Ketika Para Jawara Berbicara!




Hola hola! Apa kabarnya? 

Teman-teman yang Muslim masih menjalankan puasa Ramadan, kan?

Semoga ibadah puasanya lancar jaya sampai akhir yaa...!

Aamiin!

Oh ya, ada yang mau saya bagi di sini. Sebenarnya sudah telat banget sih nulisnya. Tapi berbagi kebaikan enggak ada kata terlambat, kan? πŸ˜€

Ini tentang Sabtu siang saya pada 5 Mei yang benar-benar bikin hepi. Lantaran saya bisa ikutan dalam keseruan acara yang dihelat oleh Blogger Perempuan Network dalam #BPNgobrolCantik bersama para jawara lomba.

Jawaraaa?? #jengjeng

Tips Mengikuti lomba blog
flyer di akun Instagram Blogger Perempuan

Wow, baca flyernya saja, sudah bikin penasaran saya!

Yup, empat narasumber: Evrina Budiastuti, Vania Samperuru, Murtiyarini dan Langit Amaravati.

Keempatnya adalah blogger perempuan yang namanya "ditakuti" peserta lomba blog se-Indonesia Raya jika ternyata ikut serta juga dalam lomba yang diikutinya! Hiiiii....!

Hohoho..!! Dan hari ini keempat-empatnya mau buka-bukaan rahasia yang selama ini dipendam sehingga berkali-kali memenangi beraneka lomba blog yang ada.

Wah, seru pastinya!

#BPNgobrolCantik - Learn, Chare, Connect & Inspire

Dan, acara yang diadakan di JSC Hive Co Working Space dalam durasi sekitar 4 jam ini, memang beneran bikin saya pulangnya kepanasan. Bukan karena tempatnya yang enggak nyaman. Bukan juga lantaran makanannya yang jauh dari harapan. 

Saya kepanasan karena terbakar semangat para jawara lomba yang selama acara telah membuka mata dan pikiran saya bahwa kesuksesan mereka tak lain dan tak bukan adalah dari hasil kerja keras yang dilakukan. Dimana kesemuanya dijalani dengan ketekunan yang butuh proses dan bukan pencapaian instan.

Wah!!

Tapi, sebelum cerita tentang inti acara, #BPNgobrolCantik ini merupakan acara pertama yang saya hadiri bersama Blogger Perempuan Network. Ya..., yang pertama!!

Karena sebelum-sebelumnya, saya masih belum pede untuk ikutan datang di kegiatan yang diadakan BPN. Maklum, bergabung bersama blogger senior yang oke bin ketjeee masih saja membuat diri ini tak bernyali..hiks!

Akhirnya, setelah diajakin Mbak Yeni Sovia, pemilik yenisovia.com, saya pun mendaftar ke acaranya. Dan di sinilah sayaaa...!!

setelah sekian purnama akhirnya jumpa mbak Yeni Sovia😍

Hmm, semoga saja ini bukan yang pertama sekaligus yang terakhir seperti syair lagu yang itu yaa...πŸ˜€

Melainkan jadi awal kebangkitan #halah...!

Sekaligus untuk memupuk kepercayaan diri saya yang selama ini sering timbul tenggelam. Aamiin.

Nah, setelah mendaftar dan mendapatkan konfirmasi melalui email, saya pun cusss ke tempat acara di bilangan Kuningan. Tepatnya JSC Hive Coworking Space ini terletak di Jl. Prof Dr. Satrio 7, Karet Kuningan, Jakarta Selatan.

Nyarinya mudah saja, karena lokasi bangunan yang di pinggir jalan sehingga nampak mata.

Lalu, begitu masuk ke JSC, saya langsung sukaaa!

Buka pintu, langkahkan kaki, sampai deh di lokasi! Enggak perlu nitip KTP seperti kalau ke gedung tinggi atau pakai lift/tangga dan mencari lantai menuju tempatnya. (trauma pernah nyasar saya haha)

Oh ya, di depan saya disambut ramah oleh panitia dari BPN. Lalu setelah mengisi daftar hadir, saya dipersilakan mengambil menu makan siang dari FoodKoop yang  saya inginkan dari atas meja yang sudah disiapkan.

Dan..... saya pilih Ayam Suwar Suwir!

Rasanya?

Jangan ditanya, paduan rasa yang maknyuus tenan dan kelaparan, bikin saya pun menghabiskannya! hahaha..

