Tips Hemat Berkunjung ke KidZania 




Holaaaa Holaaa!

Beberapa waktu yang lalu saya menemani si Adik mengunjungi KidZania Jakarta bersama teman-teman dekatnya. Sebenarnya kami sudah pernah dua kali ke sini saat acara fieldtrip sekolah. Tapi, karena untuk pergi sendiri harga tiketnya lumayan, maka kesempatan untuk pergi bersama rombongan rasanya sayang untuk disia-siakan. (kwkwkw..Emak irit!)

Eh tapi, ngomong-ngomong sudah tahu KidZania, kan?

KidZania adalah theme park berupa replika kota yang berkonsep pendidikan dan hiburan. "Kota" ini menyerupai kota yang sesungguhnya, namun dalam skala anak-anak dan dilengkapi dengan fasilitas seperti rumah sakit, supermarket, pabrik, jalan raya, bank, angkutan umum, stasiun TV/radio, bengkel, hotel dan lain-lain. Di sini, anak-anak berusia 2-16 tahun bisa memainkan profesi orang dewasa, seperti menjadi dokter, pilot, polisi, chef, artis, arkeolog, baker, racer, bank officer dan beraneka profesi lainnya.

Saat ini, telah beroperasi 22 KidZania yang tersebar di 18 negara di dunia. 

Nah, untuk Kidzania Indonesia, lokasinya berada di Pacific Place Mall lantai 6, Kawasan Niaga Terpadu Sudirman (SCBD), Jl. Jend. Sudirman Kav 52-53, Jakarta.

KidZania Jakarta

Wahana edutainment anak yang pertama kali berdiri di Santa Fe, Mexico ini memang menyajikan "kota impian" bagi anak sehingga mereka bisa membayangkan berbagai pekerjaan yang ingin dijalani saat besar nanti.

Untuk waktu operasional, ada satu sesi setiap hari Senin-Kamis dan dua sesi pada Jumat-Minggu dengan waktu dan harga tiket yang berbeda. Kisarannya adalah 200.000-250.000 untuk anak (4-16 tahun) dan 150.000-200.000 untuk dewasa (17-64 tahun).

[Ulalaa, mahal jugaaa!]

Juga, memasuki area KidZania tidak diperbolehkan membawa makanan/minuman, sehingga harus bawa sangu yang cukup untuk jajan.

KidZania Jakarta

Padahal Kidzania bagus buat anak-anak karena konsepnya memberikan peluang dan hak bagi anak untuk : to be, to know, to create, to share, to care and to play.

Misalnya, anak yang bercita-cita jadi pilot, di KidZania bisa mencoba menjadi pilot beneran dengan berpura-pura menerbangkan pesawat dan mendaratkannya. Yang ingin tahu apa tugas pemadam kebakaran, akan ada presentasi pengertian fire fighter lalu langsung praktek sesuai profesi. Demikian juga untuk untuk puluhan profesi lainnya.

Di sini, selain bermain peran anak-anak akan mendapatkan pengalaman sekaligus pengetahuan dari briefing yang diberikan di setiap establishment (stand profesi) yang ada. 


KidZania Jakarta

Tapi sayangnya, tiketnya memang wow juga! Tempatnya juga susah dituju secara SCBD yang padat jalannya, ribet dan mahal parkirnya, serta adanya aturan ganjil genap untuk plat mobil yang lewat! Belum lagi harga makanan di dalam area Kidzania lumayan tinggi..! Hiks!

[Terus, gimana dooong? huhuhu...]

Well, don't worry be happy....Ada beberapa cara untuk menyiasati:
  • Datang dengan Rombongan 
Mengapa? Karena untuk tiket rombongan ada potongan sampai 50% dari harga normal. Caranya dengan melakukan pemesanan sebelumnya ke KidZania dengan jumlah minimal 15 anak per grup. Rombongan ini tidak harus resmi dari sekolah, bisa juga bersama teman-teman main atau tetangga asalkan mencukupi jumlah kuota.

Harga tiket untuk anak melalui grup menjadi 100 ribu dan dewasa 85 ribu (atau bisa lebih murah lagi, tergantung paket promosi). 

Lumayaaan!

