Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makna Ulang Tahun, Bertumbuh Dewasa atau Hanya Bertambah Tua?

Kemarin, WhatsApp Group (WAG) Orang Tua Murid di kelas kedua anak saya mengabarkan hal yang sama. Ada postingan menu makan siang beserta ucapan selamat merayakan hari kelahiran salah satu siswanya. 

Si Mas yang kelas XII SMA, temannya berulang tahun yang ke-18 tahun dan membagikan satu set menu bento ke teman-temannya. Sementara, di kelas si Adik yang kelas VIII SMP, ada temannya yang merayakan ultah ke-14 dan memberikan satu paket menu burger ke seluruh siswa di kelasnya.

Membaca info dan melihat foto di grup WA, saya di rumah be like: kenapa juga enggak diumumkan dari kemarin ya, kan lumayan paginya saya enggak ribet nyiapin bekal sekolah hari itu huhuhu😆. 

Well, duluuuu, saat anak-anak masih kecil (baca TK atau SD), sering banget ada yang ngerayain ultah seperti ini. Kadang anak saya diundang ke rumah atau ke restoran fast food ternama atau ultah dirayakan dengan sederhana dengan bawa makanan ke sekolah untuk teman-temannya.

Apapun, memperingati hari kelahiran biasanya menjadi salah satu momen yang dianggap penting dan dijadikan momentum untuk mengenang sejarah awal kita menghirup udara di dunia.

Ya, setiap orang bertambah tua, tapi tidak semua bertumbuh dewasa. Kalau kamu yang mana? Setiap tahun kamu mungkin merayakan hari kelahiranmu. Namun, apakah kamu mengetahui makna ulang tahunmu? Atau kamu hanya sekedar merayakan lalu menjalani kehidupan seperti biasa dan begitu terus setiap tahunnya?

Makna Ulang Tahun, Bertumbuh Dewasa atau Hanya Bertambah Tua?

Makna Ulang Tahun


Well, pada hakikatnya, perayaan ulang tahun adalah seremonial untuk memberikan tanda atas pertambahan angka usia kita. Tapi, hal ini bukan berarti tidak memiliki makna sama sekali. Nah, di antara makna peringatan ulang tahun ini, adalah:

Pertama, bersyukur kepada Allah SWT karena masih diberi nafas hingga saat perayaan ulang tahun kita. Setiap orang yang melalui momentum ulang tahun mestinya bersyukur atas nikmatnya hidup yang masih dipercayakan Yang Maha Kuasa kepadanya. Sebab, usia manusia tidak ada yang tahu kecuali Sang Pemilik diri ini. Banyak yang meninggal di usia yang masih sangat muda dan ada pula yang berpulang di usia yang sudah cukup tua.

Kedua, membandingkan diri saat ini dengan yang sebelumnya. Momentum ulang tahun dapat dijadikan sebagai media untuk membandingkan pencapaian apa yang sudah kita raih dan yang belum. Dari sini kita bisa tahu, apakah setahun belakangan kita sudah memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya atau hanya gitu-gitu saja!

Ketiga, momen ulang tahun merupakan momentum yang sangat tepat bagi kita untuk melakukan evaluasi atas perjalanan hidup yang telah kita lalui. Saat untuk mengukur diri apakah di usia yang sedang dirayakan ini, telah banyak memberikan manfaat, mengingat hakikat manusia diutus ke muka bumi adalah untuk memberikan sebanyak-banyaknya manfaat untuk orang lain (khairunnas anfa'uhum linnas).

Keempat, menentukan skala prioritas. Momentum ulang tahun adalah waktu yang tepat untuk menyiapkan skala prioritas yang akan diraih selama satu tahun ke depan dengan membuat road map kehidupan. Agar kita lebih terarah karena sudah menyediakan jalannya, ini bagai rel kereta yang akan mengawal lokomotif rencana kita.

Kelima, momentum ulang tahun tak perlu dirayakan secara belebihan. Hal yang paling penting adalah memperbanyak intropeksi diri. Jadikan peringatan ultah ini sebagai momentum perubahan untuk kehidupan yang lebih berkah. Juga buat sebagai neraca perjalanan kehidupan dan menjadi bahan renungan untuk menata kehidupan yang lebih baik ke depan.
 
JNE Bangkit Bersama

JNE 32 Tahun Kobarkan Semangat Bangkit Bersama


Nah, bicara tentang ulang tahun, dalam momen Peringatan Ulang Tahun Ke-32, JNE menguatkan komitmennya sebagai perusahaan ekspres dan logistik nasional yang berkontribusi secara nyata terhadap kemajuan perekonomian bangsa serta negara.

Diwujudkan dalam berbagai langkah bisnis sesuai dengan tagline “Connecting happiness”, JNE yang didirikan sejak 32 tahun silam, pada 26 November 1990, oleh Alm. H. Soeprapto Soeparno, menguatkan tekad untuk memberikan manfaat seluas-luasnya bagi bangsa dan negara.

Oia, dalam momen Peringatan Ulang Tahun Ke-32 tahun ini, JNE mengusung tema ”Bangkit Bersama” yang memiliki makna Progress, Pertumbuhan, Pergerakan dan Perjalanan. 

Seperti yang disampaikan oleh M. Feriadi Soeprapto, Presiden Direktur JNE, 

“Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena selama 3 dekade lebih JNE menjadi bagian dari ekosistem dunia usaha dan berperan penting dalam perekonomian nasional. Semoga dengan bertambahnya usia yang ke-32, JNE dapat mewujudkan visi sebagai Perusahaan Logistik Terdepan di Negeri Sendiri yang Berdaya Saing Global sesuai dengan tema HUT JNE 'Bangkit Bersama' yang memiliki makna untuk menggelorakan dan menebarkan energi positif dan optimisme untuk Indonesia. Serta mengajak masyarakat, pelanggan, mitra dan stakeholder untuk terus maju dan adaptif dalam berkarya, berinovasi dalam beragam program kolaborasi agar memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara”.

Memang, dalam memaknai dan merayakan perjalanan lebih dari 3 dekade ini, JNE melalui proses perjalanannya yang terus bergerak, bermula dari kelompok kecil dan kini telah berkembang menjadi lebih 50.000 orang Ksatria dan Srikandi (Karyawan)

Mereka terdiri dari berbagai suku serta bahasa serta didukung lebih dari 8.000 jaringan yang terus bertumbuh dan memberikan manfaat terbaik demi terciptanya Indonesia Bangkit. Dengan tujuan agar dapat bersama-sama dapat terus bergerak bersama UMKM, Pelanggan dan Mitra demi siap menghadapi tantangan dan Bangkit Bersama dalam perjalanan untuk mengantarkan kebahagiaan.

JNE 32 Tahun Kobarkan Semangat Bangkit Bersama

Acara Puncak HUT JNE ke-32


Nah, acara puncak HUT JNE ke-32 dilaksanakan secara hybrid di Taman Yatim Piatu Tunanetra (Yatuna) Soeprapto Soeparno, Jalan Pusdiklat Depnaker, Jakarta Timur, pada Minggu 27 November 2022 pukul 09.00 WIB – selesai. 

Acara dibuka dengan do’a bersama yang di pimpin oleh Syekh Muhammad Jaber dengan dihadiri Manajemen JNE, mitra serta karyawan, dengan tetap mematuhi pelaksanaan protokol kesehatan.

Oia, sebelum acara puncak HUT JNE ke-32, ada serangkaian program yang dibuat untuk menyambut puncak HUT JNE ini. Seperti shopping bareng yatim dan dhuafa dari 20 yayasan yatim piatu yang ada di Jabodetabek yang dilakukan juga di cabang JNE sesuai dengan filosofi Berbagi, Memberi, dan Menyantuni. 

Selain itu ada kegiatan lomba foto, lomba video, khataman pembacaan Al-Qur’an, acara tasyakuran dan potong tumpeng, juga ziarah ke makam pendiri JNE Alm. H. Soeprapto Soeparno. Kemudian ada beragam kuis dan giveaway untuk seluruh masyarakat, yang dapat diikuti di sosial media JNE seperti Games Si Joni, dan giveaway produk lokal bersama UMKM unggulan.

Enggak hanya itu, member JNE Loyalty Card (JLC) pada periode 21 - 30 November 2022 juga dapat menukarkan sebanyak 32 poin menjadi e - voucher ongkir Rp. 32.000, serta ada promo diskon ongkos kirim sebesar 32% pada 26 - 27 November 2022 untuk kiriman service Regular ke seluruh tujuan di Indonesia. 

Selain program promo ongkos kirim ini, JNE juga berkolaborasi dengan Tab Space asal Bandung, yaitu studio komunitas seniman disabilitas untuk mendesain merchandise khusus HUT JNE ke 32 tahun. Kolaborasi tersebut merupakan bentuk kepedulian JNE dalam memberikan dukungan agar seniman disabilitas memiliki ruang berkarya dan Bangkit Bersama untuk menunjukkan kemampuan karya-karya terbaik mereka sehingga dapat dikenal oleh masyarakat.

Oia, gelaran acara puncak HUT JNE ke-32, disaksikan juga oleh seluruh karyawan Nasional melalui Channel Youtube JNE. Selain itu agar lebih meluas terbagi informasinya, digital army dari karyawan JNE dari beberapa cabang juga didatangkan untuk melakukan liputan acara di sosial media mereka. 

Acara berlangsung meriah dan lancar jaya, dipandu oleh MC Rico Ceper dan Bella Aprilia Sant, serta diikuti lebih dari 50.000 Ksatria dan Srikandi JNE yang ada di seluruh Indonesia. 

Tak lupa di kesempatan ini, JNE membagikan doorprize dan grandprize sebagai apresiasi kepada karyawan, berupa berupa puluhan sepeda motor dan hadiah utama berupa 2 unit rumah untuk karyawan yang beruntung, serta ribuan hadiah menarik lainnya! Enggak itu saja, dilakukan juga pemilihan karyawan terbaik dari pusat dan cabang. 

Sebagai hiburan, puncak gelaran acara ini juga menampilkan bintang tamu Kangen Band yang terkenal dengan lagu Pujaan Hati, Terbang Bersamaku, Cinta Yang Sempurna dan lainnya. Wah, pasti seru acaranya! Pantengin deh keseruan dan info menarik lainnya di media internal JNE https://jnewsonline.com/

Baiklah, Selamat Ulang Tahun ke-32 JNE, semoga makin banyak memberikan manfaat seluas-luasnya bagi bangsa dan negara!💖


Salam Semangat

Dian Restu Agustina







Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

16 komentar untuk "Makna Ulang Tahun, Bertumbuh Dewasa atau Hanya Bertambah Tua?"

  1. Dulu zaman sekolah aku juga sering rayain ultah tapi hanya dengan traktir temen Deket aja. Yg lainnya ga 😂. Pas udah gedean, udh kerja, baru udah mulai males mba, Krn mikirnya udh ke umur yg semakin tua dan berkurang 🤭. Tapi kalo temen kantor selalu aja bisa dpt tgl ultah temen2 sekantor, Krn ngecek dari database staff biasanya. Jadi mau ga mau ttp aja harus traktir secabang 🤣🤣

    Kalo anak2ku lebih suka rayain bareng keluarga sih, cuma kami2 aja, trus makan di restoran pilihan mereka. Mungkin pada dasarnya mereka ga suka rame2 juga, pada suka malu2 kalo dirayain bareng temen2nya.

    Ya ampuuun itu JNE grand prizenya kereeen banget, sampe ksh rumah 😍😍😍🎉. Luar biasa memang perusahaan 1 ini 👍. Ga salah aku masih setia pakai jasa pengiriman jne

    BalasHapus
  2. Jadi tua itu pasti
    Jadi dewasa itu pilihan 😂
    Relatable bgt dgn quote ala.iklan rokok ini dah.

    Btw, JNE emang keren maksimal 😍

    BalasHapus
  3. Setuju banget, mba. Makna ulang tahun bisa menjadi titik untuk mengevaluasi diri, lebih baik dari diri sendiri di usia sebelumnya, dewasa dan banyak bersyukur.

    Btw, program-program HUT JNE ke-32 keren banget, semoga JNE selalu mengudara dan makin banyak memberikan kemudahan untuk kebutuhan masyarakat di era digital saat ini, aamiin.

    BalasHapus
  4. Kondisi perekonomiannya keluarga yang tidak memungkinkan saya belum pernah merayakan ulang tahun. Tapi setelah berumah tangga, pingin juga menyenangkan anak. Tapi seperti JNE, fokusnya berbagi dan bersyukur. Jadi bukan sekadar pesta pesta gitu aja

    BalasHapus
  5. Wow ternyata umurnya JNE sebelas duabelas sama aku ya, selama itu JNE berkarya untuk memudahkan penduduk Indonesia dalam urusan pengantaran paket dari Sabang sampai Merauke.

    Ngomongin Kangen Band jadi nyanyi deh lagu jadulnya yang masih asyik didengarkan. Anyway selamat ulang tahun JNE, semakin jaya!

    BalasHapus
  6. Menarik mbak
    Aku jadi ikutan mikir makna ulang tahun
    Pastinya emang umur jadi tambah tua ya mbak
    Harusnya sih bisa jadi tambah dewasa
    Seperti JNE yang makin baik kualitasnya di setiap pertambahan umurnya

    BalasHapus
  7. Kebetulan sebentar lagi putri aku ulang tahun yang pertama nih mba Dian..jadi belajar tentang makna ulang tahun di postingan ini.

    Ternyata JNE sudah 32 tahun ya, aku kira jasa pengirim paket andalanku ini termasuk newbie hihihi. Sukses terylus buat JNE

    BalasHapus
  8. Hebat juga ya program CSR JNE apalagi semangat menebar manfaat hingga di 32 tahun perjalananannya. Hebat

    BalasHapus
  9. JNE tuh emang bisa banget diadelin soal pengiriman barang. Semoga tetap bisa berkembag lgi ngebantu masyarakat indonsia menyalurkan apa yang mereka butuhkan

    BalasHapus
  10. Dalem nih mba maknanya ulang tahun. Tapi kalau untuk JNE kayaknya semakin berumur semakin oke pelayannya

    BalasHapus
  11. Salut dengan program-program JNE ini. Banyak sekali program kemanusiannya. Ulangtahunnya pun dirayakan bersama yayasan yatim tunanetra. Gak nyangka ternyata usia JNE sudah 32 tahun ya. Semoga terus bertumbuh dan berkembang ya JNE.

    BalasHapus
  12. JNE seumuran ternyata.. wajar ya terlihat semakin matang dan kuat. Semoga semakin berkembang

    BalasHapus
  13. ulang tahun bisa jadi moment untuk menilik diri sendiri ya mbak, tentang langkah yang dijalani dan harapan di kemudian hari

    BalasHapus
  14. ulang tahun kalau untuk saya biasanya menjadi momen di mana kita melakukan introspeksi diri apakah sudah menjadi pribadi yang lebih baik dibanding usia sebelumnya.

    BalasHapus
  15. Masya Allah..

    Tau-tau udah 32 tahun aja nih JNE. Keren nih bisa bertahan selama itu.

    BalasHapus
  16. Wah udah tua ya Jne 32 tahun loh. Tapi tenarnya baru 5 tahun terkahir ini aku mendengarnya. Ternyata sudah selama itu berkomitmen mengantarkan paket customer dengan selamat

    BalasHapus