FoodKoop
Ayam Suwar Suwir dari FoodKoop

Selanjutnya saya tiba di ruangan acara yang tempatnya heuheu, cool!!

Sembari nunggu peserta lain datang dan dimulainya acara yang rencana adalah pukul dua, maka saya pun makan sembari ngobrol dengan teman blogger yang baru saya kenal di dunia nyata pada saat acara.

Beberapa sih pernah bertegur sapa di dunia maya. Jadi enggak kagok lagi buat hahahihi

Kemudian acara pun dimulai tepat pukul dua dan dipandu oleh MC yang seru, Mbak Kartika Putri Mentari.

Pertama, ada greeting speech dulu dari para sponsor acara, yaitu: 
  • Dewaweb
"Leading brand for SSD cloud hosting and cloud service (VPS) in Indonesia, certified by ISO 27001-2013 with true 24/7 Ninja Support". 

Infonya, Dewaweb sebentar lagi mau bikin lomba blog juga lho..Hadiahnya total 15 juta! Untuk info lengkapnya kepoin di sosial medinya ya...dan jangan lupa ikutan!
  • FoodKoop
"FoodKoop revolutionize the way of serving food"


Laper? Mager? FoodKoop-in aja! Boothnya ada di EV Hive City, Plaza kuningan lantai 10 dan EV Hive Tower di IFC 1 lantai 11. Buka dari Senin-Jumat dari 9 pagi-7 malam.
  • Uptude_kn:  
"Halal Manado Culinary"


Kuliner Manado halal dan spesialis ikan Tude (ikan kembung) asap. Tersedia pengiriman via ekspedisi dan ojek online. Kepoin sosmednya untuk info lengkapnya!
Dan.... setelah paparan singkat dari para sponsor pendukung acara maka selanjutnya, diundanglah para jawara memasuki tempat acara.

#BPNgobrolCantik
Jawara Blogger ka-ki Mbak: Langit, Arin, Vania, Evrina dan MC Putri

Pertama, masing-masing pun memperkenalkan diri mereka. 

Kemudian dengan dipandu oleh Mbak Putri, peserta dipersilakan mengajukan pertanyaan yang sekian lama terpendam tentang tips&trick memenangi lomba kepada para jawara lomba.

Dan, berikut rahasia yang dibuka oleh para Jawara....:

Evrina Budiastuti

Mbak Evrina, pengampu evrinasp.com ini mulai ngeblog dari tahun 2009. Awalnya sih hanya untuk curhat gaje saja katanya. Lalu mulai serius nulis karena profesinya sebagai penyuluh pertanian juga mengharuskan berkegiatan dalam tulis menulis. 

Jadilah Mbak Rina, begitu panggilan akrabnya, mulai menjadikan blog sebagai sarana penyuluhan pertanian.

Selanjutnya Mbak Rina ikut lomba dan pertama kali menang pada 2012 dan menyusul kemenangan-kemenangan lainnya. Di tengah kesibukannya sebagai ASN tak menghalanginya untuk mengukir prestasi di dunia blog hingga beraneka hadiah pun sudah diraih Seperti uang tunai, perjalanan wisata Nusantara dan Mancanegara, kamera, smartphone dan lainnya. Wow!

Tapi, menurut Mbak Rina, semua itu tidak dicapai semudah membalikkan tangan. Lantaran tidak ada kemenangan yang instan, jadi kita musti terus berproses dan mengasah kemampuan.

Mbak Rina juga menyampaikan bahwa tujuannya ikut sebuah lomba, enggak cuma ngejar hadiahya, tapi juga untuk mendapatkan banyak pengalaman, nambah teman, dapat backlink dan sekalian update blog.

Mbak Rina yang juga spesialisasi lomba berbau ilmiah yang biasa diadakan oleh instansi pemerintah ini juga memberikan tips untuk kategori lomba yang berdasarkan data di lapangan, diantaranya:
  • Pilih lomba yang sesuai dengan niche blog kita agar ada kesesuaian tema
  • Baca baik-baik materi lomba  
  • Kumpulkan semua fakta dan lengkapi dengan melakukan riset atau survei 
  • Tulis dengan sistematis fakta, pendapat, dan saran 
  • Berikan masukan dan saran 
  • Masukkan unsur pengalaman pribadi, tapi sedikit saja
Sedangkan untuk ide, cara menggali ide jika sudah mentok ala Mbak Rina adalah dengan melakukan survey atau riset kecil-kecilan. Misal beri pertanyaan ke teman di sekitar atau di sosial media. Hasil riset inilah yang kemudian diolah menjadi ide dan bahan lomba.

