3 Benda yang Musti Dimiliki Saat Mantap untuk Berhijab



Assalamualaikum...

Halo hola, jumpa lagi kita.

Mau nanya nih, buat teman-teman yang saat ini berhijab, kapan sih pertama kali mengenakannya?

Kalau saya memutuskan menutup aurat tak lama setelah anak pertama meninggal dunia. Keputusan yang antara lain didasarkan perasaan terdampar di lautan terdalam sesudah kehilangan belahan hati yang hanya beberapa hari di pangkuan yang membuat diri berniat menjadi lebih baik lagi. Sehingga saya pun mantap untuk berhijab.

Padahal sebelumnya saya tuh cenderung cuek pada penampilan dan termasuk tipe perempuan yang enggak girly sama sekali, bahkan sering enggak mikirin tampilan diri. hihihi

Apalagi sebelumnya saya bekerja di tempat yang sehari-hari laki-laki dan perempuan diberlakukan sama, seragam kerjanya celana panjang dan kemeja.

Alhasil blus berpita, celana berumbai, rok bunga-bunga dan pernak-pernik perempuan lainnya pun jarang ada di lemari saya.

Akhirnya karena enggak mungkin juga langsung beli ini itu demi penampilan baru, maka saya siasati dengan memakai yang lama dulu tapi ditambahi itu ini agar bisa sesuai dengan ketentuan.

Nah, dari sini saya belajar bahwa sebenarnya peralihan dari before ke after berhijab itu enggak musti punya modal besar. Dan enggak harus juga langsung punya tunik 10 potong, rok 5 biji, gamis 5 buah, hijab segi empat 10 pieces atau pashmina 5 lembar..... Karena kalau nunggu punya itu bisa-bisa tertunda melulu keinginan buat menutup aurat. Ye, kan?πŸ˜€

Dan, sejatinya berpenampilan itu bisa disiasati dengan tips dan trik agar tetap bisa tampil oke tanpa biaya gede. Begitu juga di saat kita memutuskan menutup aurat. Yang utama niat nutup auratnya dulu, lalu eksekusi dengan segera memakainya. 

Jadi, pakai saja dulu busana yang dipunya. Jika ternyata tuniknya kurang panjang lengannya, kependekan kulotnya atau terlalu tipis scarf yang ada, percayalah itu semua bisa diakali. Sambil jalan pelan-pelan kita bisa lengkapi pakaian seperti yang diharuskan.

ciput Indblack


Nah, berdasarkan pengalaman saya, sebenarnya ada 3 benda yang wajib ada untuk menyiasati tertutupnya aurat dari ujung rambut sampai kaki ini, yakni:

1. CIPUT

Ciput, dalaman atau inner adalah sebutan untuk benda yang fungsinya diantaranya:
  • Menutup rambut kita dengan sempurna 
Dengan pemakaian ciput maka rambut enggak akan keluar-keluar dari hijabnya. Juga berkat ciput, rambut tidak akan kelihatan meski hijab yang kita kenakan berbahan tipis atau transparan
  • Menahan posisi rambut agar tetap rapi dan tak menampakkan diri
Bahan hijab yang licin seringkali membuat kesal hati. Gimana enggak coba, karena bahannya bisa membuat hijab bergeser ke kanan atau ke kiri sehingga akan menyembullah rambut di sana sini.

Dengan memakai ciput, hal ini bisa diatasi karena rambut tidak langsung bersentuhan dengan hijab sebab telah dilapisi ciput di bagian dalamnya. Sehingga kemungkinan bergeser pun kecil jadinya.
  • Merubah tampilan wajah
Merubah di sini bukan berarti hidung pesek jadi mancung, pipi tembem jadi tirus atau dagu dobel jadi simpel...πŸ™ˆ

Tapi, misalnya saya yang punya pipi gembil-meski badan mungil, pas banget jika memilih ciput antem alias anti tembem. Karena ciput jenis ini akan menyamarkan kegembilan si pipi yang tentu bikin saya makin percaya diri.

