Buka Puasa Bersama Tak Hanya Sekedar Kumpul-Kumpul Belaka




Hai Teman...

Enggak terasa Ramadan sudah dua minggu lebih ditunaikan. Bagaimana dengan acara buka puasa bersamanya? Ada berapa undangan yang sudah dan masih akan dihadiri bulan ini?

Kalau saya, sudah tiga kali ikutan acara buka bersama. Yang pertama bukber bareng komunitas Blogger Muslimah yang kedua buka bersama para tetangga dan ketiga bukber komunitas Emak Blogger bersama Bukalapak.

Blogger Muslimah
bukber Blogger Muslimah dan Yayasan Amal Mulia Sejahtera


Dan dari hitungan saya, sesuai jadwalnya (jiaaah pakai jadwal kwkwwk), masih ada satu undangan bukber lagi. Jadi sementara ada 4 acara bukber untuk Ramadan kali ini. Enggak tahu juga kalau di penghujung Ramadan nanti ada tambahan lagi..😀

Sementara suami saya, baru sekali ikut acara buka puasa bersama rekan kerjanya. Yang lainnya sih belum ada rencana katanya...

Blogger Muslimah
bukber tetanggaku saudaraku


Sedangkan anak-anak saya, si Mas baru rencana bukber di sekolah Rabu nanti,. Lalu Adiknya sudah sekali buka puasa bareng teman-temannya dan ada sekali lagi nanti.

Walaaah..sekarang memang acara bukber enggak kenal usia ya...Mosok anak kelas 3 SD seperti si Adik sudah dapat undangan bukber..hihihi

Tapi, dibandingkan orang lain, bisa jadi jadwal bukber keluarga kami termasuk enggak banyak. Karena di luar sana banyak yang agenda bukbernya panjaaaang sampai bingung ngaturnya karena jadwalnya kepenuhan.

bukber KEB dan Bukalapak


Ada bukber keluarga besar suami, keluarga besar istri, se-RT, teman seangkatan SD, SMP, SMA, kuliah, teman kerja, geng arisan, ibu-ibu TK....sebut saja, lengkap ada undangannya!

"Tapi kalau dipikir-pikir, ngapain ikutan acara beginian, jauh-jauh musti kesana-kemari, kadang bayar iuran makan, ongkos kendaraan.... cuma untuk haha hihi sama teman. Hhhhhh!"

Eits...jangan berpikir buruk dulu!! Karena buka puasa bersama juga banyak manfaatnya, diantaranya:
  • Silaturahmi
Buka bersama bisa menjadi sarana untuk mempererat tali silaturahmi dengan keluarga, tetangga, rekan kerja, kerabat maupun sahabat.

tetanggaku saudaraku
ngobrol seru bareng tetangga


Jika selama ini kita sering kesulitan menentukan waktu janjian dengan segala printilan, maka bukber bisa jadi ajang ketemuan.

Seperti saya dengan tetangga kiri kanan yang masing-masing memiliki kesibukan yang beragam. Maka di acara bukber ini kami bisa kabar-kabari, gossip itu-ini dan tentu icip makanan sana-sini.  

Begitu juga di acara bukber komunitas yang bisa jadi ajang kopi darat sesama anggota setelah sekian lama hanya saling menyapa di sosial media.

Sehingga dengan adanya bukber bisa mencairkan suasana dan merekatkan lagi hubungan melalui silaturahmi.

Kumpulan Emak Blogger
akhirnya ketemu rekan-rekan blogger KEB juga

  • Kerjasama
Untuk terlaksananya acara, biasanya akan ada pembicaraan mengenai teknisnya. Apakah mau memesan tempat atau cukup di rumah salah satu peserta saja. 

Lalu akan dibahas juga tentang menu, biaya buka bersama dan urutan acaranya.

Bukber
makanan sistem potluck saja

Kesemua hal di atas memerlukan kerjasama dari peserta atau beberapa yang mewakili untuk menjadi panitia.

Di sinilah pentingnya kerjasama tim sehingga acara buka bersama nanti bisa berjalan dengan lancar seperti yang diharapkan.

Blogger Muslimah
panitia Blogger Muslimah menyiapkan bingkisan

  • Berbagi
Bukber bisa jadi ajang berbagi. Baik itu berbagi rezeki, ilmu maupun pengalaman. 

Bisa saja sekalian bukber kita juga mengundang anak yatim dan kaum dhuafa untuk diberikan santunan. Sehingga bisa meringankan beban mereka saat menjalankan Ramadan. Seperti saat menghadiri bukber Blogger Muslimah yang memberikan santunan buat yatim dan dhuafa bekerjasama dengan Yayasan Amal Mulia Sejahtera.

Blogger Muslimah
pemberian santunan oleh Blogger Muslimah

Juga, dengan menjadi tuan rumah pun berarti telah berbagi rezeki untuk jamuan para undangan. Yang tentu saja jika ikhlas melakukannya akan berbuah pahala.

Selain itu bukber bisa juga jadi ajang bagi ilmu dan pengalaman. Misalnya dengan disisipi acara sharing tentang materi disesuaikan dengan tema yang ditentukan. 

Seperti saat saya menghadiri bukber Kumpulan Emak Blogger (KEB) bersama Bukalapak, di mana dibagi materi tentang SEO yang pastinya bermanfaat buat para blogger yang menghadirinya.

