Tips Memasak yang Sehat dan Cepat

"The secret ingredients of cooking is always love!"
Memasak menjadi bagian dari rutinitas keseharian terutama bagi kaum perempuan. Tapi seringkali urusan dapur ini dianggap membutuhkan waktu, sehingga enggak bisa dikerjakan sambil lalu. Mulai dari persiapan, pengolahan hingga penyajian makanan memang memerlukan waktu tertentu. Maka jika tidak disiasati dengan kiat-kiat istimewa, bisa-bisa pekerjaan lain enggak kepegang jadinya. Kecuali jika kita memang sedang punya waktu luang untuk berlama-lama di dapur kita.

Kemudian ada kecenderungan sebagian orang, agar cepat masaknya, beberapa hal diabaikan hingga memengaruhi kandungan gizi makanan. Misalnya, biar cepat, semua-semuanya digoreng. Padahal minyaknya dapat meningkatkan kolesterol jahat di tubuh yang bisa memicu obesitas, diabetes, hipertensi dan stroke. Hiiii, sayang kan, meski masaknya cepat tapi makanan jadi enggak sehat!

Lalu apa saja yang bisa dilakukan agar masaknya cepat tapi makanannya tetap sehat?

1. Siapkan Bahan

Sebaiknya kita susun dulu menu untuk seminggu, jika memang biasa belanja mingguan. Atau bisa juga buat dua-tiga hari ke depan. Misalnya, Senin nanti masak sayur asem, lalu Selasa bikin tahu tempe bacem. Jadi enggak perlu nanya ke grup WA arisan, "Enaknya masak apa hari ini ya, Jeung?". Ingat, masing-masing kita pasti punya selera dan isi kulkas yang berbeda.

Lalu setelah tahu menu, kita bisa siapkan sekalian bahan beserta bumbu yang diperlukan. Letakkan di wadah, masukkan kulkas dan simpan! Sehingga saat hari H kita tinggal cussss..bebikinan!

2. Siapkan Peralatan

Karena bahan sudah disiapkan, kita tinggal mengulek bumbu atau mencampur ini itu. Tapi sebelumnya, siapkan dulu peralatan memasak yang dibutuhkan. Jika kita memerlukan oven, maka panaskan dulu ovennya, Atau rebus airnya jika memang dibutuhkan untuk merebus atau mengukus. Sehingga di saat nanti bahan ready, alat masaknya juga siap sedia.

3. Letakkan dalam Jangkauan


sumber: pexels.com
Letakkan alat masak dan bumbu dalam jangkauan kita. Kelompokkan dalam rak sesuai dengan kegunaannya. Jangan sampai naruh merica dimana, garam dimana. Sehingga saat diperlukan kita repot mencarinya. Juga untuk pisau, sutil, sendok, lap, cempal dan lainnya. Pastikan kita menaruh di tempat yang enggak jauh. Jadi kita bisa lebih menghemat waktu dengan menghindari mencari ini itu.

4. Cari Resep yang Simpel

Untuk menghemat waktu, pilih resep yang simpel sehingga cepat kelar masaknya. Misalnya, aneka tumisan. Selain sehat karena kandungan gizinya lebih terjaga, juga enggak perlu waktu lama masaknya. Atau sajian raw veggies yang tak hanya cepat penyajiannya tapi juga tak perlu waktu untuk mengolahnya.

5. Bahan Masakan Pilihan

Pilih bahan masakan yang enggak perlu lama-lama mengolahnya. Sehingga kita bisa mempersingkat waktu pengerjaannya. Misalnya, untuk daging, karena butuh waktu lama untuk mematangkan, siasati dengan memotong dalam ukuran kecil Atau mengungkep lebih dulu sebelumnya.

Kiat lainnya dengan menyiapkan bahan yang siap olah dan siap masak yang praktis dan hemat waktu. Biasanya bahan-bahan ini berupa frozen food jadi tahan lama jika disimpan di frezeer. Sehingga bisa kita stock untuk beberapa lama dan diolah/dimasak saat diperlukan nantinya. Jenis makanan beku ini misalnya: sayuran beku, ayam/daging/ikan beku, aneka tempura, nugget, bakso dan lainnya.

Seperti saya yang menjadikan produk So Good sebagai bahan masakan pilihan untuk frozen food ini.

Mengapa saya pilih So Good? 