Pesannya: boleh ikut lomba asalkan enggak lupa dunia!

Dan, kini Mbak Rina yang dulu sebulan bisa beberapa kali ikut lomba, sudah lebih santai, sebulan paling satu lomba saja yang diikuti.....(wah, berarti ngasih kesempatan saya menang ini...hihihi)

penanya yang beruntung memenangi voucher 200 rb dari Dewaweb

Vania Samperuru

Mbak Vania mulai ngeblog tahun 2005 di v-recipes.blogspot.co.id. Awal ngeblog hanya untuk menyimpan resep masakan agar mudah ditemukan. 

Selanjutnya, konsisten ngeblog dan all out karena menganggap blog bagaikan anak sendiri jadi harus dirawat dengan sebaik-baiknya sepenuh cinta. 

Mbak Vania yang Ibu dua anak yang juga seorang food stylist dan food photographer ini, dulunya mengikuti semua tema lomba, tapi akhirnya memutuskan hanya mengikuti lomba sesuai dengan passion dan kemampuannya yaitu dalam tema food and travel. 

Selanjutnya Mbak Vania yang blog dan sosial medianya penuh dengan foto-foto keren ini, juga merasa termasuk tipe yang enggak ngoyo dalam mengikuti lomba, bahkan kadang menjelang deadline baru submit tulisan. Tapi, ide sudah matang sejak jauh-jauh hari karena memang tema tersebut dikuasai.

Selain itu Mbak Vania juga menyarankan untuk menampilkan keotentikan konten yang kita miliki. Karena jika sajian yang kita tampilkan beda dari yang lainnya, tentu akan memesona jurinya. Misalnya saja, saat Mbak Vania memenangi lomba travel writing dengan tema "surga yang tersembunyi di daerahmu", maka ditampilkannya lokasi yang bisa jadi orang belum tahu dimana itu. Bukan daerah kebanyakan yang sudah sering dikunjungi wisatawan.

Akhirnya dengan tips&trick ini Mbak Vania bisa memenangi beberapa lomba dan mendapatkan hadiah diantaranya uang tunai, kamera mirrorless dan lainnya. Wow!!


Murtiyarini

Pemilik asacinta.blogspot.co.id ini menyarankan agar setiap blogger tetap mempertahankan ciri khasnya dalam hal gaya bahasa meski memang penting menyesuaikan dengan kriteria lomba. Karena ciri unik ini bisa jadi karakteristik kita yang bisa mencuri hati juri. Apalagi tema yang dibahas dalam lomba oleh seluruh peserta adalah tentang hal yang sama.

Lalu blogger yang akrab disapa Mbak Arin ini juga menambahkan akan pentingnya menulis sesuai EBI(Ejaan Bahasa Indonesia), misal, kalau pakai kata gue ya tulis sesuai ejaannya gue  dan bukan gw.

Mbak Arin yang sudah memenangi berbagai lomba blog ini juga menyarankan untuk blogger pemula sebaiknya terus rutin menulis dulu saja daripada berburu lomba. Lalu terus belajar dari waktu ke waktu memperbaiki kekurangan kita. Sehingga lama kelamaan tulisannya akan punya ciri khas dan makin berkualitas.

Mbak Arin juga memberikan tips agar:
  • Cari ide yang berbeda dari peserta lainnya.
  • Gali ide itu dari cerita keseharian yang berhubungan dengan tema lomba
  • Eksplor kemampuan diri dan tulis dalam story telling sesuai karakter diri
Oh ya untuk selengkapnya rahasia Mbak Arin, dituliskan di link di blognya ya, silakan klik link di atas...

Hore saya dapat hadiah mini hampers Uptude_kn dari lomba livetweet! Alhamdulillah!

Langit Amaravati

Awal ngeblog pada 2009 di langitamaravati.com dan yang pertama ditulis adalah puisi dan cerpen. Lalu, pertama ikut lomba 2013 dan berhasil memenangi uang tunai sebesar 5 juta rupiah.
Teh Uchan, begitu biasa si jawara ini dipanggil, menyebutkan pula bahwa lomba sebaiknya dijadikan sarana ujian untuk tulisan kita. Sejauh mana kita memperhatikan typo dan keluwesan tulisan.

Disarankan oleh Teh Uchan tidak hanya dalam lomba, blogger juga harus memperhatikan kaidah penulisan yang benar karena algoritma Google lebih memilih tulisan dengan ejaan yang benar. 

Selain itu, memahami SEO juga penting karena akan membuat informasi dalam blog  kita bisa ditemukan banyak orang yang memerlukan.

Dalam setiap penulisan, hendaknya juga memperhatikan 3 tahapan penting, yaitu:
  • Pre-writing: menulis semua yang dipikirkan
  • Merampingkan dan mengefisiensi tulisan
  • Editing
Dan, jadikan lomba sebagai ajang untuk mengasah kemampuan menulis, kepiawaian riset, editing, story telling dan sebagainya.

Juga, yang utama adalah soft review saat mengulas sebuah produk untuk lomba. Awali dengan curhat, bikin orang penasaran hingga akhirnya dibaca sampai kelar.

Ingat bahwa keberhasilan seorang penulis dinilai saat pembaca selesai membaca tulisannya dan mereka tidak merasa membaca sebuah review produk.

Nah, Teh Uchan juga menyatakan effort saat ikut lomba itu sudah gede, jadi waktu, energi, ide, pikiran juga harus all out dituangkan dalam tulisan. Makanya, si Teteh ini selalu menargetkan sebagai juara 1 saat ikut lomba. Optimis karena sudah capek-capek nulis begitu katanya. Pantesan saja dapatnya hadiah tak hanya uang tunai tapi sampai laptop pun sudah tergenggam tangan yaaa.

Duh, kereen semangatnya!!

Dan, kabar baiknya, sekarang Teh Uchan sudah memutuskan untuk turun panggung karena ingin konsen pada project lainnya. Jadi giliran kita nih untuk naik panggung...kwkwkw

Blogger Perempuan Network
seluruh peserta #BPNgobrolCantik (sumber gambar: Blogger Perempuan Network)

Nah, itulah rahasia juara para jawara blogger, dimana kesimpulannya adalah bahwa untuk memenangi sebuah lomba diperlukan:
  • Pilih lomba yang sesuai dengan passion dan kemampuan 
Jika tema lomba sesuai dengan passion kita maka tulisan kita akan mengalir dan enak dibaca karena materinya kita kuasai dengan baik. Tulisan kita pun akan lebih bernyawa dibandingkan jika kita memaksa menulis sesuatu yang tidak kita mampu.
  • Pelajari ketentuan lomba
Baca baik-baik ketentuan lomba dan pelajari apa yang dimaui penyelenggara. Perhatikan baik-baik semua syarat dan ketentuan. Jika ternyata memang semua memungkinkan ya ikuti lombanya, kalau tidak ya lebih baik lupakan.
  • Ide cerita yang berbeda 
Berusahalah untuk mencari ide yang out of the box, yang enggak pasaran dan sudah dipakai semua orang. Caranya: gali ide dengan cara eksplor di sekitar kita, survey, riset.....dan lainnya.
  • Percantik tulisan
Meski tidak semua lomba mengharuskan tulisan musti dihiasi warna-warni, tapi paling tidak jika ada foto penunjang, infografis, video tentu akan menambah value tulisan kita. Jadi jika ternyata bisa, sebaiknya lengkapi saja agar bisa menambah nilainya.
  • Rapikan Tulisan
Sebelum submit tulisan lomba, sebaiknya cek dan ricek penulisannya. Jangan sampai ada typo yang mengganggu. Lakukan editing lagi dan lagi. Hingga tulisan siap untuk dilombakan.

Nah, sudah siap ikut lomba lagi setelah baca rahasia para jawara ini?

Sudah dong pasti!! 😍

Dan akhirnya,...terima kasih Blogger Perempuan Network untuk acaranya. Terima kasih juga buat para jawara untuk sharingnya.

Yuk temans, kita semangat ngelomba! Karena hasil tidak akan menghianati usaha!


Selamat berlomba!


