Pristine 8+ Minuman Pilihan untuk Gaya Hidup Seimbang


"Life is like riding a bicycle, to keep your balance you must keep moving!"

Hidup seimbang menjadi harapan setiap insan. Maunya tuh, semua bisa berjalan barengan, baik urusan keluarga maupun pekerjaan. Inginnya sih seimbang antara profesi dan kehidupan pribadi. Dan, harapannya kita bisa menjalani kehidupan duniawi sekalian prepare untuk kehidupan akhirat nanti.

Nah, seimbang di sini dalam arti dua-duanya mendapatkan porsi yang sama, baik dari segi perhatian, kewajiban bisa terselesaikan dan tidak ada yang musti dikorbankan.

Tapiiii...., kadangkala ini hanya menjadi mimpi di siang hari! Yang ada, pekerjaan kantor yang harusnya kelar pukul 5 ternyata  pukul 7 baru selesai semua. Atau kerjaan rumah yang harusnya tuntas jam dua belas sehingga setelah jemput anak pulang sekolah sudah bisa bebas, ternyata masih belum tandas (Hiks, ini sih saya yaπŸ™Š). 

Oh tidaaaak!!

Kalau begini bagaimana hidup mau seimbang? Yang ada diri ini makin tertekan karena dikejar beragam urusan! Dan, bukannya seimbang, hidup jadi makin timpang! Huhuhuhu!!

Lalu bagaimana ya caranya biar bisa jalan semua dan seimbang dua-duanya? Kan, badan juga cuma satu-satunya, enggak mungkin banget dibelah jadi dua macam Amuba. 😌

Live Balance

Hmm...atau mungkin karena kita sering lupa akan 5 hal berikut ini, yaa?

1. Koreksi Diri
Kita lupa mengukur kemampuan diri. Maunya semua-semua dilakukan sendiri. Di kantor misalnya, apa yang seharusnya bisa didelegasikan teteup saja kita sendiri yang kerjakan. Begitu juga di rumah, sesuatu yang semestinya bisa jadi pekerjaan mingguan maunya semuaaa dijadikan kerjaan harian. Itu namanya pengin jadi super yang ujung-ujungnya malah baper.

Maka, koreksi diri adalah solusi di saat mulai ada ketidakseimbangan dalam hidup kita. Coba saja, sambil ngaca, tanya pada diri kita. Kok begini amat kerjaan yaaa, molor terus waktunya, apa jangan-jangan kita terlalu gila kerja sampai lupa pada kehidupan yang lainnya?

Atau renungkan, kalau nurutin kinclongnya rumah menurut standar kita seberapa, artinya kita musti bersih-bersih lagi dan lagi. Sementara anak-anak berantakin mainannya (juga) lagi dan lagi...Wah berapa banyak energi dan waktu yang keluar kalau begitu. Jadi apa enggak sebaiknya standar kebersihannya saja yang diturunkan dulu?

Jadi, yuk koreksi diri sendiri!

2. Buat Keputusan

Jika sudah mengoreksi diri dan mencari penyebab belum seimbangnya hidup kita, maka langkah selanjutnya adalah bikin keputusan mana hal yang seharusnya diprioritaskan dan mana yang dinomorsekiankan. Sehingga selanjutnya kita benar-benar tahu apa yang musti dikerjakan dulu dan mana yang belakangan. 

Jadi enggak bakalan ada cerita pulang kantor selalu lebih dari jadwal yang seharusnya. Juga tidak perlu "buang waktu" mengerjakan pekerjaan rumah yang itu-itu melulu. Sehingga masih banyak kesempatan untuk ngurus anak, menekuni hobi atau pergi ngaji.

Kemudian, jika ada aspek kehidupan yang menarik jumlah energi yang tidak proporsional, kita harus mengecilkannya. Berusahalah menyelaraskan sehingga kita memiliki energi untuk semua bidang.

3. Tentukan Tujuan

Hidup tanpa tujuan bagai kapal yang terombang-ambing di tengah lautan. Jadi jangan lupa tentukan tujuan hidup kita agar langkah lebih terarah. Misalnya, lima tahun sesudah menikah punya rumah dan 5 tahun kemudian beli kendaraan. Bisa juga tujuan spiritual seperti 10 tahun lagi pergi haji, atau traveling ke luar negeri dan punya usaha sendiri.

Dengan menentukan tujuan seperti ini membuat hidup jadi seimbang karena yang kita pikirkan tak hanya saat ini tapi juga nanti.

Selain itu, tujuan juga akan membuat kita ingat akan cita-cita yang ingin dicapai dalam berkeluarga, bekerja, keuangan, kesehatan, keagamaan dan berbagai bidang kehidupan yang lainnya.

4. Berani Berubah

Jika sudah fokus pada tujuan, selanjutnya kita musti berani merubah diri agar tercapai apa yang diharapkan tadi. Kalaupun ada penyesuaian yang harus dilakukan mau tidak mau ya musti dijalankan agar tercapai keseimbangan. 

Misalnya, percepat ritme kerja dengan menyingkirkan semua "gangguan" termasuk diantaranya gadget kita. Sehingga semua to do list bisa kelar pada waktunya dan kita bisa segera beralih ke aktivitas lainnya.

Atau contoh lainnya, mengambil side job dengan menjadi freelancer agar tujuan keuangan punya investasi dan naik haji sama-sama tercapai pada satu hari nanti.

Oh ya, segala perubahan yang kita ambil ini memang ada risikonya yaa... Tapi balik lagi risiko itu akan sepadan kok dengan apa yang kita dapatkan nanti yaitu hidup seimbang. 

5. Evaluasi

Finally, langkah terakhir dari semua perubahan yang diambil untuk keseimbangan hidup ini adalah evaluasi. Secara berkala kita evaluasi apakah sudah makin balance kehidupan kita atau jangan-jangan malah tambah parah. Dari evaluasi ini kita bisa kembali ke langkah awal tadi, mengoreksi diri, membuat keputusan (baru), menentukan tujuan dan berubaaaah lagi!!

Karena memang hidup adalah tindakan menyeimbangkan. Dimana kita seringkali hanya selangkah lagi dari kejatuhan. Tapi dengan berusaha tetap bergerak maju untuk mencapai tujuan sambil terus menyeimbangkan berbagai elemen kehidupan niscaya hidup akan seimbang.

Hidup Seimbang

Nah, berkaitan dengan live balance ini, berikut beberapa hal yang bisa kita coba untuk mencapainya!
  • Singkirkan Gadget
Saat berkumpul bersama keluarga, coba semua mematikan gadget-nya dan mengganti dengan kegiatan yang menyenangkan. Seperti mengobrol sana-sini atau main monopoli. Interaksi berkualitas seperti ini meski waktunya hanya sebentar tapi akan membuahkan hubungan keluarga yang makin cetar!
  • Pilah dan Pilih
Pilah mana kegiatan yang perlu dan pilih dulu. Yang lainnya singkirkan saja, apalagi jika tidak membawa manfaat apa-apa. Misalnya, chat yang ngalor-ngidul di grup WA yang membuat waktu kita jadi tersita, tinggalkan saja! Manfaatkan waktu sebaik-baiknya dan ingat kembali ke tujuan semula: live balance!
  • Lingkungan Positif
Pilih lingkungan yang memberikan dukungan dan memicu semangat untuk maju. Jauhi yang menyebarkan "racun" kemalasan dan ogah-ogahan. Misalnya dengan bergabung di komunitas hobi yang membuat kita makin semangat untuk mengasah diri. 
  • Me Time
Luangkan waktu setiap hari - meski sebentar - hanya untuk diri sendiri. Lakukan apa saja yang bisa membuat kita rileks dan bikin bahagia. Boleh yoga, melukis, jogging, menulis atau apapun itu.
  • Beri Penghargaan pada Diri Sendiri
Kita sudah mengerjakan semuaaaa. Dan, kita menunggu orang lain menghargainya? Itu kuno namanya...πŸ™ˆ Sudah, daripada kelamaan nunggu pujian, hargai diri sendiri dengan membeli makanan kesukaan, nyalon di salon langganan atau ngopi sambil duduk di pojokan. Enggak perlu mahal, asal bisa bikin happy maksimal.
  • Perbaiki Hubungan
Coba ingat-ingat kapan terakhir kita berkunjung ke rumah Mertua, silaturahmi ke tempat kerabat atau sekedar ngopi dengan teman-teman lama. Hubungi mereka dan jadwalkan waktu bertemu. Percayalah, setelahnya kita akan menemukan banyak energi baru.
  • Lakukan Perjalanan
Jalan-jalan itu perlu agar kita tetap "waras" menghadapi semuanya. Enggak perlu jauh jaraknya, ke sekitar rumah saja juga bisa. Bawalah smartphone dan ambil gambar seekor kupu-kupu yang sedang hinggap di sekuntum bunga. Atau foto keindahan mentari pagi saat menyapa bumi. Hal-hal kecil seperti ini bisa ngefek pada menguatnya sisi religi. Karena kita jadi makin bersyukur pada segala anugerah-Nya. 
  • Tambah Wawasan
Mencoba hal baru yang bisa menambah wawasan seperti mengikuti kursus crafting, ikut klub Aquarobic di swimming pool terdekat atau gabung ke komunitas menulis sehingga bikin kita tambah pengetahuan dan teman.
  • Have Fun
Perbanyak canda dan tawa sehingga hidup enggak datar-datar saja....😁Enggak usah juga terlalu serius...Bisa-bisa bikin cepet habis rambut di kepala lho!kwkwwk. So, have fun, be yourself and enjoy life!
  • Jaga Kesehatan
Aspek kesehatan akan mempengaruhi kualitas hidup kita. Kita tentunya akan lebih produktif dan bahagia ketika makan makanan dengan gizi seimbang dan memiliki gaya hidup yang sehat.

Nah, berkaitan dengan makanan dengan gizi seimbang agar hidup seimbang, ada pedoman yang bisa jadi rujukan yaitu PGS atau Pedoman Gizi Seimbang.

Seperti yang saya lansir dari Kementerian Kesehatan RI, Pedoman Gizi Seimbang adalah: konsumsi makan sehari-hari harus mengandung zat gizi dalam jenis dan jumlah (porsi) yang sesuai dengan kebutuhan setiap orang atau kelompok umur.

Dimana konsumsi makanan ini harus memperhatikan prinsip 4 pilar yaitu anekaragam pangan, perilaku hidup bersih, aktivitas fisik dan mempertahankan berat badan. Dan ditambahkan dengan minum air putih dalam jumlah yang sesuai kebutuhan.


Pedoman Gizi Seimbang

Seperti kita ketahui, air merupakan salah satu zat gizi makro esensial, yang artinya bahwa air dibutuhkan tubuh dalam jumlah yang banyak untuk hidup sehat. Sementara tubuh tidak dapat memproduksi air untuk memenuhi kebutuhan ini. 

Faktanya duapertiga dari berat tubuh kita adalah air. Dimana air diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan yang optimal sehingga keseimbangannya perlu dipertahankan dengan mengatur jumlah masukan dan keluarannya. 

Nah, bagi tubuh sendiri air berfungsi sebagai pengatur proses biokimia, pengatur suhu, pelarut, pembentuk atau komponen sel dan organ, media tranportasi zat gizi dan pembuangan sisa metabolisme, pelumas sendi dan bantalan organ. 

Sementara proses biokimiawi dalam tubuh memerlukan jumlah air yang cukup. Adanya gangguan terhadap keseimbangan air di dalam tubuh dapat meningkatkan risiko berbagai gangguan atau penyakit, antara lain: konstipasi, infeksi saluran kemih, batu saluran kemih, gangguan ginjal akut dan obesitas. 

Fakta lainnya, sekitar 78% berat otak adalah air. Sehingga minum yang cukup tidak hanya mengoptimalkan konsentrasi tetapi juga akan mengoptimalkan memori.

Hidup seimbang

Nah, pemenuhan kebutuhan air tubuh bisa dilakukan melalui konsumsi makanan dan minuman. Sebagian besar air yang dibutuhkan tubuh didapatkan dari minuman yaitu sekitar delapan gelas sehari bagi remaja dan dewasa yang melakukan kegiatan ringan pada kondisi temperatur harian. Sedangkan bagi pekerja berat, olahragawan, ibu hamil dan menyusui memerlukan tambahan kebutuhan air selain dua liter kebutuhan dasar air tadi. 

Kemudian, air yang dibutuhkan tubuh selain jumlahnya yang cukup untuk memenuhi kebutuhan juga harus aman yang berarti bebas dari kuman penyakit dan bahan-bahan berbahaya. 

Selain itu kita perlu memilih air yang tidak sekadar menghidrasi tubuh, tapi juga memberikan lebih banyak manfaat seperti menetralkan asam tubuh dan menghindarkan diri dari penyakit akibat gaya hidup yang tidak sehat. Karena air dengan pH tertentu itu penting sekali.

Seperti Pristine 8+ ini.

Bedewie, teman-teman sudah tahu pH itu apa kan yaaa?

Kalau belum, ini saya bisikin ya..πŸ˜€

pH adalah satuan ukur untuk menunjukkan tingkat kadar asam atau basa dari suatu larutan. Air dengan pH lebih dari 7 yang bersifat alkali adalah air dengan pH baik untuk tubuh kita. 

Jadi, Pristine 8+ ini memang pas sekali menjadi pilihan minuman untuk gaya hidup seimbang karena memiliki pH yang sesuai ketentuan!

Tips Gaya Hidup Seimbang

Tapi, mengapa harus Pristine 8+ ?

  • Pristine 8+ bikin tubuh jadi netral
Dikarenakan terpapar polusi dan pola makan/minum yang tidak sehat, tubuh kita menjadi bersifat asam. Akibatnya menjadi mudah lelah dan mudah sakit. Nah, Pristine dengan pH 8,4–8,5 membantu menetralisir asam dalam tubuh sehingga tubuh menjadi netral/seimbang. 
  • Pristine 8+ aman dikonsumsi
Pristine8+ ini memiliki kadar pH8.4–8.5 sesuai dengan regulasi pemerintahan yang berlaku, sehingga sangat aman dikonsumsi setiap hari dan tidak memiliki efek samping.
  • Pristine 8+ mempercepat proses detox tubuh
Molekul air Pristine8+ yang sangat kecil (microwater) dan sifat Pristine8+ yang basa membuat Pristine8+ sangat mudah diserap tubuh dan membantu menghilangkan sifat asam akibat polusi dan pola makan yang tidak benar. Dengan kata lain,Pristine8+ mempercepat proses detox dalam tubuh. Yeaay, keren kan Pristine 8+...!!
  • Pristine 8+ berkualitas
Pristine 8+ sudah memiliki dua sumber air yakni di Bogor dan Pandaan. Kualitas air kedua sumber air tersebut sama bagusnya dan memenuhi standar Nihon Trim, produsen mesin ionisasi no1 di Jepang. Dan sumber air Pristine di Bogor dan Pandaan dua-duanya berasal dari mata air dan bukan air galian. Karena memang perusahaan Pristine ini yaitu PT.Super Wahana Tehno sudah berdiri sejak tahun 2005. Dengan teknologi dan dibawah pengawasan dari Nihon Trim, sejak November 2006, PT. Super Wahana Tehno telah memproduksi dan meluncurkan air alkaline yang pertama kali dan satu-satunya di Indonesia dengan merk PRISTINE 8+.
  • Pristine 8+ menetralkan radikal bebas
Pristine 8+ menetralkan radikal bebas yang bersifat asam (bukan asam lambung yaaa). Berdasarkan penelitian-penelitian di Jepang, air dengan pH > 8 diproduksi dengan metode ionisasi memiliki banyak molekul hydrogen aktif yang dapat berperan sebagai anti oksidan yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Molekul air kecil inilah yang akan menetralkan radikal bebas di tubuh kita yang bersifat asam. Asam di lambung bukanlah asam yang dinetralkan oleh molekul hydrogen aktif tersebut.
  • Pristine 8+ kemasannya manis dan praktis
Kemasan dalam botol bening dengan tutup dan tulisan dominan hijau toska yang manis dan mudah dipegangnya sehingga praktis ketika dibawa dan disimpan.
  • Pristine 8+ mudah dan murah
Pristine8+ sudah tersedia di berbagai supermarket, minimarket, restaurant, cafΓ©, toko–toko tradisional yang memiliki chiller. Seperti saat saya membeli Pristine 8+ di supermarket sekalian saat belanja bulanan dengan harga 3 ribu rupiah saja untuk kemasan 400 ml-nya. Dan, enggak cuma itu saja, mau jadi agen teman-teman juga bisa ...Silakan menghubungi Customer Service di nomor: 0804-100-1232 atau ke email: customer@pristine8.com


Tips gaya hidup seimbang

Tuh, banyak bangets keunggulan Pristine 8+ bukan?

Dan, kalau teman-teman mau info lebih lengkap lagi, kuy pantengin sosial medianya Pristine 8+ di: 

Website:Pristine8+

Instagram:pristine8+

Facebook:Pristine8+

Jadi, setuju bukan jika Pristine 8+ merupakan minuman pilihan untuk gaya hidup sehat dan seimbang? Yuk, cobain juga yaaa Pristine 8+ nya 😍

Dan, bagaimana dengan teman-teman, punya tips lainnya enggak untuk mendapatkan hidup seimbang?



Salam Sehat,

Dian Restu Agustina








































39 comments:

  1. Wah, saya baru denger ini deh. Tapi ada masanya sy cuma bisa minum air alkali yaitu waktu hamil muda, muntah muntah. Gak ada yg bisa masuk selain air alkali. Rasanya beda di lidah. Btw, Tipsnya oke banget tuh. Siap menuju perubahan!

    ReplyDelete
  2. Wah, pas ini. Diingatkan tuk menjalani hidup seimbang. Apalagi ya? Hmm... Bagusnya sih menghindari begadang. Tapiii kadang itu malah pilihan saya tuk menyelesaikan PR nulis. Duh... Yo wis, kan begadang boleh saja asal ada perlunya ya, hehe. Dan ttg Pristine, ini mah salah satu favorit saya. Apalagi pas hamil dulu, pas masih rajin Food Combining-an (sekarang suka ga disiplin, hiks). Rekomendid bener πŸ‘ apalagi warnanya hijau, makin seger deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju, begadang hanya saat perlu..
      bener Mbak, Pristine segeeer. Yuk dikonsumsi rutin lagi :)

      Delete
  3. Ah aku banget kerjaan gak beres2, sampai suka uring2an sendiri. Trus akhirnya aku berdamai dengan rumah yang kotor. Eh kok malah nemu ide tulisan ya hehehe. Aku minum Pristine juga,seger dan beda dengan air biasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya berdamai sajalah dengan kondisi rumah. Kan, damai itu indah..:D
      Iyessss..Pristine seger dan beda dari air biasa

      Delete
  4. Sejak memutuskan jd IRT 6bulan lalu aku mulai kecanduan gadget mba..aku sampe ikutan beberapa tes psikologi ttg gadget..waduh aku harus berubah..

    Minum juga kadang ak jarang padahal drumah..duhh masalah lagi ini

    Tapi aer minum kemasan pristine ini aku udah pernah beli dan minum..aku suka kemasannya beda dr yang lain mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga pernah Mbak...kecanduan Drakor parah, Alhamdulillah sudah enggak..dan malah enggak nonton sama sekali lagi kini

      Delete
  5. Jalan-jalan sambil membawa sebotol Pristine+8 kayaknya asyik juga tuh. Apalagi motret kupu-kupu, mentari pagi rasanya gimnaaa gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Bunda...rasanya bahagia pastinya dan nambah rasa syukur kita

      Delete
  6. Biasanya mah minum air putih biasanya, hehe tapi ternyata minum air putih gak boleh sembarangan yes. Jadi pengen nyoba Pristine+8. Beli ah ~

    ReplyDelete
  7. Wah aku belum pernah cobain ini mba. Kemasannya handy dan ma is ya, jadi pengen beli ah.

    ReplyDelete
  8. Sya juga sering bawa air kemana-mana. Walaupun cuma air yg dimasak di rumah hehehehe

    ReplyDelete
  9. Nama produknya kok feminin bingits ya...hihihi .... BTW aku sih kerap memberikan penghargaan pada diri sendiri, tapiii....bingungnya entah penghargaan untuk apa #kabuuurrr

    ReplyDelete
  10. Aku termasuk yang susah lepas dari gadget karna aku penulis juga wirausaha yg smuanya dijalankan pake Handphone. Klo cape liat layar hp brati waktunya istirahat n minum pristine.

    ReplyDelete
  11. singkirkan gadget! noted banget nih mbak, kaya nya ininsalah satu barang yang bikon hidup jadi nggak seimbang. Segala yang berlebihan nggak pernah baik ya. Im the fans of pristine too

    ReplyDelete
  12. Aku selalu nyetok pristine karna selain manfaatnya yg waw, packagingnya juga unik.. pass di tas..

