Edinburgh Castle, Kastil yang Memesona di Skotlandia

Edinburgh Castle, kastil yang memesona di Skotlandia yang membuat saya dari kejauhan, sungguh terpana. Mata saya mengarah ke atas sana. Sebuah puncak bukit dengan bangunan di atasnya yang menjulang gagah nan megah. Kastil berdinding warna coklat bata, berdesain benteng khas Eropa dan berdiri di atas bekas gunung berapi yang disebut Castle Rock. Adalah Edinburgh Castle, salah satu bangunan tertua di Eropa yang pernah dipakai sebagai istana raja, markas militer, penjara dan benteng. Dan kini, meski tetap difungsikan secara militer, kastil ini telah menyedot perhatian jutaan wisatawan dari seluruh dunia juga telah ditetapkan sebagai ikon dari the Old and New Towns of Edinburgh World Heritage Site.


Edinburgh Castle - Istana yang Menyimpan Jutaan Cerita


Dari bis yang saya tumpangi, terlihat jalanan menuju ke Edinburgh Castle ini menanjak sesuai dengan kontur perbukitan. Tak heran, lokasinya memang berada 135 meter di atas permukaan laut.

Di sisi jalan adalah bukitnya sendiri dan di sisi lain tampak terbentang Edinburgh-ibukota Skotlandia dengan bangunan-bangunan indahnya. Pemandangan makin terlihat eksotis lantaran kabut tipis yang menyelimuti setelah hujan mengguyur kota yang menjadi tujuan kedua wisata paling populer di Britania Raya.

Dan ketika belum selesai saya membayangkan ada apa di dalam kastil yang pastinya menyimpan berjuta cerita ini, pemandu kami menyampaikan informasi bahwa kami sudah sampai dan memberi tahu berapa durasi waktu yang diberikan hingga kembali ke bis lagi.


Edinburgh Castle
halaman luar Edinburgh Castle - berlatar bangunan sekitar

Saya pun bersiap dengan merapatkan baju hangat sesaat sebelum turun menjejakkan kaki di halaman basah kastil yang jadi rumah bagi raja dan ratu selama berabad-abad itu. Maklum saja, awal Mei, meski hitungannya masuk Spring, suhu di Edinburgh masih di kisaran bawah 10 dercel. Ini karena letak Edinburgh yang mendekati Kutub Utara dan berbatasan langsung dengan Laut Barring dan Laut Utara. Brrrr, pantesan dinginnyaaa!

Dan, di tengah terpaan dinginnya udara, baju lapis tiga plus sarung tangan menguatkan saya melangkahkan kaki menuju kastil yang dulunya jadi tempat tinggal Raja Skotlandia.

Ya, Skotlandia, bangsa yang mulai tercatat sejarahnya semenjak kedatangan bangsa Romawi pada abad pertama Masehi. Ketika bangsa Romawi terdesak oleh orang Pikti dan meninggalkan Britania, gerombolan perampok Gael yang disebut orang Skoti mulai menduduki kawasan barat Skotlandia dan daerah Wales.


Edinburgh Castle Skotlandia
papan nama Edinburgh Castle

Kemudian pada abad ke-7, para misionaris Irlandia datang menyebarkan agama Kristen Kelt kepada orang Pikti yang masih menganut agama leluhur mereka. Lalu, menjelang akhir abad ke-8, invasi orang Viking memaksa orang Pikti dan orang Gael untuk mengakiri permusuhan dan bersatu pada akhir abd ke-9 untuk membentuk Kerajaan Skotlandia.

Selanjutnya, Kerajaan Skotlandia bersatu di bawah pimpinan wangsa Chinaeda meic Ailpín yang berulang kali bertikai memperebutkan tahta. Raja terakhir, Máel Coluim II, wafat pada awal abad ke-11 tanpa meninggalkan putra. Sehingga tahta diwarisi oleh wangsa Dùn Chailleann, yakni oleh putra dari anak perempuan Raja Máel Coluim II dan suaminya yang berasal dari wangsa Dùn Chailleann.

Raja terakhirnya, Alaxandair III, wafat pada tahun 1286. Dan, satu-satunya ahli waris yang ditinggalkannya adalah Putri Margrete, yang masih bayi dan wafat empat tahun kemudian yang membuat tahta terus-menerus diperebutkan oleh wangsa de Bailleul dan wangsa Brùs.


ada yang kegirangan bisa pose di depan Edinburgh Castle😁

Nah, Kerajaan Inggris di bawah pimpinan Raja Edward I memanfaatkan situasi yang tidak menentu ini untuk melancarkan serangkaian aksi penaklukan, yang menimbulkan Perang Kemerdekaan Skotlandia. Tapi kemenangan mutlak melawan Inggris membuat Skotlandia menjadi kerajaan yang sepenuhnya merdeka dan berdaulat.

Ketika Raja Daibhidh II wafat tanpa meninggalkan keturunan, kemenakannya, Raibeart, mendirikan wangsa Stewart (wangsa Stuart), yang memerintah Skotlandia tanpa diganggu gugat selama tiga abad berikutnya. James VI, Raja Skotlandia dari wangsa Stewart, juga mewarisi tahta Kerajaan Inggris pada tahun 1603, sehingga raja maupun ratu dari wangsa Steward memerintah selaku kepala negara atas dua kerajaan yang sama-sama merdeka sampai akhirnya kedua kerajaan ini digabung menjadi satu negara baru dengan Undang-Undang Persatuan tahun 1707 yang bernama Kerajaan Britania Raya.


Edinburgh Castle Map
source: edinburghcastle dot scot


Nah, Edinburgh Castle yang telah berdiri paling tidak dari abad ke-12 ini terus menjadi kediaman kerajaan hingga Penyatuan Mahkota Inggris dan Skotlandia pada tahun 1603. Meski semenjak abad ke-15, peran residensial istana ini telah berkurang dan pada abad ke-17 kastil ini digunakan sebagai barak militer. Kepentingannya sebagai warisan nasional Skotlandia diakui dari awal abad ke-19 dan berbagai program restorasi telah dilancarkan. Dan sebagai salah satu benteng terpenting Kerajaan Skotlandia, Edinburgh Castle telah terlibat dalam banyak konflik bersejarah dari Perang Kemerdekaan Skotlandia pada abad ke-14 hingga Pemberontakan Jakobit pada tahun 1745. Tak hanya itu tempat ini juga telah dikepung beberapa kali, kadang-kadang berhasil dikuasai dan kadang-kadang tidak sama sekali.

Edinburgh Castle
a postcard - Edinburgh Castle from the air by Colin Baxter

Things to Know Before You Go



Nah, sebelum mengunjungi Edinburgh Castle ada baiknya menyiapkan beberapa hal berikut ini:


1. Tiket Masuk

Tiket masuk Edinburgh berdasarkan slot waktu. Maka untuk menghindari antrian lebih baik booking dulu secara online tiketnya sehingga sudah pasti dapat slot waktunya. Kebetulan saja saya yang datang sekitar pukul 4 sore sudah terbebas dari antrian dan masih bisa beli langsung di loket tiket. Tapi, untuk amannya beli saja sebelumnya, karena akan lebih murah juga harganya. Oh ya, tiket sudah termasuk audio guided tour yaa. Jadi kita keliling bisa sambil dengerin penjelasan guide by audio dengan beberapa pilihan bahasa, meski belum ada Bahasa Indonesia.😀

Ticket type                 Gate price   Online price

Adult (16-59yrs)         £19.50            £17.50
Concession (60yrs+) £16.00            £14.00
Child (5-15yrs)            £11.50            £10.50

*Admission prices are subject to change. Children under 5 years old go free. Children must be accompanied by an adult. 
*1 GBP = sekitar Rp 18.000,-


Edinburgh Castle yang Memesona
Scottish National War Memorial


2. Jam Buka

Biar enggak balik kanan karena ternyata sudah tutup kastilnya, perhatikan juga jam buka tutupnya. Karena akan berbeda pada tiap musim, juga saat ada peringatan kebangsaan. Jadi sebaiknya pantengin website resminya untuk informasi lengkapnya.

Season                              Opens   Last entry Closing time

Summer (1 Apr - 30 Sep)    9.30am       5pm                 6pm
Winter (1 Oct - 31 Mar)      9.30am 4pm                 5pm





Mengunjungi Edinburgh Castle



3. Sedia Jiwa Raga

Mengitari Edinburgh Castle ini membutuhkan waktu selama 2-3 jam, sehingga persiapan jiwa dan raga memang beneran diperlukan. Jadi, pakailah baju yang nyaman juga alas kaki yang oke untuk diajak kesana-kemari.