Atau, karena dahi saya nonong alias jenong maka memakai ciput akan membantu menutupi sebagian dahi sehingga ke-jenong-an saya pun bisa berkurang beberapa inci...Dan ini pasti bikin hepi hihihi😁
  • Tampil lebih trendy
Ciput bisa kita padu padankan dengan hijab yang berlainan sehingga akan menghasilkan berbagai kreasi yang menawan. Misalnya ciput rajut warna merah dipadukan pashmina pelangi untuk hari ini. Dan ciput bandana biru tua untuk hijab segi empat motif bunga untuk esok harinya.

Nah, dari sekian banyak manfaatnya memang ciput wajib ada di lemari kita saat memutuskan untuk mantap berhijab...ya enggak?

Apalagi sekarang pilihan bentuk, model dan jenis bahannya pun beragam. Tinggal sesuaikan saja dengan keinginan dan kenyamanan.

Misalnya ada ciput rajut, ciput antem, ciput topi, ciput turban, ciput ninja, ciput brokat, ciput bandana....dan masih banyak lagi yang lainnya.

handsock Indblack


2. MANSET 

Menurut KBBI, manset adalah bagian ujung lengan baju yang berupa bagian tambahan. Tapi dalam dunia per-hijab-an manset diperluas lagi artinya, karena dipakai juga untuk menyebut baju/kaos  dalaman berlengan panjang, dalaman bentuk gamis, manset leher/penutup leher, manset lengan/penutup lengan dan manset tangan/handsock.

Nah, manfaat dari manset ini, yakni:
  • Menutup aurat
Manset berguna menutupi bagian badan yang masih terbuka sebagian. Misalnya jika baju kita ternyata panjang lengannya tak sampai ke pergelangan, manset tangan berguna untuk menutupi bagian yang masih kelihatan. Atau bisa juga memakai manset badan agar lebih aman.
  • Tampil sylist dan modis
Manset bisa bikin penampilan kian modis dengan beragam model yang kekinian. Misalnya handsock dengan manik-manik sebagai hiasannya atau manset lengan yang bagian ujungnya dipercantik dengan bordiran yang unik.

Percayalah, keputusan untuk berhijab enggak bakalan menjadikan kita tak bisa lagi mengikuti trend terkini. Bahkan justru fashion hijab sekarang perkembangannya sungguh mencengangkan. Bikin hijabers jadi makin pede dan tetap bisa tampil ketje dengan tetap menjalankan tuntunan agama.
  • Menjaga aurat tersingkap
Dengan memakai manset maka saat tanpa sengaja aurat kelihatan maka akan aman. Ini terutama jika lengan baju yang kita kenakan ujungnya bermodel lebar, seperti bentuk lonceng atau ploi. 

Bentuk seperti ini rentan membuat lengan kelihatan saat kita sedang mengangkat tangan saat pegangan di besi gantungan/pegangan tangan di bis Trans Jakarta misalnya. Atau saat menjadi Anker-Anak Kereta.πŸ˜€

Juga ketika kita hendak mengambil buku di rak yang lebih tinggi posisinya. Dengan mengenakan manset maka kita tak perlu khawatir lagi saat hal ini terjadi.
  • Melindungi diri dari sinar matahari
Nah, ini paling pas buat Ibuk-Ibuk yang kegiatannya banyakan outdoor, seperti saya. Saat ngojekin anak sekolah, di tengah teriknya sang surya, tentu manset tangan akan membantu. Jenis handsock yang menutupi bagian punggung tangan, akan menyelamatkannya dari kegosongan. Biar enggak ada beda diantara kita warna antara punggung tangan dan lengan.