Mbak Mira Sahid dari KEB dan Mas Seno dari Bukalapak


Juga ada sharing keseharian Emak saat menjalankan Ramadan bersama founder KEB, Mbak Mira Sahid. Dimana Mbak Mira yang juga seorang instruktur yoga memberikan saran agar tetap berolahraga meski berpuasa. Agar kesehatan dan kebugaran tubuh tetap terjaga.

Bukalapak
sharing SEO dari Bukalapak

  • Beribadah
Buka puasa bersama bisa dijadikan sarana untuk melakukan kgiatan ibadah bersama. Misalnya dengan mengundang ustaz untuk memberikan tausiah sehingga akan menambah ilmu agama para peserta. 

Atau dengan cara melakukan salat Magrib dan Tarawih berjamaah sesudah buka bersama yang tentu saja pahalanya akan berlipat dibandingkan salat sendirian saja.

Dongeng kisah Islami dari anggota Blogger Muslimah


Hmmm, ternyata bukber bermanfaat kan..?

Jadi enggak perlu segan mendatangi acara seperti ini. Asalkan enggak kerajinan sampai bukber tiap hari. hihihi...

Karena kita perlu juga mempererat hubungan dengan anggota keluarga. Jika selama ini biasanya makan sendiri-sendiri karena ketidaksesuaian jadwal, maka buka bersama keluarga bisa jadi ajang untuk berkumpul, berbincang dan merekatkan hubungan.

Bukankah harta yang paling berharga adalah keluarga, seperti yang dikatakan oleh Keluarga Cemara?? 😍



Selamat Berpuasa,


Dian Restu Agustina




















Comments

  1. Bukbernya seru yaa rame terus.. Kegiatannya jg positif ada bakti sosial dan sharingnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..bukber dengan berkegiatan positif :)

      Delete
  2. Saya ramadan kali ini terpaksa cancel semua acara bukber, demi menemani buka ibu yang kini tinggal sendiri. Seperti kata keluarga Cemara, harta yang paling berharga adalah keluarga. Hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..Alhamdulillah, malah berkah bukbernya itu Mbak.

      Delete
  3. Aku paling kerap bukber di mushola dekat rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di sini yang bukber di masjid dekat rumah semua Bapak-Bapak Mbak :)

      Delete
  4. Seru deh ya mbak bisa buka bareng, hal yang dirindukan pas ramadhan.
    Saya tahun ini skip bukber, ahh semoga ada kesempatan ketemu ramadhan mendatang

    ReplyDelete
  5. Hari-hariku juga bukber sih. Buka Berdua...berdua suami.
    Bagus ya mb Dian acara bukber nya juga untuk kegiatan amal...

    ReplyDelete
  6. Ibu satu ini rajiiin sekali silaturahim, pengeeen... Kangen ketemuan lagiih...

    ReplyDelete
  7. saya semalam habis bukber.. banyak informasi - informasi baru memang.. tapi ternyata, bukber kurang begitu enak kalo dilaksanakan di tempat makan.. kurang puas, kurang lama.. seperti yang ada di gambar di atas, kayanya seru kalo dilaksanakan di rumah sendiri atau rumah kolega...

    ReplyDelete
  8. Wah seru ya bs bukber berkali2. Aku baru besok Rabu buber sm temen2 jaman SMA. Bener kata mbak. Bs jadi ajang silaturahmi. Gk sekedar haha hihi. Soalnya sering dapet cerita temen kalo buber haha hihi doang, bisa lupa waktu dan mahgribnya kelewat. Sedih khan jadinya.

    Mba Dian masih ingat keluarga Cemara juga ternyata :D

    ReplyDelete
  9. Wah mantab Mbak Dian eksisnya, hehehe. Aku bafu bukber di kantor suami. Di KEB batal, nanti sore sama temen alumni TK. Lusa teman ortu SD, habis itu lgs mudik hehehehe

    ReplyDelete
  10. Seru seru! meski nggak puasa, saya juga sering ikutan bukber hihihihi..

    ReplyDelete
  11. Kapaan kita bisa ketemu yaa Mbak Diaaan 😍

    Seru bukber silaturahminya terjalin dengan manis. Kami terbatas mau ikut bukber harus di ruangan yang luas. Maklum anak gak bisa diam hehehehe

    ReplyDelete
  12. Setuju mba, harta yang paling berharga adalah keluarga. Walaupun harus tetap bersilaturahmi bersama teman-teman dan membuat kegiatan amal bersama teman-teman :)
    Selamat menjalankan puasa mba :)

    ReplyDelete

  13. Berbagi akan berpahala..semoga berkah di bulan ramadan

    ReplyDelete
  14. Seru sekali kalau bisa ikutan acara bukber. Kalau aku sih cuma ma temen2 kerja. Sudah lose contact dengan temen2 sekolah dan kuliah, dan banyak yg gak sekota juga jadi susah ketemu. Gak ada yg ngadain reuni. Hihihi

    ReplyDelete
  15. Kalau ngelihat orang yang sibuk ngatur jadwal bukber, saya malah malas bukber sana-sini, haha... Kecuali memang berurusan dg kerjaan. Iya, ada baiknya bukber yang diisi dg hal yang bermanfaat.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog