Resolusi atau Revolusi?




Oktobernya sudah hampir habis ternyata, ya? Tak terasa dua bulan lagi tahun 2017 akan berakhir. Sepuluh bulan sudah kita lewati waktu. Dan, apa kabar resolusi 2017-mu? Apakah lancar jaya? Sudahkah tercapai semua? Atau hanya meninggalkan catatan berhias debu semata?

Ya, masih ingat kan awal tahun biasanya kita mulai dengan niatan untuk menjadi diri yang lebih baik lagi. Biasanya istilah yang dipakai adalah resolusi. Nah, apa sebenarnya makna resolusi ini? 

Resolusi menurut KBBI diartikan sebagai keputusan atau kebulatan pendapat berupa permintaan atau tuntutan yang ditetapkan oleh rapat (musyawarah, sidang); pernyataan tertulis, biasanya berisi tuntutan tentang suatu hal. Atau dalam pengertian sederhana bisa dimaknai pernyataan/janji/komitmen dalam melakukan sesuatu.

Nah, jika itu dari awal sampai akhir tetap hanya berwujud janji, tentu tak ada arti. Karena sejatinya yang utama adalah tindakan nyata untuk mewujudkannya. Untuk itulah, semestinya lebih tepat memakai istilah revolusi. Yang bermakna perubahan yang mendasar dalam suatu bidang. Jadi resolusi adalah janjinya, sementara revolusi merupakan aksi nyatanya. 

Revolusi bisa mencakup berbagai bidang kehidupan. Misalnya revolusi kesehatan dengan berolahraga lebih rutin tahun depan. Revolusi pendidikan mendaftar ke pelatihan atau melanjutan pendidikan yang lebih tinggi. Atau revolusi keuangan, ingin lebih sehat secara finansial.

Kali ini kita fokus dulu ke revolusi keuangan. Karena, jika dompet sehat, hidup pun jadi semangat, bukan? 😁

Berikut contoh resolusi dan revolusi dalam hal keuangan:

Pemasukan 
  • Resolusi : tahun depan menambah pos pemasukan baru karena naiknya biaya rumah tangga.
  • Revolusi : menjadi reseller, menerima pesanan masakan favorit keluarga, menjadi freelancer, memberi les baca Quran/pelajaran sekolah ke tetangga sekitar.

Pengeluaran
  • Resolusi : hemat, hemat dan hemat!
  • Revolusi : ke sekolah/ke kantor bawa bekal makan agar tidak jajan, menanam sayuran di pekarangan, mencatat pengeluaran, belanja bawa catatan, bayar tunai setiap pembelian.

Hutang
  • Resolusi : mengurangi hutang tahun depan
  • Revolusi : lunasi sebagian/seluruh hutang, tutup kartu kredit jika tidak diperlukan/cukup satu kartu, tidak menambah hutang baru

Investasi
  • Resolusi : menyiapkan dana pendidikan anak, mempunyai rumah sendiri
  • Revolusi : membuka tabungan pendidikan anak, membeli logam mulia sebagai investasi, membeli tanah untuk lahan rumah.

Proteksi
  • Resolusi : punya asuransi kesehatan, pendidikan, jiwa atau kendaraan.
  • Revolusi : mendaftar BPJS, menjadi anggota Jamsostek, membuka asuransi jiwa.

Jadi, tak usah terlalu mempermasalahkan istilah. Yang penting diingat yakni, resolusi tetap hanya berwujud mimpi tanpa adanya revolusi. Apa yang kita canangkan di awal tahun baru, akan berakhir sama seperti tahun-tahun sebelumnya, jika kita tak mengikutinya dengan langkah nyata. 

Yuk kita isi sisa tahun ini dengan aksi sejati. Kita siapkan resolusi baru untuk tahun yang akan datang, juga menjalankan revolusinya, berupa aksi nyata untuk mencapainya.

Kalau kamu, punya resolusi dan revolusi keuangan apa tahun depan?
Kalau saya, penginnya sih lebih berhemat! 😀
Yuk, semangat !💕

Salam,

Dian Restu Agustina 


*bahan bacaan: majalah Intisari edisi Februari 2016
*all pictures by Pixabay.com


#ODOPOKT29

Tulisan ini diikutsertakan dalam Program One Day One Post Oktober 2017
Blogger Muslimah Indonesia

18 comments:

  1. Amin semoga tahun depan bisa mengurangi hutang. Dan memperbanyak amalan

    ReplyDelete
  2. resolusi : nikah
    udah gitu aja mbak hehe

    ReplyDelete
  3. Saya juga pengen berhemat mbak. Nabung buat daftar naik haji. Semangaaaaat!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin...Semoga terwujud tabungannya, dilancarkan niatnya:)

      Delete
  4. kalau aku resolusi tahun depan wisuda dan bisa bekerja atau kuliah di luar negeri.
    caranya cari informasi beasiswa kuliah di luarnegeri dan kehiduoan dsana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamii..semoga tercapai ya Mas...Suami saya dulu juga dapat beasiswa S2 di Amerika...Semangat!

      Delete
  5. Alhamdulillah banyak kemudahan dalam menulis di tahun ini. Bertemu orang-orang hebat, secara ikhlas mau berbagi ilmu, bahkan beberapa job dari menulis yang tak disangka (meskipun masih dalam recehan, hehe). Tahun depan sih pinginnya buku solo bisa terbit �� aamiin

    ReplyDelete
  6. ada beberapa yg terwujud alhamdulillah
    Yang blm ada juga karena berhubungan dg daftar tunggu, sabar dan berdoa smg dpt izinNya dan terwujudkan aamiin

    ReplyDelete
  7. Yupps, bener banget: revolusi keuangan. Insya Allah berniat menambah jumlah tabungan :) Walopun biasanya gak nahan kalo ada godaan buku baru. 🙈 Sekaligus juga sekaligus menambah jumlah infaq. Karena infaq juga tabungan kita untuk 'hari depan'. Makasih udah diingatkan tentang hal ini *sambil lirik dompet 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..tabungan dunia dan akhirat...
      Sama, godaan jajan buku selalu menggebu..:D
      Semoga tercapai apa yang diharapkan di tahun depan:)

      Delete
  8. Sebelum akhir thn ini, revolusi ku hrs melunaskan semua loan dr kantor :D. Hrs bisa pokoknya. Udh ga pgn lg punya loan yg notabene mngandung riba krn ada bunga. Jd thn dpn 2018 bisa memulai hr tanpa ada hutang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin...Semoga niatnya dimudahkan ya Mbak...:)

      Delete
  9. Nambah pemasukan dari dunia nulis! Aamiin hihihi *numpang mimpi

    ReplyDelete