Olahan Tempe Orek yang Praktis dan Lezat


Halo Hola...

Tiap pagi teman-teman bangunnya jam berapa?

Kalau saya sebelum Subuh sudah on dan mulai riweuh di dapur dong...!.

Rajin amat?

Memang...kwkwkww. Selain karena rajin pangkal pandai 😁, suami dan anak-anak saya memang biasa sarapan dan anak-anak membawa bekal. Apalagi sebagai #pengejarTiJe (TransJakarte) suami mesti berangkat pagi-pagi. Maka sarapan biasa sudah tersedia di meja sekitar pukul lima. Dan ini tentu bikin saya harus menyiasati untuk memasak menu yang praktis hingga dalam waktu singkat makanan sudah siap disantap.


Olahan yang jadi pilihan saya diantaranya yang gampang dan enggak perlu waktu lama saat dibikinnya. Dan yang paling penting merupakan kesukaan suami dan anak-anak saya. Karena percuma juga bikin makanan yang nama menunya keren bingits dan didoyani banyak orang, tapi suami dan anak-anak enggak suka. Sudah capek masak, makannya seuprit saja....Hingga ujung-ujungnya bikin chef-nya jadi k e c e w a!πŸ™ˆ

Tapi, syukurnya suami dan anak-anak saya seleranya enggak neko-neko. Sehingga saya pun enggak perlu pusing mikirin menu. Karena yang terpenting bumbu cinta yang tertuang di masakannya, sehingga semua makanan jadi enak rasanya....#Eaaaa

Nah, salah satu favorit suami dan anak-anak adalah sebuah olahan tempe yang sungguh sangat simpel dibikinnya yaitu Tempe Orek.

Hayooo, siapa yang enggak kenal dengan tempe orek?

Saya jamin hampir semua orang Indonesia sudah pernah mencicipi menu tempe orek ini. Olahan tempe yang satu ini memang sudah tersebar di seluruh penjuru Nusantara dan bisa kita jumpai di mana saja.

Tempe orek dapat disajikan bersama dengan nasi putih dan sayur, dapat pula disajikan sebagai pelengkap menu nasi uduk atau nasi kuning. Tempe orek yang murah dan praktis ini biasanya juga menjadi menu “pemadam kelaparan” terutama bagi anak kos yang berkantong tipis, seperti jaman saya jadi mahasiswa dan nge-kos dulu kala..#tjurhat 😁

Dan, meskipun tempe orek ini dapat dibeli di hampir semua warung makan, namun bagi teman-teman yang ingin memasaknya sendiri sesuai selera sebenarnya mudah saja resepnya. Karena menu yang satu ini memang tidak sulit untuk dibuat.

Apa? Belum tahu resepnya?πŸ™Š

Baiklah, kalau teman-teman belum tahu, kuy ikuti resep tempe orek yang sangat praktis berikut ini:


Review Buka Lapak


TEMPE OREK

Bahan-bahan:

1 papan tempe ukuran besar atau 2 papan ukuran kecil
2 siung bawang putih, cincang kasar
4 siung bawang merah, cincang kasar
4 cabe keriting potong serong (jika suka pedas)
3 sendok makan kecap manis atau sesuai selera
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, kupas kulitnya lalu memarkan
1 gelas (200 ml) air
1 bungkus penyedap rasa (bila suka)
½ sdt gula pasir
sejumput garam dapur
3 sdm minyak, untuk menumis

Selanjutnya Cara Membuat Tempe Orek yang Praktis:

Pertama-tama potong-potonglah tempe yang akan teman-teman gunakan sesuai bentuk yang diinginkan. Memotongnya boleh seperti dadu atau memanjang seperti korek api. Oh ya, ukuran tempe yang sudah dipotong sebaiknya berukuran kecil-kecil agar cepat matangnya.

Selanjutnya panaskan minyak untuk menumis di atas wajan penggorengan. Lalu tumislah bahan-bahan berupa bawang putih dan bawang merah hingga harum. Tambahkan cabe, Masukkan lengkuas yang sudah dimemarkan ke dalamnya dan daun salam lalu tumis hingga semua bumbu tercampur rata dan harum.

Masukkan tempe, tambahkan garam, gula, kecap manis dan air secukupnya

Masak dengan menggunakan api sedang hingga kuah airnya menyusut dan bumbu meresap ke dalam tempe sambil terus diaduk rata agar tidak hangus.

Setelah itu, angkat dan sajikan bersama dengan nasi dan lauk pauk lainnya.

