Great Mom, Strong Son | Ibu yang Hebat Melahirkan Anak Lelaki yang Kuat




Judul Buku: Great Mom, Strong Son
Penulis: Bety Kristianto - Jessica Valentina
Kategori: Parenting & Family
Penerbit: ANDI Yogyakarta
Cetakan: 1/2018
Jumlah Halaman: xvi + 160 
ISBN: 978-979-29-7174-3
Harga: Rp 68.000,- (Pulau Jawa)



"Meski tidak semua anak laki-laki akan tampil sebagai pemimpin dalam kelompok, sangat penting bagi mereka untuk merasa diterima, dihargai dan diberi kepercayaan. So Moms, berikan mereka ruang untuk mengekspresikan semua itu. Biarkan dia menjadi anak laki-laki dan memenuhi takdirnya sebagai pemenang." (hal 70)


Bety Kristianto

Blurb


It's a boy! I will have a prince charming!"

Mungkin itulah yang terpikir dalam benak kita saat mengetahui jenis kelamin bayi yang sedang dikandung. Ketika sang prince charming datang, bersiaplah menyambut kenyataan yang tidak terduga. Rumah yang selalu berantakan, kamar yang lebih mirip gudang dengan aneka barang yang berserakan di segala penjuru, bau asem dan energi yang berlimpah, sampai gumpalan tanah liat di antara buku-buku pelajarannya! Olala, inikah potret nyata si pangeran kecil? Meskipun terlihat heboh dan membuat kita ngos-ngosan, sesungguhnya mengasuh anak lelaki sangat mengasyikkan sekaligus menantang.

Buku Great Mom, Strong Son mengungkap rahasia mendidik anak laki-laki, menjadi pribadi super yang berintegritas, sekaligus menjadi calon pemimpin idaman dalam keluarganya kelak. Dengan mengamati proses pertumbuhan anak yang ajaib, para ibu dapat menjadi rekan seperjalanan yang paling dapat diandalkan anak. Saat anak dilimpahi dengan kasih yang mendidik, yakinlah bahwa ia akan bertumbuh menjadi pribadi yang SUPER dan bertanggung jawab!



Jessica Valentina

Review


"Sebuah buku yang saat membacanya rasanya berkaca pada diri sendiri saja!" itulah komentar saya seselesainya membaca buku keren ini.

Karenaaa, buku ini hampir plek ketiplek dengan pengalaman di keseharian saya.

Gimana enggak coba, anak saya dua laki-laki semua, sama dengan kedua penulisnya, Bety Kristianto dan Jessica Valentina

Meski belakangan, karena saya juga berteman baik di media sosial dengan keduanya, saya tahu Mbak Jessica dapat bonus dari-Nya, satu anak...lelaki lagi! (Kebayang dah nanti ..hihihi.😁)

Nah, dalam buku ini baik Mbak Bety maupun Mbak Jessica sama-sama mengupas pengalaman keduanya saat mendidik kedua anak laki-laki mereka dengan segala daya upaya serta penuh cinta yang membuat kita pembacanya bisa merasa: "Oiyaa..ya, lah kok sama ya, oh begitu ya ternyata, nah beneran dah....!"🙈

Sebelumnya.....

Di bagian depan ada paparan yang mengingatkan pembaca akan seputar anak laki-laki ini. Baik tentang karakter, hormon, fisik, cara mereka berpikir dan sifatnya. 

Kemudian kita dibawa ke diri kita sebagai ibunya yang adalah orang terpenting bagi mereka. Yang mana ibu punya peran besar dalam membentuk karakter anak sehingga harusnya memiliki tujuan pendidikan yang jelas, mengajari mereka sopan santun dan etika serta membentuk cara pandang yang benar tentang perempuan. 

Penulis lalu mengingatkan bahwa hal yang dibutuhkan anak laki-laki, diantaranya: diterima, dibutuhkan dan dipercaya, dihargai dan dipenuhi. Juga ketika mereka semakin beranjak dewasa, pastinya akan ada perbedaan antara anak laki-laki dan perempuan sehingga pengasuhan pun tentunya jadi tak sama.

Sehingga dibutuhkan pola pengasuhan yang benar agar terbentuk anak laki-laki yang punya kepribadian matang dan berintegritas nanti.

Tak hanya itu, kedua penulis juga mengajak pembacanya untuk mengevaluasi ulang pola asuh dengan menerapkan rumus membesarkan laki-laki sejati, diantaranya dengan penerapan kedisiplinan dalam keseharian.

Serta mengajak para Ibu di luar sana untuk terus bersemangat jiwa raga untuk menjalani perannya dengan mengingat bahwa apa yang kita lakukan saat ini takkan lama waktunya. Karena anak-anak pasti akan tumbuh besar dan satu saat mandiri hingga "tidak membutuhkan ibunya" lagi. 

Maka, "Everbody Must Be Happy", begitu pesan kedua penulis multitalenta ini...

Para Mommies diharapkan untuk: "Be Happy, Be Bright, Be You" dan berprinsip "I Am (Not) A Desperate Mom"💪 Karena jika semua sudah diperankan dengan penuh cinta tentu tinggal tunggu waktunya, kita akan selalu menjadi kenangan indah di benak anak laki-laki kita.

"Mungkin dia enggak akan ingat dengan baik semua yang Anda ajarkan. Namun dia juga akan melupakan bagian yang tidak bisa Anda lakukan dengan baik" (hal 146)


Penerbit ANDI


Dan, membaca buku setebal xvi+160 ini benar-benar membuat saya merefleksi diri. Kedua penulis mengingatkan banyak hal terkait pengasuhan dengan bahasa sederhana yang mudah dipahami dan tak berkesan menggurui.

Pun, beberapa tips disertakan untuk melengkapi langkah apa yang bisa jadi solusi jika ada masalah dengan pengasuhan anak laki-laki ini.

Baik Mbak Bety maupun Mbak Jessica juga sharing banyak hal penting dengan pembacanya, para Mommies di luar sana, serta mengingatkan bahwa semua Ibu itu punya peran yang sama. Siapapun dia, apapun profesinya, bagaimanapun lebih kurangnya, tetaplah Ibu bagi anak-anaknya yang ingin memberikan yang terbaik bagi mereka. 

"Tak ada Ibu yang sempurna pun tak perlu menuntut anak menjadi sempurna." (hal 144)




Buku yang tampil dengan halaman dan huruf yang clean sehingga nyaman dibaca dan warna sea blue sebagai font color untuk gambar dan beberapa bagian pentingnya ini memang pas dibaca oleh siapa saja.

Para jomblo yang musti berilmu dulu sebelum menikah dan punya anak nantinya, para calon ibu yang sedang menunggu datangnya buah cinta, Mommies yang sudah punya putra/putri dan bersiap menambah amanah-Nya, para Ayah yang tentunya wajib terlibat dalam pengasuhan putra-putrinya dan ....siapa saja!

Oh ya buku ber lay out sweet&simple ini juga dilengkapi dengan sharing dari Xavier Quentin Pranata (penulis, motivator, inspirator, dosen) dan Steny Agustaf (Aktor, presenter, host) tentang Ibunda masing-masing yang inspiratif sekali.

Finally, pada bagian epilog, buku ditutup dengan dua surat cinta yang super maniezz dari Mami Bety untuk kedua putra Rafael dan Kevin, serta Mama Jessica untuk kedua putra, Dave dan Jonathan. 

Kedua surat yang mengharu biru yang membuat saya setelah ini jadi kepingin juga menulis surat yang sama untuk dua putra saya....




Dan....akhirnya buku bergenre Parenting&Family yang diterbitkan Penerbit ANDI Yogyakarta ini memang recommended untuk dibaca.

Hanya sebaiknya, bagi yang belum kenal Mbak Bety maupun Mbak Jessica, sebelumnya baca dulu profil penulisnya. Karena, isi buku tentang kisah keduanya, jadi biar kita ada info dulu sebelum membaca.

Pasalnya, di dalam buku tidak dipisahkan tulisannya. Sehingga pembaca yang tidak tahu akan sedikit bingung di bagian tengahnya saat sudah berganti ke penulis yang berbeda.

Sebagai penutup, ada quotes indah yang saya kutip dari buku ini di halaman 130:

"There will be so many times, you feel like you've failed. But in the eyes, heart and mind of your child, you are SUPERMOM" (Stephanie Precourt)

Kuy, semangat menjadi ibu yang lebih baik lagi....!!💞


Penerbit ANDI




Happy Reading

Dian Restu Agustina

11 comments:

  1. Aih aih aih... daku tersipu... makasih sudah berkenan membaca dan mereview buku ini ya mba Dian. Sukses untukmu selalu ��

    ReplyDelete
  2. Bisa jadi pelajaran mendidik anak laki-laki, jadi hebat. Bagus bukunya.

    ReplyDelete
  3. Semoga kalau entar nikah dan punya anak, bisa jadi ibu yang hebat juga. 😊😊
    Tapi jodohnya belum ketwmu nih😁

    ReplyDelete
  4. Menikmati sekali review buku mbak Dian nih. Saya jadi kepengen baca buku Mbak Bety juga. Buku yang pertama dulu juga sangat menyentuh nih.. .

    ReplyDelete
  5. Sedang menunggu kiriman bukunya. Jd g sabar tuk baca

    ReplyDelete
  6. thanks sharingnya belum jd moms sih. gpp buat prepare

    ReplyDelete
  7. Ya, mendidik anak lelaki tak mudah. aya alami juga pada Palung. Tingkat disiplin yang diterapkan harus tegas namun tetap penuh ksih sayang. Padahal penerapannya susah. Ketegasan saya masih disertai omelan.
    Sukes untuk Mbak Bety dan Mbak Jessica, mereka mom yang hebat.

    ReplyDelete
  8. Episode tentang prince charming-nya mirip pas saya tau bkalan dapet baby boy nih :)

    Penasaran sama isi buku ini akhirnya terjawab sebagian di sini. Pastinya bagus nih buku. Secara selama ini -paling tidak- saya mengenal tulisan keduanya emang cetar. Trus launching bukunya juga menyedot perhatian, deh.
    Selamat buat penulis dan peresensinya juga :)

    ReplyDelete
  9. Aku juga sudah baca tante. Next kalo diamanahi sebagai ibu, aku udah punya sedikit modal pengetahuan tentang bagaimana cara memperlakukan anak laki-laki terutama dan bagaimana cara mendidiknya supaya bisa jadi khilafah yang baik dikeluarganya kelak

    ReplyDelete
  10. Buku ini banyak banget reviewnya seliweran di timelinekuuuh.... Kayanya must have nih, secara punya dua keponakan cowo...

    ReplyDelete