Apa Saja Situs Belanja Favorit Saya? Ini Dia....




"Online Shopping: No Make Up, No Pants, no Problem!"

Gengs...

Saya adalah pelanggan online shopping. Masih dalam kategori wajar sih, bukan yang gila-gilaan. Dan juga bukan selalu online shopping yang dituju. Karena saya juga masih shopping secara offline dengan datang langsung ke toko untuk membeli barang yang saya butuhkan.

Pokoknya, mana enaknya saja lah..kadang beli online kadang juga beli langsung!

Nah, saya terbiasa belanja online ini sudah sejak lama. Tepatnya sejak tinggal di Amerika pada tahun 2009-2011. Saat itu mungkin di Indonesia belum marak ya belanja online ini. Padahal di sana waktu itu lagi booming sekali.

Memang bukan saya yang belanja sendiri, tapi suami. Karena dia yang punya rekening bank beserta kartunya. Oh ya, di sana kartu ATM bisa untuk transaksi baik debit maupun kredit.

Saat itu kami beli segala rupa lewat internet saja. Mulai dari buku kuliah, buku anak, kamera, printilan rumah tangga dan bahkan laptop untuk suami saya. 

Berani sekali? 

Ya karena online shopping di sana (saat itu) aman-aman saja dan kami belinya juga di situs toko online terpercaya di sana, seperti Amazon dan eBay. Jadi Alhamdulillah semua baik-baik saja. Apalagi, pengiriman di sana pakai jasa kurir yang aman juga, seperti Fedex misalnya.

Nah, kebiasaan berbelanja online ini akhirnya kami lanjutkan di sini. Meski ternyata di sini musti lebih berhati-hati. Karena kadang ada penipuan, barang yang dikirimkan berbeda dengan yang diiklankan, kesalahan pengiriman...dan lainnya.




Tapi, meski demikian saya masih teteup semangat belanja online dong.. Mengapa?
  • Saving Cost
Tau kan Jakarta macetnya warbiyasaah! Maka, ketika saya beli online artinya hemat waktu, biaya dan tenaga.
  • Anytime - Anyplace
Mau belanja pagi-pagi juga bisa, hanya dari ruang makan bahkan sambil....dasteran!
  • Buying Things With no One Knowing
Mau beli sesuatu tapi malu kalau ke tokonya...ya online saja belinya! Misalnya: beli daleman atau printilan lain yang bikin merah padam saat ditanya ukuran.
  • More Options
Beli di toko online pilihannya banyak dengan hanya duduk tegak. Kalau beli di toko mesti dijabani ke sana ke sini, naik turun tangga dan lainnya.
  • Reviews
Pada situs belanja online biasa ada review dari pembeli lainnya yang bisa jadi acuan kita untuk membeli barang yang sama. Misalnya: pashmina terlalu tipis bahannya, kainnya enggak meresap keringat, warna tidak sesuai dengan gambar, Bahannya adem enak dipakai...dan lainnya
  • Best Deals
Beli online sering lebih murah dari beli langsung di toko. Karena penjualnya tak memasukkan harga operasional toko fisik ke harga barangnya atau karena memang barang langsung dari distributor bukan pengecernya.
  • No Crowds - No Queues
Belanja online enggak bakalan desak-desakan dan enggak mungkin saat bayar ada antrian. Jadi nyaman, kan?




Nah, dari sekian keuntungan belanja online tersebut...teteup kita musti hati-hati untuk melakoni. 

Dan, berikut beberapa tips yang bisa jadi acuan saat kita berbelanja online:
  • Plan Your Purchase
Perhitungkan waktu shipping&handling. Kalau butuhnya tahu bulat alias dadakan lebih baik langsung saja belanja ke tokonya, karena kalau online bisa lama nunggu barangnya. Pengalaman saya beli jas untuk si Adik buat acara nikahan keponakan di Sragen. Ternyata dalam tempo 4 hari belum datang juga. Hiks! Pas sudah di jalan baru sampai di rumah itu barang.
  • Secure Your Connection
Jangan mentang-mentang Wi-Fi nya lancar jaya langsung cuss..buka aplikasi dan belanja itu ini. Ingat di tempat umum bergentayangan hacker yang bisa memata-matai data keuangan kita.
  • Shop at Websites Your Trust
Belanja di situs yang terpercaya. Sebaiknya belanja melalui marketplace yang kini banyak pilihannya daripada langsung ke toko onlinenya. Karena sekarang sudah ada aturan perlindungan untuk pelanggan, misalnya jika barang dalam waktu 3 hari tidak dikirimkan supplier/penjual maka transaksi batal dan uang dikembalikan by sistem. Ini enggak akan terjadi jika barang kita beli dari toko online pribadi. Bisa saja uang sudah dikirimkan, penjual kabur tanpa ada barang datang. Hiks!
  • Protect Your Personal Information
Jaga informasi pribadi. Jawab pertanyaan standar sesuai yang ada di form-nya saja. Juga buat kombinasi password yang unik dan ingat log out setelah berbelanja.
  • Use Safe Payment Options
Hindari pembayaran dengan menggunakan debit card karena itu langsung memberikan akses pada dana yang ada di rekening kita dan itu berisiko. Lebih aman pakai credit card saja. Atau bisa juga pilih transfer bank atau bayar di minimarket terdekat tagihannya.


