Resep Rempeyek Kacang yang Renyah dan Nendang!

Rempeyek (atau lebih sering disebut peyek di Kediri - kampung halaman saya), adalah sejenis makanan dari kelompok gorengan yang biasa disajikan dan dinikmati dengan beraneka hidangan. Rempeyek bisa langsung dijadikan camilan, teman makan nasi pecel/nasi tumpang atau disajikan sebagai pelengkap makanan.

Dengan tekstur renyah dan kering, serta didominasi rasa asin yang gurih, rempeyek punya banyak pilihan isian. Biasa isinya kacang tanah, kacang kedelai, kacang ijo, ebi, teri, hingga.... laron!

Ukuran rempeyek pun beragam, mulai dari seukuran genggaman tangan, hingga lebih lebar dengan bentuk ada yang tak beraturan pun berbentuk bulat hasil cetakan.

Sementara untuk tampilan rempeyek ini ada yang kecoklatan, ada juga yang putih permukaannya. Sepertinya sih tergantung pada rempeyek dari daerah mana. 

Seperti rempeyek yang pernah saya bikin dan jual, versi Kediri berikut ini!

Resep Rempeyek Kacang

Saya (Mantan) Penjual Rempeyek!


Nah, dulu sebelum aktif ngeblog saya sempat berjualan rempeyek yang saya produksi sendiri. Sendiri ini dalam arti benar-benar sendiri hihihi. Mulai dari belanja bahan, bebikinan, mengemas hingga berjualan.

Beneran, kalau diingat saya merasa diri ini hebat (puji diri sendiri gapapa ya hahaha). 

Awalnya jualan rempeyek sih enggak sengaja. Saat itu saya browsing resep dan nemu resep rempeyek kacang dari blog Dharma Wanita Persatuan KBRI Colombo. Terus saya coba dong! Dan hasilnya ternyata pas buat lidah saya. Suami dan anak-anak juga memuji rempeyek kacangnya renyah dan pas rasanya.

Enggak begitu saja percaya, saya pun kasih tetangga sebelah rumah juga beberapa teman macan ternak (mama cantik anter anak), ibu teman sekolah anak saya yang saat itu SD dan TK. 

Sebagian besar bilang enak, meski ada juga yang komen katanya kurang asin, juga keasinan. Memang ya, nurutin selera orang itu susah...Kalau semua didengarkan bakal bingung kita, apalagi kalau berlawanan selera seperti soal asin tadi.

Saya menampung semua feedback-nya...Dan sempat trial &error resep lagi, meski ternyata balik ke resep awal karena kata suami udah paling pas ini. 

Yang saya ikuti sih saran tentang isian. Sebelumnya saya cuma bikin rempeyek kacang, akhirnya bikin juga rempeyek kacang ijo dan ebi tapi dua yang terakhir by Pre Order. Pasalnya di rumah paling laris rempeyek kacang. Alasan saya pilih varian ini, kalau enggak laku bisa dimakan sendiri. Kalau yang varian lain di rumah kurang laku, sayang kalau nanti enggak laku. Sesimpel itu!

Memang sih rempeyek ini awet, cuma kalau homemade dan sudah dikemas di plastik bisa tengik karena pengaruh minyak gorengnya. Maka, enggak bisa sampai berhari-hari umurnya. Lebih baik bikin fresh dan langsung sampai ke tangan pembeli. Jadi teksturnya masih renyah teksturnya dan aroma tak berubah.

Juga, untuk menghindari ini, saat itu saya mengemasnya pakai plastik tebal bukan tipis seperti yang dijajakan di warung-warung. Biar lebih tahan lama dan enggak berubah rasa jika enggak langsung dibuka. Meski harga plastik tebal ini jadi masuk ke biaya produksi. 

Nah, rempeyek saya jual 20 ribu/plastik dengan berat 250 gram. Keuntungan bersih (saat itu tahun 2015) sebesar 50%. 

Biasanya saya bikin 2-3 kg hasil jadi. Saya lupa dari bahan berapa hahaha. Pokoknya nanti jadi sekitar 10 pak (plus sengaja nyisain buat di rumah). Sehingga saya dapat keuntungan 100 ribu sekali produksi (saya buatnya 2-3 kali seminggu, kadang lebih jika ada pesanan).

Waktu itu, saya jual ke teman-teman dan bawa rempeyeknya ke sekolahan. Atau antar ke rumah mereka yang dekat rumah saya. Oia, saat itu belum marak WhatsApp Group (WAG) ya, adanya Blackberry Messenger (BBM). Juga online shopping belum seheboh sekarang. Jadi saya jualan masih manual dan dari mulut ke mulut.

Tapiii.....ternyata bikin rempeyek itu butuh effort tinggi. Apalagi kalau semua dilakukan sendiri, dari proses di hulu sampai hilir. Setelah setahunan saya pun memutuskan berhenti hihihi

Sebabnya? Sebelumnya saya Long Distance Married (LDM) sama suami, dan saat itu Beliau sudah balik mutasi ke Jakarta lagi. Jadi nambah yang diurusin, enggak cuma anak tapi juga suami. Apalagi enggak lama saya kenal blog ini dan jadi lebih betah di depan laptop daripada di depan wajan! Kwkwk

Nah, berikut resep rempeyek kacang yang dulu pernah saya jual. Lebih kurangnya sesuaikan dengan selera masing-masing ya teman-teman...!

sambal tumpang

Resep Rempeyek Kacang


Bahan-bahan:

500 gram tepung beras
250 gram tepung tapioka
250 gram kacang tanah, potong-potong
1 liter santan (bisa pakai 2 buah santan instan 200 ml, ditambahkan air hingga satu liter)
2 butir telur, kocok lepas
2 sdt ketumbar bubuk
3 buah kemiri
5 siung bawang putih
20 lembar daun jeruk purut – rajang halus
Garam sesuai selera
Minyak goreng

Cara membuat:

Haluskan kemiri dan bawang putih 
Campurkan tepung beras, tepung tapioka, telur, kacang tanah, ketumbar bubuk, kemiri dan bawang putih yang sudah dihaluskan, garam dan rajangan daun jeruk, aduk rata
Masukkan santan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga adonan tercampur 
Panaskan minyak goreng
Kalau minyak sudah panas maka adonan bisa dituang di pinggir penggorengan
Rempeyek akan lepas sendiri dari sisi penggorengan
Angkat dan sisihkan rempeyek yang sudah matang dan biarkan dingin
Simpan di toples kering dan kedap udara agar krispinya tahan lama
Sajikan sebagai camilan atau peneman hidangan


*mohon maaf tidak ada foto pendukung saat jejualan karena semua foto ada di HP saya yang hilang


Selamat Mencoba

signature-fonts

Japan Drill Bahan Seragam Terbaik untuk Perusahaan

Temaaan, sebagai pemilik usaha, dirimu mesti tahu bahwa persepsi pelanggan terhadap brand adalah segalanya. Maka, keberadaan seragam resmi yang membuat perusahaan langsung dikenali, itu penting sekali! Seragam yang tepat akan membuat kepercayaan pelanggan semakin meningkat. Ini membuat baik buruknya citra perusahaan akan tergambar pada pemilihan bahan dasar seragam. Karena itu, pemilihan jenis kain sebagai bahan seragam terbaik untuk perusahaan penting dipertimbangkan. Diantaranya, Japan Drill yang merupakan bahan seragam yang memiliki tingkat ketebalan lebih, tapi tingkat kelembutan dan kelenturannya medium. Menjadikan seragam lebih tahan lama juga akan memberi kenyamanan pada karyawan yang merupakan prioritas utama.


Dimana beli Japan Drill

Tapi, Sejatinya Apa sih Pentingnya Seragam Perusahaan Ini?


Well, seragam akan menunjukkan kepedulian perusahaan pada karyawan. Di mana hal ini membuat mereka merasa dihargai sebagai bagian dari tim yang akan berdampak positif pada menguatnya rasa kekeluargaan. 

Enggak itu saja, seragam juga akan meningkatkan citra keseluruhan dan persepsi publik tentang sebuah perusahaan. Juga, rasa konsistensi merek dan kredibilitas yang membuat perusahaan terlihat seperti tempat berbisnis yang lebih terjamin dan aman. 

Ya, sedemikian pentingnya seragam perusahaan mengingat:

✔Jika tidak menggunakan pakaian seragam, tentunya tidak akan mudah membedakan pakaian antara klien perusahaan dan karyawan

✔Seragam juga membantu membedakan satu divisi dengan divisi lainnya pada suatu perusahaan sehingga memudahkan manajemen mengatur karyawan

✔Pakaian seragam itu penting karena akan memberikan dampak penghematan dan efisiensi bagi setiap karyawan di dalam pengeluaran untuk membeli pakaian kerja

✔Seragam menjadi corporate branding yang membuat masyarakat luas mengenal lebih dekat sehingga memberikan kebanggaan tersendiri bagi perusahaan dan membantu dalam mendongkrak popularitas

✔Memberikan rasa bangga tersendiri bagi karyawan, terlebih lagi jika seragam kerja tersebut berasal dari perusahaan yang bonafit dan ternama 

✔Memberikan perlindungan kepada karyawan karena dengan mengenakan pakaian yang sesuai, maka akan meminimalisir terjadinya kecelakaan kerja.

✔Seragam mampu meningkatkan motivasi karyawan untuk bekerja karena dengan rasa bangga yang ada di dalam dirinya kinerja mereka akan maksimal.


Toko Tekstile Surabaya Mitra Mulia


Nah, Karena Itulah Perlu Beberapa Pertimbangan Sebelum Memilih Bahan Seragam Terbaik untuk Perusahaan!


You know, karyawan perusahaan mengenakan seragam pada jam kerja dengan durasi yang lama. Itu sebabnya kenyamanan harus menjadi prioritas utama. Enggak mau dong gara-gara asal pilih jenis kain yang ternyata buruk kualitasnya, bikin enggak nyaman pakainya, sehingga terpaksa mesti ganti seragamnya? 

Bakal rugi berapa aja tuh! Duh!

Maka dari itu, pertama, pilihlah bahan kain yang pas dengan kondisi kerja karyawan dan pastikan bahannya nyaman. Gunakan bahan yang berkualitas agar seragam memiliki umur pemakaian yang lama, sebagai salah satu cara untuk menghemat biaya ke depannya.

Kemudian, sesuaikan warna seragam dengan bidang perusahaan yang sedang dijalankan, mengingat warna termasuk hal yang penting untuk menunjukkan identitas perusahaan. 

Lalu, pastikan seragam perusahaan tidak memiliki model yang ribet sehingga akan menyulitkan karyawan saat bekerja. Ikuti pula tren gaya busana yang ada sehingga perusahaan akan terlihat lebih modern, maju dan siap mengikuti perubahan zaman.

Juga pastikan ukuran pas untuk dipakai karyawan. Karena kesesuaian seragam perusahaan yang baik akan meningkatkan kepercayaan diri dan menciptakan kinerja yang lebih baik lagi.

Jangan lupa pilih bahan seragam yang harganya sesuai dengan biaya yang dimiliki tanpa menghilangkan tampak kualitas seragam itu sendiri. Mengingat kualitas seragam menggambarkan baik buruknya citra perusahaan. Seperti jenis kain yang ideal untuk membuat seragam yaitu high quality Japan Drill yang dicirikan sebagai kain dengan kelembutan dan kelenturan medium dengan tingkat ketebalan yang lebih.


Tips memilih bahan seragam perusahaan

Mengapa sih Harus Japan Drill?


FYI, secara umum Japan Drill ini lebih disarankan untuk membuat seragam outdoor karena kualitas bahannya lebih tahan lama. Memang sejumlah fitur unggulan yang ditawarkan Japan Drill membuatnya sesuai untuk dijadikan seragam perusahaan, Pakaian Dinas Lapangan (PDL), jas almamater, kemeja kerja, juga celana. 

Bahkan bisa dikatakan Japan Drill enggak kalah bagusnya dari Nagata Drill - yang saat ini dinilai sebagai kain drill paling premium. Karena hampir semua karakteristik Nagata Drill ada pada Japan Drill, diantaranya:


1. Breathable

Karakteristik bahan baju Japan Drill lebih baik dalam sirkulasi udara, sedikit berbeda dengan Nagata Drill yang hanya bisa menyerap keringat saat kain dalam kondisi dingin saja. Pasalnya, pori-pori pada fisik rajutan Japan Drill bisa memberi kesempatan udara berganti sehingga tingkat oksigen yang dibutuhkan kulit tetap terjaga. Ini membuat keringat lebih bisa dikontrol kadarnya. Daya serap keringat yang ditawarkan juga cukup tinggi sehingga mampu bekerja maksimal pada semua kondisi.

2. Tingkat Kelembutan

Seragam termasuk jenis pakaian yang menempel ke badan dengan frekuensi gesekan dengan kulit yang tak bisa dihindari. Karenanya, tingkat kelembutan kain (hand feel) yang bisa dirasakan saat kain diusap dengan tangan atau ketika berinteraksi dengan kulit punya kontribusi langsung dalam menjaga kulit kita. Nah, Japan Drill memiliki kualitas ini!

3. Tingkat Kekakuan

Seragam perusahaan yang baik idealnya mesti lentur sehingga memudahkan pergerakan saat dipakai karyawan. Tingkat kekakuan (stiffness) akan berpengaruh pada kelenturan kain. Nah, meski memiliki ketebalan tinggi, Japan Drill cukup lentur sehingga memungkinkan pemakainya untuk tetap bisa bergerak bebas.

4. Fisik Rajutan

Bahan baju Japan Drill memang tebal namun cukup lemas saat digunakan. Pasalnya, serat katun yang dibentuk dengan pola diagonal memberi tekstur tersendiri yang jika dilihat lebih cermat menyerupai hasil rajutan. Sekilas memang tampak kasar jika dilihat, tapi sebenarnya cukup lembut ketiga dipegang. 

5. Durable

Dengan perawatan yang tepat, seragam perusahaan berbahan Japan Drill akan tampak seperti baru untuk jangka waktu lama. Pasalnya kain Japan Drill ini sangat tahan lama meski dicuci dan digunakan berulang kali. Ketahanan ini bisa dilihat dari kualitas kain yang tak mudah mengalami deformasi, baik dari segi bentuk dan warna. 


Keunggulan Japan Drill


See, Karakteristik Japan Drill Tadi Membuatnya punya Keunggulan, Diantaranya:


Tak Mudah Kusut

Proses perawatan Japan Drill lebih mudah dibandingkan jenis kain drill lainnya. Lantaran tingkat ketebalannya yang tinggi menghadirkan kelebihan tersendiri yang membuat potensi terjadinya lipatan pada baju, seperti di bagian bawah kemeja, juga bisa dihindari. Sehingga bahan jenis ini tak mudah kusut.

Tak Mudah Terbakar

Memiliki kontruksi dengan komposisi katun lebih tinggi, Japan Drill menawarkan ketahanan tingkat tinggi sehingga tak mudah terbakar. Memang jenis kain drill punya dua bahan utama yaitu polyester dan katun. Di mana bahan polyester unggul dalam aspek keringanan yang membuatnya jadi punya kelemahan kurang tahan api. 

Tahan Gesekan dan Tarikan

Untuk jangka panjang, penggunaan Japan Drill sebagai seragam perusahaan bisa mengurangi beban operasional karena tak harus memperbarui setiap periode berganti. Pasalnya, Japan Drill memiliki karakteristik tahan gesekan dan tarikan sehingga mampu berfungsi utama sebagai pelindung tubuh karyawan perusahaan. Karenanya bahan ini banyak dipilih sebagai bahan dasar seragam kerja.

Tahan Lipatan dan Penyusutan

Bahan pakaian Japan Drill memiliki serat tinggi yang membuat kain ini tahan lipatan dan penyusutan. Faktor ini juga berkontribusi pada tingkat ketebalan, sehingga meski kain cenderung tebal tapi sangat tahan lipatan dan penyusutan.

Lalu Bagaimana Cara Perawatan Bahan Seragam Japan Drill Itu?


Berbeda dengan jenis bahan seragam lainnya, high quality Japan Drill memakai komposisi katun yang lebih tinggi dibanding polyester di mana kombinasi keduanya kemudian dirajut secara diagonal atau miring. Itu sebabnya, tampak lebih tebal kainnya.

Sementara untuk proses perawatannya sendiri sih enggak sulit, kok! Karena komposisi katun lebih banyak,  cara mencuci seragam kerja dari jenis ini kurang lebih sama dengan jenis kain lainnya, yakni:

  1. Rendam seragam selama 30 menit, lalu cuci seperti biasa, baik dengan mesin atau tangan
  2. Jemur di tempat yang terhindar dari matahari langsung
  3. Saat menjemur, pastikan membalik pakaian sehingga sisi dalam ada di luar
  4. Jangan pakai suhu tinggi saat menyetrika karena kondisi tertentu mampu melelehkan serat katun
  5. Seragam sebaiknya disimpan dengan cara digantung, bukan dilipat, untuk mengurangi potensi terjadinya lipatan dan kain kusut sehingga durasi pakai menjadi lebih lama

Karakteristik Japan Drill


Oia, Berapa Harga Bahan Seragam Japan Drill dan Dimana Belinya?



Well, dengan fitur dan kualitas yang hampir sama dengan Nagata Drill, Japan Drill menawarkan harga yang lebih ramah di kantong. High quality Japan Drill yang lebih ekonomis, sesuai bagi siapa saja yang menginginkan jenis kain yang fleksibel dan mampu menunjang semua kegiatan. Membuatnya sangat direkomendasikan dilihat dari aspek mana saja, terlebih untuk iklim tropis seperti Indonesia.

Adalah Mitra Mulia, distributor terlengkap dan terpercaya yang menawarkan bahan baju Japan Drill dengan harga Rp. 28,000 per meter untuk semua variannya. Beragam pilihan warna Japan Drill juga tersedia dalam bentuk kode guna memudahkan saat memilihnya. 

Kita juga tak harus membeli satu pieces utuh lho jika ingin mengetahui kualitas kain drill-nya. Karena, bahan bisa dibeli di Mitra Mulia secara eceran dengan harga per meter untuk mencoba, dan tersedia juga katalog lengkap sebagai acuan untuk memilih warnanya.

Jadi kalau lagi cari Japan Drill - bahan seragam terbaik untuk perusahaan, langsung saja ke Mitra Mulia yang akan membantu menemukan kain yang tepat sesuai kebutuhan kita. Oia, jangan lewatkan juga penawaran menarik lain dengan tanpa syarat untuk tiap pembelian bahannya yaaa...! 

See Ya!💖



Website: www.mitramulia.com | Twitter: @MitraMulia2 | FB: Mitra Mulia | 
IG: @mitra.mulia | Youtube: Mitra Mulia Textile | 
Shopee: @mitramuliaolshop | WA: 081703812160



Happy Sharing

signature-fonts

Itinerary 3 Hari 2 Malam ke Labuan Bajo

"Jadi ikutan ya? Mumpung rombongan jadi biayanya lebih ringan."
"Hm, tapi cuma Jumat sampai Minggu ya?"
"Iya, memang ambil paket tur, jadi semua sudah diatur!"
"Ya deh, gapapa lah, pergi sendiri bisa lebih mahal nanti.."

Begitulah obrolan saya sama suami sebelum keberangkatan ke Labuan Bajo. Jadi ada acara semacam weekend getaway bareng teman sekantornya. Jika keluarga mau ikutan dipersilakan, dengan biaya sendiri pasti!

Beberapa kali saat ada kegiatan seperti ini, suami saya selalu meng-iyakan dan kami berempat pun berangkat. Dengan pertimbangan, ikut rombongan biaya bisa ditekan. Dan meski enggak sebebas kalau pergi sendiri tapi sudah ada itinerary dan sudah rapi urusan itu ini. Istilahnya jadi tinggal angkat koper saja dan bawa sangu pastinya hahaha

Jadi akhir pekan liburan singkat ke Labuan Bajo bisa kemana aja? 

Ini dia riciannya!

Tips ke Pulau Padar

Jumat - Hari Pertama



Perjalanan dimulai dari Jakarta dengan menggunakan pesawat Batik Air CKG-LBJ. Penerbangan full service berharga tiket sekitar 1,5 juta yang lebih terjangkau dibandingkan harga tiket pesawat maskapai full service lainnya.

Penerbangannya tepat waktu pada pukul 11.40 WIB yang berkabin nyaman dengan leg room yang lapang. Dan karena rute ini ditempuh dalam waktu 2 jam 20 menit, maka yang terhidang bagi penumpang adalah makanan berat. Di mana ada 2 pilihan, nasi semur ayam atau nasi ayam teriyaki. Semuanya dihidangkan panas dilengkapi cake cokelat, air mineral dan pilihan minuman teh atau kopi dengan fasilitas hiburan di masing-masing kursi. 

Meski sedikit kecewa karena layanan makanan lama, sebab cabin crew yang sedikit jumlahnya. Juga walaupun ada flight entertainment tapi tidak ada headset disediakan. But, so far so good lah Batik Air buat jadi pilihan!

Batik Air ke Labuan Bajo


Sampai di Bandara Komodo, bis dari East Cruise Komodo, tour operator yang menangani perjalanan ini sudah menjemput kami. Tour guide-nya ramah, dua orang pemuda setempat yang menginformasikan jadwal jalan-jalan selama dua hari ke depan. 

Oia, di jalan kami sempat berhenti dulu untuk pepotoan sembari menikmati pelabuhan Labuhan Bajo dari ketinggian. Cakep bener, padahal baru juga menginjakkan kaki di sini!

Sampai hotel langsung ambil koper dan dapat kunci. Untuk menghemat maka tiap kamar ada 3 orang, jadi semua ada ekstra bed-nya. Karena saya sekeluarga berempat jadi tetap pilih berempat saja, kasihan kalau salah satu anak ke kamar sebelah. 

Gapapa, kruntelan lebih hangat, kan? kwkwkw

Baru di lobby saja, saya beneran terpana apalagi saat lihat kamar dan keseluruhan fasilitas yang ada. Serius, kalau ada rezeki pilih hotel ini, keren bangets nginap di sini!

Ya, AYANA Komodo Resort, Waecicu Beach, hotel seluas 1,4 hektar dengan 205 kamar yang seluruhnya menghadap ke pantai dan menawarkan pemandangan indahnya senja di bumi Flores hanya dari dalam kamar saja!! 

Lalu, apakah sepotong senja itu saja yang menjadi daya tarik AYANA? Tentu saja tidak! Karena berjuta rasa ada menemaninya!

Ayana Komodo

Waecicu Beach


3. Makan Malam di Restoran Atlantis

Keunikan dari restoran ini yakni bangunannya adalah sebuah kapal kayu bekas yang sempat karam di laut lepas yang kemudian ditarik darat. Saat menikmati makanan di restoran Atlantis, pengunjung akan merasakan sensasi seperti sedang menikmati makan di atas kapal Atlantis yang sedang mengarungi samudera. 

Saya dan rombongan tidak duduk di area dek (bekas) kapal, melainkan di dekat kolam renang sambil menikmati makanan dan live musik yang ada. Sebenarnya di sini juga bisa menikmati view laut dan kota Labuan Bajo. Tapi karena malam hari jadi enggak terlalu jelas terlihat pemandangannya.

Sabtu - Hari Kedua


4. Mengunjungi Pulau Padar

Pukul 6 pagi rombongan sudah bersiap di lobby AYANA untuk bertolak ke Pulau Padar. Sarapan pun disediakan pihak hotel dalam bentuk snack box karena seharian ini memang jadwalnya full day tour. Berangkat dari Hotel Ayana pada pukul 07.00 pagi dan menempuh perjalanan sekitar 1 jam dengan menggunakan speed boat ke Pulau Padar ini.

Trekking di Pulau Padar perlu kesiapan fisik yang baik. Buat yang sudah rutin berolahraga atau terbiasa jalan kaki sehari-hari sih enggak masalah. Tapi, bagi yang enggak pernah, ya bakalan ngos-ngosan seperti saya.

Tapi bakal terbayar semua sampai di atas lihat ke sekeliling biru tosca lautan di bawah sana...Beneran sepadan perjuangan bisa menikmati Pulau Padar yang sungguh memesona! 

Ucapkan puja-puji pada Illahi Rabbi saat kita sudah di puncaknya. Membuat kita tak henti bersyukur akan keindahan alam yang dianugerahkan Allah SWT pada Indonesia negeri kita tercinta!

Tips ke Pulau Padar


5. Menikmati Pink Beach Labuan Bajo

Sesuai namanya, pasir pantai ini berwarna merah muda. Yesss, pink gaezzz! Sampai saya takjub karenanya.

Guyonan dari tour guide-nya sih ini karena saat pagi di pantai ini komodo gosok gigi. Terlalu keras gosoknya jadi berdarah itu gusi, sehingga pasir jadi pink karenanya..Hahaha, enggak lucu ya? Harusnya merah kalau sebabnya itu, bukan merah muda.

Faktanya pasir pantai yang berwarna pink ini berasal dari hewan berukuran mikroskopis bernama Foraminifera yang kemudian memberikan pigmen merah pada koral. Koral-koral tersebut terbawa oleh gelombang menuju pesisir lalu hancur menjadi serpihan dan butiran yang selanjutnya menjadi pasir pantai. Pencampuran antara koral merah dan pasir kristal putih inilah yang menyebabkan warnanya menjadi pink.

Dan happy-nya lagi pantai ini masih alami. 

Yes, Pink Beach memiliki hamparan pasir berwarna merah muda dengan lokasi yang masih bersih terjaga. Sementara di depan mata bisa kita menikmati hamparan laut Flores yang menawan mengalasi birunya langit yang rupawan. Dan serupa dengan namanya, pantainya panjaaang, sehingga enggak perlu rebutan kapling sama pengunjung lainnya.

Pantai Pink Beach


Well, ada beberapa hal yang sebaiknya dihindari jika datang ke pulau ini. Mengingat komodo adalah satwa yang sensitif penciumannya, maka sebaiknya sampaikan ke ranger jika sedang punya luka terbuka (ada darahnya - bukan luka hati karena dikhianati yaaa..), juga jika sedang hamil atau menstruasi. 

Karena ranger akan mendampingi kita untuk menghindari ketertarikan komodo akan darah tadi. Seperti saat saya tiba di Pulau Rinca, saya sebenarnya juga sedang datang bulan - meski hampir selesai, maka ada satu ranger yang selalu ada di dekat saya untuk menjaga.

Aturan lainnya, kita disarankan untuk tidak berjalan dengan mengayun-ayunkan tangan atau bawaan. Karena gerakan ini akan menarik perhatian komodo dikira ekor binatang mangsaan. Selain itu, kita juga diminta untuk tidak berisik atau bersuara keras agar komodonya tidak terganggu karena indera penciumannya yang kuat. 

Juga tidak membuat gerakan mendadak. Kemudian, just in case kita dikejar komodo, kita sebaiknya berlari dengan arah zigzag karena komodo itu hanya bisa lari lurus saja. Atau bisa juga naik ke tempat tinggi/rumah panggung karena komodo kesulitan naik tangga.

Tips Berkunjung ke Pulau Rinca

7. Wisata Kuliner Kampung Ujung Labuan Bajo

Di Kampung Ujung kita bisa puas makan, karena:

  • Lokasi outdoor dekat pelabuhan jadi bisa menikmati pemandangan dan suasana menyenangkan
  • Hasil seafood-nya segar, banyak pilihan dengan harga sepadan
  • Rasa hidangan mantap, sop ikannya istimewa dan pas sambalnya
  • Ada menu pilihan selain seafood
  • Aneka pilihan minuman tersedia
  • Tempatnya cukup tertata meski kebersihan mesti ditingkatkan
  • Tersedia tempat cuci tangan
  • Ada supermarket dan kios-kios di seberang lokasi jika perlu beli itu ini
  • Bisa sekalian nyicil beli oleh-oleh di sini

Minggu - Hari Ketiga


Hari terakhir di Labuan Bajo, ada free time hingga saatnya check out dan lanjut terbang pulang ke Jakarta siangnya. Jadi saya sempat menikmati sarapan di hotel, keliling area hotel dan dermaga yang saat pagi juga sungguh warbiyasaa. Sampai sekitar pukul 11 rombongan bertolak ke bandara Komodo.

Sebelumnya, makan siang sekaligus shopping time di Exotic Komodo, pusat oleh-oleh yang letaknya persis di seberang bandara. Aneka macam souvenir khas ada setempat ada di sini. Meski dengan harga yang lumayan tinggi. Mengingat masih belum lancarnya produksi dan distribusi, sehingga biaya operasional masih besar.

Tapi lumayan, buat kenang-kenangan bisa bebelian cinderamata khas lokal untuk membantu tumbuh kembangnya perajin daerah. Oia, bisa juga beli souvenir di kios yang ada di bandara, harganya kurang lebih sama. Bahkan yang di bandara bisa ditawar.

Labuan Bajo

Well, akhirnya berakhir juga kunjungan saya dan rombongan ke Labuan Bajo. Meski hanya 3 hari terasa puas diri. Kelamaan juga akan lebih banyak pengeluaran, kan? kwkwkw

Jadi berapa kira-kira traveling cost untuk perjalanan ini? 

Saya kasih perkiraan di luar budget pribadi ya. Artinya sudah termasuk transportasi Jakarta-Labuan Bajo, hotel, tour selama di sana dan makan, adalah sekitar 6 jutaan rupiah/orang. (perincian: Pesawat 3 juta/pp, Hotel 1 juta/malam/orang, Paket tour selama di sana 1 juta/orang dan 3 kali makan)

Oia, perjalanan saya lakukan sebelum pandemi, pada November 2019. Kemungkinan harga-harganya kini lebih "terjun bebas". Juga, biaya perjalanan bisa lebih dihemat dengan memilih maskapai LCC (Low Cost Carrier), menginap di budget hotel dan ikut paket tur bareng rombongan lain. 

Atau bisa juga ikut backpacker-an seperti yang sering diadakan Komunitas Backpacker Jakarta (silakan ikuti media sosial untuk update info trip). Saya hampir ikut trip ke Labuan Bajo pada 2018, saat itu 600 rb-an sharing cost-nya. Dengan catatan meeting point di Bandara Komodo (jadi biaya di luar ongkos pesawat)

Apapun dengan biaya sekian, sungguh sepadan. Mengunjungi destinasi domestik akan memajukan daerah itu. Merupakan hal yang bisa kita lakukan agar pariwisata Indonesia makin maju. Sehingga bisa jadi tuan rumah di negerinya sendiri!

Jadi jangan lupa ke Labuan Bajo juga dan tempat-tempat indah lainnya di Nusantara ya!💖


Happy Traveling

signature-fonts

Hidup Sehat Nan Praktis Bersama Cosmos

"good food, good health, good life"

Lebih dari setahun lamanya, pandemi membayangi kehidupan manusia hampir di seluruh dunia. Solusi terkini yang dijalankan banyak negara adalah vaksinasi, yang diharapkan menciptakan kekebalan tubuh untuk melawan virus COVID-19 ini. 

Meski vaksin bukanlah kunci dari berakhirnya pandemi. Karena, penerapan gaya hidup sehat, ketaatan pada protokol kesehatan dan adaptasi kebiasaan baru, masih tetap perlu untuk mengiringi vaksinasi.

Karena itu, di masa pandemi ini, penting sekali memerhatikan pola hidup sehat pada seluruh anggota keluarga, untuk meningkatkan imun tubuh dan mencegah penularan virus Corona. Apalagi berdasarkan data Satgas Penanganan COVID-19 disebutkan bahwa kluster keluarga memiliki risiko penularan virus 10 kali lipat lebih tinggi dibandingkan kluster penularan lainnya. 

Hal ini membuat setiap anggota keluarga mesti lebih waspada terhadap potensi sumber-sumber penularan, agar infeksi pada salah satunya tidak menularkan pada anggota keluarga lainnya. Juga tetap konsisten menerapkan pola hidup sehat sebagai upaya menangkal terjadinya kluster keluarga. 

Caranya gimana?
#BanggaCosmos


Pola Hidup Sehat adalah Koentji Bertahan di Tengah Pandemi


Sejatinya gaya hidup sehat jauh hari sebelum pandemi telah digencarkan oleh Kementerian Kesehatan RI lewat Gerakan Masayarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang dikampanyekan sejak tahun 2017. 

Di mana ada tujuh langkah yang dianjurkan oleh GERMAS diantaranya: melakukan aktivitas fisik, makan buah dan sayur, tidak merokok, tidak mengonsumsi minuman beralkohol, melakukan cek kesehatan berkala, menjaga kebersihan lingkungan dan menggunakan jamban. 

Ketujuh langkah GERMAS tentunya sangat relevan dan dapat diimplementasikan di masa pandemi ini. Di mana bisa diawali dari langkah sederhana yang bisa dijalankan, yakni rutin beraktivitas fisik dan rajin makan buah dan sayur di keseharian. 

Mengingat aktivitas fisik yang teratur, tak hanya bermanfaat bagi tubuh dan pikiran tapi juga akan meningkatkan imunitas terhadap penyakit bawaan dan terpaparnya virus COVID-19. 

Sedangkan, membiasakan makan buah dan sayur juga perlu lantaran perannya yang sangat penting dalam pembentukan hormon, aktivitas enzim berbagai metabolisme dalam tubuh, termasuk kerja sistem imun.

"Etapiii kan di rumah saja, gimana mau beraktivitas fisik ya?"

Bisaaaa, enggak harus kok gowes puluhan kilometer atau lari di stadion muter-muter

Gerakan fisik dengan intensitas ringan seperti jalan kaki di sekitar rumah, melemaskan otot dengan melakukan peregangan, atau berlatih yoga dan senam ringan dari channel Youtube kesukaan, jika teratur dilakukan akan membantu meningkatkan kekebalan.

"Terus soal makan buah dan sayur, gimana buat yang picky eater, tipe yang cuma mau makan buah atau sayur tertentu? Atau malah enggak suka makan buah atau sayur yang utuhan gitu?"

Don't worry be happy, bikin sendiri makanan dan minuman lalu variasikan saja tampilan agar menarik hati. Bisa campurkan sayur di lauk kesukaan anak-anak seperti nugget, sajikan aneka warna sayur dalam betuk salad, atau ajak anak-anak menanam sendiri dan nikmati saat panen nanti agar mereka lebih menghargai.

Sementara untuk buah, bisa sisipkan buah di sajian pudding, cake atau cemilan kesukaan anak. Atau membuat potongan buah dan menyajikan secara menarik dalam betuk sate buah, salad atau rujak. Bisa juga membuat jus buah yang mudah karena bisa dibuat sendiri oleh mereka sehingga jadi kegiatan seru yang menyenangkan pun menambah kecintaan akan buah dan manfaatnya.

Tujuannya, selain mengenalkan gaya hidup sehat dengan mengonsumsi makanan dan minuman bergizi yang diolah sendiri, juga untuk mengedukasi dan mencegah penyebaran virus COVID-19 khususnya pada kluster keluarga ini.

Maka, Ibuk-ibuk - termasuk saya, sebagai Manajer Keluarga punya peran penting di dalamnya. Mengingat pola hidup sehat adalah koentji bertahan keluarga di tengah pandemi virus Corona!

"Tapiiii....bebikinan kan kadang ribet ya, mengingat kerjaan rumah tangga yang mesti diselesaikan banyaknya juga tiada tara!"

Hari gini kalau ada yang mudah ngapain pilih yang susah? Ada banyak bala bantuan peralatan yang akan memudahkan pekerjaan. 

Seperti dua produk Cosmos andalan saya: Blender BETA Series dan Setrika Stainless Steel, yang bukan hanya bikin sehat dan memudahkan pekerjaan namun juga praktis digunakan!

 

Blender BETA Series


Blender BETA Series: Bukan Hanya Sehat, Namun Juga Praktis!


Well, mengonsumsi makanan dan minuman bergizi yang diolah sendiri memang butuh konsistensi. Karena tidak semua orang punya waktu yang cukup untuk melakukan ini. 

Luckily, untuk mendukung penerapan pola makan sehat ini, Cosmos yang sudah terpercaya selama 45 tahun hadir melalui inovasi produk yang tidak hanya sehat namun juga praktis. 

Dengan menghadirkan Blender “BETA” (BEsar dan TAngguh) Series yang punya banyak keunggulan diantaranya:

1. Kapasitas Besar 2L (Setara 5 Gelas)

Blender BETA Series berkapasitas besar yaitu 2 liter (atau setara 5 gelas) sehingga cukup untuk memenuhi asupan nutrisi seluruh anggota keluarga. Pilihan yang pas untuk keluarga saya yang terdiri dari 4 orang yang kadang kalau bikin jus/smoothie buah gitu mesti dua kali blender-nya. Dua kali kerja jadinya! Nah, dengan blender BETA Series ini saya bisa buat jus sekaligus untuk serumah. Sehingga bisa hemat waktu, tenaga juga biaya!

Seperti saat saya bikin jus wortel di foto yang saya sertakan di artikel ini. Saya masukkan es batu utuh, lalu 4 buah wortel yang sudah saya potong-potong, 2 gelas air dan tambahkan 4 sdm madu. Langsung deh blender pakai Blender BETA Series. Bisa jadi 4 gelas jus wortel sehat pas buat serumah!

2. Mata Pisau Stainless Steel yang Tangguh

Oia, blender BETA Series ini juga dilengkapi dua bilah mata pisau stainless steel yang tangguh dan mesin yang powerfull yang mampu menghancurkan es batu dengan mudah, cepat serta melumat lebih halus. You know, kadang blender itu susah untuk menghancurkan es batu yang segaban gedenya juga keras teksturnya. Nah, blender BETA Series ini bisa bikin halus es batu itu sehingga kita enggak perlu potong kecil-kecil dulu. Masukkan saja ke dalam gobletnya dan biarkan Blender Cosmos BETA bekerja!

3. Melumat Lebih Halus

Blender Cosmos BETA Series dapat digunakan untuk melumat buah, sayuran, bumbu dapur yang lunak (seperti bawang merah, bawang putih, cabe) maupun yang keras (seperti biji pala, kayu manis, biji kopi), dan sebagainya dalam hitungan kurang dari satu menit saja.  

4. Pelindung Panas

Blender BETA Series juga dilengkapi dengan Thermostat Overheat Protection yang membuat mesin akan berhenti saat panas berlebih. Tekonologi pelindung dari overheated ini berfungsi jika blender dijalankan dan mesinnya kepanasan. Thermostat akan menghentikan mesin sehingga blender enggak cepat rusak.

5. Safetylock System 

Adanya pengaman agar mesin tidak menyala jika posisi body dan goblet tidak sesuai membuat Blender Cosmos BETA Series bisa dibilang children friendly. Karena jika posisi tidak terkunci blender tidak bisa berfungsi.

6. Anti-Slip 

Di bagian bawah Blender Cosmos BETA juga dilengkapi anti-slip sebagai pencegah produk bergeser. Ini untuk menjaga kenyamanan kita saat menggunakan produknya.

7. Dry Mill/Wet Mill

Blender Cosmos BETA dilengkapi juga dengan dry mill (untuk melumat bumbu kering) dan wet mill - pada tipe tertentu (untuk melumat bumbu basah) yang mudah digunakan juga dibersihkan.

Untuk manfaat Dry Mill pada Blender Cosmos BETA Series ini, saya sudah coba saat perlu tepung beras eh kehabisan. Jadi deh bikin sendiri.

Caranya: langsung saja masukkan beras ke goblet dry mill ini, dan blender saja. Enggak pakai lama jadi deh tepung berasnya. Boleh pakai langsung atau ayak dulu. Tepung beras fresh bikinan sendiri siap diolah sesuai kebutuhan!

8. Food Grade

Blender BETA Series berbahan aman untuk semua bahan makanan.

9. Blender Cosmos BETA tersedia dalam beberapa pilihan tinggal sesuaikan dengan kebutuhan:

  • Goblet Plastik dengan tambahan 1 mill / 2 mill (tipe CB-281 P / CB-282 P)
  • Goblet Anti Pecah dengan tambahan 2 mill (tipe CB-282 AP)
  • Goblet Kaca dengan tambahan 1 mill / 2 mill (tipe CB-281 G / CB-282 G)

10. Desain Elegan dan Mudah Digunakan

Blender Cosmos BETA Series bikin kamu enggak perlu capek-capek ngehancurin es dulu dan galau-in tentang bumbu! Dengan desain elegan dan mudah untuk digunakan, Blender BETA Series pas jadi pilihan!

Tips Hidup Sehat

Blender Cosmos BETA Series

Blender Sehat

Fungsi Dry Mill

Bersama Setrika Cosmos: Tampil Menawan Baik Saat Lebaran Maupun di Berbagai Kesempatan


Nah, di rumah sudah menerapkan pola hidup sehat sehingga kekebalan tubuh pun meningkat. Tapiiii, tetap butuh dong penyemangat agar lebih happy menjalani hari? Misalnya dengan memakai pakaian yang bersih, wangi dan rapi. 

Jika selama pandemi kita sudah menjaga kebersihan dan kesehatan badan tentu kebersihan lingkungan termasuk pakaian yang kita kenakan tak boleh diabaikan. Jangan sampai merasa, ah kan cuma di rumah saja...ngapain juga pakai baju yang rapi?

Jangan salah lho.... Baju yang bersih dan disetrika dengan rapi termasuk sebagai upaya pencegahan dari infeksi virus COVID-19 ini. Pasalnya, jika sudah dicuci bersih dan disetrika dengan panas tertentu, bakteri dan virus akan berlalu. Bahkan, masker kainmu bakal steril juga tuh!

Apalagi memakai baju yang tersetrika rapi juga bikin makin percaya diri saat silaturahmi. Terlebih masih dalam momen Lebaran saat ini yang identik dengan nuansa hangat kekeluargaan. Di mana silaturahmi menjadi tradisi yang kita jalankan di setiap lebaran. 

Meskipun dalam dua tahun belakangan kita harus menjalani physical distancing untuk menekan angka penularan virus Corona, sehingga kegiatan silaturahmi hanya bisa kita lakukan secara virtual saja. 

Tapi teteup dong sebelum memulainya kita harus mempersiapkan penampilan terbaik dengan memakai baju yang rapi agar kita bisa tampil oke saat acara Halal bi Halal ini. 

Nah, untuk membantu mempersiapkan penampilan terbaikmu, Cosmos hadirkan Setrika Stainless Steel CIS-438 yang dapat membuat baju lebih cepat rapi dengan berbagai keunggulan berikut ini:

1. Setrika Cosmos CIS-438 bertapak stainless steel yang luas - pertama dan satu-satunya di Indonesia. (Dilengkapi dengan fitur jetspray yang dapat menyemprotkan pewangi pakaian pada baju yang kamu setrika. Jadi kamu tidak perlu repot-repot untuk menggunakan botol penyemprot lagi. Cukup dengan membuka tutup jetspray dan mengisi wadahnya dengan pewangi pakaian, setrikamu sudah siap digunakan - pada model tertentu) 

2. Setrika Cosmos CIS-438 memiliki swivel cord yang membuat pergerakan tangan saat menyetrika bisa lebih fleksible. Juga kabelnya lentur dan panjang, berukuran 1,8 meter sehingga kamu bisa bergerak bebas dengan puas saat menyetrika. 

3. Setrika Cosmos CIS-438 juga sudah dilengkapi dengan thermostat atau pengatur suhu otomatis yang berfungsi untuk menjaga suhu panas sehingga setrikamu bekerja secara optimal. 

4. Ujung runcing yang memudahkan menyetrika jalur kancing

5. Setrika Cosmos Stainless Steel tersedia dalam beberapa pilihan model dan warna yang menarik:

  • Tipe CIS-318 F1 dengan model klasik berwarna elegance grey
  • Tipe CIS-418 dengan model trendy berwarna shocking orange
  • Tipe CIS-428 dengan model yang cantik berwarna soft pink

See, sekarang tampil oke bukan lagi menjadi hal yang sulit untukmu sehingga kapan saja kamu mau silaturahmi akan tetap percaya diri!

Setrika Stainless Steel Cosmos

Setrika Stainless Steel

Setrika Cosmos terbaru

#BanggaCosmos: Hidup Sehat Nan Praktis Bersama Cosmos


Beneran deh bersama Cosmos hidup jadi lebih sehat dan praktis!

Enggak heran sih mengingat Cosmos adalah salah satu merk elektronik rumah tangga Indonesia pertama yang memegang teguh komitmen terhadap standar tinggi dalam teknologi dan kualitas. 

Di bawah naungan PT. Star Cosmos, produk – produk Cosmos dirancang dan diproduksi untuk selalu menjadi inovator dan pelopor dalam industri produk perlengkapan rumah tangga sehingga selalu dicintai oleh konsumen Indonesia dari masa ke masa.

Well, produk Cosmos yang terdiri dari 2 kategori utama akan mempermudah kita sehingga bisa menjalani hari di tengah pandemi dengan tetap happy!

Sebut saja di kategori produk Kitchen Appliances ada: Blender, Cooking Ware, Gas Cooker, Gas Rice Cooker, Juicer, Mixer, Oven, SPB, Rice Cooker. Sedangkan pada kategori produk Home Appliances diantaranya ada: Air Cooler, Coffee Maker, Electric Kettle, Fan, Iron, Water Dispenser, Water Pump. 

Semua kategori produk tersebut tersedia pula dengan ukuran dan warna yang berbeda-beda dengan desain elegan serta mudah untuk digunakan yang bisa didapatkan dengan mudah di website terbaru yaitu store.cosmos.id.

Demikian disampaikan Board Of Direcor PT Star Cosmos, Dharma Surjaputra pada acara Halal bi Halal Cosmos, Jumat, 21 Mei lalu. 

"Melalui laman website terbaru ini, diharapkan konsumen Star Cosmos dapat lebih mudah untuk melakukan transaksi,” kata Pak Dharma pada acara halal bihalal virtual yang dihadiri oleh media, blogger dan influencer  ini.

Ya, fitur belanja online terbaru yang diperkenalkan Star Cosmos ini merupakan cara baru berbelanja produk elektronik rumah tangga dengan nyaman, aman, mudah, dan efisien. Yang mana langkah ini merupakan komitmen Cosmos yang terus memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi pelanggan dan memastikan setiap produk dapat menjangkau mereka di manapun berada.

"Untuk mendukung penerapan pola hidup sehat, Cosmos menghadirkan Blender Beta Series dalam beberapa pilihan yang praktis untuk digunakan,” ungkap Erik Williyanto selaku Product Manager Blender PT Star Cosmos.

"Cosmos juga menghadirkan produk Setrika Cosmos Stainless Steel yang memiliki keunggulan tersendiri sehingga dapat membuat baju lebih cepat rapi,” kata Product Spesialist Setrika PT Star Cosmos, Anastasia Aurora pada kesempatan yang sama.

Sementara, kepraktisan hidup sehat bersama Cosmos juga diungkapkan oleh Zata Ligouw, Mamapreuneur & Content Creator yang menyatakan, "Bekerja dan sekolah dari rumah menjadi keseharian banyak keluarga saat pandemi ini termasuk keluarga kami. Maka, untuk membuat kehidupan di era new normal menjadi maksimal saya dan keluarga berusaha menjaga keseimbangan kesehatan fisik dan mental. Diantaranya dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang lebih sehat, olahraga teratur juga mendelegasikan pekerjaan dengan menggunakan peralatan yang mempermudah hidup seperti Blender BETA Series dan Setrika Stainless Steel dari Cosmos ini."

Produk Cosmos



Oia, semua produk Cosmos ini sudah tersedia di marketplace dan toko elektronik terdekat, atau langsung beli online saja di website https://store.cosmos.id/ yaaa!

#BanggaBuatanIndonesia, pilihnya Cosmos saja!