Ciput Indblack


3. KAOS KAKI


Kaos kaki adalah salah satu fashion item yang musti dimiliki oleh seorang hijabers, karena meski kelihatan bentuknya sepele tapi kegunaannya gede, diantaranya:
  • Menutup Aurat
Kaki sebagai bagian dari aurat perempuan ditutupi dengan kaos kaki saat bepergian atau beraktifitas lainnya. Dengan memakainya maka makin sempurnalah aurat seorang muslimah.
  • Menghaluskan kulit kaki
Pemakaian kaos kaki membuat kaki berkurang interaksinya dengan sinar matahari. Juga mengurangi sentuhan langsung ke lantai dan area yang dilalui. Hal ini membuat kulit kaki tetap halus dan mulus juga tumit tidak kering atau pecah-pecah. Meski harus hati-hati juga dengan bau yang ditimbulkan jika kelamaan mengenakan.
  • Menghangatkan badan
Saat kedinginan atau kurang enak badan, memakai kaos kaki akan membantu kita merasa hangat, nyaman dan tidur pun jadi nyenyak.
  • Tampil trendy
Dengan beraneka corak dan warna, kaos kaki kini sudah menjadi bagian dari penunjang penampilan yang bisa menambah rasa percaya diri.


Nah, itulah tiga benda yang diantaranya wajib ada saat kita memutuskan untuk mantap berhijab. Karena ketiganya akan membantu menyempurnakan aurat kita.

Apalagi nih..item seperti ini kini mudah sekali dibeli. Kita misalnya bisa membeli ciput, manset dan kaos kaki di:
  • Toko konvensional
Saat ke pasar bisa sekalian mampir ke toko perlengkapan muslimah di los pakaian. Atau menyempatkan pergi ke pusat grosir baju muslim dengan harga yang lebih murah dan berbelanja di sana untuk diri sendiri atau sekalian kulakan untuk dijual lagi.
  • Toko online
Tinggal klik dan pilah-pilih mana yang disuka dan pas dengan budget kita, bayar dan tunggu di rumah sambil selonjoran.
  • Agen produk muslimah
Membelinya dari teman, saudara atau tetangga yang menjadi reseller/dropshipper produk muslimah tertentu.



Tuh, mudah kan belinya? Bikin makin mudah juga niatan untuk mantap menutup aurat kita😍

Nah... satu diantara yang menjadi favorit saya untuk produk muslimah adalah produknya INDBLACK




INDBLACK?

Yup, INDBLACK ini didirikan oleh Indari Mastuti dan mulai hadir di tengah-tengah muslimah Indonesia sejak  9 Juli 2017.

Uniknya, INDBLACK ini tidak hanya menyediakan perlengkapan muslimah saja tapi juga punya misi mulia, diantaranya:

  • INDBLACK memberdayakan perempuan
INDBLACK berbagi kesempatan pada perempuan untuk menjadi tim penjualan agar mempunyai penghasilan sendiri. Selain perekrutan untuk tim pemasaran produk, INDBLACK juga merekrut tim untuk quality control, tim crafter yang membuat motif handsock serta tim inti perusahaan.

Dan semua tenaga yang direkrut ini adalah perempuan, baik dari lingkungan terdekat maupun dari luar daerah. Rekrutmen ini disertai pendampingan usaha agar semua bisa berhasil menjual produknya sehingga bisa meningkatkan pendapatan keluarga.

  • INDBLACK  berbagi berkah
INDBLACK juga berbagi berkah kepada para perempuan yang terkena lilitan hutang. Dimana hasil penjualan dari Indblack ini akan disisihkan untuk donasi bagi perempuan agar bebas hutang rentenir.

Jadi dengan membeli produk INDBLACK kita bisa sekalian berderma untuk mengentaskan para perempuan dari jeratan riba.

Wow, Alhamdulillah...Salut untuk INDBLACK!

Nah, untuk produknya diantaranya seperti yang saya pakai ini nih ...

Namanya Putsing . (bukan pusiiiing lho ya..πŸ˜€)

Putsing di sini singkatan dari Ciput Kesan Langsing.

Etdah, ada aja yaaah..πŸ˜€

Mau tahu? Yuk marii..saya bisikin apa itu!

