I'm a Blogger and Proud of It!


Saya mengidentifikasikan diri, pada semua akun sosial media sebagai: Blogger...tepatnya Lifestyle Blogger.

Mungkin masih ada yang awam dengan istilah ini. Dan bertanya-tanya dalam hati...Blogger? Apaan sih tuh? (kalau tanya, tunjuk tangan saja..jangan cuma disimpan di kepala..😀)

Baiklah, dengarkan saya cerita yaaa....

Blog menurut Wikipedia, merupakan singkatan dari web log. Adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Nah. orang yang menulis di Blog inilah yang disebut Blogger.

Seperti blog pribadi saya ini, yang saya kelola sendiri. Jadi secara berkala saya memuat tulisan dengan berbagai tema untuk disajikan ke pembaca. Ya, karena saya belum fokus ke tema tertentu, jadilah tulisannya beragam, macam gado-gado dan berasa nano-nano. Inilah yang membuat saya membaiat diri menjadi Lifestyle Blogger, sejak mulai ngeblog sekitar setahun lalu.

Blogger.com, yang dimiliki oleh Pyra Labs adalah yang memperkenalkan pertama kalinya istilah blogger ini. Sebelum akhirnya diakuisisi oleh Google pada akhir tahun 2002. Lalu berkembanglah berbagai platform yang bisa jadi pilihan para blogger untuk beragam kepentingan. Mulai dari sebagai catatan harian, media publikasi, periklanan, kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan. Dan tumbuhlah jutaan blogger di Indonesia terutama sebagai penyumbang konten di dunia pemasaran. Apalagi diiringi kian bertambahnya belanja iklan korporasi di media digital.

Nah, Alhamdulillah, profesi Blogger sudah diapresiasi oleh pemerintah lewat Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Muhammad Nuh, pada 27 Oktober 2007. Dengan ditetapkannya tanggal 27 Oktober sebagai Hari Blogger Nasional. Horeeeee!!

Dan, hari ini tepatnya 27 Oktober 2017, satu dasawarsa sudah Hari Blogger Nasional diperingati. Yeaaay! Potong tumpengnya..potong tumpengnya...!

Sementara saya, meski baru setahun ngeblog, tapi sudah merasakan banyak sekali manfaat. Niatnya sih, saya bakal nulis lagi dan lagi..sampai nanti! aamiin! Doakan semoga saya tetap semangat dan bisa berbagi manfaat yaaa, temans!

Tapi, ngomong-ngomong, saya ngeblog manfaatnya apa saja ya? Ini dia:
  • Pelampiasan 
Sebagai perempuan yang berdasarkan penelitian, dalam sehari harus mengeluarkan sekitar 20 ribu kata per hari agar bisa tidur nyenyak, tentu ngeblog adalah sebuah jawaban. Suami pergi pagi buta pulang selepas senja (nasib tinggal di Jakarta hahaha). Anak-anak sekolah dan berkegiatan kadang sampai seharian. Sedangkan saya, tipe rumahan yang baru jalan keluar rumah jika ada keperluan. Nah, jadi saya harus ngomong sama siapa dong? Solusinya, ya kata-katanya ditulis saja di... blog!
  • Tambah Teman
Dari ngeblog, saya yang tipe rumahan tadi malah jadi punya banyaaaak teman baru. Yang tak saja berasal dari seluruh Indonesia tapi juga dari berbagai belahan dunia. Mengenal mereka tentu menambah wawasan dan pengetahuan saya. Sehingga tak perlu kemana-mana untuk tahu, karena dari blog pun mampu untuk itu.
  • Ekspresi Diri
Kalau yang masih sekolah, tentu ada berbagai ajang untuk mengekspresikan potensi diri. Begitu juga bagi perempuan bekerja, ada banyak cara untuk unjuk kemampuan di tempat kerjanya. Sementara, saya yang ibu rumah tangga, kadang kesulitan cari wadah untuk menumpahkan ekspresi diri. Nah, blog bisa jadi solusi.
  • Wadah Sedekah
Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi sesama. Meski bukan siapa-siapa pun masih cetek ilmu saya. Tapi kadangkala ada yang saya tahu dari pengalaman, membaca buku, mengalami sebuah kejadian dan lainnya. Hal-hal inilah yang saya tulis di blog dan dibagikan. Insya Allah ada pembaca di luar sana yang terinspirasi, tambah informasi bahkan mungkin jadi memakainya sebagai bahan pertimbangan saat mengambil keputusan. Kalau ternyata membawa kebaikan, berarti blog adalah wadah sedekah ilmu bagi saya, bukan?
  • Be a Better Writer
Saya hobi menulis dan ingin menjadi penulis yang lebih baik lagi dari hari ke hari. Dengan ngeblog saya bisa melatih diri dengan menulis rutin di sini. Sehingga makin hari, saya makin lancar jaya menulisnya.
  • Pundi Rejeki
Meski ini bukan tujuan utama ngeblog bagi saya. Tapi siapa juga yang nolak rejeki jika ada yaaa..hahaha! Dari ngeblog, Alhamdulillah meski belum sebanyak teman blogger lainnya, ternyata saya dapat rejeki yang bisa nambah-nambah buat beli panci ...😁
  • Konsultan Dadakan
Dari ngeblog, jadi ada yang tiba-tiba japri lalu konsultasi itu ini. Atau ngajak diskusi meski tak nemu solusi hihihi...Maksudnya, dari baca tulisan saya, akhirnya ada teman (baru) yang tiba-tiba menganggap saya ini lebih tahu. Dan, meminta saran atas apa yang sedang dijalankan. Saya senang sekaliiii dengan ini. Tak hanya membuat saya jadi bersyukur bahwa apa yang saya tuliskan membawa hal positif bagi sesama. Tapi juga, jika ternyata, pengalaman yang saya bagi bisa jadi solusi bagi mereka.
  • Isi Waktu
Ketika anak-anak masih di rumah, waktu saya terasa tak bersisa. Tapi, ketika waktu mereka sudah diambil alih oleh sekolah selama sekian jam, saya jadi kebingungan mau ngapain saja saat menunggu mereka. Sementara, saya sudah lama ninggalin Drama Korea, bosan dengan acara TV yang nggak menarik lagi,...Dan, ngeblog adalah cara saya mengisi waktu itu.
  • Ilmu Baru
Saat ngeblog, saya pasti cari referensi dulu. Apakah dari buku, browsing ini itu, survey kecil-kecilan ke teman, praktekin resep, blogwalking,...Pokoknya nambah ilmu baru. Karena saya nggak mau menulis sesuatu yang asal saja, tanpa ada dasarnya. 

Nah, itulah manfaat ngeblog buat saya. Kalau buat kamu, manfaatnya apa?

Akhir kata, Selamat Hari Blogger Nasional 2017, buat semua Blogger di seluruh Indonesia. Semoga semakin maju dalam karya dan terus semangat berbagi informasi pada sesama. Aamiin...💖

Happy Sharing ~ Happy Blogging

Dian Restu Agustina


#ODOPOKT26

Tulisan ini diikutsertakan dalam Program One Day One Post Oktober 2017
Blogger Muslimah Indonesia



32 comments:

  1. Dulu tijuan utama aku bikin blog, krn memang suka nulis, dan aku pelupa :p. Jd dipikir, sayang amat semua cerita pas aku traveling kemana2, dilupain begitu aja. Ya mending aku tulis semuanya termasuk foto di blog :) . Makanya sampe skr aku ttp konsisten menulis di blog ttg traveling ku dan kuliner

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren Mbak! Benar sekali, dengan menuliskannya kita jadi teringat kenangan kita. Saya saja nyesel kenapa nggak dari dulu yaaa:D

      Delete
  2. Terus menginspirasi ya, mbak Dian.
    Selamat Hari Blogger ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat Hari Blogger juga Mbak..Semoga kita tetap semangat berbagi kebaikan buat sesama yaa:)

      Delete
  3. Mbak Dian mah Te O Pe, baru setahun bangun blog udah mulai mnjuarai beberapa lomba blog. ulasan review mbak dian oke punya, saya suka baca blog mbak dian nambah wawasan. suskses selalau ya mbak, entar jika overload job review lempar ke saya yess
    he he he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi..masih terus belajar Mbak...
      Belum kebanjiran job, malah masih nyari tumpahan dari teman nih..Kalau Mbak ada, kabari juga saya ya :D

      Delete
  4. Selamat hari blogger... Makasih sharingnya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama. Selamat Hari Blogger juga Mbak...:)

      Delete
  5. mbak dian keren
    sungkem dulu, terutama tentang ODOP, saya belum bisa, heuheu
    selamat hari blogger
    bangga jadi blogger

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat hari blogger..sungkemnya nanti pas lebaran aja ya Mas..kwkwkw

      Delete
  6. Selamat hari blogger mbak dian
    blog nya udah keren

    ReplyDelete
  7. Selamat Hari Blogger Mbak Dian!!
    Aku setuju, manfaat ngeblog byk banget!! Apalagi aku yg dlunya kerja kantoran tiba2 hrs resign krn menikah dan pindah ke daerah ikut suami. Aku malah blm merasakan mendapatkan pundi2 uanh, tp aku merasakan otak aku benar2 bekerja ketika menulis, walaupun bkn wanita yg bekerja kantoran lg, tp aku seneng bisa ngeblog, jauh lebih bebas waktunya, dan targetnya pun kita tentukan sndiri.
    Love it!!
    Sukses terus Mbaaa!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sukses juga buat Mbak Mustika yaa...Selamat hari blogger. ..Tetap semangat berbagi kebaikan buat sesama

      Delete
  8. Senangnya bisa dapat tulisan yg informatif dari blogger aktif dan produktif seperti Mbak. Hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tersandung..saya eh tersanjung, Mbak ..hehehe. Terima kasih:)

      Delete
  9. Betul Mbaaaa....ngeblog itu banyak sekali manfaatnya. Terutama mengisi waktu saat anak-anak sudah sibuk dengan urusannya.

    ReplyDelete
  10. selalu menarik dan informatif tulisannya mbak. jadi betah mampir kesini. ☺️

    ReplyDelete
  11. Yes, we must proud of it.
    Selamat hari Blogger ya...
    semoga kita bisa terus menulis hal-hal yang bermanfaat

    ReplyDelete
  12. Selamat hari blogger, saya nge-blog baru hitungan hari, itu juga awalnya karena training dan challenge ... mudah-mudahan bisa sekeren mbak dian

    ReplyDelete
  13. Judulnya aku banget, mb. Yang paling aku rasakan setelah ngeblog itu aku jadi punya media buat mengeluarkan apa yang aku pikir dan juga emosiku. Ketika mulai ngetik, semua mengalir. Aku nikmati banget semua itu. Ya akhirnya bikin bahagia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah...Tos!
      Saya juga sama, Mbak...:)
      Semangat terus yaaa

      Delete
  14. tulisam mbak dian selalu informatf saya suka saya suka :-)

    ReplyDelete