Siasat Bugar dengan Ponsel Pintar


Kini beragam aplikasi bisa diunduh di ponsel pintar kita. Misalnya, beraneka jejaring sosial sebagai penyambung silaturahmi tanpa perlu jumpa. Aplikasi ojek online yang memudahkan kita mencari moda perjalanan atau pesan makanan. Juga perpustakaan digital yang memungkinkan kita membaca buku secara cuma-cuma tanpa harus kemana-mana.

Baca juga: iJak - Perpustakaan Digital dan Media Interaksi Sosial

Kesemua aplikasi tersebut memudahkan kegiatan, sehingga kadang membuat kita kurang geraknya. Ujung-ujungnya kesehatan badan terganggu. Karena kita lupa minum, telat makan juga jarang olahraga. Akhirnya badan terasa pegal, mudah lelah dan konsentrasi tak terjaga. Ini semua akibat dehidrasi dan kurang gerak tadi.

Nah, sebelum makin parah, yuk kita ubah! Perbanyak gerak! Nggak harus dengan mendaftar di klub kebugaran, jadi anggota sanggar senam ataupun mesti rutin berenang. Karena, kini sudah ada beragam aplikasi yang bisa kita unduh agar badan bugar dengan berbekal ponsel pintar. Jadi, bergerak di rumah, di tempat bekerja dan sekitarnya saja, juga bisa.

Mau tahu apa saja aplikasinya?
  • Water Drink Reminder
Saat serius bekerja di depan komputer atau asyik berkegiatan dimanapun, kadang kita lupa minum. Padahal tubuh butuh cairan yang didapat antara lain dari minuman. Nah, aplikasi Water Drink Reminder inilah yang bisa mengingatkan. 

Mengawali pemakaian aplikasinya, kita diminta mengisi berat badan kita. Juga, waktu aktif kita, yaitu bangun dan tidur jam berapa. Data ini digunakan untuk menghitung kebutuhan cairan tiap orang yang memang berbeda tiap harinya. 

Sebagai contoh, data saya, dengan berat badan 47 kg dan waktu bangun dan tidur pukul 04.00-22.00


Nah setelah itu akan ada tampilan pemberitahuan bahwa cairan yang saya perlukan adalah sebanyak 1551 ml/hari. Dan, setiap saya selesai minum, akan diminta menyimpan data jumlah cairan sesuai pilihan.


Nanti, aplikasi akan mengingatkan lagi kapan saat minum berikutnya beserta jumlah cairan yang harus dipenuhi agar sesuai target sehari. Agar tubuh bisa terhindar dari dehidrasi.

  • Google Fit - Fitness Tracking
Aplikasi ini pas untuk menemani kita berjalan kaki, berlari, bersepeda dan olahraga lainnya. 

Di awal, kita bisa memilih aktifitas yang akan kita jalani. Apakah itu berjalan, bersepeda atau lainnya.

Pilih menu start dan aplikasi mulai mencatat berapa banyak langkah kita. Kita juga bisa menentukan goal yang kita inginkan.


Bahkan dengan berjalan di seputaran rumah pun, berapa langkah kita akan tercatat juga. Seperti misalnya, saya mencoba melangkah dari pintu depan ke pintu belakang rumah saya. Dan ini hasilnya: hanya 9 langkah saja...(hahaha, maklum rumah 4L=Lu Lagi Lu Lagi). Tapi lumayan kan, kalau sambil mengitari halaman dan jalan depan bisa bertambah juga nanti langkahnya. 

  • Jump Rope Training
Buat yang masa kecilnya suka main lompat tali seperti saya, aplikasi ini tepat sekali. Cara menggunakannya mudah saja. Unduh aplikasinya, lalu taruh saku, dan bermainlah lompat tali sesukamu. Nanti aplikasi akan menghitung setiap lompatan kita. Ada pilihan, apakah tujuan kita ingin membakar lemak (burn fat), menjaga ketahanan tubuh (boost endurance) atau hanya ingin melompat (just jump). Akan ada hitungan waktu lompatan sesuai dengan tujuan.


Nah, itulah antara lain aplikasi yang bisa kita unduh di ponsel pintar yang bisa membantu tubuh kita untuk senantiasa bugar. Jadi, kenapa tidak kita manfaatkan jika memang memerlukan? Kalau badan sehat tentu kita makin semangat, bukan?

Salam sehat penuh semangat💕


Dian 

#ODOPOKT4
Tulisan ini diikutsertakan dalam Program One Day One Post Oktober 2017
 Blogger Muslimah Indonesia

10 comments:

  1. Wah, jadi tahu.... makasih Mba Informasinya.

    ReplyDelete
  2. Aku juga baru tahu ada aplikasi begini. Makasih yaaa mbak

    ReplyDelete
  3. Pernah tahu seorang mbak penulis yang pake aplikasi beginian tuk ngukur kecepatan larinya. Eh ternyata ada yg untuk ngatur minum juga 😊 Baru tau. Kalo saya kayaknya butuh yg versi pejalan kaki deh... Makacih infonya, Mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Mbak..iya saya juga pakai yang buat jalan:)

      Delete
  4. waaah.... boleh bgt dicoba nih, buat emak2 pecinta mager

    ReplyDelete