 ribu rupiah.


Setelah kenyang, jalan pulang ke hotel. Sebelumnya mampir di selfie corner dulu.

gaya ala-ala adik dan ibuk...
Sesampainya di hotel, lanjut berenang lagi. Airnya memang lebih bersih di sini.


Dan, sore itu hari pun kami tutup dengan memesan makanan melalui layanan room service. Harganya lumayan terjangkau, meski sayangnya tidak semua menu yang ada di list tersedia, akhirnya menu anak pun boleh juga. Harga per setnya 45 ribu rupiah.


Setelah kenyang, karena capek langsung tidur di tengah suasana sekitar hotel yang tenang. Memang sepertinya harus sering-sering nih ke tempat seperti ini hihihi. Maklum tak hanya polusi udara, polusi suara pun di Jakarta sudah parah! 

Paginya setelah sarapan, kami bergegas check out (batas dari hotel jam 12 siang). Karena ingin singgah dulu ke kebun raya Bogor sebelum kembali pulang ke Jakarta.

Nah, buat kamu yang punya rencana berwisata ke Bogor, hotel Grand Mulya Bogor bisa jadi pilihan penginapan. Dan Gumati Waterpark bisa jadi tempat untuk rileks sejenak. Silakan cek info alamatnya berikut ini:


GRAND MULYA BOGOR
Jl. Babakan Tumas No.16 Desa Cikeas, Sukaraja Sentul, Bogor – Jawa Barat, 16710, Indonesia

Telephone Number
021-2296-8102
0821-1111-6449
0852-1088-8800

Fax
021-2296-8102

GUMATI WATERPARK
Jl. Babakan tumas No. 16, Sukaraja - Bogor

Office : (0251) 8270106 (08:00 - 17:00 WIB)

Selamat beriwsata yaaa....jangan lupa oleh-olehnya!๐Ÿ˜


Dian

12 comments:

  1. Sayang sekali ya tempat bagus begini kalau kurang perawatan :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak..padahal lengkap lho fasilitasnya, terutama Gumati, sudah banyak rusak di sana sini...sayang sekali

      Delete
  2. Padahal masuknya lumayan ya 50ribu tapi ga terawat gitu y mba di Gumati akhirnya anak2 berenang di hotel xixixi buang penasaran y mba ke GUmati :) makasih reviewnya mba jarang si main ke Bogor kalo kesana pengen coba deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu dia..heran juga sayaaa
      Mungkin karena itulah jadi sepi pengunjungnya..Sayang banget!

      Delete
  3. Asikkknya jalan-jalan teyus๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜ Adem kayaknya di sana yaa mak?

    ReplyDelete
  4. walah airnya kok keruh
    sayang banget
    biasanya wahana tong siram itu yang paling rame

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mas..padahal Sabtu..pompa air beberapa mati, jadi nggak ada sirkulasi, makanya keruh airnya..

      Delete
  5. Tempat asyik juga ya mba, cuman sayang aja gitu itu banyak yang kurang terawat.

    ReplyDelete
  6. Wah mantap sekali..dari ulasan mbak saya jadi pengen kesana...

    ReplyDelete