Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dapur Solo - Kelezatan Cita Rasa Nusantara dalam Balutan Sajian Kekinian

Dapur Solo - Kelezatan Cita Rasa Nusantara dalam Balutan Sajian Kekinian 


"Life is like a restaurant: you walk in, hopefully find good food and good company and walk back out' (Tayor Vernon Ryan)


Halo hola...Teman-teman pernah makan di Dapur Solo enggak ya? Atau mungkin pernah dengar namanya?Entah kapan saya pertama kali makan lunch box yang bertuliskan "Dapur Solo" ini. Yang jelas beberapa kali dalam sebuah undangan saya mendapatkan nasi kotak dengan merek Dapur Solo tertera di sana. Juga, sesekali suami membawa pulang kotak nasi bernama sama setelah menghadiri sebuah acara.




Nah, sejatinya saat membaca informasi di bagian luarnya saya kepo sekali. Karena Dapur Solo ini ternyata tidak hanya melayani pemesanan nasi kotak saja tetapi juga punya beberapa cabang restoran yang berlokasi di Jakarta dan sekitarnya.

Namun, karena tempat yang dimaksud bukan kawasan "jajahan" saya, maka keinginan untuk makan di sana pun hanya sebatas wacana.


Dapur Solo AEON Mal BSD City







Hingga pada bulan Januari silam saya mengunjungi AEON Mal BSD City dan mendapati bahwa Dapur Solo membuka gerai baru di sini. Tepatnya di Food Culture GF G16-03 AEON Mall BSD City, Tangerang, Banten (021) 53169699.

Tak berpikir lama, sebelum si Mas ngajakin makan ke restoran Jepang lagi, saya pun mengusulkan untuk makan di sini.

Dan akhirnya kami berempat sempat menunggu meja dibersihkan dulu baru mendapat tempat duduk di situ.

Ya, lokasi Dapur Solo memang di Food Culture yang mayoritas diisi menu masakan dari Negeri Sakura. Sehingga dengan menu Nusantara yang diusungnya tentu membuat pengunjung tertarik makan di sana.

Ini menjadikan tempat duduk yang tidak terlalu banyak, pada akhir pekan selalu terisi, hanya sempat kosong sebentar sudah ada yang datang lagi.

Oh ya, pilihan tempat duduk ada yang sofa dan kursi biasa. Dan jika ternyata kita tidak mendapat tempat duduk di dalam area, kita bisa memesan makanan dan langsung membayar lalu duduk di seputar Food Culture saja. Nanti pramusaji akan mengantar pesanan kita tadi.


Nasi Kotak
pic by: Dapur Solo



Pelayanan Ramah di Dapur Solo




Begitu kita masuk ke area restoran yang terbuka konsepnya, para pramusaji akan menyapa dengan sapaan khas Jawa dan mempersilakan duduk serta menyodorkan buku menu yang ada.

Pramusaji dengan ramah menjelaskan tentang beraneka menu yang ada di bukunya saat saya tanyakan tentang besar kecil porsi dan ketersediaannya.

Setelah memesan, enggak pakai lama makanan segera tersaji di meja. Sehingga kita tidak perlu menahan lapar lebih lama. Bisa dibilang untuk ukuran non-restoran siap saji, pelayanan di Dapur Solo tergolong cepat ini.

Demikian juga saat berada di kasir untuk melakukan pembayaran, kasir pun menghitung dengan segera dan menyebutkan jumlahnya.

Overall tentang pelayanan, Dapur Solo ini memuaskan!


Menu di Dapur Solo



Makanan dan minuman yang tersedia di Dapur Solo adalah sajian Nusantara terutama hidangan khas Solo.

