Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Website yang Menerima Artikel dan Memberikan Honorarium

Gais, kalau kita flashback sebentar, dulu banget, menulis opini itu rada ribet. Harus nungguin dimuat di koran, atau semangat-semangatnya ngejar slot di majalah. Belum lagi saingan sama penulis-penulis hebat lainnya. Nah, untungnya sekarang udah beda karena ada banyak website untuk mengirim artikel kita.

Serunya lagi, website-website ini memberikan honorarium buat setiap penulis yang lolos kurasi. Nah, apa saja sih media yang menerima artikel opini saat ini? Berikut adalah daftar media yang sudah saya kumpulkan. 

Daftar Media yang Menerima Artikel

1. Sediksi.com


Website yang Menerima Artikel dan Memberikan Honorarium


Pertama ada Sediksi, nih. Situs opini ini bener-bener asik. Enggak cuma ngasih kesempatan luas bagi setiap orang dengan berbagai latar belakang untuk berbagi pandangan tapi juga bisa menambah pundi-pundi receh di dompet.

Di Sediksi, kamu bisa menulis opini dengan berbagai topik, dari Urban, Lakon, Karya, Hobi, Prakarsa sampai Kuliah. Buat kamu yang tulisannya lolos kurasi dari redaksi Sediksi, bisa dapet apresiasi uang sebesar Rp 100.000 per artikel opini.

Lumayan juga ini untuk beli kopi buat nemenin nulis. Apalagi di Sediksi enggak ada batasan jumlah opini yang boleh dikirim sehingga siapapun boleh mengirim artikel opini sebanyak-banyaknya.

2. Medium.com


Sediksi.com

Website untuk mengirim artikel satu ini sudah sangat populer. Lewat Medium, setiap penulis memiliki kesempatan berbagi ide dan opini dengan audiens yang lebih luas.

Dengan antarmuka yang ramah pengguna, kamu dapat dengan mudah membuat artikel dan menerbitkannya dalam hitungan menit. Menariknya, Medium juga menawarkan peluang untuk mendapatkan penghasilan melalui Program Partner Medium, lho!

3. Harakatuna.com

Kirim artikel berbayar kemana

Website satu ini hadir dengan konten-konten yang segar, berani, dan jujur, mengandalkan dasar-dasar ilmiah yang kokoh dan merujuk pada sumber-sumber agama yang diakui. Harakatuna menerima artikel dan memberikan honorarium berbeda untuk setiap rubriknya.

Di setiap rubrik, penghargaan yang diberikan juga memiliki variasi yang menggembirakan: Perspektif (mendapatkan Rp.150.000,-), Ulasan Timur Tengah (senilai Rp.100.000), Resensi (berharga Rp.100.000,-), Literasi (berjumlah Rp.75.000), Asas-Asas Islam (mendapatkan Rp.50.000), dan Opini (senilai Rp.50.000).

4. Basabasi.co


Website yang Memberikan Honorarium

Basabasi.co adalah sebuah portal daring yang menjadi wadah bagi berbagai cerita opini, kenangan berharga, esai, dan cerpen dengan gaya penulisan yang santai dan mengasyikkan. Portal ini cocok banget buat kamu yang gemar berbagi pandangan, karena kamu dapat mengirimkan artikelmu ke bagian yang disebut Celoteh.

Tim redaksi akan menilai setiap artikel, dan honor yang diberikan akan bervariasi tergantung pada rubrik yang dipilih. Untuk rubrik cerpen, dirimu berkesempatan mendapatkan honor sebesar Rp.300.000, sementara untuk rubrik puisi, honor yang ditawarkan mencapai Rp.250.000.

Bagi kamu yang tertarik dengan rubrik hibernasi, yang berisi artikel opini ringan, kamu bisa menerima honor sebesar Rp.100.000.

5. Geotimes.id




Kamu yang ingin mengirimkan artikel atau naskah ke geotimes.id, cukup dengan membuat akun terlebih dahulu. Langkahnya pun sederhana: pertama, lakukan proses registrasi akun, kemudian login ke dalam akun yang telah dibuat. Setelah itu, kamu bisa melangkah ke tahap selanjutnya dengan memilih opsi "Kirim Artikel" yang tersedia dalam menu.

Dalam jangka waktu maksimal 2 minggu setelah kamu mengirimkan artikel, tim redaksi akan melakukan seleksi yang ketat. Meskipun jenis tulisan yang dicari bersifat opini, Geotimes tetap mengharapkan kehadiran sumber pustaka yang mendukung argumen yang dipaparkan.

Sayangnya, hanya tulisan-tulisan yang berhasil mencuri perhatian atau banyak mendatangkan pengunjung, dengan jumlah pembaca di atas 5000 dalam rentang 7 hari, yang berhak mendapatkan insentif istimewa dari Geotimes.

Yuk, Kirim Artikelmu ke 5 Website yang Memberikan Honorarium Itu!


Okay, itu tadi sederet media atau website yang menerima artikel dan membayar tinggi untuk setiap tulisan yang dimuat. Pastikan kamu terlebih dahulu membaca ketentuan dan syarat yang berlaku dan yang tidak kalah penting adalah memahami rupa tulisan di masing-masing website sehingga potensi tulisanmu dimuat jadi lebih tinggi. Selamat mencoba!😍


Salam Semangat

Dian Restu Agustina





Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

12 komentar untuk "5 Website yang Menerima Artikel dan Memberikan Honorarium"

  1. Kyaaaa ... senang banget aku dapat list lahan menambah portofolio dan (mana tau ya khan Mba hihihi) bisa jadi tempat meraup cuan juga biar uang jajan nambah dan bisa dimanfaatkan buat jalan jalan dan keseharian. Yippiy. Thanks so much Mba Dian.

    BalasHapus
  2. Waah bisa dijajal nih. Saya baru punya akun di Mediumtapi tidak tahu kalau ada program partnership-nya yang bisa mendatangkan cuan bagi penulis. Empat yang lainnya belum pernah saya jajal. Boleh nih dicoba, saya lagi punya ide menulis, lagi mikir2 mau mengirimkan ke media cetak lokal tapi masih ragu2 juga .... makasih ya Mbak Dian. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sembari buka sediksi.com ini .. kelihatannya menarik ... secara di kepala saya berputar bermacam opini soalnya kebanyakan menyimak podcast dan jadi punya pemikiran setiap habis nonton podcast yang membahas bermacam hal itu :)

      Hapus
  3. Setiap kita mengirim tulisan di media ini, berbayar atau nggak ya? Tapi keren banget sih ini jadi pengen nyoba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kan di judul sudah disebutkan, menerima artikel dan memberikan honorarium alias bayaran

      Hapus
  4. Nah kesempatan buat mengasah keterampilan menulis plus bisa menghasilkan ya. Pastinya tulisan harus berharga. Buka cuma tulisan curhat emak emak. Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya keknya gak bisa ikutan website semua. Karena tulisan saya kebanyakan curhatan emak-emak hiks.
      Padahal kan pen juga dapet duit buat jajan skincare, soalnya honornya lumayan tuh

      Hapus
  5. Wah, info bagus nih mbak untuk saya yang sedang mencari penghasilan tambahan. Saya catat dulu terus mau daftar donk. Website seperti ini berguna banget pastinya untuk para freelancer

    BalasHapus
    Balasan
    1. Acha ikut dong Mbaaa. Berasa senang saja sih ya kalau tulisan yang kita buat bisa berujung dapat penghargaan yang kemudian mengisi si dompet kesayangan.

      Hapus
  6. Tengkyuuu banget kak Dian dengan 5 web seru yang mau bayar tulisan kita.
    Btw kak Dian paling sering di mana ngirim tulisan?
    Asyik ya menulis dibayar soalnya nulisnya bikin senang, eeeh dibayar pula.

    BalasHapus
  7. terima aksih banyak infonya mba Dian izin save ya artikelnya, saya baru tahu situs-situs tersebut bisa memberikan honorarium ya, bisa saya coba kapan-kapan niy mba

    BalasHapus
  8. Waaah terima kasih banyak Mbak Dian aku baru tahuu, info yang sangat bermanfaat

    BalasHapus