Air Terjun Sedudo


Saat mudik ke Kediri akhir tahun lalu, saya sempat berkunjung ke obyek wisata Air Terjun Sedudo. Letaknya di Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Tepatnya sekitar 30 km ke arah Selatan ibukota kabupaten Nganjuk. Tempatnya berada pada ketinggian 1438 m dpl. Sedangkan ketinggian air terjunnya sekitar 105 m. 

Air terjun Sedudo menjadi salah satu andalan daya tarik wisata di Kabupaten Nganjuk. Aksesnya mudah dan jalannya bagus meski perlu kehati-hatian karena di beberapa tempat, tikungannya lumayan tajam. Fasilitas yang dimiliki pun lengkap. Lahan parkir kendaraan yang aman, toilet bersih, kolam untuk berendam, kios makanan/minuman yang bersih dan berharga murah juga kios souvenir.

Untuk mencapai lokasi, jika membawa kendaraan pribadi (mobil/motor), tersedia tempat parkir dengan jumlah terbatas di depan gerbang. Jika sudah penuh, parkir kendaraan berada sekitar 500 m sebelum area air terjun. Kita bisa berjalan kaki atau menyewa ojek yang banyak ditawarkan penduduk setempat. Tiket masuk sebesar Rp 5000,00 per orang.

Air Terjun Sedudo sendiri selain dikenal dengan keindahan dan kealamian alam lereng Gunung Wilis, juga melekat dengan berbagai mitos yang beredar di masyarakat. Konon air terjun yang sudah ada sejak zaman Kerajaan Majapahit ini adalah tirta khayangan. Sehingga digunakan oleh para bangsawan Majapahit untuk ritual memandikan benda pusaka yang dikenal dengan nama Parna Prahista. