Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

[Tanpa judul]

Yuk Ikutan Lomba Sholawat Muslimat NU Bersama Sabyan Gambus!




Assalamualaikum Teman-teman,

Tahu, kan Sabyan Gambus?

Kalau enggak tahu kemana saja dirimu sampai enggak ngeh sama 6 anak muda yang bersholawat dengan mengusung Gambus sebagai musik pengiringnya itu? 🙈

Yess...Sabyan Gambus adalah sebuah grup musik yang baru terbentuk pada 2015 silam tapi sudah memenangi penghargaan  AMI Award untuk Karya Produksi Lagu Berlirik Spiritual Islami Terbaik 2018.

Wah, kereeen yaak!

Gimana enggak keren, grup ini video musik officialnya di channel Youtube juga sudah tembus 250 juta viewers untuk lagu Ya Habibal Qalbi sejak diunggah 10 bulan yang lalu.

Disusul lagu Ya Maulana yang telah ditonton 173 juta kali sejak pertama kali di-upload pada 5 bulan silam. Belum lagi beberapa lagu lainnya yang juga ratusan juta views-nya.

Wow bangets pokoknya!

Tak ketinggalan Media Sosial yang dimiliki Sabyan Gambus maupun Nisa Sabyan vokalisnya, juga memiliki jutaan follower dari berbagai belahan dunia.

Masya Allah! Tabarakallah!


Ibu Khofifah Indar Parawansa- Ketua Umum Muslimat NU

Sepertinya era musik Tanah Air makin lengkap saja yaa. Enggak ngira, aliran musik gambus yang dulunya dianggap "tua", jadoel dan jauh dari genre yang disukai generasi milenial, kini digandrungi berkat performa Sabyan Gambus ini....! 

Dan sholawat yang merupakan tradisi keagamaan yang sejak lama sudah sangat populer di kalangan masyarakat bisa menembus hati generasi terkini! Tentunya ini akan menjadikan fungsi sholawat bisa terwujud dan merangkul semua lini. 

Yup, sholawat memang memiliki banyak fungsi, yakni:
  • Fungsi Spiritual/Ibadah: sebagai ekspresi spirit religius sebagai wujud kecintaan pada Allah dan Rasul-Nya
  • Fungsi Edukasi: sebagai sarana (washilah) atau metode (manhaj) untuk mengenalkan Nabi Muhammad SAW kepada masyarakat sehingga sosok dan pribadi Nabi Muhammad SAW lebih mudah diterima dan dipahami
  • Fungsi Entertain: memberikan hiburan kepada masyarakat untuk melembutkan hati (layunatil qulub) dan menyenangkan hati (idkholus surur), sehingga agama menjadi lembut, indah dan menyenangkan

Muslimat NU


Nah ini jugalah yang menggerakkan Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) sebagai organisasi wanita muslim tertua dan terbesar di dunia dengan anggota lebih dari 22 juta orang, menggandeng Sabyan Gambus dalam Lomba Sholawat-Live Streaming yang berkolaborasi dengan Broadcasting ID melalui aplikasi smartphone berbasis Android.

Sedangkan tujuan lombanya sendiri adalah:
  • Sebagai upaya untuk mengaktualisasikan dan memaksimalkan berbagai fungsi sholawat tadi sehingga bisa terasa manfaatnya bagi masyarakat.
  • Untuk menggali potensi masyarakat khususnya generasi muda di bidang seni religi (sehingga akan lahir Sabyan Gambus yang lain lagi dan lagi). Dimana juga diharapkan akan memicu tumbuhnya kreatifitas seni religi generasi muda sehingga munsul sikap keberagaman yang lebih lembut dan toleran karena sarat dengan nuansa estetik
  • Merupakan bentuk pelestarian tradisi beragama yang berkembang di masyarakat dan upaya menumbuhkan semangat bersholawat di kalangan generasi muda.

Sabyan Gambus


Tuh, keren bangets kan tujuannya! Apalagi lomba ini terbuka bagi siapa saja dan mudah sekali cara mengikutinya.

Seperti dipaparkan pada acara peluncuran Lomba Sholawat - Live Streaming Muslimat NU - Sabyan Gambus bersama Broadcasting ID yang digelar pada hari Minggu, 4 November 2018 di Jakarta. Dimana acara ini dihadiri oleh Ibu Khofifah Indar Parawansa sebagai Ketua Umum Muslimat NU dan jajaran pengurus lainnya. Serta dilengkapi kehadiran dan penampilan dari Sabyan Gambus serta pihak Broadcasting ID sebagai penyedia aplikasi dan pelaksana lomba.

Nah, untuk pesertanya sendiri akan dibagi menjadi 2 kategori, yakni:
  • Kategori Anak: usia sampai dengan 12 tahun
  • Kategori Umum: usia 12 tahun ke atas
Tapiii......Mengapa sih mesti via aplikasi Android?

Kok enggak lewat audisi seperti lomba nyanyi di TV ?

Sejatinya semua ini didasari pada keprihatinan bahwa betapa kini semakin banyak waktu kita tersita dan tergantung pada ponsel pintar yang ada. 

Bahkan menurut survey terbaru dari We Are Social yang dikutip oleh Broadcasting ID mendapatkan data bahwa:
  • Populasi Indonesia tahun 2017 sejumlah 265,4 juta jiwa
  • Pengguna mobile gadget sebanyak 177,9 juta (67% populasi)
  • Aktif di Media Sosial 120 juta (45% populasi)
  • Menggunakan internet termasuk smartphone  rata-rata 8 jam 51 menit untuk broadcasting streaming dan video on demand (VOD)

Muslimat NU


Lebih lanjut riset menemukan fakta bahwa trend media sosial ke depan akan didominasi oleh live streaming. 

Dimana live streaming yang berarti menciptakan, mengunggah video/gambar bergerak dan juga aktivitas mengakses video tersebut dari smartphone atau peralatan lainnya seperti komputer atau TV porsinya terus meningkat. Apalagi semua media sosial besar memiliki fitur live streaming, misalnya Facebook, Insatgram, Twitter, Youtube dan beberapa media sosial lainnya yang porsinya kian hari juga bertambah.

Nah, karena itulah jika memang ingin membuat sebuah perubahan yang lebih baik secara luas maka harus memanfaatkan teknologi dan sebaran smartphone dan harus berkolaborasi dengan komunitas yang dikenal meluas pula.

Dan wacana inilah yang membuat Muslimat NU dan Broadcating ID sepakat bahwa smartphone harus lebih bisa bermanfaat bagi umat.

Yup, smartphone harusnya bisa menjadi alat Syiar bagi Muslimat NU diantaranya dengan mengadakan Lomba Sholawat secara live streaming melalui smartphone ini.

Lomba Sholawat Muslimat NU


Hmmm..tapi, mengapa mesti live streaming?

Ya, balik lagi  ke alasan awal tadi....Sebaran smartphone yang 177,9 juta diantara 264 juta jiwa penduduk Indonesia dan sudah mencapai sebagian besar wilayah Indonesia sebaran dapat diikuti dengan mudah dan murah bagi sebagian besar penduduk Indonesia. Serta dengan live streaming maka seluruh peserta dari berbagai pelosok Indonesia akan memiliki kesempatan yang sama untuk memenangi lombanya. 

Ini lantaran, pada live streaming TIDAK dimungkinkan dilakukan digital editing sehingga begitu tersiar akan langsung terekam. Sehingga tidak perlu keahlian editing seperti yang biasanya mudah dilakukan di kalangan youtuber di kota-kota besar.




Ya...ampuuun, menarik bangets yaaak?

Ya dong...
Nah, buat yang kepo bagimana cara mengikuti Lomba Sholawat ini, begini caranya:
  • Install gratis aplikasi broadcastingID atau dengan cara mengetikkan s.id/lombasholawat di Play Store
  • Registrasi dulu dengan memasukkan username, alamat email dan password
  • Lalu aktivasi akun di email yang kita terima dari broadcastingID
  • Klik Go-Live Streaming
  • Setiap satu lagu sholawat dikenakan biaya lomba sebesar 10 koin dan untuk vote sebesar 1 koin (kalau untuk sekedar latihan saja, gratis di menu GO LIVE)
  • Pengunduh aplikasi baru mendapatkan gratis 3 koin. Top up tambahan minimal 20 koin. Harga per koin 1.000 rupiah. Pembayaran pembelian koin bisa dilakukan di: Bank BRI, Bank BCA, Bank Mandiri, Bank Syariah Mandiri. Petunjuk pembelian akan dikirim melalui email




Lha...ternyata bayar ya? Kirain gratissss!!😁

Eitss...jangan mutung dulu! Kenapa lombanya berbayar? Ini alasannya:
  • Dengan berbayar maka peserta akan melakukan effort yang lebih sehingga lebih serius mengikuti lombanya
  • Lomba berbayar memungkinkan pihak panitia menyediakan hadiah yang sangat menarik 
Memang hadiahnya apaaa ya?

Para pemenang lomba untuk 2 kategori yang ada akan dipilih sejumlah 7 pemenang di masing-masing kategori atau total 14 juara dengan hadiah sebagai berikut ini:
  • Juara Favorit: Umroh + uang tunai 15 juta
  • Juara 1: Umroh + uang tunai 10 juta
  • Juara 2: Umroh + uang tunai 7,5 juta
  • Juara 3: Umroh + uang tunai 5 juta
  • Juara Harapan 1,2,3: uang tunai 5 jt
Pemenang juara 1,2,3 kategori anak dan dewasa juga akan dibuatkan video klip resmi berduet dengan Sabyan Gambus.

Serta juara umum akan tampil bersama Sabyan Gambus di perayaan HUT Muslimat NU pada tanggal 23 Maret 2019 di Gelora Bung Karno Jakarta.

Tuk..apa enggak keren? Setelah jadi juara siapa tahu ada produser yang berminat dengan potensi pemenangnya dan jalan rejeki menuju ketenaran pun akan terbentang di depan mata lewat lomba ini, ye kan? Aamiin!



Lalu bagaimana dengan proses penjurian Lomba Sholawat ini?
  • Babak 1 
Periode lomba dimulai pada 5 November 2018 dan berakhir 28 Februari 2019. Peserta menyanyi/bersholawat secara live streaming melalui smartphone di aplikasi BroadcastingID. Rekaman ini akan divote oleh pemirsa. 10 % terbanyak akan masuk ke babak ke-2
  • Babak 2
Peserta terpilih dari babak 1 akan menyanyikan lagu wajib secara live streaming, 3% vote terbanyak masuk ke babak ke-3
  • Babak 3
Diseleksi oleh juri non-utama melalui video yang terpilih, pemenang akan diseleksi melalui aplikasi juri. Seleksi babak ke-3 ini akan memilih 7 peserta kategori anak dan 7 peserta kategori umum. Pelaksanaannya adalah di minggu ke-2 dan ke-3 bulan Maret 2019
  • Babak 4
Babak final, dimana 7+7 peserta akan menyanyi langsung di hadapan JURI UTAMA yaitu Ibu Khofifah Indar Parawansa (Ketua Umum Muslimat NU), Melly Goeslaw (dalam konfirmasi), Ustad Moamar ZA (dalam konfirmasi) dan Sabyan Gambus.

mumpung datang pertama, kita pose dulu pemirsaaah...😁


Nah, tunggu apalagi..

Kuy segera ikutan Lomba Sholawat Live Streaming Muslimat NU-Sabyan Gambus!

Kalau enggak sekarang, latihan dulu juga boleeeeh! Masih lama waktunya, sampai 28 Februari 2019 kan...

Oh ya, kalau ada adik, tetangga, saudara, teman, tetangga yang hobi sholawatan, kasih tahu buat ikutan. Siapa tahu ini bisa jadi jalan mereka untuk bisa mensyiarkan Islam juga mendapatkan rejeki dari-Nya.



Girang bener diwawancarai Nisa Sabyan, apalagi kalau bisa duet yak? Kamu aja yang duet sana, maka ikutan lomba ini yaa..Kalau saya yang nyanyi nanti penontonnya kabur semua hahaha


Kalau masih kepo, boleh juga tanya-tanya informasi di CS@broadcasting.id yaaa...😍

Dan, buat latihan ini dia salah satu lagu dari Sabyan!









Wassalamualaikum,

Dian Restu Agustina









Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

29 komentar untuk " "

  1. Mbaaakk, sedih deh saya, soalnya saya emang juga gak tau Sabyan gambus itu hahaha.

    Bahkan dari kemaren mbak Dian pajang foto di wawancarai Sabyan, saya pikir itu becanda.
    Jadi itu emang Sabyan ya? 😂😂😂😂

    Oke fix saya emak kudet!

    Btw acaranya keren abis tuh, selain hadiahnya yang bikin mupeng.
    Wajib banget nih ikutan 😁

    BalasHapus
  2. keren banget acaranya mba :) aku pengen ih xixix tp ga PD alagi ngusung live y mba ga akan ada edit2 dulu :p hadiahnya bikinn mupwng lagi

    BalasHapus
  3. Waaah asli aku baru tau Sabyan Gambus mbaa aku taunya Nisa Sabyan wkwk. Jadi Nisa Sabyan itu anggota Sabyan Gambus??

    BalasHapus
  4. Saatnya yang muda bershalawat.

    Yeeesss, keren banget acaranya...^_^

    BalasHapus
  5. Saya suka lagu2nya..syairnya bagus, dg musik yg keren & kena bingit dihati.
    Tapi klo ikut lomba ga kali ya. Teman cucuku ada yg ikut, tp waktu dinyanyi diacara kajian...emang kerwn banget suaranya & umurnya masih 10 th.
    Hafiahnya juga kereen ya. Mba Dian ikut ya?

    BalasHapus
  6. Keren Mba Dian bisa hadir.
    Aku pikir vokalis Sabyan yang baru Mba.
    Dulu saya pikir Nisa Sabyan itu orang Turki 😂.
    Taunya juga dari temen yang masih ABG.
    Pas tadi pagi saya nonton liputannya di TV.
    Keren ini.. Syiar Islamnya bisa menembus generasi milenial dengan cara ini. Beneran Keren

    BalasHapus
  7. Acaranya seru banget ya, mbak.
    Hadiahnya juga cukup mengiurkan :)
    Mbak Dian ikutan lombanya, nggak?

    BalasHapus
  8. Saya nih tiap malam muter lagu2 nya sabyan gambus, tiap malam juga melihat wajah cantiknya, ikut nyanyi (kadang2) gara2 nya si dede bayi cantik bakal anteng kalo denger lagu sabyan. Semoga sukses acaranya mba, saya ngga berani ikutan

    BalasHapus
  9. Saya nih tiap malam muter lagu2 nya sabyan gambus, tiap malam juga melihat wajah cantiknya, ikut nyanyi (kadang2) gara2 nya si dede bayi cantik bakal anteng kalo denger lagu sabyan. Semoga sukses acaranya mba, saya ngga berani ikutan

    BalasHapus
  10. Gara2 sabyan ini aku jadi mulai dengerin gambus, hahaaah.. tapi memang keren banget sih mereka, bisa bikin gambus jadi naik kelas. Apalagi Nisa mirip cewek2 korea gitu, banyak yg gemaaasshh :))

    BalasHapus
  11. huaaa saya gak pede. tapi jujur saya suka banget sama suara nissa sabyan ini.

    BalasHapus
  12. Saya kenal gambus ini karena si sabyan yang memopulerkan. Suka sekali kalo gambus udah disetel, rasanya nyaman, tenang, adem. Gara2 dengerin gambusnya sabyan saya jadi hafal...hehehe

    BalasHapus
  13. Lomba nih bakal aku skip deh....Tahu diri dah saya....

    BalasHapus
  14. Saya penggemar Sabyan juga mba. Suka denger dan lihat lagunya di you tube. Suaranya itu lho bikin merinding. Makanya nggak aneh dpt AMI ya. Smga lomba yang diselenggarakannya lancar ya

    BalasHapus
  15. Seru nih acaranya bisa ketemu langsung sama Sabyan. Aku suka semua lagunya yang bikin hatiku adem. Tapi sayangnya aku belum pernah ketemu langsung sama Sabyan. Padahal Sabyan udah pernah ke Kendal dan ke Semarang.

    BalasHapus
  16. MasyaAllah.. Alhamdulillah syiar Islam luar biasa sampai dilombakan dan berhadiah ga main main sampai umroh juga.. Barokalloh, Nissa bisa bawa generasi baru makin cinta dg penampilan islam yang sederhana dan cantik�� keren mbak Dian bisa ikutan acara ini..

    BalasHapus
  17. Hihi aku juga kudet. Nisa Syabannua sih pernah denger beberapa kali. Tapi grupnya enggak wkwkwkwk. Tontonanku upin ipin soale. Btw keren pisns ih diwawancarai Nisaaa... Mantab!

    BalasHapus
  18. Aku penggemar Sabyan nih hihi. Wah gpp dong lomba berbayar lha wong hadiahnya aja kece badai geto. Keren banget NU punya program untuk menghidupkan shalawat agar kena di hati generasi jaman now. Waaah harus ikut nih, sapa tau bs duet sama Nissa dan pergi Umrah, uhui. Amin :)

    BalasHapus
  19. wahh seru ya di wawancaraiin..siap2 jadi blogger terkenal abis ini mba nya.. hehehe

    BalasHapus
  20. Tes... Tes... Ehem-ehem.. Mau ngikut kok yo suara saya wis gak kayak dulu, hehe. Sueneng baca ini. Kreatif nih Muslimat NU. Siapa dulu dong gubernur saya :D
    Sukses berkah buat Nisa, dkk. Sekali lagi, Mbak Dian ngarteesss :)

    BalasHapus
  21. Lahir dan besar di Jawa Timur dg kultur NU membuatku akrab banget sama acara-acara sholawat(an), tapi baru kali ini tau ada lomba sholawat live streaming. Keren banget, mengikuti perkembangan zaman. Terus lihat hadiahnya jadi mupeng, mau ikut tapi sadar diri kalau suaraku nggak lebih merdu daripada kicau burung. Hehehe

    Allahumma shalli ala sayyidina Muhammad

    BalasHapus
  22. cus Mbak duet sama Nisa hehehe.. langsung tenar deh Mbak Dian :D

    acara lomba berbayar yang mengiurkan ini, hadiahnya itu loh... bikin pengen aja! pasti kalau hadir di acara lomba tersebut aku ikutan merinding deh, mesti pada bagus2 suaranya, gak kayak suaraku yg parau macam bebek ngoceh hihihi

    BalasHapus
  23. Semakin banyak cara sholawat yg indah ya mba. Didendangkan oleh penyanyi yg langsung jadi idola ya. Sukses lombanya ya.

    BalasHapus
  24. Sabyan Gambus ini salah satu favoritku dan anakku, kita berdua suka nyanti bareng dan anakku juga suka nyanyi disekolah. Gurunya suka laporan ke bundanya, pasti ini efek suka diracuni bunda lewat spotify.

    BalasHapus
  25. Saya suka dengerin lagu-lagu nisa sabyan, bikin hati damai hehe. Hadiah lombanya menarik banget tapi kalau saya angkat tangan kalau nyanyi hehe

    BalasHapus
  26. Uwaaa keren ini bisa ikutan kan dari streaming aja... Eh jangan ding ntar jebol wkkwkwk suarakh ini apalah apalah

    BalasHapus
  27. Gara gara sabyan, jadinya gambus makin naik nih. Bisa jadi tren anak muda buat bermusik, jadi sambil ngasih hiburan, sambil beribadah juga.

    BalasHapus
  28. Mudah-mudahan, melalui acara lomba shalawat ini, memberi edukasi kepada masyarakat untuk memilih provider internet yang bebas halangan ketika live streaming, sekaligus mengajari masyarakat untuk memilih smartphone yang interfacenya gesit dengan RAM yang cukup besar.

    BalasHapus