Menu ini dibagi ke dalam 6 kategori dengan beberapa contoh seperti:

  • Sajian Khas Solo: Tengkleng 43K, Selat Solo 38K, Nasi Liwet 38K, Tengkleng 43K, Asem-Asem Iga 52K, Nasi Urap 38K
  • Hidangan Nusantara: Nasi Timbel Sunda 39K, Nasi Gudeg 38K, Nasi Pecel Madiun 38K, Ketoprak 35K, Sate Ayam 35K 
  • Kuah-kuahan: Rawon 47K, Soto Ayam 38K, Pindang Bandeng 43K
  • Aneka Cemilan: Serabi Solo 20K/3 pcs, Tahu Gejrot 22K, Bubur Jawa 25K
  • Wedangan: Ronde 25K, Wuh 22K, Bandrek 23K, Jahe 23K
  • Aneka Minuman: Es Cendol 24K, Es Cincau 20K, Es Jahe Rempah 23K

Nah, diantara contoh menu itu, dari segi harga memang lebih murah dibandingkan restoran Nusantara sejenis yang ada di emol, misalnya Sate Khas Senayan. Tapi memang porsinya sepertinya lebih kecil. (meski untuk ukuran saya malah pas)

Hanya sayangnya beberapa menu tak tersedia, entah mungkin karena ini cabang baru atau memang karena tidak semua cabang menyediakan lengkap sesuai buku menu.

Sedangkan untuk penyajian makanan, plating-nya menarik dengan peralatan saji standar restoran.


Cita Rasa Dapur Solo



Karena sebelumnya saya hanya pernah makan nasi kotaknya saja, maka saat di restoran kekepoan saya akan menu lain pun terjawab juga. Berikut pesanan kami berempat yang berbeda menu sehingga saya bisa icip satu persatu. 😁

Diantaranya:


1. Selat Solo

Selat yang dimaksud di sini bukannya perairan yang memisahkan dua pulau ya,...Tapi hidangan khas Solo yang merupakan perpaduan daging semur yang manis & mustard yang asam serta sayuran yang menghasilkan cita rasa perpaduan dua budaya, Jawa dan Belanda.

Ada potongan daging sapi, telor rebus, buncis, wortel, selada, kentang dan tomat dengan kuah encer yang berasa asam manis dan segar serta taburan keripik kentang serta acar. Sederhana tapi lengkap gizinya!


Selat Solo



2. Nasi Langgi Kuning Spesial

Nasi gurih kuning khas Solo yang dilengkapi dengan lauk-pauk: terik daging, telur dadar, abon, kering tempe, sambal goreng kentang, ayam, dilengkapi lalapan dan kerupuk udang. Enaak!

Penyajiannya yang menarik - berbentuk tumpeng dan beralaskan lembaran daun pisang membuat menu ini berpenampakan unik. Sehingga tak perlu waktu lama nasi Langgi pun habis disantap oleh si Adik.😀



Nasi Langgi



3. Rawon

Sajian khas Jawa Timur yang terdiri dari kuah daging sapi dimasak dengan bumbu kluwak khas Jawa Timur dan disajikan dengan telor asin, tauge, sambal terasi & kerupuk udang. 

Kuahnya segar, dagingnya empuk, meski untuk ukuran orang Jawa Timur rasa kluwaknya kurang pekat. Mungkin karena sudah disesuaikan dengan orang se-Indonesia sehingga dibuat lebih "ringan" rasa kluwaknya.



Rawon



4. Nasi Liwet


Nasi gurih dengan suwiran ayam kampung, telur pindang, tempe bacem dan potongan hati ampela ayam disiram dengan sayur labu yang gurih dan dilengkapi sambal dan kerupuk udang. Mantul rasanya!


Nasi Liwet



5. Serabi Solo


Buat yang kangen serabi bisa pesan camilan ini. Serabi yang manis gurih dan bertekstur lembut ini terbuat dari tepung beras, santan kelapa dengan taburan keju, meses cokelat dan sarikaya.

Sejatinya sih ada di menu topping saus durian, tapi katanya lagi kosong. Kecewa dah, padahal penasaran juga.


Serabi Solo


6. Minuman

Sedangkan untuk minuman yang kami pesan:

Es Campur yaitu warna-warni potongan buah nangka, alpukat, kelapa muda, kolang-kaling, pacar cina yang disajikan dengan es serut segar, Es Lidah Buaya yang terdiri dari potongan lidah buaya yang bikin adem tenggorokan. Es Cincau Hijau dengan sensasi dingin cincau yang nyesss. Dan Jus Jeruk yang segeeer!


 Es Campur


Overall.......



Cita rasa hidangan di Dapur Solo bisa mewakili cita rasa sajian Nusantara khususnya sajian khas Solo. Penyajian yang kekinian dan pelayanan yang memuaskan membawa nilai tambah pada restoran. Sementara harga termasuk terjangkau untuk ukuran restoran di pusat perbelanjaan.

Dan karena kepo saya belum berakhir, maka saya cari info juga tentang Dapur Solo ini. Mengapa juga ada disebutkan di merk: Dapur Solo - Ny Swan - Est 1988 yaa?

Hmmm..ada apa kisah di balik namanya?

Ternyata setelah kasak-kusuk di Wikipedia saya temukan kalau  Dapur Solo didirikan pada tahun 1988 oleh Swandani Kumarga, atau yang lebih dikenal dengan Ny. Swan. Restoran ini berawal dari usaha rumahan sederhana untuk mencari pemasukan tambahan. Juga didasari kecintaan pada kuliner Solo dan Jawa yang membuat Ny. Swan ingin melestarikannya.

Ny. Swan awalnya menjadikan garasi rumahnya sebagai tempat usaha kecil-kecilan. Bermodalkan Rp100.000 dengan membuat brosur promosi yang disebarkan dari rumah ke rumah. Hingga kini Dapur Solo berkembang menjadi 10 cabang rumah makan yang menyediakan aneka kuliner khas Solo untuk makan di tempat maupun via pengantaran.

Maka....

Jika sekarang dirimu, sedang menjalankan usaha rumahan, sepertinya semangat dari pendiri Dapur Solo ini bisa jadi inspirasi dan motivasi.

Dengan ketekunan maka usaha rumahan bisa jadi sebuah usaha yang besar yang tidak hanya menguntungkan bagi diri dan keluarga tapi juga sesama.

Well, apapun ikhtiar kita, yuk tetap semangaaaat dan.... semoga tulisan ini bermanfaat!😍


AEON Mal BSD



Dapur Solo
FB: @ dapursolo
IG: @ dapursolo1988
Youtube: @ dapursolo







Happy Day

Dian Restu Agustina


Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

28 komentar untuk "Dapur Solo - Kelezatan Cita Rasa Nusantara dalam Balutan Sajian Kekinian"

  1. Aku pengin ngekek sama hestek BukanEndorse,wkwkwkwk. Sampeyan emang saking sregepe sampek selalu dikira ngedorse. Tulisannya selalu luengkuap dan detil banget. Ngalah2i sing ngendorse malahan. Btw Dapur Solo ada di AEON JGC gak ya? Kok gak salah lihat aku pas ke sana. pengin nyobak aku

    BalasHapus
  2. Pernah sekali makan di dapur solo. Emang rasanya maknyus Mbak.

    Monggo singga di www.abdulmajid.id

    BalasHapus
  3. selat solo terbaik
    tapi nasi liwet juga maknyus
    aku jadi pengen nyoba banget mbak

    BalasHapus
  4. Sekarang lebih praktis gak perlu capek-capek bikin nasi box ya, kalau ada acara gak perlu repot mikirin menu nasi box tinggal pesan dan nunggu duduk manis btw penasaran juga pengin nyicipin menu nasi box nya enak apa nada ya haha.

    BalasHapus
  5. Resep turun temurun memang punya cita rasa yang khas ya. Karena itu bisa bertahan lama. Sejak 1988 wow...

    Beda dengan masakan cepat saji yang cepat datang tapi cepat juga tenggelam alias bosan.

    BalasHapus
  6. Kayanya aku sering lihat Dapur Solo ini deh. Cuma belum pernah coba. Tempat kaya gini aku perlu banget reviewnya, soalnya asik buat ngajak orangtua yang sukanya kan citarasa lokal.

    BalasHapus
  7. Dapur solo yang di solo itu tempat resto favorit keluargaku kalau ke solo, makanannya emak2 semua sesuai lidah jawii, orang tua pasti suka. Garang asem sama tengkleng disana eunaaak teh dian

    BalasHapus
  8. Mba Dian, tau nggak aku baca ini pas banget ama jam makan siang. Alias lagi laper-lapernya. Jadi mupeng hahaha. Aku belum pernah ke dapur solo tapi pernah denger. Sesuailah ya ama lidah aku ini mah. Semoga nanti ada berkesempatakan makan-makan juga ke sana. Apalagi selat solonya menggoda

    BalasHapus
  9. Whoaa...jadi laper bangeet ini mah! Berkunjung ke sini, bertepatan dengan jam makan siang.^~^
    Saya tuh, masih penasaran dengan Selat Solo. Apakah rasanya mirip steak? Soalnya penampakannya mirip dengan steak.
    Kalau saya ke sana, kayaknya mau tengkleng, deh! Makanan kesukaan keluarga besar saya. Kalau ke Sragen atau Solo, pasti tengkleng yang jadi menu favorit kami.

    BalasHapus
  10. Wah menunya bikin kangen sama kampung halaman ni mba.. hehe.. yummy pastinya.

    BalasHapus
  11. Aku tau resto ini.. makanannya enak enak .. jawa banget.. makan di sini jadi kangen pulang kampung

    BalasHapus
  12. Nasi Langgi Kuningnya kok unik banget, menjulang tinggi. Enak-enak semua kelihatannya dan harganya terjangkau.

    BalasHapus
  13. Tengkleng itu masakan favoritku banget loh mbak, walau kadang ketemunya belum tentu sebulan sekali

    BalasHapus
  14. Asyiknya mbak dian udah jalan-jalan langsung ke dapurnya, makin keren deh ini dapur solo kesukaan banget

    BalasHapus
  15. Wow, sangat menggoda mbak menunya. Ehm,kok kayaknya agak mahal ya apa karena di mall itu? Kalau deket udah kusamperin nih,baca review sambil ngecess

    BalasHapus
  16. Wah sudah terjawab ya rasa penasaran mb Dian tentang Dapur Solo. Hmm menunya enak-enak. Tapi yg blm saya tahu nasi langgi kuning spesial. Kyk nasi kuning biasa kah mb? Suka serabi dan selat solo. Jd pngen..hihi

    BalasHapus
  17. Tulisannya mbak dian mah selalu luengkap, jadi ga nyesel mampir di sini. Aku baca ini kebetulan belum makan malem mbak, autolaper deh.

    BalasHapus
  18. Dapur Solo ini enak banget makanannya, ingat jaman ngantor dulu kalau ada acara dikantor kita selalu pesan di Dapur Solo karena tempat cateringnya dekat dengan kantorku

    BalasHapus
  19. Saya beberapa kali makan di dapur solo kalau lg ada kelebihan rejeki
    Disini tuh menunya khas nusantara banget dan menu paketnya lengkap

    BalasHapus
  20. makanannya terasa enak semua, aku jadi penasaran pengen cobain. kalau lagi maen ke rumah adek ku yang di Tangerang, mau mampir makan di sini, ahhh :)

    BalasHapus
  21. Kelihatannya enak tuh makanannya mbak. Packaging nasi kotaknya juga cakep ya, rapi dan eye catching.

    BalasHapus
  22. widih mbak ... menunya kok bikin ngiler ...
    kesukaan saya semuaaa ...

    BalasHapus
  23. Aku pernah coba nasi kuningnya dapur solo, enak menurut aku, pas di lidah rasanya.
    Jai pengen cobain menu lainnya nih.

    BalasHapus
  24. menu disini emang enak-enak pernah dibawain rawon nya dan itu enak banget, bumbunya gak pelit.

    BalasHapus
  25. Dapur Solo aku sukanya makanannya rasa masakan rumah, terus tempatnya bersih dan kalau ada acara juga wadahnya bagus, eh mereka suka loh bikin kuis di IG hehe

    BalasHapus
  26. Ahh makanan Solo memang enak enak deh. Meski cuman sekali kesana tp jatuh cinta sama kulinernya yg murmer hehe

    BalasHapus
  27. Sampai hari ini saya penasaran dengan selat solo. Pengin cicip kayak apa rasanya :D

    BalasHapus
  28. Saya malah tertarik sama dus-nya. Keren!
    Itu pesan di mana, ya?

    BalasHapus