KidZania Jakarta
Adik dan teman-teman
  • Pesan Makanan 
Dibandingkan beli satuan di restoran yang ada di dalam, lebih hemat jika kita pesan makanan sekalian waktu pembelian tiket. Karena ada harga khusus dengan pilihan minuman yang sudah disediakan. Juga, membuat kita bisa hemat waktu, karena makanan bisa diambil kapan saja sesuai permintaan kita. Jadi, saat anak mengantri di profesi tertentu, bisa sambil makan misalnya. Atau, bisa juga kita nikmati di kafetaria yang tersedia. Hanya saja ada persyaratan pemesanan makanan yaitu satu menu yang sama untuk semua anggota rombongan. (bagus juga ini, biar anak-anak enggak saling lirik-lirikan lihat makanan teman hihihi)

KidZania Jakarta
Contoh Menu

  • Pergi Barengan
Daripada jalan sendiri-sendiri, lebih baik pergi barengan naik ojek online, misalnya. Atau pakai dua atau tiga kendaraan saja. Biar lebih hemat biaya. Ingat juga hari apa, apakah ganjil atau genap perginya. Kalau ternyata plat mobil bisa disesuaikan pas jadwal ganjil/genap ya Alhamdulillah, enggak perlu muter cari jalan. Atau kalau naik ojek online, ingatkan driver tentang aturan ini. Biar enggak kena tilang nanti.
  • Datang Tepat Waktu
KidZania buka pada pukul 9 pagi untuk sesi pertama dan 3 sore untuk sesi kedua. Usahakan sudah ada di tempat sebelumnya. Karena sayang sekali jika waktu bermain yang hanya 5-7 jam per sesi (tergantung hari) akan terlewat sia-sia hanya karena kita terlambat datangnya.

Untuk rombongan, akan ada penjemputan oleh petugas KidZania di lobby, lalu anak-anak akan dipakaikan gelang pengaman dan beriringan naik ke atas memakai lift. Anak-anak akan mengantri dulu di depan Counter Airport untuk check in dan diberikan boarding pass serta cek senilai 50 KidZos. Lalu ada pemeriksaan barang bawaan di pintu masuk.

Dan semua proses itu perlu waktu. Maka, datang lebih awal adalah solusinya, agar kita benar-benar bisa memanfaatkan waktunya.

KidZania Jakarta

  • Bawa Sendiri
Bawa air minum/air putih sendiri biar enggak beli. Diperbolehkan membawa masuk air dalam botol minum seperti tup*erware.

Juga bawa dompet jika di rumah punya. Ini untuk tempat anak-anak menyimpan uang Kidzos yang mereka punya dan SIM nantinya. Karena beli souvenir di dalam area lumayan harganya, jadi kalau sudah ada, dibawa saja.

KidZania Jakarta
Harga dompet 80 ribu! Kalau di rumah ada...bawa saja
  • Langsung Tukar Cek
Begitu masuk area, langsung menuju ke bank untuk menukar cek ke uang KidZos. Agar anak-anak punya "modal", jika ingin mencari SIM, mau balapan atau ke tempat-tempat yang butuh "biaya".

KidZania Jakarta
  • Rencanakan Kemana
Ada banyak aktivitas anak yang disediakan puluhan establishment di KidZania. Rencanakan apa yang mau dipilih nanti, agar saat sudah di dalam tidak bingung sendiri. Misalnya, bagi yang putra-putrinya suka ngubek-ubek dapur, bisa ke Baking Center. Mereka akan belajar mengukur, mencampur dan membentuk adonan untuk membuat kue sendiri. Dengan durasi 25 menit, mereka bisa membawa pulang hasil karyanya dan sejumlah uang KidZos sebagai bayarannya.

Atau bagi yang tertarik menjadi  arkeolog, bisa ke Archaelogical Site yang berdurasi 30 menit. Dimana anak belajar membuka rahasia kehidupan di masa lampau. menggali untuk menemukan artefak dan fosil yang berharga dan mengetahui sejarah kehidupan manusia dan mahluk hidup lainnya.

  • Hindari Antri
Tiap establishment punya peminat yang jumlahnya tak sama. Misalnya, di Flight Simulator, biasanya mengular panjaaaang, karena banyak yang ingin jadi pilot. Maka, tempat seperti ini bisa kita dahulukan agar kita enggak antri kelamaan. 

Atau di Race Track...ternyata banyak anak yang hobi balapan, jadi antrian pun lumayan.

KidZania Jakarta

  • Baca Ketentuan
Pehatikan ketentuan pada masing-masing establishment, karena berbeda satu dengan yang lainnya. Akan ada keterangan di situ berapa orang kapasitas sekali sesi, durasi, batas usia dan apakah butuh membayar/akan dibayar.

Jika ternyata memang dimana-mana antri, pilih establishment yang sedang sepi dulu. Biar enggak banyak terbuang waktu. (Keliling saja Pak, Bu,..hitung-hitung olahraga tuh...)

  • Tebus Foto
Saat di dalam beberapa establishment, kita tidak bisa mengambil gambar putra-putri kita. Tapi jangan khawatir, pihak KidZania punya foto yang bisa kita tebus di foto studio di dalam area. Pilih yang sekiranya ingin dijadikan kenangan (karena banyak fotonya, kalau ditebus semua lumayan juga hahaha). Untuk harga per lembar, sekalian frame-nya 40 ribu rupiah.


