Sekali Pergi Dua Negara Terlampaui, #JadiBisa

 Karena Traveloka




Berwisata pada prinsipnya tidak hanya sekedar jalan-jalan semata. Karena ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan darinya. Selain akan menambah wawasan, pengetahuan, pengalaman dan kenangan, sebuah perjalanan bisa meningkatkan rasa percaya diri kita. Selain itu, juga akan menambah ilmu, teman dan perspektif baru. Sehingga setelahnya, kita bisa menjadi diri yang tidak lagi sama dari sebelumnya.

Namun, semua hikmah dari aktivitas plesiran ini tidak bisa kita dapatkan jika kita hanya "asal pergi". Karena sejatinya berwisata tidaklah sesederhana memilih tujuan, memesan tiket kendaraan dan penginapan. Sungguh sia-sia belaka ketika kita sudah meluangkan waktu, tenaga dan dana tapi ternyata perjalanan itu tidak meninggalkan kesan. 

Lalu, apa yang harus disiapkan dengan matang agar perjalanan lancar sesuai dengan yang diharapkan?

Ya, sebuah itinerary atau rencana perjalanan, itu yang kita butuhkan!

Tapi sayangnya, banyak orang yang meremehkan pentingnya sebuah rencana perjalanan. 

Padahal jika disiapkan sebelumnya, rencana perjalanan akan membawa banyak keuntungan, diantaranya:
  • Memudahkan Pengelolaan Dana
Jika ada rencana, tentu dana bisa dianggarkan sesuai pos-posnya. Berapa biaya untuk tiket, hotel, makan dan aktivitas lainnya. Sehingga tidak ada yang namanya over budget yang bikin kaget. Atau dana mepet di dompet karena tidak ada perkiraan sebelumnya.
  • Menentukan Prioritas
Rencana perjalanan akan membantu kita menyusun prioritas tempat wisata yang ingin kita kunjungi. Karena prioritas tiap orang berbeda, maka susunlah sesuai dengan tujuan kita. Jika mengajak anak-anak, tentu destinasi yang kid friendly bisa jadi pilihan. Atau, bila ada atraksi tertentu yang ingin disaksikan, kita tidak bakal ketinggalan.
  • Mengoptimalkan Waktu
Sudah jauh-jauh datang, sayang jika banyak waktu yang terbuang. Rencana perjalanan bisa kita siapkan jauh-jauh hari sebelumnya, dengan memasukkan jadwal harian selama di tujuan. Meski, sesampainya di sana bisa kita sesuaikan waktunya. Jika ada kendala dengan cuaca, misalnya.
  • Memudahkan Perjalanan di Tempat Tujuan
Sebuah rencana, bisa jadi patokan kita mengunjungi tempat wisata yang searah atau berdekatan. Sehingga tak bakal ada cerita kesasar atau muter-muter tidak karuan.
  • Segala Keperluan Tak Akan Ketinggalan
Perjalanan ke beberapa tempat, memerlukan barang bawaan yang berbeda. Jika sudah ada rencana ke wahana air misalnya, berarti pakaian renang tidak boleh lupa. Atau kalau mau ke gunung, pastikan membawa baju dan sepatu yang mendukung.

Hmmm, terbayang kan kini, kalau kita sekedar pergi tanpa ada itinerary? Pasti, gerabak-gerubuk sana-sini....!

Lalu, apa saja yang harus kita rencanakan dalam sebuah perjalanan?
  • Tentukan Tujuan
Tujuan adalah awal sebuah perjalanan. Jika sudah menentukan tempatnya, tinggal kita tambahkan mau kemana saja kita di sana. Cari informasi di internet tentang atraksi yang menarik, tempat hang out yang asyik juga lokasi berpemandangan cantik.  Jangan sampai kita datang tanpa ada bayangan sebelumnya.
  • Lakukan Pemesanan
Lakukan pemesanan tiket kendaraan ke tujuan, hotel, transportasi kota juga tiket atraksi dan aktivitas wisata. Semua reservasi lebih baik dilakukan jauh-jauh hari, untuk mendapatkan harga yang lebih hemat dan menghindari antrian di tempat. 
  • Tambahkan Hal yang Menyenangkan
Jika di tempat tujuan ada atraksi menantang atau lokasi yang kalau tidak kita datangi bakal rugi, tambahkan ke daftar itinerary ini!
  • There is Always a Plan B
Tak harus kaku pada rencana perjalanan kita. Jika ternyata karena kemacetan lalu lintas kota atau cuaca terpaksa ada yang kita skip dari daftarnya, fleksibel saja. Atau mungkin saat mengunjungi sentra kerajinan batik, pas ada kelas pelatihan yang membuat kita tertarik, ikuuuut! Jangan sampai rencana perjalanan membatasi ruang gerak saat menjelajahi tujuan.

Well, kalau tujuan pergi sudah pasti...kini saatnya bikin reservasi!

Teknologi pemesanan di era digital telah meringankan pekerjaan kita. Tak perlu lagi menulis surat, menelpon, nge-fax atau kirim email ke sana. Beragam situs pemesanan telah memudahkan kita, tinggal disesuaikan dengan keinginan dan dana yang ada.

Seperti pengalaman saya sekeluarga, saat mengunjungi Singapura dan Malaysia. Pertama kali diskusi dengan suami, kami berdua masih beda idenya. Saya kekeuh ke Singapura saja, suami teteup cuma ke Malaysia. Hadeeeh!

Sebenarnya, kami berdua sama-sama sudah pernah ke Singapura sebelumnya. Dan, belum pernah sama sekali ke Malaysia. Sementara, anak-anak belum pernah ke keduanya. Akhirnya kami putuskan untuk mengunjungi kedua negara itu sekaligus.

Awalnya sih berdua sempat gundah. Dua negara? Apa tidak jadi dobel biayanya? Hhhhhh...!

Syukurlah, saat buka website Traveloka, resah dan gelisah pupus sudah. Kan, Traveloka punya paket Pesawat+Hotel yang bisa hemat sampai 20 %!

Waah, keren ini! 

Kami berdua pun membuat itinerary. Rencananya, pesawat+hotel pesannya di Traveloka dengan tujuan Singapura. Perjalanannya selama 4 hari. Dengan rincian, hari pertama datang, hari kedua ngubek-ubek Singapura, hari ketiga pagi-pagi melintas ke Malaysia dan balik ke Singapura sorenya dan hari keempat pulang ke Indonesia.

Kami akan menginap di hotel di kawasan Bugis-Singapura, karena di sana terdapat Queen Street Terminal. Dimana ada bus yang akan melintasi perbatasan/jembatan Singapura-Johor Bahru. Sedangkan tujuan utama perjalanan adalah mengunjungi Universal Studio di Singapura dan Legoland di Malaysia.

Nah, setelah tujuan dan anggaran dibuat, mulailah saya mencari paket Pesawat+Hotel yang tepat. Klik sekali, baca, klik lagi, bandingkan harga..dan seterusnya. Kalau dihitung memang jatuhnya lebih hemat dengan pesan bersamaan seperti ini. Juga tak perlu banyak waktu dalam proses pemesanan. Jadi, praktis dan tanpa repot. Lalu, ada banyak tawaran eksklusif dengan pilihan yang variatif. Tinggal disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran. Tak lupa, beragam pilihan pembayaran tersedia. Mau cicilan, transfer, ATM atau kartu kredit, tinggal pilih. Berapapun besarnya, akan diurus oleh Traveloka. Dan, kita tinggal cusss..berangkat saja!

Eh, tapi kamu sudah tahu caranya belum yaaa? Mudah saja, kok...!

Pertama, buka website atau aplikasi Traveloka! Lalu, pilih paket Pesawat+Hotel! Dan, isi data yang dibutuhkan!




Misalnya saja, kamu ingin liburan sekeluarga ke Singapura saat liburan sekolah nanti. Tinggal isi kota asal Jakarta dan kota tujuan Singapura. Lalu tentukan tanggal keberangkatan dan kepulangan. Boleh pilih, apakah mau tiket Pulang-Pergi ataukah tidak. (lebih baik sih pulang-pergi, biar lebih praktis)

Kemudian, masukkan jumlah penumpang. Contoh di atas, di keluarga saya ada 2 dewasa dan 2 anak. 

Terus pilih kelas penerbangannya.

Berikutnya, akan ada keterangan waktu menginap dengan data tanggal menyesuaikan dengan data penerbangan.



Selanjutnya bisa kita pilih beragam pilihan paket yang ditawarkan. Oh ya, kita bisa urutkan hasil pencarian berdasarkan: harga terendah, harga tertinggi, nilai ulasan dan popularitas tertinggi.

Hasil pencarian ini juga bisa disaring berdasarkan filter: Kisaran Harga per Orang (Rp 0 - Rp 30.000.000), Bintang Hotel (🌟-🌟🌟🌟🌟🌟), Fasilitas (Wi-Fi, Kolam Renang, Restoran, Parkir, Resepsionis 24 jam, Akses Kursi Roda, Pusat Kebugaran, Fasilitas Rapat, Antar Jemput Bandara), Tipe Akomodasi (Homestay, Hotel, Apartemen, Hostel, Vila, Resor, B&B) dan Maskapai (Garuda Indonesia, Lion Air, Batik Air, Singapore Airlines, Thai Airways, Jetstar, Scoot, Malaysia Airlines, China Airlines, AirAsia, Vietnam Airlines, Malindo Air, Bangkok Airways, Shanghai Airlines, China Eastern Airlines). 

Dan, berikut contoh tampilan hotel yang ditawarkan dari kualifikasi yang saya masukkan:



Setelah kita pilih yang sesuai dengan keinginan, maka akan muncul total biayanya.



*Harga saat kami menggunakan maskapai Garuda Indonesia (pulang pergi) dan memesan 2 kamar hotel. Untuk harga yang lebih hemat lagi silakan modifikasi pilihan.

Tuh, benar kan? Ada hitungan jumlah yang bisa kita hemat dengan mengambil paket Pesawat+Hotel. Yes, sekaligus memang lebih bagus! Lumayan kan, jumlah yang dihemat bisa untuk beli tiket tempat rekreasinya, buat biaya makan selama di sana atau untuk beli oleh-oleh sanak saudara.

Nah, sudah tenang kan? Pesawat dan hotel sudah aman! Kini, tinggal hunting semua printilan.

Eittts, kamu tak perlu keluar dari Traveloka dulu! Karena dengan jalan-jalan di web/aplikasinya, kita akan mendapatkan jawabannya. 

Memang sih memilih layanan Traveloka ini, tak bakal rugi! Karena:
  • Harga di Traveloka jujur, bebas biaya transaksi dan tanpa biaya tersembunyi.
  • Pilihan pembayaran yang bervariasi
  • Berbagai diskon istimewa tersedia
  • Best price guarantee
  • Semua ulasan tamu: asli!
  • StayGuarantee atau uang kembali
  • Beragam layanan: pemesanan hotel, tiket pesawat, tiket kereta api, pesawat+hotel, pulsa dan paket internet, aktivitas dan rekreasi, internet luar negeri.
Dan, setelah searching di Traveloka, akhirnya sekalian beli tiket Universal Studio Singapura dan Legoland Malaysia. Yihaaaaa!



Jreng jreeeng! Selisih harga karena ambil paket Pesawat+Hotel sebesar Rp 1.600.000 tadi, akhirnya bisa dialihkan untuk membeli 2 tiket Universal Studio dan 1 tiket Legoland. Yeaayyy, hemat..mat..mat!

Tidak heran kalau Traveloka punya slogan "Traveloka dulu, keliling dunia kemudian!" Karena lewat Traveloka, perjalanan kita akan dimudahkan.

Dan, ta daaaa..! 

Sekali pergi dua negara terlampaui, #JadiBisa karena Traveloka!







Happy Traveling,

Dian Restu Agustina

61 comments:

  1. Semoga menang ya mbak ..... dan semoga bisa berlibur se keluarga hahahaha

    ReplyDelete
  2. Aku belum pernah ambil model paket begini, Mb Dian. Paling hotel aja atau tiket pesawat aja. Padahal murah begini ya

    Mb Dian, aku doain menang biar bisa jalan-jalan lagi sama suami. Abis itu perjalanannya diceritain di blog... Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..lebih praktis dan hemat Mbak Dila..Sekalian belinya juga, jadi nggak pusing kepala..:D

      Terima kasih doanya:)

      Delete
  3. Keren Mba Dian! Tulisan-tulisanmu selalu inspiratif dan bermanfaat hehe... semoga menang yaaaa... ajak-ajak kalo pergi hahaha

    ReplyDelete
  4. Jenk, jenk, jenk,,, asik banget bisa main ke legoland....

    ReplyDelete
  5. Traveloka ini KEREN abiisss
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  6. Biaya travelingnya jadi cukup hemat ya mbak, kalau bisa pesan maskapai penerbangan sama tempat menginapnya, ahh, keren nih, smoga bisa liburan lagi pas libur sekolah anak2 nanti ya mbak ^_^
    Goodluck,
    Salam kenal ^_^
    rurohma(dot)com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar Mbak..jadi bisa memangkas biaya..
      Thanks Mbak ^^

      Delete
  7. Wow 14 juta ke singapura & malaysia yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mbak..karena pakai Garuda Indonesia dan pesan 2 kamar buat berempat. Biar lebih nyaman:)
      Tapi untuk harga lebih hemat bisa diubah pilihan maskapai dan hotel.

      Delete
  8. Kece ah traveloka.
    Kayaknya, niat aku ngajakin bocah jln ke sana dan sini bakal #jadibisa karena traveloka. 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mbak..mudah , fitur Traveloka lengkap nih

      Delete
  9. Saya juga kalau beli tiket di Traveling mba, karena sudah terpercaya.

    ReplyDelete
  10. Traveloka memang membantu ya, terutama buat yang seperti daku males cari-cari promo di tempat lain :)

    ReplyDelete
  11. Wah dengan Traveloka Semua jadi Bisa, Recomedasi banget nih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yu..terbantu sekali dengan Traveloka..memang recommended!

      Delete
  12. Waah, asyiknya jadi terbantu dan memudahkan sekali dengan traveloka ya mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar Mbak..pesan sekalian di satu tempat:)

      Delete
  13. Memang begitu ya, Teh. Memudahkan..
    Next time kalau aku jalan2 bisa lah pesan di travelokas..he

    ReplyDelete
  14. Huaaaaa hemat, praktis bangeett Mbak Diaann.. Seruuu pake traveloka

    ReplyDelete
  15. apa sih yang gak bisa kalau ada apps Traveloka? :)

    ReplyDelete
  16. Btw itu kapan perginya, Mak? Biasanya pas musim liburan anak sekolah lebih mahal kan, harga tiketnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Libur lebaran Mak..makanya harga segitu, kalau harga hari biasa lebih murah lagi:)

      Delete
  17. saya sdh biasa pakai traveloka utk tiket pesawat dan hotel, tp dalam negri dan gak pernah sepaket. Baru tau bisa hemat dg paketan 😍. Makasih infonya mbak dian....😘

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak..lebih hemat kalau paket nih..kapan=kapan coba yaa:)

      Delete
  18. Wah teknologi semakin canggih ya, Bun. Apalagi sejak adanya Traveloka. Kita serasa dimudahkan dan dimanjakan. Semoga saya berkesampatan juga nih memakai aplikasinya. Penasaran ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Bunda..lain kali kalau perlu , coba ya:)

      Delete
  19. Mantapbanget pake aplikasi ini saya jadi bisa menghemat waktu

    ReplyDelete
  20. Biasanya tambah ke thailand juga mbak orang2 :) Mudah ya pakai Traveloka..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penginnya begitu, tapi waktu terbatas, cuti Bapaknya nggak bisa lama-lama :D

      Delete
  21. Waah,tips & infonya sangat bermanfaat Mbak Dian. Cuss ah saya juga mo Cari tiket pesawat & hotel di Traveloka aja ya. Tks ya mbak sharingnya ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup..silakan berselancar di Traveloka yaa:)

      Delete
  22. aplikasi yang bagus bgt ya,boleh dicoba tuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan dicoba Bunda...banyak nih fiturnya:)

      Delete
  23. Waah, tips dan infonya keren Mbak Dian. Terima kasih ulasannya.

    ReplyDelete
  24. Untung ada traveloka ya... ada paket tiket pesawat dan hotelnya. Jatuhnya jadi lebih murah, dibandingkan kita memesan secara terpisah.

    ReplyDelete
  25. traveloka mempermudah ya mbak ... nyobain ah 😍

    ReplyDelete
  26. asyiik nih mbak dian jalan - jalan, baru tahu saya jika ada paket di traveloka, sya biasanya hanya beli tiket pesawat, selain mudah harga nya juga agak miring dengan agency lain.

    ReplyDelete
  27. Pengalamannya bareng Traveloka bisa kujadikan patokan nih kalau nanti mau liburan bareng keluarga ke luar negeri.

    ReplyDelete
  28. Pagi mba Ratna
    Kebetulan saya bawa tamu ke KL tgl 15-18 desember ini.
    Bisa info mba utk tiket Legoland yg dr traveloka itu...apakah harus ditukar dulu nantinya atau bgmn mba?
    Dan di mana tempat utk penukaran tiket tsb?
    Mohon info segera yaa
    081283917950 (call/sms/WA)
    Dwi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya Dian bukan Ratna, Mbak Dwi...:D

      Ada e voucher yang di HP tunjukkan saja di pemeriksaan tiket depan. Cetak juga e-tiket yang dikirim ke email konfirmasi setelah pemesanan.

      Delete
  29. Weh, semua jadi bisa dengan traveloka. Bisaan aja, Mbak Dian. Hehehe

    Tetapi baru tahu saya mbak klo di traveloka bs paket gini. Nice info😊

    ReplyDelete
  30. praktis emang pake traveloka...waktu orang tua ke kalimantan juga pilih traveloka gak ribet.oke bgt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mbak..pakai Traveloka nggak pakai ribet langsung cus cepeeet!

      Delete
  31. Sebagai orang yg hobi bgt jalan2, aku heran kalo ketemu temen/sodara yg ga bikin itin kalo mau jalan2. Ujung2nya bingung sampe tujuan, ato kdg minta bantuanku bikinin itinerary.. Aku sendiri ga prnh mau jalan tanpa tujuan gitu. Pertama, krn cutiku terbatas. Buang2 waktu banget kalo aku pergi ke suatu tujuan trs luntang lantung bingung. Rugi cutinya. Beda kalo aku memang full time traveller, yg ga ada batasan cuti.

    Sso far aku jg slalu pake traveloka mba :) . Ini aplikasi pertama yg aku cek, baru kemudian bandingin ama aplikasi lain. Seringnya traveloka yg paling murah. Walopun prnh sih dpt tawaran lbh baik dr aplikasi lain, tp ga sering :p

    ReplyDelete