Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rekomendasi Skincare untuk Kulit Berminyak

Memilih skincare untuk kulit berminyak perlu kehatian-hatian mengingat jenis kulit ini rentan jerawatan. Meski penyebab jerawat yang paling umum adalah faktor genetik dan perubahan hormonal, kondisi kulit yang terus-menerus memproduksi minyak bisa membuat jerawat datang tanpa diundang.

Memang sih minyak yang ada di kulit memiliki manfaat menjaga kelembapan dan elastisitas juga akan melindungi dari elemen luar yang membahayakan. Namun kalau produksi minyak terlalu berlebihan akan menyumbat pori-pori, membuat wajah terlihat mengkilap, dan menyebabkan jerawat juga beruntusan. 

Duh!

Skincare Kulit Berminyak


Tapiiiii, ada lho solusi praktis yang bisa membantu saya dan teman-teman pemilik kulit berminyak untuk mengontrol produksi minyak berlebih ini. Yakni dengan memilih produk skincare yang tepat agar kulit berminyak menjadi lebih sehat.

Ya, skincare atau produk perawatan wajah yang tepat memiliki manfaat untuk meminimalisir produksi minyak di wajah. Enggak akan over minyaknya sekaligus enggak akan bikin kulit wajah menjadi kering. 

Tak hanya itu, kulit yang dirawat dengan skincare khusus untuk kulit berminyak juga akan menghasilkan wajah yang bebas kilap, nampak bersih, tidak kusam dan bebas jerawat.

Faktor-faktor Penyebab Kulit Wajah Berminyak


Well, untuk mengetahui apakah kulit wajah kita tergolong kulit berminyak atau tidak, coba perhatikan zona T, yaitu daerah dahi, hidung, dan dagu. Jika pada area itu kulit tampak mengkilap dan berminyak saat disentuh, maka kulit wajah kita termasuk jenis yang berminyak.

Nah, aktivitas dan ukuran kelenjar minyak memegang peran utama terhadap jumlah produksi minyak di wajah. Meski penyebab pastinya masih sulit ditentukan, tapi ada beberapa faktor yang memengaruhi produksi minyak berlebih ini, yakni:


✔ Faktor genetik
✔ Perubahan hormon
✔ Udara yang panas dan lembap.
✔ Konsumsi makanan yang tidak sehat
✔ Penggunaan makeup yang tidak tepat


Tips Memilih Skincare untuk Kulit Berminyak


Menemukan skincare untuk kulit berminyak memang susah-susah gampang. Maka, bagi yang memiliki kulit jenis ini, jangan sampai salah melakukan perawatan. Temukan skincare yang tidak mengikis produksi minyak alami dan bisa menjaga keseimbangan minyak yang diproduksi.

Nah, agar kulit tetap bersih dan bebas jerawat, berikut tips merawat kulit wajah berminyak yang bisa kita lakukan:

  • Pilih Jenis Produk yang Tepat

Pilih produk skincare dengan label non-komedogenik dan bebas minyak yang ampuh untuk mengontrol minyak berlebih tanpa membuatnya terlalu kering serta tidak menyumbat pori-pori sehingga wajah pun relatif aman dari jerawat. 

  • Sunscreen is A Must!

Sunscreen akan membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang bisa merusak kulit, juga mencegah keriput, bintik hitam, hingga kanker kulit. Maka mengingat manfaatnya, gunakan sunscreen setiap hari, meski sedang berada di dalam ruangan. Ulangi pemakaian setiap 2 jam jika kulit terpapar sinar matahari sepanjang hari atau setelah wajah terbasuh air.

  • Kontrol Minyak dengan Skincare untuk Kulit Berminyak

Pilihlah produk pembersih wajah yang sifatnya lembut agar proses membersihkan tetap efektif namun tidak sampai merusaknya.  Gunakan juga masker secara rutin untuk membantu atasi masalah ini. 

Lalu pilihlah pelembap wajah yang ringan dan bebas minyak untuk menjaga kulit tetap terhidrasi. Kemudian, gunakan pula toner setelah mencuci wajah untuk menjaga kehalusan kulit, melembutkan, dan menenangkan. 

Tak lupa aplikasikan serum yang bisa membantu meremajakan kulit, mengurangi kemerahan, memperbaiki tekstur yang tidak rata, dan menjaga kulit berminyak kita tetap kencang.