Nah, diantara beberapa situs belanja online di Indonesia, adakah yang jadi favorit saya?

1. Tokopedia 

Saya paling sering isi pulsa di sini..karena praktis sekali. Juga pernah beli beberapa barang lainnya. Lumayan memuaskan.

2. Bukalapak

Hampir sama...pernah beli beberapa jenis barang juga. Belum pernah kecewa.

3. Zalora

Kualitasnya lumayan memuaskan. Meski harga memang di atas standar. Tapi..teteup nyarinya pas ada diskonan!😁 Terus return policy-nya oke punya, jadi enggak khawatir kalau salah beli kita.

4. Shopee

Banyak promonya dan sering bebas ongkir. Cuma kualitas barang kadang kurang.

5. Qlapa

Beli barang handmade, unik atau khas Nusantara di sini tempatnya. Ada harga ada rupa. Tapi so far, kualitasnya sepadan dengan harganya.


Dan....meski saya termasuk pembelanja online tapi untuk beberapa jenis barang saya tetap suka membelinya offline. Ini berkaitan dengan perasaan yang kadang puas jika bisa melihat dan memegang langsung barang yang kita inginkan.

Nah, kalau teman-teman bagaimana? Suka online shopping jugakah seperti saya? 

Apapun semoga kita tetap bijaksana ya dalam  berbelanja!😍



#Day28
#BPN30DayChallenge2018



Love,


Dian Restu Agustina



















25 comments:

  1. kak dian, aku termasuk online shoppers sejati. setiap minggu selalu ada barang yang datang ke rumah. makanan, baju, sepatu, termasuk elektronik. semua alasan yang kak dian sebutkan bener banget diatas dan aku mengamini semua hahaha, aku gak bisa nawar, gak bisa basa basi, kalo ke toko suka gak enak bongkar2 atau liat2 tapi gak jadi beli. jadi aman beli didalam bilik kamar aja.hihihi

    ReplyDelete
  2. Belanja online banyak juga keuntungannya ya mom, tapi kitanya yag harus benar2 teliti, biar gak salah beli barang apalagi salah kirim. Dan jangan sampe kebablasan belanja gegara ada diskonan..hihii

    ReplyDelete
  3. Online shopping memang mengiurkan, pastinya akan tertarik untuk membeli barang yang sedang sale.

    ReplyDelete
  4. tapi kalau beli di amazon sama ebay harus punya cc nggak sih mbak. ini yang mengkhawatirkan. takut bablas.
    saya punya voucher qlapa btw, hadiah lomba blognya mereka. tapi sampai sekarang belum pernah saya pakai. barangnya emang kelihatan bagus banget. harganya juga. wkwkkw..

    ReplyDelete
  5. Saya paling sering beli di Tokopedia. Karena paling mudah aja buat saya. Kalaupun barang sampai gak dikirim atau mau saya retur, pengembalian dananya cepat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama satu lagi kebiasaan saya. Belanja makanan dan minuman secara online ^_^

      Delete
  6. Kalau aku yang paling suka belanja online itu pak suami soalnya mobile bangking punya dia itu mudah banget kalau dipake buat belanja online gitu. Biasanya pak suami suka belanja di shopee karena pilihannya banyak dan untuk dananya bisa disesuaikan dengan kantong kita wkwkwk ��

    ReplyDelete
  7. Aku diantara ke 5 nya paling sering di Tokopedia !! Hehe gampang dan simple, trusted. Iya setuju dibanding shopee ntah kenapa kualitasnya kayak suka abal aja gitu hehe..

    ReplyDelete
  8. Saya paling sering Shopee mbak, bebas ongkir hahaha, eh bukan sering sih, tapi paling banyak alias 5 kali hahahaha, fantastis sekali bukan wkwkwkw.
    Saya paling ga suka beli online, kecuali yang bukan pakai size seperti baju, baru kemaren aja nekat beli baju di shopee.

    Zalora, kayaknya bajunya kecil2 ya mba, ga muat di saya hiks
    Saya lebih suka hijup, tapi suka doang, beli jarang hahahaha.

    Btw, saya sering loh bayar online pakai debit card, mandiri, BNI, BCA belum pernah nyoba sih, kayaknya udah bisa kok mba, cuman harus di aktifin dulu, tau apa nya :D

    ReplyDelete
  9. Dulu aku plong anti online shopping to sejak punya bayi.. duh itu jd cara pertama belanja deh wkwk.

