Tips Memilih Cemilan Anak






"Happiness...... is always having the next snacks prepared!!" (kids quotes)


Cemilan adalah makanan yang biasanya paling disukai anak-anak. Enggak pagi, siang, sore, malam....kalau sudah pegang cemilan, mereka bisa-bisa lupa makan. Sebenarnya kalau masih wajar porsinya sih enggak apa-apa. Karena cemilan anak bisa membantu mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh dan mempertahankan berat badan ideal mereka. Tapi, kalau cemilan anak ini sudah over konsumsi ya pasti berdampak buruk nanti.

Belum lagi jika cemilan anak itu mengandung bahan yang bisa berpengaruh buruk pada kesehatan seperti pengawet, penyedap rasa juga pewarna buatan. Sehingga peranan orang tua diperlukan dalam penyediaan cemilan anak ini agar selain mereka bisa mendapatkan tambahan energi juga memperoleh manfaat sehatnya nanti.


Hal-hal yang Perlu Diperhatikan dalam Pemberian Cemilan Anak




Tips Memilih Cemilan Anak



Nah, beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pemberian cemilan anak diantaranya:


1. Utamakan kesehatan

Cemilan anak sebagai penunjang asupan nutrisi tentunya perlu diperhatikan kandungan gizinya. Selain itu juga kandungan serat dan kadar air yang cukup tinggi sehingga akan membantu tumbuh kembang buah hati. Tak lupa perhatikan kandungan pengawet, pewarna dan perasa sehingga takkan mengganggu sistem cerna mereka.


2. Libatkan anak dalam penyiapan

Agar anak tak menolak cemilan yang kita sajikan lebih baik libatkan mereka dalam prosesnya. Mulai dari perencanaan dengan menanyakan mereka mau ngemil apa. Sesudahnya ajak mereka untuk menyiapkan cemilan bersama. Misalnya dengan memotong apel dan pisang dan membentuknya jadi perahu bertabur keju. Juga memasak bolu kukus bayam atau kroket kentang panggang.

Dengan melibatkan mereka dalam perencanaan dan pembuatan cemilan anak ini, maka akan didapat banyak manfaat nanti. Selain akan mengasah kreativitas anak, memperkuat bonding juga membuat mereka akan menikmati cemilan yang disajikan.


3. Atur jam makan cemilan anak

Berikan cemilan anak 2-3 kali sehari, di antara waktu makan pagi, siang dan malam. Tapi, sebaiknya jangan terlalu berdekatan waktunya dengan saat makanan utama. Karena bisa membuat anak sudah merasa kenyang sehingga nafsu makannya akan berkurang.


Tips Memilih Cemilan Anak



Tips Memilih Cemilan Anak



Nah, karena pentingnya, diperlukan beberapa pertimbangan saat memilih cemilan anak agar tak hanya mengenyangkan dan menyenangkan mereka tapi juga beroleh manfaat kesehatannya. Diantaranya:


1. Siapkan cemilan dengan menyenangkan

Waktu ngemil adalah saat yang tepat untuk menambahkan makanan sehat. Apalagi saat perut sedang lapar-laparnya sementara waktu makan utama masih lama. Nah, karena lapar adalah lauk yang tak ada tandingannya, maka ini saatnya memberikan buah dan sayuran sebagai cemilan anak yang menyehatkan.

Mungkin sih sebagian anak akan menolak. Tetapi ini bisa kita siasati dengan memotongnya dengan bentuk yang lucu, memberi topping coklat atau keju, menjadikan dalam olahan kesukaan dan meneladani dengan ngemil bersama mereka. Oh ya, jangan terlalu berharap anak akan suka buah dan sayur jika orang tuanya saja tak menyukai dan tak pernah mencontohkannya. Ingat jika orang tua adalah teladan utama.


2. Sediakan menu baru

Anak mudah sekali bosan termasuk dengan cemilan. Maka untuk menyiasati sediakan selalu menu baru untuk cemilan anak ini. Selain bermanfaat untuk memperkaya jenis makanan yang dikenalnya juga untuk memberikan asupan seimbang bagi mereka. Dari sini kita juga akan tahu apa cemilan anak yang mereka suka sehingga pada saat sedang sakit atau kambuh moody-nya dan susah makan apa-apa kita bisa sediakan cemilan favoritnya.