Dian Restu Agustina





Comments

  1. Makasih sharingnya. Yuuk...cari lomba...hehe

    ReplyDelete
  2. Seru banget ya kak.
    Bisa kumpul2 gitu sambil sharing.
    Semoga yang dateng pada menang lomba semua kalo nanti ikutan lomba Blog :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin..Semoga bisa menang di lomba yang berbeda-beda :D

      Delete
  3. Aku skrg juga mulai pilih2 lomba euy, yg gak dapet feelnya aku skip, ehehehe.. semoga yg dpt feelnya dapet hadiahnya juga... eh tapi klo aku perhatikan ya mba banyak juga kriteria penilaian dari popularitas si blogger. Meski ada juga bbrp yg idealis yaitu dilihat dr kontennya. Nice share mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin...sama, dipilah dipilih sesuai hati biar jos tulisannya.
      Wah, kok sama pemikiran kita, kayaknya tulisannya biasa tapi karena yang nulis si A jadi menang yaaaa...Ah, semoga cuma praduga kita saja

      Delete
  4. Ahh iya.. kemarin saya berhalangan gak bisa datang di acara ini.
    Seru kayaknya ya..

    Kalau saya pribadi sih agak jarang ikutan lomba blog hehehe.

    Tapi baca ini jadi tertantang juga untuk ikutan
    #ceilehhh tertantang hihihi..
    Makasih sharingnya mbak Dian (",)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk ngelomba...saya juga terhibur karena kalah lagi dan lagi ini hihihi

      Delete
  5. Wah, seru ya. Pas banget jadi referensi untuk.ikut lombs blog.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siip, biar tahu apa yang dilakukan para jawara ya Mbak

      Delete
  6. mereka emang keren-kereen... jadi intinya menguasai tema lomba ya...makasih sharingnya mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyes...kuasai temanya, kalau enggak berasa enggak bernyawa tulisannya

      Delete
  7. Waah acara yang seru niih...bisa dapat sharing ilmu dari para jawara. Ternyata gak mudah jalan mereka untuk jadi pemenang ya...saluut!

    ReplyDelete
  8. Nah ini, belum nemu yang nyaman buat saya yang mana mbak Dian. Yang penting nulis dan nulis aja sekarang. Kalau sudah nemu yang klik, baru mau ikutan lomba. Semoga pas saat itu, yang senior sudah turun panggung. Hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju Mbak...yang penting nulis dulu aja ya...sambil memperbaiki diri :)

      Delete
  9. Wesss Bundaaaa aku suka template blog barunya. Kerennn. Terlihat lebih profesional juga 😍. Oh ya seneng bisa ketemu Bunda Dian diacara itu. Smp ketemu untuk selanjutnya Bun 😘

    ReplyDelete
  10. wah tips nya bermanfaat banget Mbak, bisa dicoba diaplikasikan juga nih hehe

    ReplyDelete
  11. Waaah... Acaranya keren. Sayang jauh dari rumahku. Keren tuh sharingnya. Makasih mbak dian udah berbagi

    ReplyDelete
  12. Wauww keren tipsnya. Jadi pengen langsung ngoprek blog sendiri hihihi. Thank mba Dian, for sharing this info!

    ReplyDelete
  13. Huaaahhh... ketinggalan baca update Mbak Dian gegara kelamaan menghilang dari dunia blog. Terima kasih ilmunya ya, Mbak. Saya belum punya kesempatan untuk hadir di acaranya Blogger Perempuan.

    Point saya yang soal merampingkan tulisan, kok saya rada sulit ya Mbak ? Sebab entah kenapa baca tulisan panjang itu puas, padahal bisa saja muter kemana-mana, haha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama..lha saya pasti kepanjangan kalau ada ketentuan jumlah kata hahaha. Lha wong ceritanya sepanjang itu masak mau didiskon, nanti jadi missing link dong...#halah

      Delete
  14. Ini tipsnya ajib banget. pengen belajar dari awal lagi untuk mengikuti sebuah perlombaan. Dan yang penting harus dibikin fun dan gak tertekan saat nulisnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yups, serius , fokus tapi enggak tertekan

      Delete
  15. Waah keren tips-tipsnya. Sampai hari ini saya belum pinter membuat infografis, Mbak. Padahal melihat pengalaman para pemenang lomba, rata-rata juaranya yg infografisnya cakep. Kayaknya harus belajar, deh hehe

    Makasih sharingnya, Mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Yuniarti enggak perlu infografis dah oke trus menang deh ..keren begitu :)

      Delete
  16. Ah, senangnya. Kalau aku belum dpt feel tepat untuk ikut lomba. Sekali nyoba trus gagal. Hehe. Kebanyakan even aku skip dan memang masih fokus di buku cetak. Thanks infonya

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog