5 Hal Sederhana Ini Bikin Saya Bahagia!



"Happiness is enjoying the little things in life"

Halo Hola,

Menurut teman-teman apa sih definisi bahagia?

Kalau menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia bahagia itu ada dua artinya:
  • Keadaan atau perasaan senang dan tenteram (bebas dari segala yang menyusahkan)
  • Beruntung; berbahagia
Nah, kalau dari definisi ini enggak ada kan penjelasan bahwa bahagia itu harus mempunyai rumah dan mobil mewah atau harta melimpah ruah?

Yang ada, asal kita merasa feeling good, senang, nyaman, tenteram dan bebas dari beban yang menekan...itu sudah disebut b-a-h-a-g-i-a!

Nah, sejatinya perasaan seperti tadi seringkali kita alami sehari-hari. Hanya sayangnya rasa itu terabaikan dan terkalahkan dengan perasaan negatif yang muncul bertubi dari lingkungan.

Misalnya, ketika berangkat dari rumah untuk berkegiatan, kita merasa sehat, segar dan melalui jalanan yang lancar. Sampai kantor rasa bahagia itu tertutupi oleh tidak masuknya seorang rekan kerja yang membuat Pak Boss mengalihkan tugasnya ke kita. Lalu ditambah ada masalah dari kantor cabang yang musti ditindaklanjuti segera. Kemudian teman seberang ruangan yang tjurhaaat panjang saat makan siang yang bikin diri ikut illfeel ketika mendengarnya. Dan, ditutup dengan hujan di sore hari yang bikin babang ojol enggak ada satu pun yang confirm saat di-order untuk arah pulang. Hiks!

Coba kalau ditanya nih, apakah teman-teman bahagia setelah mengalami serangkaian ketidaknyamanan tadi?

Kalau jawabannya tidak, berarti bahagia barulah diartikan teman-teman secara sempit saja...

Karena hari yang kurang nyaman tadi sebenarnya hanyalah bad day dan bukan bad life yang bikin kita unhappy jadinya! 

Maka, yang bisa dilakukan agar hidup selalu diliputi rasa bahagia, diantaranya:
  • Ciptakan Bahagia dalam Diri Kita
Awali dengan menerima diri apa adanya dengan segala lebih kurangnya. Percayai diri bahwa kita bisa melakukannya. Lalu, hindari membandingkan pencapaian kita dengan orang lain. Juga, maafkan diri sendiri jika ada khilaf yang terlanjur terjadi. Toh manusia enggak ada yang sempurna, bukan?
  • Hidup Seimbang
Seimbangkan waktu antara pekerjaan, keluarga, hobi, dan kehidupan sosial sehingga hidup akan bahagia jiwa raga.
  • Tetaplah Positif
Selalu berpikir positif dan bergaul dengan orang-orang yang berpikiran positif juga. Menghargai pencapaian diri dengan pujian atau penghargaan. Juga, tak lupa bersyukur atas segala nikmat-Nya.
  • Silaturahmi
Dekatkan diri dengan keluarga, teman, saudara. Sehingga kita tidak pernah merasa kesepian dan sendirian. Berjumpa di dunia nyata dan ciptakan kebersamaan yang membuat hormon bahagia akan keluar semua.
  • Dekatkan Diri pada-Nya
Perbanyak doa, beribadah dan berinteraksi pada Sang Maha Pencipta. Kedekatan hubungan dengan Allah Yang Maha Kuasa akan membuat kita merasa bahwa segala coba yang sedang menimpa tak lain diberikan-Nya karena merasa kita bisa menghadapinya. Juga, segala usaha yang telah kita kerjakan tetap serahkan hasil akhir hanya pada-Nya.

Hmm...kelihatannya sih mudah ..tapi menjalaninya memang syusaah. Hiks!

Etdah, enggak ada yang susah asal mau coba,.... kan katanya mau bahagia!😁 

Nah..berkaitan dengan bahagia, maka jika ditanya 5 kebahagiaan sederhana saya, jawabannya:
  • Masih Dibersamai Orang Tua
Bapak, 80 tahun dan Ibuk 73 tahun, meski keduanya sudah sepuh tapi masih aktif dan dalam kondisi sehat wal afiat di Kediri. Juga Ibu Mertua di Madiun yang kini 82 tahun dalam kondisi yang sehat juga. Ini semua merupakan kebahagiaan bagi saya. Alhamdulillah.
  • Keluarga Sehat Semua
Saat ini, saya, suami dan anak-anak kami dalam kondisi yang sehat tanpa kurang suatu apa. Ini merupakan kebahagian yang membuat diri tak henti bersyukur pada-Nya. The greatest wealth is health, isn't it?
  • Melihat yang Saya Cinta Bahagia
Ketika menjemput anak-anak sekolah dan mereka bercerita tentang harinya yang menyenangkan serta membersamai mereka tumbuh dan berkembang dari hari ke hari dengan hepiiii, bikin saya bahagia sekali. Begitu juga ketika suami kelihatan fine-fine saja meski ada banyak hal menerpa di karirnya, saya pun bahagia karenanya.
  • Bisa Membahagiakan Orang Lain
Ketika selesai sarapan, suami dan anak menyantap nasi goreng ala saya yang minimalis bumbunya kemudian setelahnya komentar: "Ini enak sekali, Buk...Makasih ya", itu sudah bikin saya b a h a g i a! 
  • Menekuni Hobi
Saya diberikan kesempatan untuk menekuni hobi menulis dan didukung oleh keluarga untuk mengembangkannya, ini merupakan bahagia versi saya juga. 


Nah...memang bahagia itu sederhana saja, kan? Tergantung bagaimana kita menyikapinya. Maka, enggak perlu iri pada bahagia versi teman atau tetangga,. Siapa tahu mereka justru menginginkan kebahagiaan yang kita punya.

Comparison is the thief of joy! And happiness is found when you stop comparing yourself to other people!

So, just be you and happy!😘


#Day27
#BPN30DayChallenge2018


Love,


Dian Restu Agustina










15 comments:

  1. Bahagia itu kita sendiri yang merasakan, bukan orang lain... Jadinya nikmati kebahagiaan itu dengan tenteram, yah nggak mbak hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..bahagia itu indibidual karena masalah perasaaan:)

      Delete
  2. " Comparison is the thief of joy! And happiness is found when you stop comparing yourself to other people! "

    Setuju banget itu mbak.. setiap orang punya kebahagian sendiri-sendiri, dan memang gak perlu dibanding-bandingkan sama orang lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes...enggak akan ada habisnya kalau emmbanding-bandingkan dengan orang lain

      Delete
  3. Bahagia itu bisa hidup dengan apa adanya dan membuat kebahagiaan sendiri karena bahagia itu kita yang menciptakan. Apalagi kalau bunda bahagia pasti akan menular ke anak dan suami juga jadi bahagia.

    ReplyDelete
  4. Mbak Dian, MashaAllah. Semoga sehat selalu Ibu Bapaknya ya mbak :) juga ibu mertua :)
    Bener banget, bs melakukan pekerjaan yang sesuai hobby itu bahagia rasanya. Ternyata banyak hal kecil yang bisa disyukuri ya :)

    ReplyDelete
  5. Bahagia itu penting ya bagi kehidupan yang lebih baik. Seneng masih ditemani oleh kedua orang tua. Semoga sehat selalu ya mbak ibuk dan bapaknya. :)

    ReplyDelete
  6. Bahagia itu kita yang buat yaa mba, dan memang segala sesuatu nya beryukur agar tercipta nya bahagia

    ReplyDelete
  7. Silaturahmi itu memang penting banget, mba.Dan alhamdulillah juga bisa memanjangkan umur ya mbaa. Alhamdulillah

    ReplyDelete
  8. Alahmdulillah ya bahagia terus mbak, apalagi msh ada ortu, keluarga, anak2 sehat2 semua :D
    Intinya kyknya yg bkin happy tu rasa syukurnya ya.TFS

    ReplyDelete
  9. Selalu berpikir positif itu berujung bahagia. Aku setuju banget itu, apapun yang terjadi harus tetap positif

    ReplyDelete
  10. Nomor 1 bikin mbrebes mili
    Doakan ortu dan mertua sy jg y mb moga2 bisa sampai sepuhhh bgt
    Gimana2 enak klo msh ad lengkap
    Seolah ad yg ingetin ndoain dll

    ReplyDelete
  11. Happiness is simple.
    Saya terus berusaha menyederhanakan definisi bahagia dlm keseharian. Menurut orang mungkin biasa, lha menurut saya adalah anugerah. So, bahagia, deh :)

    Memang harus dari dalam ya memulainya: dari hati. Kalau kondisi hati 'fit', segala hal kecil pun bisa membahagiakan. Termasuk kebersamaan dg keluarga di akhir pekan. Buat keluarga LDR spt Kami, wuih... bahagia banget bisa berkumpul :)
    Hampir sama lah dg 5 bahagia versi Mbak Dian.

    ReplyDelete