Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kado Hari Ibu

Kado Hari Ibu saya kali ini judulnya cuti. Pagi diawali dengan dua ucapan, tulisan tangan dari dua kesayangan. Lalu ada pesan singkat jelas padat dari pasangan dunia akhirat. Lanjut ikut Nova City Tour with Trans Jakarta. Persembahan Tabloid Nova - Sahabat Wanita Inspirasi Keluarga, untuk pembaca setianya. Para Ibu yang istimewa, sehari bergembira bersama dengan tanpa dipungut biaya.

Berawal saat dua hari yang lalu ditelpon Nova, ditawari untuk ikutan. Dan, karena anak-anak dah kelar ujian, jadi "cuti " bisa diajukan.




Acaranya seru! Kumpul di base camp Nova di Kompas Gramedia, Kebon Jeruk. Lalu naik bis Trans Jakarta Pink - khusus untuk wanita, turun di halte Balai Kota. Trip pertama ke Museum Nasional (Museum Gajah). Museumnya bagus/modern, murah tiketnya(5 ribu Rupiah saja) dan lengkap koleksinya. Bisa jadi referensi untuk liburan keluarga di Jakarta. 

Bangunan yang dikunjungi adalah bangunan baru. Bangunan lama mulai Januari 2017 akan ditutup sementara karena ada revitalisasi. Karena sudah ada yang mulai libur sekolah. Jadi, museum ini ramai pengunjung kemarin. Ada juga rombongan wisatawan mancanegara yang ingin menikmati koleksi sejarah bangsa ini.

Ada empat lantai ruang pamer yang kami kunjungi. Mulai dari lantai 1 yang memperlihatkan sejarah manusia purba yang ditemukan di Indonesia. Replika manusia purba, gua tempat tinggalnya, dan replika makamnya. Juga ada urutan penemuannya. Di lantai yang sama juga ada atrium tempat diadakannya latihan menari setiap hari Sabtu Pagi juga ada pertunjukan cara membatik setiap hari. 

Di lantai dua dan tiga ada berbagai prasasti atau replikanya. Seperti Prasasti dari Kerajaan Kutai, Kerajaan Tarumanegara, Prasasti Batu Besar, Nekara alat pemanggil hujan dari NTT dan senapan panjang peninggalan Perang Padri. Di lantai empat ada regalia/ peninggalan turun temurun kerajaan di Indonesia. Jam buka Museum Selasa-Minggu. Untuk Selasa-Jumat buka dari 08.00-16.00. Sedangkan Sabtu-Minggu 08.00-17.00. Setiap Senin dan hari besar nasional tutup. 

Selanjutnya kami belajar membuat bunga dari kain perca untuk aksesoris - bros, bando, kalung - dengan memanfaatkan limbah di sekitar kita. Tutorial disampaikan oleh Ibu Ratnawati Sutedjo, yang punya pelatihan dan menciptakan lapangan kerja untuk penyandang disabilitas. Beliau adalah pemilik dan pendiri yayasan Precious One. Cantik sekali hiasan bunga yang dibuat sendiri. Bisa menginspirasi ibu-ibu untuk mendaur ulang limbah kain, mengisi waktu luang bahkan bisa jadi peluang untuk mendulang uang.

Setelah rehat untuk Ishoma, acara disambung tur keliling kota Jakarta. Naik bis tingkat gratis  City Tour, milik pemprov DKI Jakarta, dari depan Museum Nasional. Tujuannya Museum Fatahillah (Museum Sejarah Jakarta) di Kota Tua. Bisnya keren dan ada guide yang komplit ceritanya! Jadi tau deh sejarah Jakarta!Yeaay! Seperti, kenapa dinamakan Glodok, ternyata dulu daerah tersebut adalah Gelodog/teras/pintu masuk kerajaan Sunda Kelapa. 

Lalu kawasan Harmoni, diambil dari nama Harmoni, sebuah tempat hiburan khusus untuk kaum kaya Hindia Belanda. Dimana di halamannya ada tulisan "Dilarang masuk untuk pribumi dan anjing". Ada juga cerita tentang Menara BTN yang disebut Pos Jaga Monyet. Karena kawasan itu dulu adalah hutan belantara yang banyak monyetnya sehingga harus dijaga. 

Ada lagi cerita tentang sungai yang memanjang dari Juanda ke Glodok. Yang sebenarnya adalah kanal, sepanjang 3 km dan lebar asal 15 m. Sekarang sebagian sudah diurug dan berubah fungsi jadi jalan, jadi lebarnya tinggal 5 m saja. (Pantesan, jadi banjir Jakarta ya - salah satu sebabnya mungkin ini) . Lalu Gedung Arsip, dulunya adalah Rumah Dinas Gubernur VOC. Dan, masih banyak cerita menarik lainnya.

Museum Fatahillah menyimpan cerita/benda bersejarah kota Jakarta. Ada bekas penjara bawah tanah untuk tahanan pria dan wanita, pedang pancung, meja kursi untuk rapat kaum pejabat Hindia Belanda, prasasti dan lain-lain, peninggalan dari jaman Fatahillah sampai masa penjajahan Belanda. Jam buka Selasa - Kamis 08.30 - 14.30 Jumat 08.30- 11.30 Sabtu 08.30-13.10 Minggu 08.30-14.30 Senin dan hari besar nasional tutup.

Akhirnya perjalanan berujung dengan kembali ke base camp Nova. Lalu, pulang ke rumah dengan tentengan hadiah.(Thanks😍)

Hari Ibuku yang haru biru. Terima kasih untuk semua ucapan indahnya.
Selamat Hari Ibu untuk semua.
Semoga kita semua bisa jadi Ibu yang lebih baik lagi untuk keluarga, dan lebih bermanfaat bagi sesama.
Aamiin

Ucapan dari kesayangan


Nova City Tour
Di depan Museum Nasional


Nova City Tour



Bis Tingkat City Tour Jakarta...keren!


Bertemu teman baru....


Ibu Ratnawati Sutedjo




Meja bundar dari 1 lingkaran pohon jati. Diameter 2,5 m


Rombongan NOVA City Tour with Trans Jakarta


Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

Posting Komentar untuk "Kado Hari Ibu"