Skincare untuk Kulit Berminyak di Shopee




Rekomendasi Skincare untuk Kulit Berminyak


Well, saya dan teman-teman yang memiliki kulit berminyak, tentunya harus pintar-pintar memilih skincare yang tepat. Karena kalau salah pilih, bisa-bisa malah membuat kulit wajah makin berminyak dan berjerawat.

Seperti yang kita tahu, kini banyak sekali produk skincare yang dikhususkan untuk kulit wajah berminyak. Nah, kalau tipe kulitmu berminyak dan belum menemukan skincare andalan berikut rekomendasi skincare untuk kulit berminyak yang bisa jadi pertimbangan!


1. Cetaphil Oily Skin Cleanser

Harga Rp 165.000 (isi: 125 ml) di Shopee

Cetaphil Oily Skin Cleanser adalah pembersih wajah yang tepat untuk kulit berminyak bahkan yang sensitif sekalipun. Dapat digunakan setiap hari karena formulanya lembut. Produk ini akan membantu mengurangi minyak berlebih tanpa mengurangi kandungan air di kulit, sehingga dapat menjaga kelembapan kulit.

Cetaphil Oily Skin Cleanser teruji klinis membersihkan dan mengurangi kadar minyak berlebih di wajah dalam 2 minggu tanpa membuat kulit kering. Cetaphil Oily Skin Cleanser juga memiliki kandungan panthenol yang bertujuan untuk membantu menjaga kelembapan kulit.

Shopee 11.11 Big Sale



2. Wardah Everyday BB Cream Natural 

Harga Rp 25.650 (isi 15 ml) di Shopee

Wardah Everyday BB Cream Natural memiliki formula unik Water Break Technology yang melepaskan bulir-bulir air yang akan melembapkan dan memberikan kesegaran serta efek sejuk saat BB cream diaplikasikan pada wajah.

Krim yang satu ini dirancang khusus untuk mengusir minyak dari wajah. Produk ini aman digunakan. Karena kandungan ekstrak lidah buayanya akan melembapkan kulit, sedangkan kandungan ekstrak witch hazelnya akan mengontrol produksi minyak berlebih serta mengurangi pori-pori besar pada wajah. Sehingga kulit pun menjadi lebih halus dan cerah.


Wardah Everyday BB Cream Natural




3. Acnes Oil Control Face Wash

Harga Rp 15. 900 (isi 50 gram) di Shopee

Acnes Oil Control Face Wash adalah pembersih wajah dengan kandungan natural active ingredient yang memberikan 3 manfaat sekaligus :
  • Kombinasi 8 extract tanaman membantu mengurangi minyak berlebih sehingga kulit tampak bebas minyak seketika
  • Butiran lembut microbeads membersihkan kulit lebih optimal
  • Menjaga kelembapan dan kelembutan kulit serta membantu mencegah jerawat

Shopee Big Sale



4. Pond'S White Beauty Perfect Potion Essence

Harga Rp 31.200 (50 ml) di Shopee

Pond's White Beauty Perfect Potion Essence terinspirasi dari tren perawatan Korea yang merupakan teknologi terbaru dari Pond's yang dapat digunakan sebagai toner, essence, dan mask hanya dengan satu botol. 

Terbuat dari 4D hyaluronic Acid yang mampu melembapkan setiap lapisan kulit, Glutaboost Essence yang merupakan antioksidan alami dalam kulit (glutathione) yang mencerahkan wajah dan menyamarkan bintik hitam, bekerja 10x lebih efektif dibandingkan vitamin C, dan vitamin B3+ yang mampu mengurangi kekusaman dan membuat pori tampak lebih kecil. 


Belanja skincare untuk kulit berminyak di Shopee



5. Viva Pelembab Green Tea

Harga Rp 7. 352 (30 ml) di Shopee

Lotion pelembap untuk kulit berminyak yang mengandung Ekstrak Green Tea sebagai Antioksidan, sehingga kulit tetap lembap dan segar, UV Filter untuk melindungi kulit dari sinar matahari, dan Oil Control untuk menyerap kelebihan minyak.

Tips Skincare untuk kulit berminyak



Nah, itulah tadi rekomendasi skincare untuk kulit berminyak yang bisa dijadikan referensi. Di dalam produk-produk tersebut terkandung bahan-bahan untuk membantu mencegah terjadinya noda pada wajah, peradangan akibat jerawat, dan mengontrol produksi minyak berlebih yang membuat tampak sehat, segar dan cerah.

Yuk, segera mulai rutinitas skincare hari ini juga agar kesehatan kulit kita terjaga!