Handsock
PUTSING

  • Putsing..., apaaan tuh?
Putsing atau Ciput Kesan Langsing adalah produk INDBLACK yang bentuknya menyerupai kupluk yang full membungkus kepala dan menutup rambut hingga dahi. Bentuk seperti ini akan menyamarkan pipi gembil seperti yang saya miliki.

Oh ya, di bagian belakangnya juga dilengkapi karet sehingga bisa menyesuaikan dengan lingkar kepala kita. Mau yang berukuran kepala standar ataupun besar seperti saya....Ayo ajaaa!!

Bentuk kupluk juga akan membuat kita nyaman dan enggak bikin sakit kepala saat memakainya.
  • Bahan
Putsing berbahan katun spandek. Jadi enak dipakainya, enggak panas, adeeem, di kepala terasa ramah dan anti gerah. Sehingga bisa mengurangi kemungkinan rambut lepek dan bau apek.
  • Model
Ada beberapa pilihan model dan hiasan. Sehingga bikin penampilan makin menawan!

Oh ya, model bagian depannya ada yang standar melingkar adapula yang belah samping/tengah. Jadi pas banget buat yang berdahi jenong seperti saya...Karena akan tersamarkan dengan hiasan yang ada.😍

Untuk model ini tinggal disesuaikan saja dengan bentuk wajah kita.

Sedangkan untuk hiasannya, ada beraneka, tinggal pilih saja suka model yang mana, mau mote, manik-manik, mutiara atau yang lainnya. 
  • Cara perawatan
Perawatan putsing mudah bangets...Rendam selama 5 menit, kucek pelan, jemur tidak langsung di bawah terik matahari dan sudah...Tunggu kering dan pakai lagi hihihi

Indblack premiun handsock

Nah...sedangkan untuk produk handsock, INDBLACK yang menamainya dengan LOVEsock, memang beneran bikin saya love love love pada produknya.

Mengapa?

Kuy..mari kita intip saja!
  • Apa itu LOVEsock?
Manset tangan andalan INDBLACK yang diproduksi dengan tema tersendiri dan limited edition...Jadi, enggak pasaran karena enggak massal produksinya. 
  • Bahan
Interlock Twisted Yarn (ITY) yang nyaman digunakan dan enggak bikin kepanasan.
  • Model
Model manset tangan yang bisa menutup bagian tangan sampai punggung tangan karena cukup panjang yaitu 32 cm panjangnya.

Juga ada kaitan di bagian jari tengah sehingga tetap rapi saat dikenakan dan tidak bergeser ke kiri dan kanan.

Tampilannya elegan sehingga cocok baik untuk dikenakan di acara formal maupun keseharian.
  • Hiasan
Ada hiasan beraneka di bagian ujungnya yang cantiiik dan unik. Dengan dasar warna hitam atau putih pada bahan kainnya, sehingga kesan elegan dan mewah akan terpancar dari pemakainya.

Dan, foto saya ini buktinya... 😁
  • Cara perawatan
Cara perawatannya mudah sekali. Cuci pakai tangan di bawah air mengalir lalu angin-anginkan. Tak perlu repot menyetrika. Dan kalau sudah kering simpan saja dalam kemasannya. 


handsock

Nah....gimana?

Tergoda juga punya koleksinya biar syantiiik seperti saya 😁

Dan jadi pembeli sekalian membantu sesama?

Yuks ceki-ceki di sini yaaaa:

Website: INDBLACK
Fanspage: INDBLACK
Instagram: INDBLACK

Karenaaaa, INDBLACK enggak cuma punya dua produk yang saya ceritakan di atas tapi ada banyak pilihan pernak-pernik muslimah cantik yang lainnya.

Jadi...jangan sampai ketinggalan infonya yaaa. Kuy, intip segera!😘


Wassalamualaikum,

Dian Restu Agustina






46 comments:

  1. Awal pakai hijab, pelan-pelan mengubah penampilan. Abis gajian beli baju satu, dua biji. Yang lengan panjang masih bisa dipakai. Lama-lama makin banyak baju muslimah di lemari.