Nah, sudah siap menjelajah KidZania sekaligus membersamai putra-putri bermimpi dan menjajal profesi yang diingini? 

Yuk, mari!


KidZania: information.service@kidzania.co.id - (021) 5154 888 / 5154 222




Happy Sharing,

Dian Restu Agustina

Comments

  1. Seru ih tapi memang harganya itu loh, mihil :D. Tapi bagus ya mba buat pengetahuan si anak, apalagi di umur segitu mereka lebih banyak bereksploitasi.. Yang lucu, ada uangnya segala kaya main monopoli jadinya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mahal bingit!..soalnya franchice dari luar dan lokasinya di pusat bisnis Jakarta yang sewagedungnya per meter selangit harganya , Mbak:)

      Delete
  2. Anakku belum pernah ke Kidzania mba, nunggu dari sekolah deh siapa tau ke sana.. haha.. Lumayan banget itu ya kalo datang rombongan, harganya jadi lebih murah.. Kalo harga normal mihiiil.. :D Sebanding sama fasilitasnya ya mba.. Anakku pasti seneng kalo ke sana, apalagi ada yang jadi arkeolog.. Suka sama dino soalnya.. :D TFS ya Mba Dian..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes, Mbka..lumayan lengkap kok profesinya..Hampir semua yang umum ada. Jadi anak bisa eksplore sesuai keinginan mereka..
      Yup! Rombongan ajaaa..lebih muraaah hihi

      Delete
  3. Seneng banget deh, kalau anak-anak diajak ke KIdzania. Aduh, bikin mupeng. Siap-siap uang jajannya. TFS mba Dian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak..makanya selalu ikut rombongan karena harus bawa uang jajan lumayan..:)

      Delete
  4. Kebayang deh kalau datang sendiri. Ngajak si kecil,pasti Kakaknya juga penasaran. Tambah emaknya yang juga. Mihil sekali ... Hiks

    Triknya emang bener tuh, kudu berombongan kalo mau kesana. Berasa banget bedanya ya, Mbak Dian

    Jujur sih, selain nemenin si kecil. Jamin deh bukan dia aja yang seneng, Mbak. Aku juga pasti ikutan seneng. Kan masa kecil dulu gak ada beginian ヽ(^o^)丿

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kwkwkw..aku aja juga seneng..jaman kita belom ada..sekarang apa=apa adaaa ya Mbak Dila:)

      Delete
  5. hmmm...bisa dicoba nih tipsnya mbak....berkelompok lebih hemat ya...harus ngadain piknik rt nih ha ha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benerrrr..se RT malah lebih murah lagi...sewa bissss! kwkwkw

      Delete
  6. pas awal2nya kidzania muncul aku SD kelas 6
    pingiin banget ke sana
    sampe usia kepala 3 belum keturutan wkwkwk
    aku simpen dulu tipsnya
    buat nanti ajak anak istri
    aminnn

    ReplyDelete
  7. Anak-anak excited banget ya Mbak. Penting banget tuh main-main ke situs arkeologi nya, mengajarkan anak untuk menghargai sejarah yang ditinggalkan pendahulu kita. Baking center nya lebih cakep lagi, meski emaknya minim ilmu bikin kue kayak saya, setidaknya anak perempuannya harus belajar melebihi kemampuan emaknya. Sayang banget di Solo belum ada :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baru di Jkarta adanya Mbak...:)..Ya anak-anak seneng, enggak mau pulang malah kwkwkw

      Delete
  8. Wajib di coba nih tips nya, terimakasih mba :D

    ReplyDelete
  9. Keren konsepnya nih "wisata edukasi" ya mba. Sekali berkunjung dapat manfaat 2 kali.

    ReplyDelete
  10. Mahal tapi sesuai ya mbak tempatnya. Nyaman dan anak2 pasti betah disana main2 sambil belajar.
    Nggak bakal mau cuma sebentar kalau kesana kan 😂

    ReplyDelete
  11. Saya belum pernah ke sana, karena sekolah Najwa juga sekolah biasa aja sih, jadi kalau fieldtrip ya yang standart aja lokasinya. kalau mau pergi sendiri, suamiku yang mrasa belum cocok buat anak2. Jadi sementara ini mupeng dulu simboknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. cocok buat anak yang sudah SD Mbak..tunggu aja nanti :)

      Delete
  12. Sudah di follow ya mba, aku pernah denger nih tempat ini, dan diisi baca lagi, bagus tuh walaupun ya mahal sih hhe

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog