Perpanjangan SIM di Gerai Samsat Mall Gandaria City Jakarta



SIM A dan SIM C saya habis masa berlakunya pada bulan Agustus 2018. Setelah mendapatkan informasi dari suami yang memperpanjang SIM pada bulan  Juni lalu, jika ternyata SIM bisa diperpanjang paling cepat dua bulan sebelum kadaluarsa, maka jauh-jauh hari saya pun sudah berencana ingin mengurusnya.

Memang sesuai dengan aturan yang ada: pasal 11 ayat (1) Perkap No 9 Tahun 2012 masa berlaku SIM adalah 5 (lima) tahun dan dapat diperpanjang sebelum habis masa berlakunya.



Sejatinya saya akan memperpanjang pada saat suami mengurus pengesahan/pembayaran pajak STNK sekitar sebulan yang lalu. Tapi ternyata, gerai SIM dan Samsat di Mall Gandaria City, tempat kami biasa mengurus perpanjangan ini, jam operasionalnya berbeda.

Yang loket Samsat buka agak pagi sementara loket SIM buka lebih siang. Karena ada urusan lainnya, maka perpanjangan SIM akhirnya saya tunda dan kami hanya mengurus STNK saja.

Gerai SIM Mall Gandaria City

Dan akhirnya sore tadi saya datang lagi ke gerai Samsat Gandaria City untuk perpanjangan SIM-nya dengan tanpa kendala, 15 menit saja, selesai prosesnya! Yeaaay!!

Oh ya, Gerai Samsat di Mall Gandaria City terletak di lantai 1. Dimana ada dua loket di satu pintu, yang satu untuk pengesahan STNK yang lainnya untuk SIM. Sementara di ruang sebelahnya adalah tempat untuk petugas fotocopy, asuransi dan kesehatan.

Pengesahan STNK Mall Gandaria city

Dan, berikut proses selengkapnya...

Langkah-langkah pengesahan/pembayaran pajak STNK adalah:
  • Datang ke loket pada waktu operasional gerainya. Jam buka adalah: Senin - Jumat : 09.30 - 15.00 dan Sabtu 09.30 - 12.00
  • Membawa STNK, BPKB dan KTP asli. Pengesahan ini hanya untuk kendaraan pribadi, atas nama perusahaan tidak bisa diproses di sini, harus di Samsat pusat di Daan Mogot.
  • Mengambil formulir di loket STNK sambil menunjukkan STNK asli
  • Melampiri dengan fotocopy dokumen. Fotocopy dilayani di ruang sebelahnya.
  • Menyerahkan formulir yang sudah diisi dengan berkas terlampir ke loket dan menunggu panggilan.
  • Saat dipanggil kembali, membayar PKB (Pajak Kendaraan Bermotor) tahunan dan SWDKLLJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan) sejumlah yang disebutkan (pembayaran bisa tunai/menggunakan kertu debit)
  • Pengesahan STNK sudah selesai!
Perpanjangan SIM di Mall Gandaria City


Gerai Samsat Mall Gandaria City

Langkah-langkah perpanjangan SIM:
  • Datang ke loket pada saat operasional gerainya. Jam buka Senin-Sabtu 12.00-19.00. Kecuali Jumat 13.00-19.00
  • Membawa SIM dan KTP asli
  • Mengambil formulir perpanjangan SIM di loket SIM dangan menunjukkan SIM dan KTP asli ke petugas
  • Mengisi formulir
  • Menyerahkan formulir yang sudah dilengkapi berkas: fotocopy SIM 1 lembar dan KTP 2 lembar ke ruang fotocopy/asuransi/kesehatan.
  • Menandatangani berkas AKDP (Asuransi Kecelakaan Diri Pengemudi) dan membayar biaya 30 ribu/SIM. Kartu langsung diserahkan ke kita.
  • Pindah ke meja sebelah untuk tes kesehatan mata dan data berat badan serta membayar biaya tes kesehatan 25 ribu/orang
  • Menyerahkan formulir dan semua berkas tadi ke loket SIM lagi dan membayar biayanya. Untuk SIM C sebesar 75 ribu sedangkan SIM A sebesar 80 ribu. Sesudahnya tunggu panggilan untuk foto SIM.
  • Kita akan dipanggil untuk melakukan sidik jari, tanda tangan dan foto diri.
  • Tunggu di situ dulu, SIM dicetak dan...... SIM baru sudah siap untuk digunakan!
Gerai SIM di Mall Gandaria City

