Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hadiah Tidak Harus Mewah yang Penting Berkah

Hadiah Tidak Harus Mewah yang Penting Berkah 

"Hadiah adalah lambang kemuliaan dan penghargaan yang diberikan sebagai tanda cinta dan ketulusan. Saling memberikan hadiah semestinya dibiasakan, sebagaimana Rasulullah bersabda: “Hendaklah kalian saling memberi hadiah, agar kalian saling mencintai.” (HR Bukhari) 
 
hadiah tak harus mewah


Minggu depan suami saya merayakan hari kelahiran. Saya dan suami sama-sama bukan tipe yang merayakan hari ulang tahun ini secara besar-besaran. Paling banter, hanya beli kue ultah seadanya dan dimakan sekeluarga. Atau pergi makan kemana gitu barengan anak-anak dan yang ultah boleh pilih tempatnya. Pokoknya enggak pernah ada acara apa-apa termasuk untuk anak-anak saya, karena yang utama adalah rasa syukurnya.

Nah, meski bukan barang mewah kami membiasakan memberi hadiah buat yang ultah. Untuk anak-anak, biasa saya tanya maunya beli apa. Jika sesuai bujet dan memang sesuai dengan usianya, ya itu hadiahnya. Begitu juga saya dan suami, saling memberi hadiah dan tak hanya saat ultah.

Well, memang pembiasaan saling memberi hadiah bagi pasutri ini penting sekali. Karena bisa menjadi sarana perwujudan rasa saling menghargai, menyayangi dan mencintai, yang akan menambah keharmonisan hubungan. Nah, hadiah itu sendiri tak harus mewah, tetapi berkah, artinya bisa membawa kebaikan yang berkesinambungan bagi pasangan. 

Lalu, hal-hal apa yang perlu dipertimbangkan saat memilih hadiah? 

Hadiah yang Mempertebal Keimanan 
Al Quran, perlengkapan ibadah seperti mukena, sarung, sajadah, atau kelas-kelas Islami, adalah hadiah yang bisa mempertebal keimanan yang nantinya akan menguatkan keharmonisan. 

Berikan Apa yang Dibutuhkan 
Kalau istri ingin menambah penghasilan dengan berjualan camilan, sebuah mikser baru untuk menggantikan mikser lamanya yang sudah tua, adalah pilihan yang tepat. 
Jika suami sedang tertarik bertanam sayuran di halaman, perlengkapan berkebun dan bibit tanaman, pasti akan bermanfaat baginya dan keluarga, karena hasil panennya nanti bisa menjadi sumber bahan pangan rumah tangga. 

Hadiahi Sesuai Hobi 
Untuk suami yang hobi sepak bola, jersey tim kesayangannya akan membuatnya lebih bersemangat olahraga, sehingga kesehatannya tetap terjaga. 
Istri yang punya kegemaran menyulam, bisa dihadiahi kotak penyimpanan jarum, benang, dan peralatan untuk menyulam, agar mudah untuk mencari dan membawanya kemana-mana. 

Sesuaikan dengan Kejadian 
Istri yang sebelum pandemi ikut pelatihan membuat perhiasan saat acara arisan ibu-ibu lingkungan, pasti bersuka cita jika suami membelikan bahan dan peralatan yang dibutuhkan. 
Suami yang baru kehilangan peralatan obeng/tang, bisa dihadiahi sebuah kotak penyimpanan alat-alat pertukangan. 

Berikan Apa yang Diinginkan 
Sewaktu melihat istri berlama-lama memandangi iklan jilbab instan sekalian masker yang praktis untuk dikenakan, bisa memberi inspirasi bagi suami untuk menghadiahi. 
Beberapa kali suami bilang menginginkan ransel baru, untuk kemudahan menyimpan dompet, kunci, ponsel, masker, hand sanitizer dan printilan ini itu, kejutan dari istri berupa backpack seperti yang ia inginkan, tentu akan membuatnya girang. 

Hadiahkan Pengalaman yang Berkesan 
Hadiah bukan hanya barang, pengalaman bisa menjadi pilihan untuk hadiah yang berkesan. 
Daftarkan istri untuk mengikuti kelas/pelatihan, misalnya kelas inspirasi hijab dan kecantikan, memasak camilan, memotret secara kekinian...atau kelas lainnya yang kini banyak ditawarkan.
Sedangkan untuk suami yang suka dengan bidang informasi dan teknologi, mengikuti pelatihan desain grafis atau pemrograman bisa jadi pilihan. 

Hadiah untuk Menambah Kemesraan 
Berduaan pergi dengan pasangan untuk makan ke restoran, mengunjungi pameran, staycation berduaan atau liburan akan mempererat ikatan pasutri, dan mengisi ulang baterai cinta agar tetap menyala. Tapi, karena pandemi lagi menyelimuti bumi, bisa saja diganti lingerie sexy yang bisa bikin happy baik istri maupun suami sendiri.😁

Sederhana tapi Bermakna 
Tak perlu keluar biaya, petik saja bunga dari halaman, taruh di vas lalu bikin dua cangkir teh hangat untuk teman bercengkerama. Juga, memanggil istri dengan panggilan kesayangan, yang lama tak digunakan merupakan hadiah yang berkah tanpa perlu keluar rupiah. 
Sedangkan untuk istri, memakai wewangian kesukaan suami, baju yang disenangi atau memasak makanan favoritnya juga merupakan hadiah indah untuk suaminya tercinta. 

See, hadiah tidak harus mewah, yang penting berkah.
Hm, enaknya kasih hadiah apa untuk suami saya ya? 
Dirimu ada ide enggak?😀


Be Happy - Be Bright - Be You

signature-fonts
Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

1 komentar untuk "Hadiah Tidak Harus Mewah yang Penting Berkah"

  1. yup... tidak harus mewah, yang penting berkah dan juga disukai ..

    tapi kalau bisa, hadiahi PS 5 aja, pasti suka :D

    -traveler paruh waktu

    BalasHapus