Honey Soufflé

Jajanan dari Dua Bahan





Hujan mengguyur Jakarta sore ini. Ngemil plus ngopi atau ngeteh enak pasti. Pas punya pikiran begitu, eh dua bocah di rumah lagi merengek minta dibuatkan camilan. Mikir sebentar, hmm enaknya bikin apa ya yang gampang dan tak perlu waktu panjang? Secara mereka nggak betah nunggu matangnya. Juga ibunya nggak mau kelamaan di dapurnya..hahaha.

Akhirnya teringat, kapan hari ada teman yang share video di Facebook dari Simple Cooking Channel. Sebuah resep mudah dan nggak perlu banyak bahan mentah. Cukup telur dan madu saja!
Honey Soufflé

Bahan:

2 butir telur (pisah kuning dan putihnya)
5 sdm madu



Cara membuat:

Masukkan madu ke kuning telur, aduk rata
Mikser putih telur sampai mengembang
Masukkan putih telur ke adonan kuning telur


Aduk rata adonan
Masukkan ke dalam cetakan


Oven selama 10-12 menit sampai matang kecoklatan


Sajikan hangat


Menurut website Food Detik, Soufflé (baca: suflé) adalah cake yang banyak menggunakan putih telur sehingga ringan dan mengembang. Cake ini disajikan sebagai menu utama yang gurih dan asin. Juga dijadikan makanan penutup yang manis. Keju, selai, buah, cokelat, pisang, berry dan lemon biasanya digunakan untuk memberi rasa pada soufflé. Ada dua bahan utama yang wajib ada dalam adonannya, yakni saus/krim perasa, serta putih telur yang dikocok hingga menjadi lembut mengembang. 

Adonan soufflé dimasukkan ke dalam mangkuk keramik tahan panas. Setelah itu, dipanggang di dalam oven hingga mengembang. Setelah dikeluarkan dari oven, 5-10 menit kemudian soufflé akan mengempis dan menjadi agak hangat. Barulah soufflé siap disantap.

Trik agar tidak gagal menurut website Guardian: menggunakan putih telur bersuhu ruang, mengukur bahan dengan teliti, memakai oven yang sudah panas, dan tidak membuka oven selagi soufflé dipanggang. 

Soufflé banyak disajikan hangat, namun bisa juga dikombinasikan dengan es krim dan buah atau saus. Meski, ada pula versi dinginnya. Varian ini sebenarnya adalah mousse berbahan gelatin kental, buah, serta campuran krim. Teksturnya ringan karena mengandung banyak putih telur. Biasanya soufflé jenis ini disajikan dingin atau beku. 

Nah, jika hanya ada dua bahan saja di dapurmu yaitu telur dan madu, kenapa tidak mencoba membuat Honey Soufflé saja? Oh ya, jika tak ada oven, sejatinya soufflé bisa dikukus, tapi untuk resep ini saya belum pernah mencoba dengan mengukusnya.


Happy Cooking..!!💗


Dian Restu Agustina

#ODOPOKT23
Tulisan ini diikutsertakan dalam Program One Day One Post Oktober 2017
Blogger Muslimah Indonesia

19 comments:

  1. Whuaaa simpel bangettt. Tapi kalau gak punya oven pakai apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks sudah diingatkan Mbak Dwi..Untuk souflle memang bisa dikukus selain dioven. Tapi untuk resep ini saya belum pernah mencobanya:)

      Delete
  2. Hm.. sepertinya lezat ya, amis nggak Mba? hehehe ((saya nggak tahan bau amis))

    ReplyDelete
  3. Mungkin ditaburin kayu manis tambah enak Mak, sama dengan Mak Arina, nggak kuat bau amis :)

    ReplyDelete
  4. aku cuma bisa bilang... pengen,,,,hehehe

    ReplyDelete
  5. Simpel dan kelihatannya enak dinikmati hangat ya mbak...terima kasih sharing resepnya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak..mudah banget bikinnya:)
      Sama-sama...

      Delete
  6. sepertinya mudah, tp klo aku yg buat bisa jadi gak ya....🤔

    ReplyDelete
  7. eh, udah? gitu doang ya Mbak? wah, kapan-kapan mesti dicoba nih, praktis, :)

    ReplyDelete
  8. Cobaa yaa, aku penasaran soalnya simple bingiiitttt hahahaha.. Kalo aku pribadi, kurang suka putih telur sbnrnya.. Tp biasanya anakku suka souffle begini. Mau bikinin utk mereka :D

    ReplyDelete