Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Safety Box atau Brankas Beserta Fungsinya

Gaess, dirimu pernah mendengar kata brankas atau safety box? Mungkin kamu pernah mendengarnya di suatu tempat ya. Yes, brankas dan juga safety box merupakan salah satu benda yang cukup sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Nah, pada kesempatan kali ini yuk kita bahas informasi seputar safety box dan brankas ini mulai dari pengertian, kegunaan dan fungsi serta beberapa contohnya.

Mengenal Safety Box atau Brankas Beserta Fungsinya

Apa itu Brankas atau Safety Box?


Well, brankas atau safety box adalah sebuah tempat penyimpanan pribadi yang biasanya dibuat dari bahan metal yang sangat kuat dilengkapi dengan sistem pengunci keamanan. Karena berbahan kuat, dan juga menggunakan sistem keamanan penguncian, ada banyak sekali barang berharga yang bisa disimpan di dalamnya.


Penting untuk diketahui jika safety box dan brankas ini:
  • Didesain untuk bertahan dalam keadaan bencana alam seperti kebakaran, banjir, dan lain sebagainya
  • Jika memiliki berkas penting yang tidak memiliki copy atau berkas satu satunya, sebaiknya jangan pernah di simpan di dalam brankas. Mengapa? Alasannya akan  saya jelaskan nanti ya...
  • Biasanya brankas sangat cocok untuk orang yang tidak nyaman dengan platform digital

Kelebihan dan Kekurangan Brankas atau Safety Box?


Tentu saja setiap benda memiliki kelebihan dan kekurangan. Untuk masalah keamanan, safety box sendiri sudah tidak diragukan. Namun tentu ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Seperti yang sudah saya bahas sebelumnya, ada beberapa dokumen dan berkas yang tidak bisa atau tidak cocok untuk disimpan di brankas. Hal ini karena beberapa berkas tidak memiliki salinan atau merupakan satu satunya dokumen. Dalam hal ini karena dalam beberapa kasus kita membutuhkan berkas ini secara mendadak.

Nah, beberapa hal yang tidak disarankan untuk disimpan di dalam brankas di antaranya:
  • Passport (karena digunakan sewaktu-waktu secara mendadak)
  • Surat kuasa, surat rekomendasi kesehatan
  • Benda berharga yang belum diasuransikan
  • Uang cash
  • Dan berbagai benda ilegal

Kemudian, secara garis besar keuntungan menggunakan brankas adalah kita bisa mencegah kehilangan berbagai dokumen penting jika terjadi bencana alam. 

Namun juga ada beberapa kerugian seperti jika kita lupa password dan kode pengunci, ataupun jika kita membutuhkan dokumen yang tersimpan di dalamnya dengan cepat (kecuali kalau dirimu menggunakan brankas pribadi yang tidak tersimpan di dalam bank atau layanan penyimpan lainnya.)

Beberapa Contoh Safety Box Yang Ada di Pasaran


Oia, jika kamu tertarik untuk menggunakan brankas ada beberapa contoh produk yang bisa digunakan:

Cash Box


Cash box adalah sebuah benda yang sangat cocok untuk digunakan menyimpan uang secara aman secara pribadi. Secara umum, cash box adalah sebuah benda untuk penggunaan pribadi. 

Kita bisa menggunakan cash box untuk brankas penyimpanan uang sementara. Namun, tidak dianjurkan menyimpan uang cash dalam jangka waktu yang lama di dalam cash box karena terkadang uang bisa rusak jika disimpan di dalam kotak brankas.

Safety Box Tahan Api


Bentuk kotak tahan api ini tidak begitu banyak perbedaannya dengan cash box. Memiliki bentuk yang lebih besar, safety box jenis tahan api ini juga dibuat menggunakan bahan anti api berkualitas. Biasanya digunakan untuk menyimpan berkas penting agar bisa bertahan di kondisi yang ekstrem.

Nah, beberapa contoh penggunaan populer untuk jenis penyimpanan, sering digunakan di berbagai kebutuhan industri untuk menyimpan perlengkapan. Misalnya, jasa kontraktor bangunan yang menggunakannya sebagai penyimpanan perlengkapan pelindung diri, dan sebagainya.

Kotak Penyimpanan Perhiasan


Kemudian ada kotak penyimpanan perhiasan yang bentuknya bisa dibilang cukup kecil dan ringkas. Dibuat khusus untuk mengamankan perhiasaan di dalam rumah secara pribadi. Selain itu desain untuk kotak perhiasan ini juga cukup menarik dan mewah sesuai dengan tema.

Kesimpulan


Nah, kini jadi tambah wawasan kan mengenai safety box dan juga brankas. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari. 💖



Salam Semangat


Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina
Dian Restu Agustina Hi! I'm Dian! A wife and mother of two. Blogger living in Jakarta. Traveler at heart. Drinker of coffee

Posting Komentar untuk "Mengenal Safety Box atau Brankas Beserta Fungsinya"