    ReplyDelete
  2. Setuju Bun. Itu semua memang wajib ya kita miliki sebagai seorang muslimah agar bisa menutup aurat dengan baik

    ReplyDelete
  3. Maasya Allaah.. Semoga istiqomah dalam berhijab nya ya mbak, btw itu ciput nya lucu yah 😍

    ReplyDelete
  4. Mba Dian makin syantik dengan ciput sama handsock indblack nya.
    Btw aku juga baru berhijab setelah kehilangan anak nomor dua, jalannya harus begitu ya mbak. Semoga kita selalu berjalan ke arah yang lebih baik ya. Aamiin

    ReplyDelete
  5. Mbak Dian, cantik banget sih :D
    Lucu banget handsock yang pakai pita gitu, pengen punya juga deh, ada yang pitanya lebih gede lagi warna kuning tuh lucu juga.

    Awal berjilbab memang penuh kenangan ya mbak, saya butuh waktu lama untuk menyesuaikan pakaiannya, soalnya baju-bajunya kekecilan semua dulunya hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. IYa nih mupeng sama model yang lain juga..kekeup dompet

      Delete
  6. saya baru tahu kalo putsing itu ciput kesan langsing hehehe

    ReplyDelete
  7. Alhamdulillah... Semoga istiqomah ya Mbak. Btw, cantik2 nih produk ciput & handshocknya... Jd pengen mampir sosmednya

    ReplyDelete
  8. hola…..
    ayu euyy...hehehe
    pas orang dan assesorinya….

    ReplyDelete
  9. Lucu dan kesan mewah ciput dan mansetnya mba, selama ini aku kalo pake ciput gak bisa, karena abis pake ciput pasti pusing, mau ah coba ciputnya dari INDBLACK

    ReplyDelete
  10. Terimakasih Infonya lengkap dan bermanfaat. Aku yang sering lupa persiapan kaos kaki dan gandsock

    ReplyDelete
  11. Sekarang mah justru yang simpel dan syar'i malah kece. Malah yang bercadar dan pake handsock gitu suka seneng aja liatnya, bagus dan gak aneh.

    ReplyDelete
  12. Oalah... produknya Mbak Indari Mastuti ya ternyata. Jadi makin nyaman ya buat kita saat menutup aurat.

    ReplyDelete
  13. Aku dari awal lihat saja sudah jatih cinta ama desainnya. Bagus banget ya. Aku jadi tahu ada produk produk mba Indari Mastuti ini. Pengen punya putsing nih. Kayaknya asyik kalau dipakai ke pesta ya mba

    ReplyDelete
  14. aku sering kelupaan mbak mansetnya.. smga sering inget lagi deh hhheheh

    ReplyDelete
  15. Awal berjilbab saat aku mneginjak remaja yah sepantar sama Milea justru dulu tantangan aku karena ibu ga dukung pake jilbab takut aku copot pake sementara berjilbab itu ga boleh begitu makanya ibu ga kasih baju seragam panjang namun karena hidayah dan kemantapan hati aku disupport sama temen2 rohis biar punya baju seragam panjang disitulah ibu melihat aku istiqamah mengenakan jilbab alhamdulilah sudah 17 tahun berjilbab meski memang awal pake jilbab aku suka gamis pas kuliah deh kenal jilbab cekek wkwkwk..skrg lg kumpulin lagi buat beli pernak pernika macam manset kayak gini aku baru tau ini produk Indadari :)

    bagus mba Dian aku jadi pengen punya juga putsing :D

    ReplyDelete
  16. klu saya yang wajib memang ciput dan kaos kaki
    tapi kaos kaki kadang masih lupa makenya
    belum terbiasa
    padahal nyaman pake kaos kaki apalagi naik motor ga bikin kaki hitam hehehe

    ReplyDelete
  17. aku langsung follow akunya indblack mba, pas banget lagi nyari serba serbi buat berhijab.... semga ada yang ku suka yaa

    ReplyDelete
  18. Kalo lengan bajunya pendek, aku juga suka pake manset nih. Sekarang model mansetnya macam-macam yaa...

