Mudahnya Membuat Kartu Nama 




Hari gini, masih awam dengan kemudahan digital? Sayang sekali! Begitu banyak hal bisa dilakukan sendiri dibantu dengan aplikasi yang ditawarkan di ponsel pintar. Dan, kita tinggal klik saja. Ya, begitu mudahnya!

Seperti hari ini. Saya mendesain sendiri kartu nama untuk si Mas dengan bantuan aplikasi Card Maker. Lalu memesankan desain tersebut ke kios pembuatan kartu nama Rap Sepakat, di dekat rumah saya.

Awalnya si Mas diminta untuk membuat kartu nama berkaitan dengan kegiatan sekolah yang akan diikutinya minggu depan. Karena statusnya masih pelajar, maka data pada kartu namanya adalah akun sosial medianya. Meski sebenarnya dia pun belum aktif sosmed-an. Tapi, sebagai kids jaman now, tentu perlu menyesuaikan diri dengan waktu.

Nah, saya pun mencari-cari aplikasi di Play Store untuk pembuatan kartu nama ini. Setelah pilih dan pilah, ketemulah Card Maker: Business & Wedding.


Setelah install, tinggal pilih. Kita mau bikin Offline Cards (kartu nama versi cetak) atau Online Cards (kartu nama versi online). Kita juga bisa mengatur tampilan profil diri di Manage Profile. Desain yang kita buat pun bisa disimpan sementara di Draft, lalu di Download untuk keperluan mencetak. Dan selanjutnya, kartu nama akan tersimpan di My Cards.


Selanjutnya ada pilihan, untuk template kartu. Ada 3 pilihan paket: Rainbow Pack bisa diunduh secara gratis, Combo Pack dibandrol 13 ribu Rupiah dan Colorfull Vertical yang gratis juga.


Untuk tampilan Horizontal adalah seperti ini:


Tampilan kartu nama Vertical, penampakannya seperti berikut:


Sedangkan untuk Wedding Card, seperti ini contoh templatenya:


Akhirnya setelah otak-atik, desain kartu nama untuk si Mas pun jadi....Yeaaay!


Selanjutnya tinggal pilih, mau dicetak sendiri, di edit lagi jika kurang itu ini, dihapus saja atau dibagikan ke sosial media, email dan lainnya.

Saya coba bikin untuk diri sendiri hihihi..Masih draft sih..:D

Nah, karena butuhnya memang untuk dicetak, maka saya pergi ke percetakan Rap Sepakat di Jl. Murni, Joglo - Jakarta Barat. 


Tempatnya kecil dan nyempil. Tapi, melayani berbagai jasa. Diantaranya: mencetak kartu nama, undangan, amplop, kop surat, kwitansi, brosur, membuat spanduk, stempel, plat nomor, dan lainnya.



Caranya mudah saja, saya tinggal kirim gambar desain kartu nama yang tersimpan di ponsel ke kontak WA pemilik percetakannya. Lalu, membayar 50 ribu untuk 1 box kartu nama (100 pcs). Dan, besok kartu namanya sudah bisa diambil, Alhamdulillah.


Nah, buat kamu yang ingin membuat kartu nama sendiri, coba saja berbagai aplikasi yang ada di ponsel pintarmu. Mudah, murah dan indah! Selamat mencoba ya!

Happy Sharing, Happy Blogging!

Dian Restu Agustina

#ODOPOKT28
Tulisan ini diikutsertakan dalam Program One Day One Post Oktober 2017
Blogger Muslimah Indonesia


14 comments:

  1. Wah, baru tahu saya. Mau coba aahh... Bikin sendiri buat Mbak.. Makasih infonya mbak dian

    ReplyDelete
  2. Blogger juga harus punya kartu nama ta sekarang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mbak kalau ada event bisa dibawa..Juga pas kenal prospek customer bisa diberikan:)

      Delete
  3. Wah kayaknya profesi blogger harus punya nih ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penting Mbak..pas kopdar, blogger event..Baik offline atau offline bikin saja:)

      Delete
  4. Wah, makasih sharingnya mbak Dian, kemaren datang ke event baru ngeh ternyata blogger itu perlu kartu nama ya hahahaha. Bikin ahh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya...butuh banget..Bikin saja, versi online dan cetaknya :D

      Delete
  5. Jadi pengen bikin juga mbak...tapi siapa mau minta kartu nama saya yaa? hihi..Saya blogger yang selalu di rumah tepatnya... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bikin yang online juga bisa Mbak..Siapa tahu nanti perlu:)
      saya juga blogger rumahan kok..tos!

      Delete
  6. wah, baru tau nih mbk, mksh infonya...tp siapa yg mau ya...?daku hanya bloger pemula.hik hik hik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan untuk blogger saja, Mbak..Apapun profesinya, jadi kalau jumpa teman lama tinggal kasih saja, ngga perlu catat nomor HP segala:)

      Delete
  7. Kalau saya lebih ke minder sama kemampuan desain sih, Mbak, hehehe... Suka bingung memadukan warna dan bentuk yang tepat, kalau lagi bikin presentasi gitu hasilnya kok perasaan kurang pas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga Mbak..kalau masalah desain nyerah...Soal rumah aja, banyakan suami yang urus desain itu ini..hihihi:D

      Delete