Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Isi Galon Mudah Dipalsukan, Waspadai Bahayanya Bagi Kesehatan

Isi galon mudah dipalsukan! Duh, ngeriii, mesti lebih waspada kalau beli air galon nanti! Apalagi sebagai ibu yang memegang koentji kesehatan keluarga. Jangan sampai gara-gara salah beli, bukannya manfaat galon asli yang didapat, tapi galon palsu yang airnya bikin nggak sehat.

Mirisnya lagi, kasus galon palsu nggak sekali ini terjadi. Menurut catatan Kepolisian, kasus pemalsuan atau pengoplosan galon ulang pakai, nyaris ditemukan setiap tahun. Pada 2011, kasus seperti ini ditemukan di Bantul, lalu menyusul di Kota Depok (2016), Tangerang Selatan (2017), Pandeglang (2018), Magetan (2020), dan Cilegon (2022).

Nggak heran pelaku terus mencari cela sehingga ada kejahatan serupa. Mengingat permintaan air mineral kemasan di pasaran memang tinggi. Inilah yang dimanfaatkan oleh segelintir oknum yang melakukan tindak pemalsuan demi mendapatkan keuntungan pribadi.

Padahal ya, air mineral yang diproses tidak sesuai dengan standar yang ada dapat membahayakan bagi kesehatan kita. Pasalnya, ada beberapa tahapan yang diperlukan agar air mineral kemasan memenuhi SNI (Standar Nasional Indonesia), yakni: diambil dari sumber mata air yang sesuai ketentuan Undang-Undang, tahapan penyaringan, tahapan desinfeksi, proses pembersihan kemasan, pengisian air mineral dan penutupan kemasan.

Nah, jika salah satu proses ini terlewati maka kondisi air mineral akan berbahaya untuk dikonsumsi. Karenanya, perlu kehati-hatian kita saat membeli galon, mengingat isi galon mudah dipalsukan!

Isi Galon Mudah Dipalsukan, Waspadai Bahayanya Bagi Kesehatan

Hati-Hati dengan Galon Palsu, Agar Terjaga Kesehatanmu


Well, air adalah hal penting bagi manusia karena berperan dalam memenuhi kebutuhan cairan tubuh kita. Ya, sekitar ¾ tubuh manusia terdiri dari air yang dapat ditemukan pada banyak organ tubuh seperti otot, jantung, tulang, ginjal, paru-paru, dan lainnya.

Konsumsi air minum, secara umum disarankan sebanyak dua liter per hari. Jika kurang minum maka fungsi beberapa organ tubuh dapat terganggu dan membahayakan kesehatan tubuh. Mengingat pentingnya fungsi air bagi tubuh manusia, dari pelarut zat gizi hingga cegah konstipasi!

Nah, fungsi air bagi tubuh manusia di antaranya:

1. Membawa Oksigen ke Seluruh Jaringan Tubuh

Air berfungsi membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Jika kekurangan asupan cairan, maka proses transfer oksigen bisa terhambat. Itulah sebabnya, kita bisa mengalami pusing kepala ketika dehidrasi.

2. Pelarut Zat Gizi

Air juga berfungsi sebagai pelarut zat gizi dan membawanya ke seluruh bagian tubuh. Technically, zat gizi ini akan dibawa darah, di mana hampir 80 persen komponen darah berupa air. Sehingga, bisa dibayangkan jika kamu mengalami kekurangan air, maka bisa dipastikan proses membawa nutrisi ke seluruh organ tubuhmu jadi sangat terganggu.

3. Lembapkan Mukosa

Air akan melembabkan mukosa, tepatnya pada bagian mulut, hidung, serta mata. FYI, ketika kamu sedang bernapas, ada kandungan air dalam udara. Maka nggak heran jika pada area dalam hidung akan basah. Serta bagian mulut normalnya juga akan basah, sebab ada air liurnya.

4. Cegah Konstipasi

Air dibutuhkan untuk membantu melarutkan makanan dan mendistribusikannya ke seluruh organ tubuh. Juga dalam proses pembentukan tinja yang akan membantu usus besar untuk mempermudah keluarnya tinja. Maka, jika tubuh kekurangan asupan air, kita akan kesulitan untuk buang air besar (BAB) atau sembelit.

5. Menenangkan Saraf

Berikutnya, air bisa menenangkan sistem saraf pusat dalam tubuh manusia. Fungsi air bagi tubuh manusia ini sangat berguna bagi penderita masalah sendi. Selain untuk dikonsumsi, air hangat akan memberi sensasi relaks yang mampu meredakan rasa nyeri akibat kram serta ketegangan otot perut.

6. Menjaga Fungsi Organ dan Jaringan dalam Tubuh

Tak hanya itu, air juga berfungsi melindungi organ dan jaringan dalam tubuh. Beragam sel-sel di dalam tubuh manusia semuanya adalah air, sehingga sangat penting untuk menjaga asupan air agar selalu tercukupi.

7. Membuang Sisa Metabolisme

Proses biokimia di dalam tubuh manusia berguna untuk mencerna karbohidrat, protein, dan lemak. Nah, seluruh hal tersebut membutuhkan air sebagai buffer. Sebab, tanpa adanya bantuan air, maka tubuh tidak dapat memetabolisme zat-zat tersebut. Sehingga bisa mengganggu kerja dari metabolisme pada tubuh, dan tentu saja hal ini bisa menimbulkan banyak masalah.

Isi Galon Mudah Dipalsukan

Bahayanya Bagi Kesehatan, Mengonsumsi Air Galon Palsu


Nah, mengingat manfaatnya, maka sangat penting bagi manusia untuk mengonsumsi air yang cukup setiap harinya. Namun, air yang akan dikonsumsi pun perlu diperhatikan kualitasnya.

Masalahnya, air tanah yang dulunya bisa dikonsumsi sebagai air minum kini tak layak lagi. Apalagi di daerah perkotaan di mana kepadatan penduduk dan industri telah mencemari sumber air yang ada. Sehingga membeli air galon ulang pakai jadi solusi air minum keluarga.

Seperti di tempat tinggal saya, sumber air tanah sudah enggak layak dikonsumsi, airnya tuh berbau dan berpasir. Itulah mengapa saya membeli air galon ulang pakai untuk kebutuhan air minum dan masak. Dalam seminggu perlu 4 galon yang saya beli di agen langganan air galon ulang pakai di dekat rumah.

Pernah satu waktu agen itu tutup pas stok air hampir habis. Jadilah saya asal beli di warung. Dan, saat dibuka terasa aneh dong, sepertinya itu galon palsu gitu, dibukanya lebih mudah, lebih ringkih, nggak seperti biasanya pokoknya. Waktu diminum pun airnya nggak segar seperti pada umumnya.

Karena saya parno, jadi deh saya beli lagi ke minimarket terdekat, dan batal mengonsumsi karena sepertinya galon palsu itu.

Memang ya... harus waspada dengan beredarnya galon palsu yang berbahaya buat kesehatan kita. Mengingat, isi galon mudah dipalsukan sehingga merugikan pelanggan, karena berbahaya bagi kesehatan, di antaranya bisa:

1. Memicu Timbulnya Penyakit

Bakteri, kuman dan kandungan kimia yang berbahaya memungkinkan ada di dalam isi galon palsu yang bisa menimbulkan berbagai macam penyakit jika dikonsumsi, seperti: muntaber, diare, tipes, dan penyakit berbahaya lainnya.

2. Kontaminasi Bakteri dan Kuman

Jangan bayangkan kalau isi galon palsu airnya diambil dari sumber mata air langsung di pegunungan, karena oknum pelaku pemalsuan ada yang menggunakan air keran. Bahkan, tanpa dilakukan tahap penyaringan dan desinfeksi sehingga dalam airnya ada kontaminasi kuman dan bakteri.

3. Bahan Kimia Berbahaya

Nah, bahan-bahan kimia berbahaya digunakan oknum pemalsuan agar air bisa terlihat jernih dan bersih dengan mencampurkan borak dan tawas. Kalau sumber air tidak jelas asalnya, sudah tentu apabila diminum tentunya dapat berakibat buruk bagi tubuh kamu.

Cara Membedakan Galon Palsu, Isi Galon Mudah Dipalsukan

Yuk, Cermat Membedakan Galon Palsu!


Well, memang agak sulit mengidentifikasi air minum kemasan yang memenuhi standar, ya Gaaess yaa.

Kenyataan yang terjadi di lapangan itu bukan tutup galon palsu lho yah akan tapi tutup galonnya asli, galonnya juga asli justru isi galonnya bisa jadi asli bisa jadi oplosan. Konsumen harus tetap berhati-hati karena galon yang digunakan adalah galon dengan merk terkenal yang sudah lama ada di Indonesia. Hiks! Ini karena ada lho alat untuk membuka dan menutup galon tanpa cacat. Duh, ngeriiiii!

Akibatnya sulit pasti bagi kita sebagai konsumen untuk membedakan mana yang asli dan mana yang palsu secara kasat mata, karena semua "terlihat asli" dan tidak rusak.

Sementara, ada produsen yang memberikan solusi dengan meminta pelanggan melihat di kode galon di web resmi, kemudian menyamakan kode pada tutup galon dan pada galon. Tapi sayangnya, kode tersebut biasanya kecil, samar dan susah terbaca. Ribet beud untuk dilakukan deh pokoknya.

Enggak itu saja, dengan adanya alat yang memungkinkan untuk membuka dan menutup galon, kode sama pun tidak menjadi jaminan isinya tidak oplosan.

Lalu, harus bagaimana dong cara cermat membedakan galon palsu itu?

1. Periksa fisik galonnya

Kamu bisa coba lakukan cara membedakan galon asli atau palsu berdasarkan fisik galonnya. Ya, cara membedakan galon air mineral palsu dan asli adalah dengan mengecek bagian tutup kemasan galon. Idealnya, kemasan galon air mineral asli mencantumkan tanggal kadaluwarsa dan izin produksi pada bagian tutupnya.

2. Periksa nomor registernya

Selain itu, kemasan galon air mineral asli juga akan mencantumkan angka register yang sesuai dengan nomor di bagian badan maupun leher galon. Apabila nomor register pada tutup berbeda dengan yang tercantum di badan maupun leher galon, besar kemungkinan air kemasan tersebut adalah palsu.

3. Beli di Tempat Resmi

Sebaiknya membeli di tempat yang aman dan resmi sehingga terhindar dari membeli galon palsu ini. Karena isi galon mudah dipalsukan yang berbahaya bagi kesehatan!

4. Yakinkan Galon, Tutup dan Isi Asli!

Cari produk galon yang tutupnya benar-benar tersegel dengan benar dan cari kemasan yang terlihat isinya secara gamblang/jelas. Supaya yakin bahwa galon asli, tutup asli dan isinya juga asli.

Baiquelah, semoga artikel ini bermanfaat, tetap sehat dan selalu semangat ya! See Ya!💙


Salam

Dian Restu Agustina






Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

66 komentar untuk "Isi Galon Mudah Dipalsukan, Waspadai Bahayanya Bagi Kesehatan"

  1. Makin ke sini modus penipuan kejahatan dll dst nya kok makin ngeriiiii ya mba.

    Aduh, klo isi galon dipalsukan, trus diminum balita misalnya...kan ya bisa gawat, apa mungkin yg kasus gagal ginjal misterius itu barangkali juga bs bermula dari galon palsuuuu ini yak 😑😶

    BalasHapus
  2. Wah, serem bener kejahatan di zaman now marak begini. Sampai urusan galon air minum aja dipalsuin ya duuuh ngeriiii :( Mesti cek dan ricek terus nih saat kita membeli galon. Efeknya terhadap kesehatan tubuh kita itu sangat membahayakan. Antara galon asli dan palsu kayaknya kasat mata ya, agak sulit terdeteksi kalau buru2. Makasih sharingnya mbak Dian :)

    BalasHapus
  3. Wuih, baru tau kalau galon ada yang palsu. Selama ini sih belinya selalu di Indomart yaa jadi rasanya untuk yang palsu itu ga mungkin. Tapi bagus juga nih nanti liat tutupnya ada ga nomor produksi dan masa kadarluasanya. Kita kan juga ga tau yaa kali ada oknum nakal demi cuan.

    BalasHapus
  4. aku beli di toko dekat rumah. Coba ah cek-cek yang mba Dian tulis. Segel selalu rapih, mau cek yg tgl produksi dan expired ada ya. Penasaran huaaaa... serem ih ada2 aja yg palsu2 semoga kita selalu di lindungi ya mba oleh Allah.

    BalasHapus
  5. Ngeri juga ya mbak kejahatan sekarang ini, salah satunya memalsukan produk asli galon minuman. Aku belinya di toko dekat rumah. Makasih mbak infonya

    BalasHapus
  6. Aku juga suka ragu mbak Dian, makanya sekarang stict banget nyari minum kemasan dan galon tuh, makasih tipsnya mbak, karena modus kejahatan sekarang ngga main-main, jadi memang harus sering2 cari berita dan tips seperti dari mbak Dian ini salah satunya

    BalasHapus
  7. Waduh, amit-amit kena galon airnya mentah ambil dari sungai terdekat :(
    kalo pas ada bakteri virus diare piye!

    BalasHapus
  8. Soalnya air ber-merk harganya lumayan menggiurkan utk dipalsukan. Harga air (tukar galon) dr brand terkenal bervariasi tapi pasti berkali lipat dibandingkan air isi ulang (apalagi air keran doang). Sementara air isi ulang dapat 5rb per galon. Coba kalau air isi ulang dipalsukan dg merk terkenal, minimal dpt 10rb, belum lagi dikalikan kuantitasnya.

    BalasHapus
  9. Hadeuuhhh kenapaaa dunia penuh tipu2 ini kagak ada ujung pangkalnya

    Namapun manusia klo udah mental jahat/penipu yaahhh begitulaahh😶

    BalasHapus
  10. Aduh, kok ya penipu zaman now dho pinter-pinter sih. Orang awam jadi repot neliti mana galon asli mana aspal. Untung wae cedhakku agen resmi salah satu merk air mineral. Aman lah ya.

    BalasHapus
  11. kalau galonnya isi ulang di tempat pengisian air minum gimana cara mengeceknya ya Mbak? Kan asli atau nggaknya, itu seal tutup botol memang seringnya buka tutup karena untuk isi ulang.

    BalasHapus
  12. Meresahkan juga nih pemalsuan isi galon. Ada gitu ya orang yang berusaha mengeruk keuntungan tapi membahayakan nyawa orang banyak.

    BalasHapus
  13. Ngeri banget penipuan ada dimana2 mengintai siapa saja. Bahkan air galon pun ada yg palsu. Jadi kuatir nih..

    BalasHapus
  14. Air galon palsu ini banyak beredar di masyarakat ya mbak
    Ngeri juga
    Karena dampaknya sangat berbahaya bagi kesehatan ya mbak

    BalasHapus
  15. Manfaat air dalam kehidupan ini besar sekali..
    Dan semoga dengan jeli dan teliti sebelum konsumsi air galon, kita terhindar dari isi galon palsu yang bukannya memberi manfaat malah mudharat ketika mengkonsumsinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kezeeel deh dengan para pemalsu galon ini yaaa... apa ndak sadar dengan akibatnya dalam jangka panjang coba. Maunya sehat dengan banyak minum air putih, eeehh malah terkena kandungan berbahaya pada air yang diproduksi ini.

      Hapus
  16. Ya ampun sampai galon pun isinya dipalsukan ada-ada saja negara Wakanda ini jadi parno sendiri ya mau mengecek lagi deh keaslian galon yang kubeli terima kasih remindernya Mbak

    BalasHapus
  17. Heran sih ama perbuatan orang yang gak mikirin kesehatan orang banyak demi memakmurkan diri sendiri dan keluarganya, ampek air galon pun dipalsukan. Sedih.

    BalasHapus
  18. Kalau saya yang pertama dilihat tuh airnya Mba Dian, apakah berbuih atau gimana, terus ngecek galonnya , tutupnya juga, apa ada yang mencurigakan.
    Serem sih kalau dapat isi galon yang palsu, lah yang minum anak-anak kan, apalagi zaman now banyak penyakit yang mengintai anak-anak ya

    BalasHapus
  19. Sebelum pandemi saja otak kriminal pemalsuan sudah banyak apalagi sekarang di pandemi ini segala cara dicari demi uang. Termasuk pemalsuan air galon. Bahaya banget ini untuk kesehatan tubuh.

    BalasHapus
  20. serem banget ya?
    kalo kita minum air palsu kan berarti minum air mentah, sementara kita tahu, air mentah di Indonesia bukan termasuk air yang siap minum
    Karena itu keluarga saya punya langganan yang memasok air mineral

    BalasHapus
  21. Suk agak abis thinking ma pelaku pemalsuan minuman mineral tuh, kok ya tegaaa sekali gtu malsuin pdhl sangat membahayakan kesehatan org lain dan ujung2nya bahkan bisa membunuh org lain huhu.
    Jd konsumen juga harus cerdas makanya ya mbak, kalau beli galon kudu memastikan bener2 asli dan kalau bia beli di toko yang memang bisa dipercaya aja.

    BalasHapus
  22. Edukasi yang bagus sekali terutama bagi masyarakat awam yang seringkali lebih mementingkan harga ketimbang kualitas. Tapi apapun itu, semoga tidak ada yang tertipu isi galon palsu lagi yaa.. Sehat semua dengan konsumsi yang baik-baik untuk tubuh.

    BalasHapus
  23. Makin-makin aja ya modus penipu sampai isi air galon pun di palsukan.. duh, makin ngeri aja. Mulai sekarang harus lebih teliti lagi nih kalau beli, soalnya berkaitan dengan kesehatan diri sendiri dan keluarga. Terima kasih mbak sudah memberi informasi ini ♥️

    BalasHapus
  24. Ngeri banget kalau dapatnya yang palsu ya, mbakk. duhh....bener2 harus teliti sebelum konsumsi, nih.

    BalasHapus
  25. Bahaya sekali efeknya untuk tubuh ya, mengkonsumsi air galon palsu. Memang lebih aman beli di agen resmi sih, sehat dan sudah pasti asli.

    BalasHapus
  26. Ngerii ya Mbak, sekarang bahkan air isi galon pun juga udah dipalsukan ya, hikss. Harus banget nih waspada dan tidak boleh malas untuk mengecek keaslian produk termasuk galon isi ulang sebelum membeli.

    BalasHapus
  27. Sekarang ini tuh ada banyak banget tempat pengisian ulang air galon. Harganya pun bervariasi, setahu saya di sekitar sini ada yang mulai dari 3,000-an rupiah saja. Nah, kalau tentang yang dipalsukan gini, saya malah baru tahu. Lah serem juga yaa.. kitanya yakin beli yang asli, ternyata palsu. Hmm.. emang paling bener beli di agen resmi sih ya

    BalasHapus
  28. Iyaaaaa bener banget. Makanya aku beli galon di agen yang besar. Ternyata jumlah kasusnya terus meningkat sejak 2011 ya Mba Dian. Jelaslah ini merugikan masyarakat dan mengancam kesehatan.

    BalasHapus
  29. Miris banget ya mbak
    Isi galon mudah dipalsukan
    Kita harus hati-hati saat memilih air galon
    Jangan sampai jadi korban air galon palsu
    Karena sangat berbahaya bagi kesehatan

    BalasHapus
  30. Tulisannya sangat informatif kak. Jadi makin semangat minum air mineral. Semoga kita gak kena tipu-tipu ya

    BalasHapus
  31. harus makin hati hati nih beli air galon, kalau bisa selalu beli sama agen yang udah jelas terpercaya.

    BalasHapus
  32. selama beli galon saya malah yang penting tutupnya tersegel. baru tau kalau ditutupnya ada tgl kadaluarsanya.

    padahal kebutuhan air itu sangat vital bagi kehidupan manusia bisa-bisanya ada oknum yg manfaatin peluang utk berbuat jahat.

    BalasHapus
  33. serem juga ya mba efeknya dari mengkonsumsi air galon palsu ini, semoga tidak terjadi pada saya dan lainnya juga, karena saya termasuk pengguna air galon ini untuk minum

    BalasHapus
  34. Duh, Pandeglang pernah terdetek jg ya, ternyata tahun 2018. Tahun ini malah Cilegon, 2 daerah ini Deket kbtmpt saya. Semoga kita semua terjaga dari peredaran air galon palsu.

    BalasHapus
  35. Bahayanya ga main2 deh kalo minum air galon oplosan.. kalo aku biasanya beli di deket rumah jd dah kenal, insya Allah amanah penjualnya

    BalasHapus
  36. Duh, baru terpikir untuk cek keaslian air galon ni Mbak. Dulu gak pernah terbayang kalau ada pihak yang tega memalsukan isi air galon. Ternyata memang bisa ya huhuhu. Padahal air adalah kebutuhan rutin setiap orang. Harus rajin cek galon-galon setiap sampai di rumah d sekarang.. Makasi ya Mbak remindernya.

    BalasHapus
  37. Harus cerdas dan teliti jadi konsumen jaman now.

    Banyak bgt celah yg bs dimanfaatkan org jahat utk tipu tipu

    BalasHapus
  38. Waduh hari gini ngga cuma modus kesahatan siber doang yang marak. Isi galon aja juga ada oknum. Sedih banget. Apalagi di rumah juga banyak anak kecil. Mana musimnya makin ngga tentu. Untung baca tips cara bedain galon palsu. Ibu harus lebih cermat ya mba..

    BalasHapus
  39. Bahaya sekali ya air galon palsu. Tapi insyaallah jika kita membeli galon di tempat yang tepat maka akan terjamin..jika air kita dirumah layak dimasak untuk minum lebih baik masak sendiri.

    BalasHapus
  40. Simalakama jug sih pake galon, apalagi kalau galonnya dipalsukan isinya, belum lagi plastik.y, tapi nggak pake galon ngerasa nggak aman jg, serba salah deh

    BalasHapus
  41. Setuju sekali kak sebagai ibu yang memegang koentji kesehatan keluarga. Jangan sampai gara-gara salah beli, bukannya manfaat galon asli yang didapat, tapi galon palsu yang airnya bikin nggak sehat. Jadi zonk yang di dapat ya kak

    BalasHapus
  42. Jahat banget ini pengoplos airnya. Semoga ketangkap dan diproses hukum biar jera. Kita emang kudu waspada ya saat beli air galon.

    BalasHapus
  43. Ngeri juga sekarang banyak galon palsu. Padahal air mineral itu kebutuhan premier banget, kalo palsu khawatir pengaruh banget sama kesehatan seperti yg udah disebutkan tadi sih

    BalasHapus
  44. Ini bener banget sih, isinya galon tuh emangg gampang bangett diisi yg ga kita tahu sebneernyaa, ada soalnya tetangga jual isi ulang galon cuma 2ribu ajaa, tapi ya gitu nggatau entah udah difilter beneran apa ngga deh

    BalasHapus
  45. Mulai menjadi konsumen yang teliti dan jeli saat membeli produk yaa.. Terutama terkait produk yang dikonsumsi sehari-hari. Isi galon palsu ini dampak jangka pendek hingga jangka panjang bisa terasa karena kebutuhan air dalam tubuh sangat besar.

    BalasHapus
  46. Serem banget sekarang isi galon aja dipalsuin :( Bener-bener mesti ekstra hati2. Selain beli di tempat resmi mesti cek lain-lainnya kayak nomor register di tutup sama badan botol mesti aman (jujurly aku suka gak ngeuh sama ini)

    BalasHapus
  47. waduh, serem banget Mbak. Isi galon sampe dipalsuin. Kalo di rumahku masih pake air sumur dan dimasak setiap pagi, setelah itu dipindah ke Ceret air untuk kebutuhan minum sekeluarga. Jadi rada gimana mau pindah ke Air Galon jadinya. Intinya kudu waspada dan teliti ya Mbak

    BalasHapus
  48. ya ampun ada aja ya cara orang untuk menipu sampai air galon pun dipalsukan, edukasi yang bagus nih mbak, informasinya pun lengkap, terima kasih ya

    BalasHapus
  49. Hal ini yang bikin aku nggak mau beli air isi ulang yang murah. Biasanya ibu selalu beli yang asli dari merk nya

    BalasHapus
  50. Iya harus beli di penjual yang resmi, jangan tergiur harga yang murah. Segala macam cara sekarang mah dijadikan celah kejahatan

    BalasHapus
  51. Ngeri juga galon sampai dipalsukan ya Mbak. Aku pernah lihat di TV juga pelakunya ditangkap.

    BalasHapus
  52. Waaah ngeri banget kalau kena galon palsu ya mbak . Apalagi isinya air keran. Kami pernah sekeluarga diary. Kayaknya kena isi galon palsu. Setelah itu kami lebih berhati-hati beli galon di tempat yg terpercaya

    BalasHapus
  53. Sempat terpikir sih ya di kepalaku soal dipalsukan ini, secara kan kita ga tahu ya ini belinya beneran gak dari agen yang sungguhan legal, makanya aman sih beli di mini market ya, Kalau jaman aku kecil hanya bisa beli di agen resmi ada plang gede dan beli dengan diantar secara berjadwal

    BalasHapus
  54. Wah ngeri juga ya. Salah satu yang perlu diperhatikan juga nih. Sebelumnya aku cuek2 aja permasalahan galon ini, pdhl dirumah kadang isi ulang juga. Terimakasih sharingnya mba Dian

    BalasHapus
  55. Ngeri
    Apalagi pernah ngalami isi galon berlumut, aduh
    Makanya heran deh kalau isi galon juga dipalsukan sama orang yang tidak ada otaknya itu

    BalasHapus
  56. Urusan pemilihan isi galon ini kadang bikin galau ya Mak kalau masih dalam tahap pemilihan agen. Paling aman sih kayanya beli langsung di minimarket yang udah terbukti trusted reputasinya. Tapi kalau isi ulang, kayanya nggak akan saya ambil pilihan tersebut. Tetep paling aman beli galon baru aja.

    BalasHapus
  57. Waduuhh ngeri banget dampaknya kalo kita nggak terlalu ngurusin air galon, ngeri lahh.. Btw, makasih informasinya mba dian. Next, mesti lebihh hati-hati sih milih air galon

    BalasHapus
  58. Saya juga ngeri nih mbak Dian lihat banyak isi galon mudah dipalsukan jadi was-was kan ya soalnya bahaya banget buat kesehatan. Solusinya kalau saya beli di distributornya sih

    BalasHapus
  59. nah penting nih. masyarakat harus jeli dengan keaslian produk yang biasa mereka konsumsi. perlu memang sosialisasi seperti ini agak masyarakat ga gampang kena oleh tipuan oknum yang mengambil keuntungan dari memalsukan isi galon seperti ini

    BalasHapus
  60. Pembeli emang kudu cerdas jangan sampai tergoda harga murah apalagi ini berhubungan dengan minuman yang dikonsumsi sehari hari apalagi aku dirumah ada bayi jadi kudu beneran tahu ciri ciri galon yang asli

    BalasHapus
  61. Betul kak dian. Permintaan tinggi. Kebetulan saya sudah 3 pekan mengikuti pendataan regsosek di dekat tempat tinggal. Hampir 90% air minum yang dikonsumsi ya dari air isi ulang.
    Makanya waspada banget deh kalo beli, sekali saja tidak higienis bisa menyebabkan banyak penyakit. Yang satu paling sering ya si types. Ampuuun deeh ngerasain anak kena types.

    BalasHapus
  62. Sampai skaran masih minum air dari sumur sendiri, tapi info ini berguna kalau suatu saat saya perlu pakai air galon.. serem banget jadinya.. ini bisa digugat nggak? kalau ada yg jadi sakit?

    BalasHapus
  63. Beli di tempat resmi keknya yang paling aman ya mba Dian.
    Kalo cek-cek fisiknya takutnya, kelewat juga, ehh ternyata yang palsu

    BalasHapus
  64. Ngeri banget ya Mba. Isinya aja bisa dipalsukan,gmn atuhlah spy konsumen ga dirugikan. Dampak panjang ini loh efeknya utk kesehatan

    BalasHapus
  65. Waduh, urusan galon air minum harian aja ternyata dipalsukan oleh oknum2 yang tidak bertanggung jawab ya mbak Dian. Padahal air minum kemasan galon seperti ini sudah menjadi kebutuhan hidup kita. Mesti lebih waspada saat kita membelinya. Kudu dari toko yang resmi dan terpercaya. Cek2 juga detailnya, air, kemasan, habis masa berlakunya dll.

    BalasHapus