    ReplyDelete
  19. Putsing kasi kesan langsing, hehe baru tau mbak.
    Btw wei mansetnya bagus mbak.
    Oh ya apa ada desain lain yg polosan gtu? Yg gk ada hiasannya?

    ReplyDelete
  20. Cantik-cantik banget koleksinya. Dan saya salut dengan misinya yang bertujuan untuk memberdayakan perempuan.

    Semoga semakin banyak yang seperti ini.

    ReplyDelete
  21. Bener mbak, zaman saya waktu memutuskan untuk berhijab yang saya kumpulkan dan beli lebih dulu ciput, manset dan kaos kaki.

    ReplyDelete
  22. Ahseeek, sukaak banget lihat gayanya mba Dian kaya foto model, makin cantik euyy... Btw, kalau produk indblack sih udah nggak diragukan lagi kualitasnya.

    ReplyDelete
  23. Anggun. Melihat Mbak Dian dengan balutan hijab.
    Dan rasanya, teman-teman saya yang berhijab itu jadi tambah cantik.
    Saya juga penah dapat hadiah dari Indblack, memang bagus sekali kualitasnya.

    ReplyDelete
  24. Pertama berhijab itu tak lama setelah lulus kuliah, alhamdulillah dpt hidayah padahal ga ada persiapan apa-apa, boro-boro ciput apalagi handsock hehehe,tapi ngebet banget pengen nutup aurat. Jilbab pertama itu minjem punya kakak ipar, hihihi.

    ReplyDelete
  25. Makin cantik dan stylish mba Dian..

    ReplyDelete
  26. Putsing-nya bikin pusing pingin memiliki mbak, hehehe.

    ReplyDelete
  27. Wih keren bener INDBLACK, ngeliat manset dan handshocknya jadi kepengin bisa buat kondangan hihi

    ReplyDelete
  28. Mbak Dian ... Dirimu anggun banget. Tampil beda euy. Bisa ya produknya INDBLACK menyulap perempuan sebegininya? Hihihi ...

    ReplyDelete
  29. Ciput, handshock Dan kaos kaki Satu pake penting untuk yg berhijab. Wah produk Indblack juga nyediain yaa.. Kerennn...

    ReplyDelete
  30. Eh, saya baru tahu ada ciput tampak langsing πŸ˜… saya sendiri pakai hijab dari 2000 jadi sudah 18 tahun. Dari zamannya belum banyak pilihan, cuma ada hijab segiempat aja, yg penitian. Jadi masih nyaman pakai style lama. Dan antara ketiga yg wajib2, saya malah gak ada yg punya, selain kaos kaki. Soalnya daleman jilbab sy bukan ciput πŸ˜… sy gak pernah pakai handsock. Sejak kerja di RS yg menuntut gerak aktif dan rajin pakai sarung tangan dan cuci tangan. Kaos kaki juga kalo pas pake sepatu aja.

    ReplyDelete
  31. Aku suka mansetnya. Cakep banget 😍

    ReplyDelete
  32. Ciputnya unik ya ada aksesoris kaya India. Tampak mewah, anggun dan trendy. Suka banget.

    ReplyDelete
  33. Salfok sama namanya mba, putsing hihi. Cocok buat emak macem aku yang pipinya makin lebar wkwk. Btw aku dlu suka pakai handsock juga mba, tapi lama2 gatel ditangan. Akhirnya g pernah pakai lagi. Cobain punya INDBLACK ah, LOVEsock :D
    Mba dian syantik :D

    ReplyDelete
  34. Wah, Mbak Dian cantik banget dengan Indblacknya.

    ReplyDelete
  35. Saya dulu kalau ada baju yang lengannya kependekan lumayan rajin pakai manset. Cuma dulu itu mansetnya masih dari kaos yang bikin gerah. Nah kalau sekarang manset sudah banyak variannya ya jadinya nggak perlu takut gerah lagi

    ReplyDelete
  36. Mau dong handsocknya.. lucu deh, ada pitanya gitu. >.<

    ReplyDelete