Yuk, Mengajak Anak Memasak!




Akhir pekan datang. Bagi Ibu Rumah Tangga seperti saya yang keseharian sudah disibukkan dengan urusan rumah tangga, akhir pekan adalah saat yang dinantikan. Untuk sekedar selonjoran atau mengurangi ritme kegiatan padat tiap Senin sampai Jumat. Ya, lantaran anak-anak libur sekolah dan suami pun libur kerjanya.

Biasanya, jika tak ada rencana pergi, kami di rumah saja dan berkegiatan bersama. Anak-anak misalnya, meski lelaki sering saya ajak turun ke dapur untuk memasak bersama. Kami kadang membuat kue yang gampang tanpa perlu ditimbang. Memasak resep yang sederhana sehingga bisa dikerjakan oleh anak-anak dengan mudahnya. Sehingga saya tinggal kasih instruksi saja...hahaha..

Seperti resep berikut ini: 

Lumpur Kentang

Bahan: 


3 kentang rebus (haluskan)
3 telur
1 gelas tepung terigu
2 gelas santan
10 sdm gula putih
100 gram (1/2 sachet margarine) lelehkan
garam
vanili

Cara Membuat:

Mikser telur dan gula selama 2 menit dengan kecepatan rendah


Tambahkan santan
Masukkan kentang
Masukkan tepung terigu
Tambahkan margarine
Cetak sampai matang. 


Beri hiasan(keju, kismis, nangka, dan lainnya)
Sajikan



Apple Pie

Bahan kulit:
satu gelas tepung terigu
100 gram margarine (1/2 sachet)
1 telur
1 sdm air es
Aduk rata semua

Bahan isi:
4 buah apel Malang potong dadu atau blender sebentar
1 gelas gula putih (atau sesuai selera)
1 sdm bubuk kayu manis (atau batang kayu manis)
Masak di api kecil, tambahkan maizena untuk pengental

Cara Membuat:
oleskan tipis margarine ke teflon
Bentuk adonan kulit
Tambahkan adonan isi
Masak dengan api kecil sampai matang
Sajikan




Cupcake Keju Sederhana




Bahan:
satu gelas tepung terigu
200 gram margarine (1 sachet)
setengah gelas gula
3 telur
keju parut secukupnya

Cara Membuat:
lelehkan margarine
kocok rata dengan gula
masukkan telur satu persatu
masukkan terigu
panggang 15 menit
taburi keju parut
panggang lagi 5 menit
Sajikan

Berbagai resep gampang tanpa perlu ditimbang tersebut, bisa dijadikan kegiatan kreatif dan produktif untuk anak-anak di akhir pekan atau saat liburan. Karena mengajarkan memasak anak itu banyak manfaatnya.

Beberapa manfaat mengajak anak memasak diantaranya:
  • Menumbuhkan kedekatan dan kehangatan keluarga.
Dengan memasak bersama, berbincang sesekali, saling membantu itu ini..Membuat suasana akhir pekan keluarga pun menghangat.
  • Menambah wawasan dan pengetahuan
Sambil memasak bisa disisipkan tentang kandungan gizi bahan, manfaatnya dan pengetahuan lainnya. Jadi tak hanya makanan lezat yang jadi hasilnya, tapi juga ilmu bermanfaat.
  • Melatih kepekaan rasa
Baik dari indra perasa, pencium, penglihatan, pendengar maupun peraba akan terlibat saat memasak. Anak bisa meraba tekstur terigu yang lembut, mencium bau wangi margarine yang dilelehkan atau membedakan mana masakan yang masih mentah atau matang. Kesemuanya akan melatih kepekaan rasa anak.
  • Melatih konsentrasi
Saat memasak, anak akan belajar melakukan tahapan sesuai yang diinstruksikan. Sehingga konsentrasi pun terasah.
  • Melatih gaya hidup sehat dan hemat
Dengan memasak sendiri makanan yang dikonsumsi, akan mengajari anak untuk makan makanan sehat, menghindari jajan sembarangan dan menjauhi pemborosan
  • Melatih ketrampilan hidup
Baik anak perempuan maupun laki-laki akan hidup mandiri suatu hari nanti. Memasak adalah salah satu ketrampilan hidup yang wajib dipunyai. Paling tidak ia nanti bisa mengolah makanan untuk dirinya sendiri.

Jadi, yuk kita selipkan memasak menjadi kegiatan bersama buah hati, karena manfaatnya bagus sekali!💖

Salam,

Dian Restu Agustina

#ODOPOKT13
Tulisan ini diikutsertakan dalam Program One Day One Post Oktober 2017
 Blogger Muslimah Indonesia

20 comments:

  1. iyasih seru banget klo anak kwcil masak
    dulu suka bikin pastel, suka kalo njiwiti
    eh tapi buat lumpur kentang ini juga seru

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh njiwiti pastel itu menyenangkan lho..hihihi:D

      Delete
  2. Simpan ah ... Resepnya. Kayake simple nih. Boleh deh kapsn-kapan dieksekusi. Si kecilku senang kalau dibikinin kue sama bundanya ^^

    Terima kasih sharingnya mbak Dian

    ReplyDelete
  3. Resepnya kusave ya mbak... Biasanya saya bikin donat bareng anak-anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siip.. Makasih mbak... Iya.. Donat juga resep favorit anak-anak saya juga 😊

      Delete
  4. Ajari saya masak dooonk Mbak Dian. Biar jadi expert. Minimal paling expert di rumah sendiri, hiiiiks. Ayah saya dulu pernah bilang, masak itu soal bakat dan turunan. Benar begitu ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pertama nikah bisanya ngrebus air..Sekarang bukan ahli banget tapi paling tidak ada usaha untuk menyajikan makanan di meja makan..kwkwkwk:)
      kayaknya kata Ayah Mbak Ellany benar sekali..:D

      Delete
  5. Waaa.. Resepnya enak2. Anak2ku juga suka bikin camilan sendiri :)

    ReplyDelete
  6. Apple pie..., resepnya tampaknya anti gagal.., saya contek resepnya ya, Mbak. Trimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. SAma-sama..iya nih resep sederhana anti gagal juga :)

      Delete
  7. Kalau lagi nggak ada acara di luar rumah, aku sering ajak anak-anak masak di rumah. Begitu matang langsung deh, dicomot.

    ReplyDelete
  8. aku mau coba yang cupcake keju sederhana, Mbak. Bahan-bahannya udah dan enggak ribet sepertinya, beli telur dulu tapinya, stock tinggal 2

    ReplyDelete