    ReplyDelete
  13. Wah suka sama kemasannya... plus pengen coba nih. Ternyata banyak yang di peroleh ya karena pristine. Perlu punya stock bnayak nih.. terima kasih sharingnya

    ReplyDelete
  14. Wah baru tahu ini mbak tipsnya keren banget .btw memang iya aku kadang sulit mendelegasikan tugas ke teman lain kadang takut merepotkan. Tapi akhirnya aku capek sendiri. Mau pakai tips ini buat di aplikaskan ah. Minum pristine juga dong biar tambah asik seru dan bahagia.

    ReplyDelete
  15. belum nyobain minum pristine ini mbakk. kyaknya seger banget yaa

    ReplyDelete
  16. emang beda sih pristine nih. kalo rutin minum ini tubuh terasa lebih segar

    ReplyDelete
  17. Nyingkirin gadget nih susah yaa karena kerjaan di gadget. Ya paling diminimalisir aja gak sering2 dilihat.

    ReplyDelete
  18. suka banget saya dengan rasa air ini, segarnya beda. Awalnya beli karena botolnya lucu eh pas dicoba rasa airnya seger juga

    ReplyDelete
  19. Gaya hidup seimbang bisa diterapkan oleh banyak orang yah, tinggal penerapannya aja yang bisa konsisten atau nggak

    ReplyDelete
  20. Pristine ini kusukaaaa, secara aku yg ga bisa minum air putih merasa nyaman minum pristine krn lebih light di mulut.

    ReplyDelete
  21. Tulisan ini mengingatkanku kembali sm resolusi 2018 kemarin. Pengen jd pribadi yg seimbang. Tp ga terealisasi penuh jg huhu. Soalny point awal itu suka ngelakuin ap2 seba sendiri, jd bikin Perfectionis sindrom muncul lg. Heu. Makasih dah diingetin mba. Boleh nih pristinenya dicoba jg. :)

    ReplyDelete
  22. Setujuu, aku juga minum pristine 8+. Dulu aku kira air mineral biasa eh ternyata banyak manfaatnya

    ReplyDelete
  23. Setiap kali lihat pristine 8+ ini aku pasti keingat sama mantan bosku mbak, dia nih yg ngenalin minuman sehat ini kpd kami di kantor dulu. Pristine ini mmg bagus banget ya mbak. Manfaatnya utk tubuh ga main2.

    ReplyDelete
  24. Tiap BW ketemu Pristine, akunya nyesel terus. Lha ya tiap ke supermarket kok kelupaan melulu mau beli. Besok lagi mesti tulis di kertas nis biar nggak lupa beli lagi.

    ReplyDelete
  25. alhamdulilah ya sekarang semua orang udah mulai gemar minum air mineral. apalagi Pistine 8+ ini ternyata gak cuma sekedar air mineral biasa.banyak banget manfaatnya.

    ReplyDelete
  26. Menurut yang aku pelajari pagi ini tentang Hidrasi, bahwa idealnya untuk perempuan itu minimal mengkonsumsi air mineral sebanyak 7 gelas perhari. Apalagi air mineral ini lebih baik dari minuman lainnya. Yang aku suka nih kalau beli Pristine ukuran botolnya slim dan enak buat dibawa kamana-mana

    ReplyDelete
  27. Hehe ya ya gadget kdng bikin to do liat berantakan yaaaa.
    Jaga kesehatan jg sangat penting ya mabk, salah satunya banyak minum air putih. Btw aku jg konsumsi Pristine lho :D

    ReplyDelete
  28. Pristine 8+ air alkali jadi lebih mudah meresap ke tubuh dan juga lebih banyak manfaatnya

    ReplyDelete
  29. Setujuuu. Kita memang harus menentukan tujuan dan yang paling penting sih evaluasi biar kedepannya menjadi lebih baik :)

    ReplyDelete
  30. Mba Dian,beneran deh chat grup WA bs bikin bablas, dan lupa waktu huhu. Sepakat deh, Ingat tujuan biar bs balance. Kadang buka IG aja tetiba 2 jam gk guna huhu. Wah pristine ini seger kayaknya. Dan bs detox juga ya ternyata. Cobain ah :)

    ReplyDelete