Karena kita bakalan jalan dan naik turun tangga, diantaranya Lang Stairs ini. Di mana diperlukan 70 langkah untuk langsung menuju ke puncak Castle Rock. Tangga ini dulunya adalah pintu masuk asli ke kastil. Setelahnya rute alternatif yang lebih nyaman tapi berliku dan mengelilingi bukit berbatu diciptakan pada 1600-an untuk mempermudah pemindahan senjata berat.


Lang Stairs

4. Siapkan Diri untuk Atraksi 

Sejatinya nih, kalau saya tiba lebih awal, saya akan bisa menikmati sebuah atraksi ditembakkannya pistol atau lebih ternama dengan One o'Clock Gun. Dulu kapal-kapal di Firth of Forth pernah mengatur jam maritim mereka dengan One o’Clock Gun. Kini pistol masih ditembakkan setiap hari pada jam 1 siang, kecuali pada hari Minggu, Jumat Agung dan Hari Natal. Ini membuat wisatawan berkumpul untuk menikmati tontonan dan suaranya sering dinantikan orang-orang di Princes Street di bawah kastil ini.

Pistol aslinya sih seri 64-pon. Tapi, sejak tahun 2001, sebuah senjata lapangan 105mm menggantikannya dan ditembakkan dari Mills Mount Battery. Sinyal waktu terkenal ini terletak tepat di luar Redcoat Café. Melewati Gerbang Portcullis, ada di kanan di ujung Baterai Argyle.

Nah, karena sudah ketinggalan atraksinya, saya foto saja tembakan dan jajaran meriamnya yaaa😀


One o'Clock Gun

Edinburgh Castle


5. Enjoy the View

Saat di puncak Edinburgh Castle, rehatlah sejenak dan nikmati pemandangan indah kota Edinburgh di bawah sana.






6. Enjoy the History

Edinburgh Castle punya sejarah panjang selama berabad-abad yang kesemuanya bisa kita runut dari bangunan yang ada. Mulai dari St Margaret's Chapel yang adalah bangunan tertua di Edinburgh. Sampai Prison of War, penjara yang difungsikan sejak abad ke-17 sampai ke-18.

Koleksi benda dan tempat yang tetap seperti aslinya akan membuat kita terbawa ke masa lalu dan membenarkan quotes yang tertulis di salah satu bangku yang ada di situ: "When you go home tell them of us and say: for your tomorrow we gave our today"







7. Try the Outfit

Ingin bergaya sekeren Mel Gibson dalam Braveheart? Jangan khawatir, di toko souvenir di halaman luar Edinburgh Castle ada penyewaan kostumnya.

Bagian atasnya adalah souvenir shop yang jualan beragam produk bermotif tartan (kotak-kotak khas Skotlandia), aneka gantungan kunci dan teman-temannya serta beragam rajutan dalam bentuk scarf, sweater dan lainnya.

Nah, di lantai bawahnya (jadi tingkat-tingkat ke bawahnya, karena ini di atas bukit),  ada unit produksi rajutan ini. Juga, ada penyewaan kostum sekaligus paket pemotretan. Tersedia beberapa gaya pakaian tinggal pilih saja mana yang kita suka. seperti gaya saya dan suami di foto pertama tadi.😁


mesin rajut


mesin rajut

saya beli sweater rajutan haluuus khas Scotland satunya 5 GBP 


Dan..., ketika Edinburgh Castle hampir menutup gerbangnya dan para hantu siap menjalankan aksinya #eh, saya pun bersiap meninggalkannya. Oh ya lupa, kenapa bagian dalam castle enggak ada fotonya, karena memang enggak boleh difoto..Jadi kalau mau lihat bagian dalamnya langsung ke web-nya aja yaa

Etapiii, ngomongin hantu nih, rumor yang beredar memang tempat ini terkenal berhantu. Saya juga enggak tahu apakah sejenis kuntilanak di Indonesia atau sundel bolong gituu...

Selain itu ada mitos juga buat mahasiswa yang kuliah University of Edinburgh, jika mereka melewati gerbang Edinburgh Castle (mengunjunginya) bakalan gagal di Final Exams-nya. Jadi katanya, mereka memilih main aman saja, selama kuliah enggak akan berkunjung ke Edinburgh. Entahlah untuk benar tidaknya...saya enggak tahu ya. Tapi ternyata hal mistis kek gini ada juga dimana-mana.😁

Baiquelah, semoga yang belum pernah ke Edinburgh satu saat bisa ke sana juga. Terima kasih sudah membaca..😘


St Margaret's Chapel (sumber: ediburghcastle dot scot)
The Great Hall (sumber: ediburghcastle dot scot)



Castlehill, Edinburgh EH1 2NG, Britania Raya
FB: visitedinburghcastle | Twitter/IG: edinburghcastle 



Love


Dian Restu Agustina

Film Koki-koki Cilik 2, Menghibur dan Sarat Pesan Kebaikan

Film Koki-koki Cilik 2, Menghibur dan Sarat Pesan Kebaikan. Yes, beneran! Buat Ayah Bunda yang butuh rekomendasi film yang pas buat tontonan keluarga, cusss... nonton aja Koki-koki Cilik 2. Pasalnya, film ini tidak hanya menghibur tapi juga sarat dengan pesan kebaikan.


Lihat Nih Spesifikasi dan Harga Toyota Innova Venturer 2019

Spesifikasi dan harga Toyota Innova Venturer 2019 saat ini gimana ya....? Oh ya, temans, sudah tahu kan, kalau Toyota mengeluarkan seri terbaru dari Innova, yaitu Toyota Innova New Venturer? Nah, mobil ini merupakan generasi tertinggi dari Toyota Innova yang memiliki desain yang mewah, interior yang luas serta dilengkapi dengan berbagai fitur yang canggih. Juga, Mobil Toyota ini memiliki 2 pilihan mesin yakni 2.0 dan 2.4 dan menggunakan 2 jenis bahan bakar yaitu bensin dan diesel. 

Nah, hal ini tentunya akan memberikan pilihan bagi teman-teman untuk memilih jenis mobil yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan. Setelahnya, dirimu dapat mencari informasi maupun membeli berbagai jenis mobil Toyota dengan mudah di Auto2000 yaa... Etapiiii, sebelum memutuskan untuk membeli mobil ini, simak keunggulan dan harga dari Toyota Innova Venturer ter-update berikut ini. Yuk, mariii!

 


Keunggulan Toyota Venturer

Toyota Venturer memiliki desain interior yang luas dengan dimensi 4585x1775x1750mm. Selain itu, mobil ini juga dilengkapi berbagai fasilitas hiburan, seperti sistem audio dan LCD. Tak hanya itu, untuk memberikan kenyamanan, mobil ini juga dilengkapi AC dan parkir sensor.

(dududu, mupeng akutuuu 😁)

Selanjutnya dari segi eksterior, Toyota Innova Venturer memiliki desain mewah dan gagah. Desain headlamp berbentuk persegi panjang serta tata letaknya yang apik, membuat tampilan mobil ini semakin menawan dan cantik. Selain itu, mobil ini tampak makin berkelas dengan desain lampu utama berbentuk heksagonal multireflektor yang akan memberikan penerangan semakin tajam.

Kemudian, mobil buatan Toyota selalu dilengkapi suspensi kualitas terbaik yang mampu meredam getaran, sehingga mobil nyaman digunakan. Sama halnya dnegan Toyota Innova Venturer yang dilengkapi dengan suspensi depan jenis Double Wishbone dengan Coil spring dan Stabilizer, serta suspensi belakang jenis 4-Link dengan coil Spring dan Lateralroad. Selain mampu meredam getaran, suspensi ini juga mampu menahan beban berat mobil, sehingga mobil nyaman digunakan di segala medan. Sementara untuk pengereman, mobil ini menggunakan Ventilated Disc untuk rem depan dan Drum untuk rem belakang. Sistem pengereman ini diklaim akan mampu melakukan pengereman dengan tepat. 

(wah, bikin saya makin terpesonaaah!😍)

Selanjutnya dari segi performa mesin, seperti bisa dilihat di web Auto2000.co.id, Toyota Innova Venturer dilengkapi dengan 2 pilihan mesin, yaitu mesin bensin menggunakan 1 TR-FE Dual VVT-i 2.0 liter, sedangkan mesin diesel menggunakan 2GD-FTV 2.4 liter. Mesin ini mampu menghasilkan daya maksimal hingga 139 ps dan torsi maksimal 18.7 Kgm. Lalu, untuk mendukung performa mobil agar semakin cepat, Toyota Innova Venturer dilengkapi dengan dua sistem transmisi, yaitu tipe manual dengan 5 percepatan dan matic dengan 6 percepatan. Performa dan kecepatan mesin yang optimal menjadi jaminan bagi teman-teman saat mengendarai mobil ini.

Tak hanya itu, fitur keselamatan dual SRS Airbag yang dapat mencegah cedera saat terjadinya kecelakaan juga sudah dipasang pada mobil Toyota Innova Venturer. Selain itu, ada juga fitur keamanan lainnya, seperti Vehicle Stability Control (VHC) dan Hill Assist Control (HAS) yang dapat mengontrol keseimbangan mobil saat melewati jalan menanjak. Pun, mobil ini juga dilengkapi dengan fitur keamanan seperti All Auto Window, Engine Mobilizer, Brake Assist, Crash Sensor, sensor parkir dan Smart Entry Key. 

Wow, super yoo!!

Nah, itulah informasi lengkap mobil ini seperti dijelaskan di Auto2000.co.id

Harga Toyota Innova Venturer


Lalu bagaimana dengan harganya?

Dengan desain yang mewah dan gagah serta dilengkapi dengan berbagai fitur canggih, Toyota Innova Venturer dijual pada kisaran harga Rp 400 jutaan. Untuk harga Venturer yang menggunakan bensin sekitar Rp 405 jutaan sampai Rp 425 jutaan, sedangkan untuk yang menggunakan diesel sekitar Rp 442 jutaan sampai Rp 465 jutaan. 

Nah, jika tertarik membeli mobil Innova Venturer, teman-teman dapat membelinya dengan mudah di dealer Auto2000 terdekat yaa... Oh ya, selain menjual berbagai jenis mobil Toyota, Auto2000 juga menawarkan service dan layanan lainnya. Juga, pelayanannya yang ramah akan membuat teman-teman terbantu untuk mendapatkan mobil impian sesuai dengan harapan.

Jadi, tunggu apalagi, yuks ke Auto2000 secepatnya!😎


Happy Sharing

Dian Restu Agustina


Toyota Avanza Veloz, Simak Berbagai Kelebihan dan Spesifikasinya

Ya, Toyota Avanza Veloz, simak berbagai kelebihan dan spesifikasinya yuk..! Sebelumnya, teman-teman tahu kan kalau saat ini banyak jenis mobil keluarga yang menggunakan mesin berkapasitas 1500 cc? Nah, salah satu merk mobil yang memiliki mesin dengan kapasitas 1500 cc adalah Toyota Avanza Veloz. Yakni mobil di kelas tertinggi MPV Toyota Avanza yang memang menyediakan banyak kelebihan yang membuat pemiliknya makin happy dan enjoy saat mengendarai. 




Pasalnya Avanza Veloz, yang laris manis di dealer Auto2000, menawarkan kenyamanan dan keamanan maksimal saat berkendara. Bukan hanya itu, Toyota pun melengkapi mobil buatannya ini dengan berbagai fitur canggih yang mumpuni. Kita juga dapat menemukan berbagai informasi lengkap tentang mobil Toyota ini di Auto2000.co.id. Oh ya, selain membeli mobil, kita juga dapat melakukan perawatan dan perbaikan mobil di sana, serta membeli suku cadang asli Toyota di Auto2000 terdekat di kota tempat tinggal kita.

Nah, dibandingkan dengan MPV lainnya, New Avanza Veloz memiliki keunggulan yang lebih baik. Dan untuk mengetahui keunggulannya, kuy simak penjelasan berikut ini:

Mudik Lebaran: Me Time Saya di Kampung Halaman

Mudik Lebaran: Me Time Saya di Kampung Halaman! Yes, teman, Lebaran saya kali ini sungguh istimewa. Karena untuk pertama kalinya saya dan suami tidak berlebaran barengan alias merayakan Hari Raya Idul Fitri di tempat yang berbeda. Pasalnya, suami harus menjalankan kewajiban lain  di Jakarta, sehingga saya hanya bertiga dengan anak-anak saja berlebaran bersama Ibu Mertua dan kemudian Orang Tua.

Nah,...ternyata ini terasa juga sedihnya, meski menyenangkan juga bagi saya. Karena saya bisa me time sejenak dengan tidak "mengurusi" suami selama lebih kurang sebulan ini hihihi. Meski, masih ngurusi dua bocil yang ndilalah sering memilih nginep di rumah Budhe-nya sehingga saya sejenak bisa bebas tugas negara...haha

Lha, terus saya ngapain saja yaa?

Ada deh...kwkwkw. Yuks, lanjut dulu bacanya...!


Kampoeng Belanda
Wisata Kampoeng Tebu - Kediri

10 Jenis Pakaian yang Sebaiknya Tidak Masuk Mesin Cuci

10 Jenis Pakaian yang Sebaiknya Tidak Masuk Mesin Cuci! Wah apa saja ya? Nah, sebelumnya temans...., kini dengan bantuan internet dan search engine, kita bisa dengan mudah menemukan harga mesin cuci LG terbaru. Jadi bagi dirimu yang sedang membutuhkan mesin cuci baru, ingin mencari review serta rentang harga barang yang dimau, ini adalah hal yang tepat dan pasti akan membantu. Apalagi kini kita semakin dimudahkan saat mencari informasi dengan adanya internet dan smartphone yang kita miliki.

Termasuk juga mencari tahu jenis pakaian yang sebaiknya tidak dimasukkan ke dalam mesin cuci. 

Whaaat?? Memangnya tidak semua pakaian bisa dicuci ke mesin cuci ya?
Iyeesss!! Tidak semua pakaian bisa dicuci dengan mesin cuci!

Karena ada jenis-jenis pakaian yang tidak kompatibel alias tidak sesuai jika dicuci dengan mesin ini. Dan, informasi ini bisa kita dapatkan dengan mudah di internet. Kita tinggal mencarinya menggunakan keyword tersebut.

Etapiii...biar dirimu enggak susah-susah nyari...Baiquelah, di sini saya akan bantu share informasi. 

So cekidot, yess!

pic by pixabay

Jenis Pakaian yang Tidak Kompatibel dengan Mesin Cuci



Ya, tidak semua jenis pakaian bisa dicuci di mesin cuci. Karena akan ada resiko kerusakan pakaian yang harus kita tanggung jika kita tidak mengetahui hal ini. 

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui jenis pakaiannya terlebih dahulu. Jadi tidak hanya mencari soal harga mesin cuci LG terbaru tapi juga sekalian saja cari tahu jenis pakaian yang enggak bisa dicuci di situ.



Bukalapak
pic by pixabay



Nah, buat dirimu yang ingin tahu jenis pakaian yang sebaiknya tidak masuk ke dalam mesin cuci, kuy simak daftarnya berikut ini:


1. Baju renang

Baju renang itu terbuat dari karet. Jadi jika kita mencucinya di mesin cuci, akan membuat karetnya cepat rusak dan melar. Maka lebih baik dicuci saja pakai tangan agar tidak merusak bahan.


2. Jas

Genks, tahu kan harga jas itu tidak murah. Bahkan bisa jadi harganya sama dengan harga mesin cuci LG terbaru itu. Untuk itu, hindari memasukkan ke mesin cuci karena akan merusak bentuk dari jas itu sendiri.


3. Dasi

Biasanya, bahan yang digunakan untuk membuat dasi adalah sutra. Mencuci kain sutra di mesin cuci sangat tidak disarankan karena akan merusak serat dari kain tersebut. Maka cuci aja sendiri dasinya yaaa...!


4. Pakaian dengan payet atau hiasan lainnya

Siapa yang punya gaun berpayet, manik-manik atau hiasan lainnya? Nah, jenis pakaian ini kalau dimasukkan ke dalam mesin cuci akan merusak payet yang ada. Jadi lebih baik kita cuci secara manual agar payetnya enggak kemana-mana alias tetap berada di tempatnya.


5. Pakaian yang terkena bensin atau zat lain yang mudah terbakar

Berikutnya, jika secara tidak sengaja baju terkena bensin, alkohol atau zat lain yang mudah terbakar, sebaiknya kita juga tidak langsung memasukkannya ke dalam mesin cuci karena akan memicu kebakaran.

Hii..ngeri! Jadi, hati-hati!


6. Pakaian yang terkena noda pekat

Juga, jika pakaian kita kena noda yang duuuh...susah bener dihilanginnya. Daripada nodanya tidak bisa hilang, lebih baik kita bersihkan dulu noda pekat yang menempel pada pakaian secara manual sebelum dimasukkan ke dalam mesin cuci.


7. Pakaian yang terkena bulu hewan

Kemudian, bulu hewan yang nyangkut di baju, jika nekad langsung dimasukkan akan menyumbat saluran pembuangan. Jadi sebaiknya bersihkan dulu bulu hewan yang menempel sebelum masuk ke mesin cuci ya, Teman....!


8. Pakaian dengan renda

Sama halnya dengan pakaian berpayet, pakaian berenda juga akan rusak jika dimasukkan ke dalam mesin cuci. Jadi, sebaiknya kita mencucinya secara manual saja yaaa...


9. Pakaian yang terbuat dari bahan wol, cashmere dan velvet

Jika dicuci dengan mesin cuci, pakaian jenis ini akan lebih mudah rusak. Daripada terjadi hal yang tidak diinginkan pada pakaian, sebaiknya cuci saja bahan jenis ini secara manual, daripada nanti rusak terus nangis enggak karuan😁


10. Pakaian yang terbuat dari kulit

Jika kita tidak ingin lapisan kulit pada pakaian kita rusak, jangan mencucinya di mesin cuci. Dan, kita bisa mempercayakan ahlinya untuk mencuci pakaian dari bahan kulit ini. Misalnya kita bisa bawa ke laundry&dry cleaning yang banyak ada untuk membantu membersihkan pakaian kita.




Nah, itulah teman-teman, 10 jenis pakaian yang sebaiknya tidak kita masukkan ke dalam mesin cuci.

Mau semahal apapun mesin cuci yang kita miliki, kita tetap harus menaati hal ini jika tidak ingin pakaian kita rusak setelah dicuci. Karena meski mesin cuci memang digunakan untuk mencuci pakaian, tapi tidak untuk jenis pakaian yang disebutkan.

Oh ya, agar mencuci pakaian semakin mudah, kita sebaiknya memiliki mesin cuci di rumah.

Dan sekarang enggak perlu ribet dan bermacet-macet, karena teman-teman bisa membelinya secara online melalui Bukalapak. Teman-teman juga bisa mencari tahu harga mesin cuci LG terbaru di Bukalapak.

Nah, kalau harganya sudah cocok, langsung saja lakukan pemesanan. Lalu tinggal saja selonjoran, dan cussss...barang akan diantar dengan aman dan utuh sampai ke rumah teman-teman.

Gimana, belanja mesin cuci di Bukalapak mudah, kan?



Love,


Dian Restu Agustina


Kalau ke Jakarta, Jangan Lupa ke Sini Yaaa...

Kalau ke Jakarta, Jangan Lupa ke Sini Yaaa...! Kemana? Yuks, simak aja, tapi sebelumnya nyanyi dulu kita:

"Lenggang lenggok Jakarta, Bagai pinggul gadis remaja
Setiap pandangan selalu menatap, Penuh harapan untuk menjamah
Lenggang lenggok Jakarta, Suka membuat orang lupa
Terpikat oleh manisnya cerita, Mudah jadi jutawan di sana
Ribuan mimpi-mimpi ada, Menggoda mereka
Jangankan cari surga dunia, Neraka dunia pun ada
Lenggang lenggok Jakarta, Jadi simbol maju usaha
Tak kurang banyak juga yang kecewa, Akhirnya Cuma buang waktu saja"


Jakarta, Ibukota Negara kita memang punya sejuta pesona. Sehingga membuat banyak orang berjuang untuk menaklukkannya, seperti digambarkan dalam lagu bertajuk “Lenggang Jakarta” yang dibawakan penyanyi lawas Andi Meriem Matalatta.


Pegipegi
Monas-ikon Jakarta

Pengalaman Terbang ke London dengan Emirates

Pengalaman terbang ke London dengan Emirates bikin saya happy meski sempat ada drama di sana-sini. Penerbangan saya dan suami ke London via Dubai ini dijadwalkan pada tanggal 30 Maret 2019 pukul 00.15. Karenanya pukul 8 malam, saya dan suami sudah berangkat dari rumah kami di kawasan Joglo – Jakarta Barat. Memang sih jarak dari rumah ke Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta terbilang dekat, tapi kami enggak mau berspekulasi mengingat seringkali rute ke bandara ini sulit diprediksi. Kadang lancar, kadang juga bisa bikin deg-degan, saking panjangnya antrian. 

Tapi, Alhamdulillah malam itu perjalanan dengan ojol berjalan tanpa hambatan. Sehingga kami masih bisa bersantai menikmati bandara yang keren ini, menunggu waktu terbang yang dijadwalkan pada dini hari.