Review Buka Lapak

Bagi teman-teman yang tidak menyukai rasa pedas, dapat menghilangkan bahan cabe  atau mungkin menambahkan untuk rasa yang lebih pedas ke dalam bumbu tempe orek buatan teman-teman.  Sesuaikan dengan selera saja. Lalu bagi teman-teman yang tidak begitu menyukai rasa manis, silakan menghilangkan bahan kecap manis dari resep di atas.

Selain itu, teman-teman juga dapat menambahkan variasi bahan lainnya seperti kacang tanah yang sudah digoreng, kacang panjang, buncis dan sebagainya sesuaikan dengan selera teman-teman saja.

Nah, mudah bukan?

Review Bukalapak

Oh ya, Tempe orek ini adalah salah satu kuliner yang berasal dari Jawa Tengah. Namun olahan tempe yang satu ini bisa kita temui hampir di seluruh daerah di Indonesia. Bahkan bisa dikata tempe orek adalah menu andalan di warung makan dan wartegdi sekitar kita. Apalagi, bagi mereka yang vegetarian, tentunya akan sangat menyukai olahan tempe yang satu ini.

Bahan-bahan yang dipakai untuk membuat menu ini juga murah dan mudah didapat. Sehingga sangat cocok sebagai menu hemat untuk keluarga. Dengan budget yang enggak menguras kantong, teman-teman sudah dapat menyediakan hidangan lauk yang nikmat untuk melengkapi kebutuhan protein nabati keluarga.

Juga, cara memasaknya yang sangat mudah dan praktis, membuat mereka yang baru belajar memasak tidak akan kesulitan untuk membuat hidangan yang satu ini.

Jadi tunggu apa lagi. Yuk, masak tempe orek buatan sendiri!😍

Review Bukalapak


Selamat Memasak,


Dian Restu Agustina

14 comments:

  1. ibu saya juga sering masak tempe begini. kalau saya bisa juga tapi nggak seenak bikinan ibu. heu

    ReplyDelete
  2. Tempe orek tu kayak penikmat selera makan,, apalagi klo kering gorengnya dan balado,, hmmm..

    ReplyDelete
  3. Wah kalo tempe orek ini favorit saya mbak apalagi kalo rasanya agak pedas. Mantaaaf deh.

    ReplyDelete
  4. Gampang dan bergizi. Ditambahin pete enak lhoh. Pas lagi musim nih. Tadi tukang sayur bawa, ijo gede². Hehe...

    ReplyDelete
  5. Lapeeeeer. Di rumah Dhika juga tiada hari tanpa tempe nih mbak. Olahan tempe orek paling favoritttt😘😘

    ReplyDelete
  6. Tempe oreg kesukaan suami. Klo kebetulan buat, seringkali habis oleh suami aja..hehhehe

    ReplyDelete
  7. Wah.. Saya suka bgt Tempe orek apalagi kalo ditambah cAbe gendot, dimakan bareng nasi hangat.. yummiee

    ReplyDelete
  8. Sebagai penggemar tempe, olahan tempe orek tentu sudah tidak asing lagi. Enak banget,ya Mba.

    ReplyDelete
  9. Ini kedemenannya si mantan juga mba. Tinggal tambah pete makin maknyuss hehe

    ReplyDelete
  10. Kalo di sini namanya sambel goreng Tempe. Uwenakkk pake nasi hangat. Saya udah lama ga bikin, sih. Jadi kepikiran bikin ini buat bekal misua ke Surabaya nanti. Sehat dan hemat, pilihan tepat deh Tempe orek ini. Sip.

    ReplyDelete
  11. Tempe tuh makanan favorit aku dan anak-anak. Digoreng tempe dan dijadikan orek yang paling disuka. Pengennya sih dibikin pedes, tapi masih mikirin anak-anak dan orangtua, nih hahaha ...

    ReplyDelete
  12. Di Makassar namanya apa yah?
    Apapun namanya makannya sama saja. TEMPE.
    Daaan saya serta seluruh keluarga besar saya sangat suka hehehe..

    ReplyDelete
  13. ini menu yg dulu sering dimasak ama babysitterku pas aku kecil.tp biasanya ditambah kacang tanah goreng mba. kalo skr, aku ga bisa sering bikin menu ini krn pak suami ga doyan tempe blassss... sedikitpun ga mau coba. ntah napa, dia kayak trauma ama tempe ;p. jd kalo masak tempe, aku cuma masak dikit.. duuuuh jd pgn tempe orek lg kaaaan :D udh lama ga masak ini

    ReplyDelete
  14. Makanan favorit anak2ku iniii.. Mbak, kalau aku tempenya digoreng dulu. Kalau gak pake digoreng dulu apa gak hancur ya mbak tempenya?

    ReplyDelete