Semoga informasi ini bermanfaat, semua selalu sehat dan tetap semangat!💖

Produk Cosmos
Web: www.cosmos.id | FB: @mycosmos | Twitter: @cosmosonline
IG: @cosmosonline | Youtube: Belanja Cosmos




stay happy & healthy

signature-fonts

10 Manfaat Belajar Piano Bagi Anak

Musik adalah satu bidang keahlian yang kerap Mama Papa kenalkan pada buah hati. Bisa karena kedua orang tua memiliki pengalaman bermain musik, bisa juga sebab mengetahui pengaruh positifnya pada anak. Nah, belajar piano adalah pilihan instrumen yang cukup populer. Tak heran, ada banyak kursus piano tersedia mengingat beragam manfaatnya yang sangat berguna bagi tumbuh kembang putra-putri kita.

Lalu, apa saja manfaat belajar piano bagi anak?

belajar piano
musik adalah salah satu hal positif yang bisa berpengaruh ke tumbuh kembang anak
(images credit: freepik.com)

1. Meningkatkan Konsentrasi

Bermain piano sangat erat hubungannya dengan fokus dan konsentrasi. Saat seseorang bermain piano maka ia akan melakukan beberapa hal dalam waktu yang bersamaan. Menggerakkan kedua tangan, memencet tuts dan melihat teks lagu atau bahkan bernyanyi dalam waktu beriringan.

Nah, kalau anak dilatih untuk dapat melakukan multitasking maka secara tidak langsung Mama Papa sedang melatih konsentrasinya. Dan jika ini dilakukan secara terus-menerus maka kebiasaan memainkan piano bisa menjadi media untuk anak melakukan sesuatu dengan konsentrasi hingga tidak mudah teralihkan perhatiannya.

2. Melatih Kesabaran

Belajar piano bukanlah suatu hal yang mudah. Anak-anak bahkan orang dewasa perlu latihan yang konsisten dan waktu tidak sedikit untuk bisa benar-benar menguasai instrumen ini. Oleh karena itu, wajar saja kalau kegiatan ini akan melatih kesabaran bagi siapa saja yang memainkannya.

Mama Papa harus pintar-pintar memberikan dukungan bagi buah hatinya karena kesabaran pasti akan membuahkan hasilnya. Jadi, bukan hanya anak yang bisa belajar sabar, Keluarga Kiddo juga bisa melatih kesabaran dalam mengajarkan kemampuan musikal pada anak melalui piano.

10 Manfaat Belajar Piano Bagi Anak
anak sedang asik bermain piano (images credit freepik.com)

3. Mengurangi Stres dan Mendukung Perasaan Positif

Bermain musik memiliki beragam manfaat, salah satunya adalah menimbulkan perasaan senang dan berfikir lebih positif. Aktivitas yang berkaitan dengan fisik yang diwakilkan dengan jari-jemari akan menghasilkan musik yang indah dapat menghindari stres atau depresi.

Kalau anak-anak sudah menyukai bermain piano maka kegiatan tersebut bisa mengusir rasa bosan atau stres. Studi bahkan ada yang mempelajari hubungan bermain piano dengan menurunkan tekanan darah serta korelasinya dengan kesehatan mental pada anak-anak.

4. Mengurangi Screen Time

Bermain piano dapat menjadi variasi aktivitas menyenangkan yang dapat mengasah berbagai kemampuan. Mama Papa bisa membuat jadwal aktivitas sehari-hari yang disukai anak khususnya untuk mengurangi penggunaan gadget atau elektronik secara umum.

Menonton televisi dan bermain ponsel bisa menjadi selingan kalau Mama Papa bisa mengkondisikan belajar piano sebagai rutinitas yang seru. Anak bahkan bisa berinisiatif bermain sendiri walau bukan waktunya meski sedang tidak ada guru yang membimbingnya.

5. Olahraga Tangan

Walau belajar piano dominan dilakukan dengan duduk dan lebih banyak menggerakan jari atau kaki. Sebenarnya keseluruhan aktivitas tersebut merupakan bentuk olahraga fisik yang cukup melelahkan.

Anak-anak diajarkan untuk memperhatikan postur tubuh yang baik selama bermain dan mempertahankannya untuk waktu yang cukup lama. Selain itu, gerakan tangan yang kuat menekan tuts dan cepat beralih mengikuti lagu juga merupakan bentuk olahraga.

6. Menerima Kritik dan Masukan

Saat anak belajar main piano mereka juga belajar untuk menerima masukkan dan kritik. Anak mungkin merasa permainannya sudah bagus dan benar. Kalau ada pendapat berbeda dari guru les atau pengajarnya tentu anak berlatih menerima kalau pendapatnya tidak selalu benar. Hal ini sangat bermanfaat dalam mempelajari hal lain dan kehidupan bermasyarakat nantinya.

7. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Mempelajari instrumen yang terbilang sulit, melakukan latihan rutin dan menerima kritik orang, akan memengaruhi rasa percaya diri anak. Mereka akan menyukai belajar piano dan dengan dukungan yang tepat juga merasa keluarga bangga dengan apa yang dilakukannya. Hal-hal tersebut berkontribusi untuk membangun rasa percaya diri anak bukan hanya dalam bermain musik saja namun juga berbagai aspek lainnya.

kiddo.id

8. Kegiatan Bonding dengan Anggota Keluarga

Kalau Mama Papa atau Kakek Nenek mahir main piano maka anak bisa belajar piano dari anggota keluarga. Aktivitas ini bisa jadi sarana untuk membuat bonding dan juga Mama Papa tidak perlu mencari kursus atau guru les untuk membantu anak belajar main piano. Biasanya kemampuan ini bisa diturunkan karena sudah merasa sendiri berbagai manfaat dari mempelajari piano ini.

9. Kemampuan Kognitif

Kognitif adalah konstruksi kemampuan yang terbentuk dengan melibatkan otak. Kemampuan kognitif termasuk mengingat, berpikir, memecahkan masalah, dan mengambil keputusan. Semua hal tersebut dapat diasah dengan belajar main piano. Anak akan mengingat nada dan tuts mana yang harus ditekan, berpikir cepat kalau ada nada yang salah dan membuat keputusan kalau tempo dan nada tidak sinkron. Masih banyak hal-hal lain yang dapat mempertajam kemampuan kognitif dengan main piano.

10. Meningkatkan Kemampuan Akademis

Main piano mendukung berbagai kemampuan anak yang dapat menunjang performa akademisnya. Anak akan lebih mudah berkonsentrasi, percaya diri juga memiliki kemampuan kognitif yang mengesankan. Sehingga bukan suatu hal yang mengejutkan kalau prestasi di sekolah juga terbilang baik kalau buah hati kita terbiasa bermain piano ini.

See, terdapat banyak manfaat yang diperoleh anak bahkan sekeluarga dengan belajar piano, kan? 

Tidak hanya anak bisa mengembangkan kemampuan dirinya, tapi Keluarga Kiddo juga secara tidak langsung berlatih hal yang sama.

Mama Papa dapat mengajarkan anak belajar bermain piano dengan mencari referensi kursus piano yang menyediakan pembelajaran untuk anak-anak sesuai usianya. 

Nah, untuk referensi berbagai tips pengajaran piano di rumah dan juga rekomendasi tempat belajar, silakan kunjungi website Kiddo.id saja....

Oia, Mama Papa juga dapat memaksimalkan potensi buah hati dengan mengunduh aplikasi Kiddo.id ini!

Manfaatkan juga fitur Milestone Tracker yang ada, yang dapat memantau perkembangan Si kecil di sana yaaa

Yuk, jadi bagian dari keluarga besar Kiddo dan dapatkan berbagai informasi bermanfaat seputar pendidikan anak dan pengetahuan keluarga!💖


Sumber
https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3579395/ini-alasan-mengapa-anak-perlu-les-piano
https://id.theasianparent.com/belajar-piano
https://www.popmama.com/big-kid/10-12-years-old/jemima/manfaat-belajar-piano-bagi-remaja


Happy Parenting

signature-fonts

Tips Memilih Tempat Belanja Online Produk Lokal Berkualitas

Guys, diantara produk lokal dan luar negeri, mana yang paling sering kamu beli? Well, tidak semua produk lokal itu kualitasnya buruk lho! Asalkan dirimu tahu tempat belanja online yang berkualitas, pasti bakal nemu produk yang pas! Apalagi, kini ada beragam produk lokal yang ditawarkan secara online, jadi makin gampang kalau kamu mau cari.

Sebut saja pakaian, makanan, aksesoris..., yang jadi produk UMKM saat ini, yang berlomba-lomba membuka tempat belanja online murah dengan kualitas tinggi. Membuat kita punya banyak pilihan sebelum menentukan barang yang kita butuhkan. 

Lagi pula, keuntungan yang akan kamu dapatkan dari belanja produk lokal pun ada banyak. Jadi, enggak bakal rugi kok kalau kamu beli local brand ini! 

Lalu, gimana cara kita bisa menemukan toko online yang menjual produk lokal berkualitas? Yuk, mari!

tempat belanja online

7 Tips Menemukan Tempat Belanja Online Barang Lokal Berkualitas


Produk lokal menawarkan harga yang lebih murah dengan kualitas yang enggak kalah! Membelinya berarti kamu turut serta menunjukkan local pride sebagai wujud dukungan pada tren positif terhadap brand Indonesia. Yang tentu saja ini akan menumbuhkan rasa cinta masyarakat terhadap produk dalam negeri. Membuat kamu juga turut meningkatkan kemajuan perekonomian negeri kita sendiri. 

Nah, untuk itu, setidaknya kamu harus tahu produk lokal apa saja yang ada di daerahmu, syukur-syukur produk lokal dari area lainnya.

Meski enggak perlu khawatir lagi. Karena kini, untuk memudahkan membeli, telah ada beberapa tempat belanja online yang menyediakan beragam produk lokal berkualitas ini.

Kita tinggal pilih saja mana barang lokal yang ingin dibeli sesuai dengan kebutuhan. Meski, teteup harus di tempat belanja online terpercaya yang menjualnya agar aman nantinya. 

Dan, berikut ini beberapa tips yang kamu bisa ikuti untuk menemukannya!

1. Menjual Produk Tradisional Khas Indonesia

Pertama, kamu bisa mengecek terlebih dahulu produk apa yang ditawarkan. Supaya kamu tak salah beli produk asing, cara mudahnya adalah membeli produk tradisional yang khas Indonesia. Pasti tahu dong produk tradisional apa saja yang benar-benar khas Indonesia?

Misalnya saja aneka batik, kain tenun, kuliner khas seperti rendang, atau kerajinan tangan contohnya tas anyaman, dan lainnya. 

Semua itu adalah produk tradisional Indonesia. Di mana ciri khas tempat belanja online dengan brand lokal sebagian besar selalu menyediakan produk tradisional ini. Jadi kamu sudah pasti tidak akan salah beli.

2. Merupakan Toko Online dari UMKM

Kemudian, apabila kamu tak ingin membeli produk yang berbau tradisional tapi lebih ke arah modern, juga tidak masalah. Kamu hanya perlu mencari tempat belanja online terpercaya yang menyediakan produk dari Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

UMKM ini sudah dipastikan hanya menyediakan produk lokal dan sebagian besar memproduksi produknya sendiri. Beberapa contoh produknya seperti kue kering, fashion, minyak kayu putih dan masih banyak lagi.

belanja online produk lokal berkualitas

3. Memiliki Peraturan Belanja yang Jelas

Produk lokal yang ditawarkan sudah berkualitas, tentu saja harus ada alur belanja online yang jelas. Alur ini akan meyakinkan kamu bahwa tempat tersebut sudah terpercaya dan berpengalaman. Dengan begitu kamu bisa berbelanja dengan lebih nyaman.

Salah satu sistem yang paling penting untuk diperhatikan adalah soal pembayaran dan pengiriman. Sistem pembayaran yang profesional tentu saja telah terintegrasi dengan banyak bank. Selain itu terkait pengiriman, pastikan mereka juga bekerja sama dengan jasa pengiriman terbaik yang sudah terkenal di Indonesia.

4. Jangan Lupa Cek Review

Kamu mungkin sudah menemukan produk lokal di tempat belanja online termurah tapi jangan buru-buru untuk checkout, yaaaa. Sudahkah kamu mengecek review dari toko dan produk itu? Bahkan ada baiknya juga kamu melakukan riset harga dengan produk lokal sejenisnya.

Ketahui terlebih dahulu apakah review dari konsumen sebelumnya positif terhadap tempat tersebut. Seperti bagaimana layanannya, apakah produk sesuai dengan yang ditawarkan sampai pengirimannya tepat waktu atau tidak. Pokoknya cek dulu review di marketplace atau sosial media dari toko itu.

5. Mencari Informasi Brand Lokal

Jika kamu masih bingung dengan produk lokal, cara paling mudah menemukannya adalah dengan mencari tahu soal brand terkaitSaat ini brand-brand lokal Indonesia sangat mudah ditemukan di internet.

Misalnya saja kamu ingin mencari produk jaket, untuk tahu brand lokalnya apa kamu bisa mencarinya di search engine yang ada. Nah, dari hasil pencarian itu, kamu tinggal cari tahu di mana saja brand tersebut bisa kamu temukan. Mudah, kan?

6. Minta Rekomendasi Teman

Masih saja tidak percaya dengan beberapa tempat belanja online brand lokal yang kamu temukan di internet? 

Cara lainnya adalah meminta saran dari teman. Saat ini sudah banyak anak muda Indonesia yang lebih memilih produk lokal ketimbang luar negeri.

Jadi tak ada salahnya jika kamu menanyakan kepada mereka brand lokal apa yang biasanya jadi langganan. Mereka pasti akan memberitahumu dan kamu tinggal membelinya. Siapa tahu juga kamu bisa mendapatkan informasi diskon yang sedang diadakan oleh toko online tersebut.

Ladara Indonesia

7. Membaca dengan Teliti Detail Produknya

Terakhir supaya kamu beneran mendapatkan produk lokal yang berkualitas adalah memastikan tentang detail produk. Membaca dengan teliti detail produk itu kewajiban apalagi jika produknya adalah makanan atau pakaian.

Jika pakaian akan lebih baik untuk mengecek ukuran dan detail jenis bahan. Sedangkan untuk makanan kamu harus tahu tanggal kadaluarsa dan cara pengirimannya. Terutama untuk jenis makanan dalam kemasan frozen yang tentu membutuhkan proses pengiriman khusus.

Selalu pastikan ulang sebelum akhirnya kamu checkout dari keranjang belanja. Apabila masih ragu akan produk tersebut, kamu bisa menghubungi pihak customer service. Dari situ kamu juga akan tahu bagaimana pelayanannya, karena produk lokal tentu layanan yang diberikan harusnya memuaskan.

Nah, gimana? 

Semoga tips memilih tempat belanja online produk lokal berkualitas ini bisa membantu ya...

Oia, buat kamu yang masih kebingungan memilih mana tempat belanja online produk lokal yang berkualitas, coba deh kunjungi Ladara.id

Di LaDaRa kamu akan menemukan ratusan produk lokal UMKM dari seluruh Indonesia. LaDaRa menyediakan berbagai macam kebutuhan seperti, fashion, peralatan elektronik, perlengkapan rumah tangga, hobi, dan masih banyak lagi. Di mana sebagai situs belanja online buatan anak bangsa, LaDaRa berkomitmen untuk menghadirkan produk-produk berkualitas yang diproduksi langsung oleh UMKM Indonesia.

LaDaRa akan memberikan pengalaman berbelanja yang mudah dan praktis dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, terlebih dengan komitmen membangun perekonomian masyarakat yang mendukung perkembangan produk UMKM ini.

Cari tempat belanja online produk lokal berkualitas? Ke LaDaRa yang paling pas!💖


Sumber:
https://realfood.co.id/artikel/7-alasan-kenapa-harus-beli-produk-lokal-banyak-untungnya/
https://www.bamzsusilo.com/2018/09/7-alasan-memilih-olshop-agar-kamu-tidak.html
https://www.merdeka.com/gaya/tips-belanja-barang-lokal-terbaik-di-singapura.html
https://fikashop.com/blog/cara-memilih-online-shop-terpercaya



Happy Shopping

signature-fonts