3. Permudah - enggak usah dibikin susah!

Meski tetap memperhatikan beberapa kriteria untuk memilih cemilan anak agar banyak manfaatnya tapi enggak usah juga sampai susaaaah mikirinnya. Selang-seling saja antara cemilan yang kita inginkan untuk mereka makan dengan jajanan kesukaan. Enggak perlu terlalu saklek dengan aturan ini itu yang bakal berujung anak makan dengan terpaksa dan tertekan.

Juga jika memang tak sempat bikin sendiri, beli cemilan anak yang sudah jadi pun bisa menjadi solusi. Apalagi jika cara belinya praktis dengan harga yang ekonomis. Tentu akan membantu sekali dalam memilih cemilan anak ini. Lebih-lebih jika anak, kita ajak memilih sendiri cemilan yang diinginkan lalu kita pesan dan tunggu saja di rumah sambil selonjoran....Duh, pilihan yang benar-benar bikin anak dan emak happy ini!


Membeli Cemilan Anak di Shopee



Tips Memilih Cemilan Anak



Nah, salah satu tempat yang tepat untuk membeli cemilan anak adalah di Shopee

Tapi, mengapa juga sih memilih membeli cemilan anak di Shopee? Yuks mariiii alasannya ada di sini:


1. Shopee punya pilihan cemilan anak banyak sekaliiiii!

Cemilan anak mulai dari cookie, jelly, roti, kentang teri, kebab Turki, makaroni, mie lidi, gulali...you name it, semua ada di Shopee! Kita tinggal pilih kategori mau yang dekat saja pengirimannya, kurirnya apa, bayarnya bagaimana, masuk kategori bintang satu atau lima dan lainnya.

Pilih, pesan, bayar dan....tunggu saja di rumah sambil gogoleran!


2. Shopee no tipu-tipu

Seller di Shopee adalah pihak kedua yang menerima pembayaran kita. Sehingga jika ada kesalahan pengiriman, ketidaksesuaian atau kerusakan pada barang yang dikirimkan kita bisa mengajukan refund. Jadi enggak perlu takut tertipu penjual cemilan anak yang nakal!


3. Shopee beri cashback

Setiap hari ada program cashback di Shopee. Jumlah dan kategorinya pun bisa berganti-ganti. Tentu ini bikin belanja cemilan anak jadi makin seru!


4. Shopee gratis ongkir

(Tapi kan belanja online gede di ongkir? Nanti bisa-bisa harga cemilan anaknya berapa, ongkirnya berapa? Hmm...rugi dong yaa!)

Etdah, jangan salah, Shopee punya program gratis ongkir dengan subsidi sampai dengan 20 ribu. Meski ada syarat dan ketentuan yang berlaku. Juga tipe pengiriman pun beragam tinggal sesuaikan dengan keinginan.


5. Shopee diskonnya gilaa!

Ayo siapa yang suka dapat diskon saat belanja? Nah, belanja di Shopee ini banyak diskonnya. Bahkan untuk cemilan anak pun ada potongan harga. Tuh, sudah enggak perlu macet-macetan, berdiri dalam antrian, bayar parkir dan bensin kendaraan...tinggal duduk manis, Pastinya lebih praktis dan ekonomis!



tips memilih cemilan anak



Jadi....kalau teman-teman lagi nyari cemilan anak yang sehat juga enak, coba deh kepoin Shopee. Download saja aplikasi Shopee dan bersiaplah dengan berbagai kejutan yang menyenangkan kita saat berbelanja!


Well, selamat memilih cemilan anak di Shopee yaa dan semoga bermanfaat tipsnya...!😍



Shopee


Shopee

FB: @ShopeeID | IG: @shopee_id | Twitter: @ShopeeID 
Youtube: @SHOPEE Indonesia







*pictures by Canva


Love

Dian Restu Agustina


45 comments:

  1. Benar kalau sudah ada yang menjamin kebersihan, masa kadaluarsa, tanpa zat berbahaya dan bebas ongkir pula kenapa juga harus repot mikirin dimana beli jajan nak ya. Ke Shopee aja lebih mudah nih

    ReplyDelete
  2. Wah wah ada mie lidi juga di shopee? Hahahaaa... Mengingatkanku pada jajanan di masa kecilku dulu. Ternyata sekarang sudah go online juga ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada Mbak..semuaaa sudah online sekarang, menguntungkan baik yang beli maupun yang jual ya:)

      Delete
  3. Anaku senang camulan yg gurih2 gt, mie lidi blm pernah beli, bisa jd referensi nih

    ReplyDelete
  4. wah makasi mba Dhi sudah menuliskan artikel ini, aku jadi ada referensi untuk mencari camilan sehat nanti buat anakku :) Apalagi ada kebab itu ya, aku suka banget kebab

    ReplyDelete
  5. aku suka belanja dan jualan juga di shopee. So far puas ma shopee.

    ReplyDelete
  6. shopee panutanquedan satu satunyae-commerce yang selalu aku buka setiaphari karenabanyak sekali penawarannya mom dian.aku jugapunya toko langganan untk belibahan dan camilan organik di shopee.

    ReplyDelete
  7. Wah ternyata di Shopee jg bisa beli camilan ya? Asyik nih. Aku biasanya beli bulanan buat anak2 mbak, jd anak2 jarang jajan, tapi ambilk dr stock di rumah.
    Mau intip2 di Shopee ah kali di sana bisa lbh murah dr supermarket langganan :D

    ReplyDelete
  8. Sejak anakku kena bronkitis, aku suka bingung mau ngasi cemilan apa yang sehat karena pantangannya banyak banget. Gak kepikiran cari cemilan sehat di Shopee padahal rajin belanja di sini *yaiyalah yang dilihat make up sama baju terus*. Langsung cus hunting cemilan sehat di Shopee habis ini.

    ReplyDelete
  9. Pengen juga beli camilan anak di shopee, sejauh ini cuma beli fashion aja di shopee mbak... Hehehe

    ReplyDelete
  10. Good cemilan anak mulai bisa diajak kerjasama untuk memilih yang bergizi melalui edukasi dan diskusi yesss

    ReplyDelete
  11. Aduuhh, lihat roti maryam aku kok langsun ngiler-ngiler ya?
    Anyway, dari sekian banyak marketplace, yang aku simpen di hape juga cuman shopee. Enggak tahu kenapa, suka aja sama aplikasi yang satu ini. Minimal banget buat ngecek harga, hahaha

    ReplyDelete
  12. Cemilan sehat adalah pilihan utama. Kadan g2 boleh laah, coba yang sedikit tidak sehat, supaya anak-anak tahu bedanya. Dari rasa biasanya makanan yang full msg rasanya agak aneh, berbeda dengan masalah rumah yang pakai bumbu alami. Lama-lama lidah anak seperti punya alarm dan bisa membedakan mana camilan sehat mana yang tipu-tipu, eh maksudnya pakai bumbu tidak alami...

    Btw ... saya shopee seller, loh hehe jadi pasti, lah belanja-belanja asik lewat shopee. Nggak cuma free ongkir, tapi jaminan uang kembali jika kita tidak terima barang atau dikirim barang yang salah. Pembeli bisa klaim membatalkan pesanan.

    ReplyDelete
  13. sekarang jaman online mau beli apa aja tinggal klik hehe, tapi aku belom pernah beli makanan lewat shopee. aman ya Mom? aku jarang beli online kalo snack, takut sampe rumah remuk. tapi pengen cobain sesekali beli snack di shopee👍

    ReplyDelete
  14. Baru kepikiran beli camilan pakai shopee wah bisa di coba nih, enak sering ada promo, deskripsi produk secara detail dan bebas ongkir pula, hehehhe... Makasi mbak tipsnya.

    ReplyDelete
  15. So far, belanja di shopee belum pernah ngecewain. Ditambah lagi, kalau beli camilan frozen via online kayak gini, packagingnya safety pisan, hihii. Dan, PR banget nih mba buat cari camilan yg emang dijamin sehat gini mba, secara aku juga malesan. Makanya, dengan adanya online kayak gini merasa terbantu banget. Meski, harganya lumayan mobil, tapi worth it banget hahaha. Malah jadi tjurhat akuuuh wkwkwkwk

    ReplyDelete
  16. Asik nih, pilah pilis cemilan sekarang bisa dengan ujung jari aja. Duduk manis deh dirumah nungguin si cemilan datang sendiri hehehe

    Urusan milih cemilan bocah memang harus hati-hati. Pilih yang sehat dan aman

    ReplyDelete
  17. Aplikasi shopee memang kesayangan saya banget. Segala jenis camilan bahkan buah langka semacam manisan ceremai saja bisa saya dapatkan di shopee. Bahkan saya hobi beli asinan dan durian kupas di shopee. Bukan cuma itu. Kalau sedang malas ke supermarket, saya beli snack pun di shopee. Kesayangan banget ini aplikasi, soalnya aplikasinya ringan dan tracking pesanan pun mudah.

    ReplyDelete
  18. Kalau beli di Shopee suka ada camilan lucu-lucu yang menarik buat dibeli. Lagipula buat saya yang kadang-kadang suka mager, memang enakan beli secara online

    ReplyDelete
  19. Bahkan untuk beli cemilan pun, sekarang bisa via online, ya, Mbak. Praktis bangeet!

    Kalau urusan belanja di Shopee, anak sulung saya yang sering belanja keperluannya di sana. Dia senang karena free ongkir, dan ada cashback-nya

    ReplyDelete

  20. Belum pernah pesan camilan di Shopee, meski kadang naksir dengan beragam aneka camilan, Saya belum punya gawai yang menunjang untuk beli sesuatu secara daring.
    Foto-foto yang dipajang bikin ngiler saja. Roti maryam dan kebab bikin penasaran.

    ReplyDelete
  21. Lengkap juga ya si Shopee ini, kirain jadi lebih mudah sekarang kalau belanja tanpa harus keluar rumah. Aku selama ini kalau Shopee biasanya mainan dan beberapa Skincare.

    ReplyDelete
  22. Wah shopee ini marketplace kesukaan ku banget mbak. Semu ada di shopee, bahagia sekali rasany belanja di sana.

    ReplyDelete
  23. Saya jarang sekali belanja online. Pas belanja online kebetulan pakainya shopee, jadi di HP ada aplikasinya. Tapi belum pernah ceki-ceki makanan anak-anak. Wah, beneran semua ada di shopee nih.

    ReplyDelete
  24. Kasih tau anak saya aaah, kalau snack bisa dibeli di Shopee. Dia mah shopee banget. Ya jual ya beli. Biar bisa milih snack untuk Bara. Suka kebingungan snack habis, trus pamit ke toko terdekat. Hehe...

    ReplyDelete
  25. Bener bngt nih ya biasanya klo cemilan aku kadang bust sendiri nah klo d shopee anakku yg milih

    ReplyDelete
  26. Aku tuh termasuk sering banget belanja di Shopee. Bahkan download aplikasinya. Soalnya barang-barangnya murah2. Hihi. Nah kalau memilih cemilan anak, biasanya aku beli yang nggak banyakk mengandung gula :)

    ReplyDelete
  27. Wuaaa anakku paling demen ngemil mba. Meski udah makan berat, tetep aja kalo nggak ngemil nggak afdol. Hihihi.. besok-besok bisa blanja onlen aja di Shopee ahh..

    ReplyDelete
  28. Kalau saya sih, milih cemilan buat anak yang paling penting adalah nilai gizi nya. Baru tahu juga, kalau Shopee punya banyak jualan cemilan anak

    ReplyDelete
  29. Memilih cemilan anak, memang butuh kreatifitas ya Mb Dian.
    Setuju banget, libatkan anak saat memilih menu cemilan.
    Soalnya ... kalo enggak dimakan, bisa2 Emaknya yg makan, dan tambah gendutlah Emak ini. Hihihi

    ReplyDelete
  30. Selama ini saya pikir belanja di Shopee untuk pakaian dan atribut pernak pernik fashion saja. Ternyata camilan anak pun sudah banyak dan terjamin ya...

    ReplyDelete
  31. sampai saat ini suka bingung cari cemilan yang sehat tanpa pemanis buatan..soalnya anak gampang batuk

    ReplyDelete
  32. Shopee tempat favorit aku belanja juga nih, mbak. Soalnya banyak voucher gratis ongkirnya. Hihi. Kapan-kapan coba beli cemilan di sana ah

    ReplyDelete
  33. Eh ada kebab juga, bisa pesan online, biasanya sering membeli kebab offfline dan mesti jalan sendiri. Shopee keren!

    ReplyDelete
  34. Shopee memang banyak jual makanan buah bocah. Kadang saya juga disana. Enak pesennya dan cepat. Jadi nyemilnya juga enak.

    ReplyDelete
  35. Mba Dian makasih yaa udah sharing tentang tips memilih cemilan buat anak, anak anaku lebih suka ngemil daripada makan besar soalnya. Hehe yang penting dijaga kandungan gizinya ya. Aku juga suka beli cemilan bayi di shoppee loh, praktis dan trusted. Banyak diskon pula! Hihi

    ReplyDelete