    Aku nomor satu Shopee mba hehe. Oia kalo mau online shopping buku bisa banget di aku lho, by Birupink Booksfore *promo tipis tipis XD

    ReplyDelete
  10. Wah, kita samaan nih Mbak. Aku juga suka belanja di Bukalapak dan Shopee. Kalau di Bukalapak biasanya aku cuma isi ulang pulsa. Kalau di Shopee biasanya belanja buku.

    ReplyDelete
  11. Aku nomor satunya Shopee hehe. Seneng online shopping karena hemat tenaga, kadang suka pengen sih belanja offline tapi mengingat rempongnya bawa bayi suka jadi urung niat di hati ini hehe.

    ReplyDelete
  12. Gagal fokus dengan kalimat "pernah tinggal di Amerika"
    Wihh, mau dong, Mbaa wkkk
    Btw toped tuh kayakny idola sejuta umat yaaa
    Mulai dr beli yg receh kyk pulsa smpe blanja furniture
    Beli LM
    Dll
    Saya pun beli online alasanny jg serupa dg mbak: intiny males rempongny

    ReplyDelete
  13. Duh, belanja online. Sejak bisa belanja online, kecuali keperluan dapur sehari-hari, aku hampir nggak pernah lagi sengaja ke pasar atau mall buat beli baju, sepatu bahkan elektronik. Lah, harganya bisa lebih murah, nggak capek juga nawar-nawar dan bebas nggak rempong harus bawa anak, hehe..

    ReplyDelete
  14. Hahaha belanjaaa online ini memang kadang nagihin nggaaa sih wkwk. Ibuknya temen saya, sekalinya tau belanja online, eh, beliau langsung beli-beli muluk wwkwkw :D

    Tapi ya gimana ya, kadang memang lebih murah sihhhh -_-

    ReplyDelete
  15. 1, 2, dan 4 udah pernah nyoba, sisnya belum. Satu lg yang aku suka jd.id soalnya murah harganya.
    Iya kalau belanja onlen pasti baca reviewnya dulu, terutama testimoninya gtu.

    ReplyDelete
  16. Aku kayaknya masih lebih sering belanja offline, mbak. Soalnya suka zonk kalau belanja online. Tapi biasanya sih kalau kosmetik dan skincare nyari-nyari di olshop

    ReplyDelete
  17. Aku suka belanja online karena ga perlu capek keluar rumah kalo mau belanja. Dan bener juga sih, lebih asik belanja tanpa ada yang tahu belanjaan kita. Tahu-tahu udah punya baju baru aja. Eheh

    Aku belum pernah belanja di zalora dan qlapa nih mbak.

    ReplyDelete
  18. Wow... Ternyata hampir sama e commerce tempat kita belanja mbak, cuma satu yang ngga masuk tuh... Eh tapi emang e commerce itu udah banyak yang mengenal ya...jadi gak was was kalo belanja

    ReplyDelete
  19. Suka banget mbak! Lebih suka belanja online sekarang, soalnya perbandingan harganya jauh banget..

    ReplyDelete
  20. Belanja online di Tokopedia kadang bikin kalap. Hahhaa. Aku suka belanja online pas lagi nggak pengen kemana mana tapi pengen cuci mata. Hehhehe

    ReplyDelete
  21. sama..saya juga suka belanja online
    alhamdulillah belum pernah ketipu
    dan daftarnya ecommercenya juga nyaris sama
    cuma yang terakhir saya agak bingung..kemarin dalam daftar alamat malah provinsi saya ga masuk dalam list
    jadi ga bisa belanja deh..padahal barang barangnya bagus
    ga tahu deh klu sekarang udah update

    ReplyDelete
  22. Tanggal 12 kemarin Qlapa diskon besar-besaran mbak tapi cuma sehari itu aja.

    Aku kalau belanja online bener-bener dicek reviewnya dulu karena takut barang gak sesuai gambar :D so far hampir gak pernah dapet pengalaman gak enak waktu belanja online.

    ReplyDelete
  23. Aku juga jarang banget belanja di toko offline. Kalo ke mall ya cuma buat makan & liat2 aja. Anak2 juga udah ketularan, misal liat mainan bagus di toko, mereka langsung bisik2, nanti kita cari yg kaya gini di OS aja ya bun :)))

    ReplyDelete
  24. Saya suka belanja buku online, nih. Seringnya ke penulisnya atau penerbitnya langsung. Sampe babang kurir udah hapal rumah saya :)

    Nah, kalo ke marketplace sih gegara misua. Doi sukanya ke bukalapak. Jadinya saya ikutan jadi pelanggan di sana. Ga sering, sih. Kalo ada promo, baru, deh. Hehe
    Kadang iri dg yg tinggal di Jekardah karena ongkirnya pasti murah. Sellernya mayoritas dari sono, euy!

    ReplyDelete