Banyak Jalan Menuju Roma ( Part 1 ) 

~ Europe Trip 16 - 25 Sept 2015 ~



Templo de Debod, Madrid


Suami saya mutasi ke Hassi Messaoud, Algeria sejak sekitar 2 tahun lalu, sistem kerjanya back to back / rotasi 4x4 (4 minggu di Hassi - 4 minggu di Indonesia). Jadilah dia wira-wiri Jakarta - Hassi. 

Sejak awal dia memang sengaja memakai maskapai Qatar Airways, gabung ke privilege clubnya dan menabung mileage-nya / Qmiles.

Bulan September 2015 adalah bulan terakhir masa tugas disana. Mileage sudah numpuk padahal ada masa validnya. Dihitung-hitung cukup untuk redeem miles for free flight. Sebenarnya bisa redeem miles for shopping. Tapi kami pilih free flight / tiket gratis, karena hobi suami dan saya sama..: Traveling! Ya, "timbang tuku-tuku luwung mlaku-mlaku". Jalan-jalan lebih oke daripada belanja! Coz adventures are the best way to learn.

Sebenarnya saya penasaran juga dengan Algeria. Cuma Algeria memang bukan negara yang aman untuk dikunjungi. Jadi perginya ke negara tetangganya saja( Spanyol, Perancis, Italia)

Kami pun mengurus visa Schengen Spain.

Untuk menghemat waktu,tenaga dan biaya, saya dan anak-anak berangkat dari Jakarta ke Madrid. Dan suami dari Hassi ke Madrid. Jadi kami ketemuan di Barajas Int'l airport di Madrid.

Lalu, petualangan pun dimulai. Kami bepergian ke 4 kota: Madrid, Barcelona, Paris dan Roma. Sebelum berangkat apply dulu Eurail pass dan reserved tiket KA untuk rute kota-kota tersebut. Selama disana kami tinggal di private apartement, dengan alasan tarifnya lebih hemat dibanding dengan di hotel. Memang letaknya di pinggiran kota, tapi experiencing daily life like a local itu menantang. Jadi berasa seperti penduduk yang tinggal di kota tersebut. Juga cocok untuk anak-anak karena berasa seperti di rumah. Bisa light cooking, doing laundry, groceries/belanja bahan makanan untuk isi kulkas juga free wifi.

Rata-rata kami pilih walking tour, naik turun metro/bis, meski ada juga yang ambil hop on-hop off sightseeing biar bisa keliling tempat wisata. Alhamdulillah anak-anak sehat dan senang.Meski kadang Bapak atau Ibu harus gantian gendong si bungsu yang kecapekan/ketiduran.

Traveling with kids apa ngga repot? Tipsnya, biar ngga bosan kita bawa mainan kesukaannya, juga karena di kota-kota tersebut di berbagai penjuru ada playground, kami selalu singgah sebentar agar mereka bisa bermain.Hemat juga, karena naik metro ada potongan harga untuk anak-anak, di bawah 10 tahun tidak dikenakan city tax untuk sewa apartemen, bahkan beberapa lokasi free entrance untuk anak-anak.Dan yang paling senang, kalo bawa anak itu kadang didulukan saat antrian.😁

Dan, akhirnya Europe adventure kami pun berakhir di Roma dengan sukses. Selama 10 hari berjalan dengan lancar jaya. Alhamdulillah.😃


PS : Be a traveler! Pergilah ke luar rumahmu, kotamu, pulaumu. Go somewhere..! Itu akan mempertebal rasa syukurmu pada-Nya, menjadikanmu menghargai berbagai perbedaan dengan sesama dan membuatmu lebih peduli dengan lingkunganmu.

The world is a book and those who do not travel, read only a page😉

*to be continued
Sagrada Familia, Barcelona



Eiffel Tower, Paris

Forro Romano, Roma







No comments:

Post a Comment