Perpanjangan SIM Mall Gandaria City


Tips untuk pengesahan STNK dan perpanjangan SIM:
  • Urus segera pengesahan STNK dan perpanjangan SIM jika sudah hampir kadaluarsa. STNK bisa diurus pembayaran pajaknya sebulan sebelum batas waktu pembayaran. Jika lebih dari itu akan dikenakan denda. Sedangkan SIM paling cepat dua bulan sebelum kadaluarsa. Jika terlambat harus mengajukan permohonan baru lagi.
  • Datang jangan di jam awal operasional. Karena biasanya ramai. Lebih baik agak siangan.
  • Bawa semua dokumen asli yang diperlukan. Boleh difotokopy lebih dulu atau bisa juga difotocopy ke petugas yang ada (dengan biaya tentunya)
  • Bawa pulpen sendiri untuk mengisi formulir. Di sana disediakan pulpen tapi harus antri dan bergantian memakainya
  • Isi formulir sesuai dengan data diri, lihat di papan pengumuman untuk contoh pengisian.
  • Siapkan uang pas untuk fotocopy, biaya asuransi, tes kesehatan (tunai) dan biaya SIM/STNK (tunai/debit)
  • Periksa SIM yang sudah jadi saat di tempat, jika ada kesalahan ketikan langsung sampaikan agar dilakukan perbaikan
  • Simpan baik-baik dengan segera SIM/STNK dan dokumen asli lainnya, jangan sampai tercecer
  • Untuk SIM luar area Polda Metro Jaya tidak bisa diurus di gerai ini. Beberapa gerai ada yang membuka pengurusan SIM luar kota atau langsung saja ke Satpas pusat di Daan Mogot
Gerai Samsat Mall Gandaria City


Alhamdulillah yaaa..mengurus pengesahan STNK dan perpanjangan SIM sekarang makin mudah.

Kalau pengalaman di tempat teman-teman bagaimana? Semoga mudah juga yaa...

Bagi yang punya rencana memperpanjangnya, selamat mengurus yaaa. Semoga lancar juga seperti saya.😍


Happy Sharing, Happy Blogging,


Dian Restu Agustina

31 comments:

  1. sekarang banyak tempat bisa digunakan untuk bayar dan ini mempermudah ya

    ReplyDelete
  2. Saya.klo perpanjang SIM di mobil.keliling deket rumah. Ga sampe sejam.beres...hehhe

    ReplyDelete
  3. Sekarang semuanya lebih dipermudah ya mbak

    ReplyDelete
  4. Gampang ya sekarang ngurus perpanjangan SIM, makasih informasinya ya mba

    ReplyDelete
  5. Sekarang memperpanjang SIM sangat mudah dan cepat. Gerainya ada di mana-mana pula. Tahun lalu saya memperpanjang hanya sekitar 10 menit saja. Nggak cocok sama perjalanannya, hehehe

    ReplyDelete
  6. mau habis ini SIMku harus siap2
    makasih mbak sarannya aku simpan dulu

    ReplyDelete
  7. Wah gampang ternyata perpanjang SIM nih
    Makasi infonya mbak, aku juga harus siap-siap perpanjang SIM, tahun depan udah expired dia

    ReplyDelete
    Replies
    1. siip, jangan mepet, jauh-jauh hari dah diperpanjang aja

      Delete
  8. Saya udah perpanjang SIM C tahun lalu. Maunya sih cari mobil SiM keliling, tapi pas ke TKP lha kok gada, hiks. Akhirnya harus ke kantor Samsat yang letaknya jauuuh. Yo wis, sekalian jalan2. Hehe... Saya kudet sih apakah di Mall area Malang sini ada gerai samsatnya atau gak. Jadi kepikiran gugling setelah baca tulisan mbak Dian ini. Tengkiu, infonya lengkap.

    ReplyDelete
  9. Waaah, asyik ya Mbak. Urusannya ga ribet. Di daerahku masih makan waktu Mbak. Beda daerah beda sistim pelayanannya mungkin ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mbak..mungkin karena Jakarta penduduknya buanyaaak ya hahaha

      Delete
  10. Belum pernah perpanjangan sim mba hehehe... ketauan deh baru bisa nyetir ya wkwkwkwk.

    ReplyDelete
  11. Kalau untuk pindah kota gimana, mbak ? Saya terdaftar SIM Balikpapan tapi sekarang sudah stay di Solo, sudah KTP Solo juga sih...

    Baru ingat bentar lagi SIM expired, hahahaaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Langsung ke Samsatnya Mbak..bisa dari kota lainnya:)

      Delete
  12. Cepat dan murah, ya. Bisa sambil nge-mall pula :)

    ReplyDelete
  13. Wah langkah2nya lengkap, makasih informasinya ya mba. Kebetulan di kotaku deket sama samsatnya, alhamdulillah..

    ReplyDelete
  14. Wah, infonya berguna sekali nih. Terutama saya yg masih buta kalau untuk urusan berhubungan dengan samsat dan sebagainya. Tapi kadang suami perlu bantuan karena kami LDR. Sip banget dpt info ini pastinya membantu

    ReplyDelete
  15. Paling senang kalau ada tempat perpanjangan SIM di Mall, enak gak kepanasan hahaha.
    Udah gitu biasanya Minggu juga buka :D

    ReplyDelete
  16. Di Bandung lagi reseh nih, mbak. Saudaraku lagi mau perpanjang alasannya blankonya abis. Padahal uda seminggu sebelum habis. terus disuruh datang lagi H-2 atau pas hari H.
    Tadi pas H-2, datang katanya masih habis blankonya :(

    ReplyDelete
  17. Sim sy 2 hr lg mau habis mba klo bgtu kena denda/bikin sim c baru ..

    ReplyDelete