Oh ya, kalau dirimu mau beli skincare yang original dari brand ternama dengan harga ekonomis, langsung saja kunjungi Shopee sekarang ya.....

Karena hari ini sedang berlangsung promo Shopee Mall Day dalam Shopee 11.11 Big Sale !!

Baiklah, saya mau belanja duluuuu....! See You!!🌸



Be Your Own Kind of Beautiful

signature-fonts
Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

73 komentar untuk "Rekomendasi Skincare untuk Kulit Berminyak"

  1. Wow ada Wardah, brand favoritku :) Entah kenapa suka aja sama Wardah, skincare dan make upnya cocok smua di kulitku. Tapi semenjak jadi ibu, random aja sih merk skincareku tergantung diskon di marketplace :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah..sama kita, Wardah merk favorit dan cocok saya:)

      Hapus
  2. Wardah BB Cream oxydized di saya. Kalau fondi yg tahan lama di hidung berminyak apa Mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pakai "saudaranya" Wardah..Make Over Powerstay untuk foundie-nya. Cakep!

      Hapus
  3. Mba Dian, selalu keren seperti biasa deh ulasannya.
    Lengkap produk dan harganya jadi bisa langsung milih yang sesuai dengan kantong dan kebutuhan.
    Produk no 2 menjadi produk paling familiar buat saya Mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih
      Iya, Mbak..saya juga sesuaikan dengan kantong dulu baru kebutuhan :D

      Hapus
  4. Saya pun punya kulit berminyak sejak dulu sampai sekarang. Jadi meski umur udah jelang lima puluh tahun tapi masih suka jerawatan, ha ha..
    Dan untuk perawatannya saya pakai masker ketimun yang aku bikin sendiri. Untuk merk skincare aku nggak fanatik dengan merk tertentu, mneyesuaikan isi dompet aja biasanya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lha, sama Mbak..karena berminyak kulitnya saya juga masih jerawatan sampai sekarang, padahal dah jelita usia haha
      Dan saya pakai juga perawtaan alami, maka gambar di atas ada mix alami dan skincare pabrikan...dan pasti sesuai harga tertera di atas, sesuaikan isi dompet hihi

      Hapus
  5. Ulasannya oke mba Dian.. ternyata yang harganya murah tapi oke ada juga ya skincare nya. Buatan Indonesia lagi.. btw,kenapa ya orang yang wajahnya berminyak cenderung lebih nampak awet muda dibanding yang kulitnya kering?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya malah banyak pakai yang lokal karena lebih cocok, Mbak
      Kalau kulit berminyak kulit selalu lembap sehingga keriput telat datang, maka terlihat lebih awet muda dibanding yang berkulit kering

      Hapus
  6. Sebagai yang berkulit berminyak, aku baru pernah coba bb creamnya wardah aja, nih.

    BalasHapus
  7. Lengkap ulasannya mba Diah...Cetaphil nih oke punya emang...Viva juga, merek lawas tapi sampai sekarang bisa dibilang oke banget...Saya pakai varian lain sih yang untuk kulit kering :)

    BalasHapus
  8. saya dulu pas remaja kulit berminyak banget. sekarang malah hilang gitu minyaknya. Apa karena faktor usia ya. Saya pribadi lebih memilih produk lokal sih

    BalasHapus
  9. Wah akhirnya ada referensi lengkap juga nih mengenai skin care buat kulit berminyak mana harga terjangkau lagi ya...secara kulitku ampun dah klo keluar minyaknya kyknya bisa ditampung di gelas buat bikin gorengan wkwkwk..mksh ya mbak infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkw sama
      atau kalau gak minyaknya bisa ditambang saking banyaknya ya

      Hapus
  10. Aku pun memiliki jenis kulit yang berminyak dan emang jadi lebih hati-hati juga sih pilih produk skincare dan make up. Kadang yang cocok untuk kulit berminyak belum tentu cocok untuk kulitku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Mbak...yang cocok dipakai orang belum tentu cocok buat kita

      Hapus
  11. Bener banget mbak sunscreen itu wajib malah buat semua jenis kulit ya. Rekomendasinya ada merek Viva juga ya, legend banget ini dari jaman aku kecil sudah lihat tante & mamaku pakai. Aku juga pakai wardah nih BB Creamnya

    BalasHapus
  12. Kulit wajahku berminyak di daerah T. Sekarang makin banyak bintik hitamnya hahaha....emang dasarnya aku kurang rajin perawatan sih hihihih. Aku pernah pakai sunscreen Wardah dan cocok. Kalau lainnya belum pernah. Eh yg Viva aku pakai pembersih dan tonernya duluuu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga perawatan di rumah aja Mbak..yang basic aja , itupun termasuk telat mulainya :)

      Hapus
  13. Dulu kulit wajahku berminyak banget. Tetapi makin ke sini, makin kering. Tapi dulu pun walaupun berminyak, moisturizer mah wajib. Soalnya, kalo ga, malah kering dan bersisik. Makasih reviewnya mb Dian...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin faktor usia, pengaruh hormon ya Mbak..jadi makin kering kulitnya

      Hapus
  14. Kulit berminyak punya tantangan sendiri yang harus disiasati. Saya merasakannya. Kalau saya pilih yang produk lokal dan sejuta umat. Hihihi
    Makasih rekomendasinya Mbak.

    BalasHapus
  15. nah aku juga nih punya kulit berminyak, dan emang mesti coba trial and error ya buat skincare, ga semua cocok juga, aku pernah acnes ga cocok mba, malah jerawatan, klo merk viva, wardah aku cocok

    BalasHapus
  16. Kulit saya sekarang cenderung kering, sepertinya malah harus menghindari semua skincare di atas. Berarti harus cari rekomendasi skincare untuk kulit kering ya, ada saran, Mbak?

    BalasHapus
  17. Aku punya Viva pelembab yang green tea itu mba padahal wajahku kering. Asik nih kadang khilaf belanja di Shope Hehehe

    BalasHapus
  18. Wew harga di Shopee lebih miring ya kak. Terimakasih sudah share skincare kulit berminyak. Sama kayak kulitku nih. Aku biasa pakai ponds. Mau intip di shopee ah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Kak..ini official store brand tersebut di Shopee, lebih hemat dan pasti ori

      Hapus
  19. Saya dulu waktu jerawat memenuhi muka disatankan pakai cetaphil tapi ga saya pakai. Ternyata justru rekomendasi no 1 ya? Tapi sekarang tidak jerawat, saya pakai yg no 2. Baru tau kalau bb cream watdah mengandung bulir air yg terpisah buat melembabkan kulit wajah. Jadi pas banget ya pilihan saya. Padahal awalnya pilih wardah krn kosmetik paling cocok sama wajah saya aja.. xixixi.. ga mikir yg lain.

    BalasHapus
  20. Dulu saya pake wardah, cocok. Sayang sekarang jauh di Jermsn, berat diongkos.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya waktu tinggal di Amerika, juga sempat ga pakai Wardah, balik ke Jakarta pakai lagi. Meski di Toko Asia di sana ada beberapa kosmetik Indonesia tapi enggak lengkap

      Hapus
  21. penting banget nih buat para wanita yang jenis kulitnya berminyak, jangan salah pilih skincare, harus yang tepat biar kulit tetap sehat

    BalasHapus
  22. Kebetulan saya pemilik kulit kering dan sensitif mba Dian, tapi perlu juga daapt wawasan skincare tipe kulit berminyak ini supaya bisa merekomendasikannya pada adik/sahabat yg punya kulit berminyak. Emangya kita harus pilih skincare/bodycare sesuai kondisi kulit dan kebutuhannya.

    BalasHapus
  23. Pas 10.10 saya ketinggalan nih... Sekarang 11.11 jangan sampai kelewat, kebetulan ada beberapa produk skincare yang udah mau abis

    BalasHapus
  24. Tipe kulit saya juga berminyak. Setuju banget kalau sunscreen adalah hal wajib. sejak rajin skincare-an secara bertahap wajah nggak kayak kilang minyak banget. Btw yang pernah saya pakai di atas produk cetaphile dan acnes ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, kalau rajin merawat dengan skincare yang sesuai, minyak akan terkontrol

      Hapus
  25. Wah mantap reviewnya mbak...
    Lengkap buat bantu yg kulitnya berminyak...

    BalasHapus
  26. Kulitku termasuk jenis kulit kombinasi tapi memang yang bagian berminyak itu ganggu banget, bikin makeup nggak bisa nempel. Baru tahu soal Pond'S White Beauty Perfect Potion Essence, ngeliat fungsinya yang banyak dan harganya yang murmer itu jadi pengen nyoba.

    BalasHapus
  27. pake cetaphil itu sayangnya aku gak cocok deh, hiks.. kayanya aku pengen coba yg pond's potion essence itu ya harganya lebih terjangkau dan praktis banyak fungsinya

    BalasHapus
  28. Pengen coba dari mulai yang murah nih...semoga cucok..hehe Kalo nggak cucok baru deh naik ke level yang lebih mahal lagi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. murah kalau cocok gapapa, Mbak
      saya yang mahal brand luar malah jerawatan parah, brand lokal cocok malah.
      Alhamdulillah kwkw

      Hapus
  29. Kulitku normal jadi ga ada pengalaman mengatasi kulit berminyak tapi aku pernah pakai Cetaphil. Menurutku ini ok banget buat facial wash dan ga berbau.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya maka diresepkan oleh dokter kulit kalau periksa jerawat biasanya

      Hapus
  30. Baru tau pelembab viva green tea, packagingnyaaa masih yang lama ya. Sata taunya yang warna coklat muda. Cethapil ini lumayan juga ya harganya xixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, viva ada yang green tea...
      Cetaphil mahal biasa disarankan dokter kulit untuk kulit berminyak yang jerawatan

      Hapus
  31. Akuuu kombinasi dan cenderung berminyak. Tapi untuk area mata dan dahi sekarang kelihatan kering. faktor T kali yak. ALias Tuwek, kekeke. Kapan hari aku udah checkout pelembab pakek promo 11.11 dong. Kan aku Member Gold di Shopee. Rajin nyari diskonan, kekekek

    BalasHapus
  32. Cetaphil ini bagus bener keknya ya. Temen aku jg byk yg rekomendasiin. Tp kulit aku udh berubah tipenya nih. Dulu normal to oily. Skrg normal to dry. Heu

    BalasHapus
  33. Aku juga pemilik oily & acne skin makanya sampe sekarang masih suka berpetualang nyari skincare yang paling nyaman buat kulitku.

    Cuma belakangan lagi suka pake skincare yang ada kandungan Cicanya gitu sih.Btw TFS

    BalasHapus
  34. Aku dulu pernah makai Cetaphil. Kalau yang sekarang masih kupakai acne facial washnya hehe. Cocok buat wajahku jelang menstruasi yg biasanya langsung jerawatan :D
    Btw kalau sunscreennya utk kulit berminyak ada saran gak sih sebaiknya pakai yg basanya dr bahan apa trus brp SPF-nya?

    BalasHapus
  35. Wah, ini buat kulit berminyak ya. Aku kulitnya kering deh. Boleh-boleh deh ini aku rekomendasikan ke adikku. Kulitnya berminyak banget. Aku suruh berburu di Shopee nanti pas 11.11 aja ya biar harganya bisa murah banget.

    BalasHapus
  36. Rasanya aku dulu waktu masih remaja jenis kulitnya sedikit berminyak.
    Semakin menanjak usianya, jenis kulit berubah menjadi cenderung kering.
    Aga sedih sih..heuheu~ cepet kering kalo kedinginan, terutama.

    BalasHapus
  37. Aku termasuk pengguna skincare yang mempertimbangkan budget dan terutama efektivitas serta kebutuhan kulit.

    YES.
    Jadi penting banget mengetahui jenis kulit sebelum membeli rekomendasi skincare!

    ... dan aku termasuk jenis kulit kering.

    Nah, buat yang kulit berminyak, monggo nih, ada rekomendasi Mak Dian

    BalasHapus
  38. Kulit saya lebih repot lagi, tipe kombinasi. Jadi memang harus teliti pilih produk Skin care. Saya juga produknya campur-campur dari beberapa merk. Pembersih pakai A, pelembab pakai B. Dan kl sudah cocok, ga bisa ganti-ganti..

    BalasHapus

  39. Well, yes, you shouldn't just choose a skin care package according to your skin type for maximum results. oily skin does need special care

    BalasHapus
  40. Mbaa makasih banget tipsnya sesuai yang aku butuhkan ini. Dulu padhaal kulitku nggak berminyak. Makin ke sini kok ada semacam minyak gitu hiks

    BalasHapus
  41. kulit aku banget nih mbak, berminyak dan gampang jerawatan, emang paling sebel kalau tiba tiba muncul calon jerawat di muka, karena lama lama akan membesar dan pastinya ninggalin bekas
    milih produk pun nggak bisa asal juga, salah satu dari produk ini kayak cetaphil aku pakai, enak juga

    BalasHapus
  42. Waaah, sepertinya aku harus nyobain nih, secara kulitku emang jenis berminyak gitu. Suka bete emang pas jerawat muncul trus susah banget minggatnya. Makasih artikelnya, mbak.

    BalasHapus