1. So Good Banyak Pilihannya

So Good membuat sesiapa yang pengin singkat saja masaknya terbantu karenanya. Beraneka pilihan ada, bisa disesuaikan kebutuhan kita, misalnya:

So Good Siap Olah: Ayam Potong Paha dan Dada, Ayam Utuh Potong 10, Ayam Potong Daging Sup Ayam, Ayam Potong Paha Dada Bumbu kuning, Ayam Potong Paha Dada Pedas Manis.
Tips Memasak Sehat dan Cepat
sumber: sogood.id
So Good Siap Masak: Bakso Ayam Kuah Keju, Pangsit Udang,  Shrimp Dumpling Hakau Udang, Chicken Karage, Chicken Katsu, Chicken Steak, Chicken Nugget, Fish Nugget, Otak-Otak, Shumai Furai, dan lain-lain.
Tips Memasak Sehat dan Cepat
sumber: sogood.id
2. So Good Enak dan Kaya Protein

So Good diolah dari bahan-bahan berkualitas terbaik dan diproses dengan teknologi tinggi untuk memastikan rasa yang enak dan kualitas gizi protein yang terjaga utuh saat dihidangkan.

3. So Good Praktis dan Hiegienis

Seluruh produk So Good diolah dan dikemas dengan teknologi tinggi untuk meminimalisir kontaminasi, sehingga kehigienisan terjaga. Rangkaian produk So Good sangat praktis untuk dihidangkan diberbagai kesempatan.

4. So Good Inovatif

So Good selalu berinovasi dalam menghasilkan produk-produk daging olahan dengan rasa yang enak serta mengandung gizi protein yang baik untuk mencukupi kebutuhan gizi seimbang.

5. Kualitas So Good Terjaga

Produk So Good melewati proses pemasakan hingga suhu 170° C selama tidak kurang dari 3 menit, langsung dibekukan cepat menggunakan teknologi IQF untuk menjamin kesegaran, kelezatan, dan nutrisi kandungan produknya.

Hohoho..lengkap yaaak! Memang lebih baik So Good! Karena selain cepat,  So Good juga sehat! 

Memang So Good diolah dari bahan-bahan berkualitas terbaik dan diproses dengan teknologi tinggi untuk memastikan rasa yang enak dan kandungan gizi protein terjaga utuh saat dihidangkan.

Kandungan gizi makanan ini, seringkali diabaikan oleh banyak orang. Banyak yang beranggapan asal makan kenyang saja sudah cukup. Padahal manusia dari segala usia memerlukan kecukupan gizi yang seimbang guna pemeliharaan dan perbaikan sel-sel tubuh, proses kehidupan serta pertumbuhan dan perkembangan. Dimana kebutuhannya berbeda tergantung pada usia, jenis kelamin dan aktivitas yang dilakukan.

Lebih Baik so Good
Sumber: sogood.id

Nah, berkaitan dengan kandungan gizi seimbang ini, Departemen Kesehatan RI menganjurkan agar seseorang perlu mengonsumsi bervariasi makanan.

Adapun yang dimaksud dengan keanekaragaman makanan ini adalah sajian yang paling tidak terdiri dari 4 kelompok bahan makanan yaitu :

1. Satu jenis atau lebih karbohidrat 35% misalnya: beras, jagung, gandum, ubi kayu, kentang, sagu, dan sebagainya.

2. Satu jenis atau lebih protein 15% misalnya: kacang-kacangan, tempe, tahu, telur, ikan, daging, dan sebagainya.

3. Satu jenis atau lebih makanan kelompok buah-buahan 15% dan sayuran 35% sebagai sumber vitamin dan mineral misalnya: buah pisang, apel, pepaya, jeruk, dan sebagainya. sayuran wortel, bayam, kangkung, dan sebagainya.

[Tuh, sudah tahu kan. Jadi enggak lagi ya, pas kambuh bapernya bikin mie terus dimakan sama nasi. Hihihi... Ingat, itu karbo semua lho! Nanti giliran dietnya gagal baru nyesal. #hiks]

Nah, berkaitan dengan tips memasak sehat dan cepat serta menu piring gizi seimbang, saya punya kreasi masakan yang tak hanya sehat tapi mudah dan cepat dibuat. Ini dia kreasinya:

Ayam Pedas Manis So Good

Untuk bahan dasarnya, saya memakai So Good Siap Olah: Ayam Potong Berbumbu (Paha Dada Pedas Manis) yang penampakannya seperti berikut ini:

piring gizi seimbang

Kemasan yang saya beli ini berberat bersih 450 gram berisikan 6 potong ayam berbumbu. Jadi praktis enggak perlu repot nyiapin bumbu lagi. Untuk cara memasaknya di kemasan disebutkan bisa dengan: dikukus, ditumis, dipanggang dan digoreng.

Untuk kali ini saya tumis saja ayamnya dengan sedikit minyak dan menambahkan air untuk mematangkannya. Selain lebih sehat, air akan menjaga makanan agar tetap lembab dan mencegah ayam lengket ke penggorengan saat diolah.

So Good Ayam Potong

Setelah ayamnya matang sempurna. Saya tambahkan nasi sebagai karbohidrat,. Juga sayuran mentah/lalapan yaitu: selada, timun dan tomat. Lalu untuk buahnya, saya sertakan manggis dan anggur. Tak lupa, air putih sebagai pelengkapnya.

Dan, ta daaa...begini sajian lengkap yang sesuai dengan piring gizi seimbang ala saya:

tips memasak sehat dan cepat

Tak hanya sehat makanannya tapi juga cepat menyiapkannya! Sehingga bisa jadi pilihan saat kita tak punya banyak waktu untuk berkutat dengan bahan dan bumbu.

"The most important thing is doing with love because the secret ingredients of cooking is always love!"

Nah, kalau teman-teman bagaimana, adakah tips memasak sehat dan cepat yang lainnya?


Happy Cooking,

Dian Restu Agustina



Artikel ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Kreasi Menu Gizi Piring Seimbang So Good
#BPNxSoGoodPiringGiziSeimbang
Bahan Bacaan: www.sogood.id

42 comments:

  1. Seger banget sajiannya mbak dian ๐Ÿ˜Š

    Memang memasak itu kegiatan yg harus fokus mbak klo saya. Ga bisa disambi,malah gosong biasanya kalo ditinggal2. Pelupa sih ๐Ÿ˜‚

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama...kalau mau nyambi harus dekat kompor juga, kalau enggak bisa korban panci dan makanannya...gososng sodara-sodara..:D

      Delete
  2. Emang sih, si good berkualitas dari mulai saya kecil, terus inovasinya sampe sekarang masih terus berjalan. Sukses terus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, dulu enggak sebanyak ini variannya sekarang makin lengkap So Good nya:)

      Delete
  3. Wah sajiannya bikin berselera, manggisnya itu juga, sama sayur-sayurannya๐Ÿ˜

    ReplyDelete
  4. So Good banyak pilihannya. Buat nyetok di rumah juga oke. Anak-anakku doyan makannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama Mbak, anak0anak di rumah juga doyan bangets:)

      Delete
  5. aku minggu ini ketagihan yang rasa spicy enak banget
    ada promo lagi
    so good emang is very good

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mas..ini enggak perlu bumbuin lagi, sudah terasa pedasnya :)

      Delete
  6. Sayangnya saya gak tahu masak, haha.
    Taunya asal makan doang ��
    Eh tapi produknya So Good ini emang bagus2 sih. Bagus dalam kemasan dan enak juga produknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak harus tahu masak kalau pakai So Good berbumbu ini, Mas..tinggal olah, sudah...Mudah! :)

      Delete
  7. klu saya sich tinggal beli diwarung jd super cepat namun isi dompet cepat gosong... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kwkw..enak di warung pakai touchsreen lagi, tinggal tunjuk , siap makananya :D

      Delete
  8. Segar bngat masakannya,inovaso so good ya, anak kos mah gak punya semuanya , bisanya cuma beli doang

    ReplyDelete
  9. Aku biasanya malem udah disiapin semua bahan masakan, takutnya kesiangan jadi tinggal masak deh paginya.

    ReplyDelete
  10. aku juga suka masak yang praktis , kebanyakan sih ditumis

    ReplyDelete
  11. Masak berbahan baku ayam , emang paling masuk ke selera semua anggota keluarga ya Mbak Dian. Mau digoreng enaaak. Goreng laos, goreng tepung, goreng Kalasan ... Bla bla bla

    Mau diolah lain juga maknyuss. Opor, saos mentega, semur, kari, lada hitam. Bisa semua deh

    ReplyDelete
  12. saya juga kalau bikin masakan buat bekal makan siang selalu tumisan. padahal kalau sayur berkuah lebih gampang sih menurut saya cuma ribet bawanya

    ReplyDelete
  13. Nasi mana nasi? *buru-buru ngambil piring*

    Enak banget kayanya ini. Cuss resep ditandain. Semoga nanti bisa diekskusi deh

    ReplyDelete
  14. Cari yang simple, So good jawabannya.

    ReplyDelete
  15. wah so good ini kesukaan #dapurManda jugaaa. praktis dan enak.

    ReplyDelete
  16. Wah, baru tahu ada ayam so good pedas manis. Kudu diburu nih, buat stok lauk di rumah

    ReplyDelete
  17. Musti ada stok so good untuk bapak dan emaknya Musa nich Mbak Dian, apalagi pas hujan tengah malam, bawaannya lapar melulu hihihi. Praktis banget!

    ReplyDelete
  18. Tos dulu ah mba dian, aku juga slalu stock So Good di rumah. Karena saat malas masak, ada so good yang cepat di olah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mbak, kalau dah nyimpen So Good enggak kepikiran lagi

      Delete
  19. so good bisa jadi alternatif bekal yang praktis buat anak-anak sekolah ya mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup! sehat dan cepat..cocok untuk bekal sekolah anak

      Delete
  20. Yummy!! Praktis, simple,enaaakk
    Two thumbs up

    ReplyDelete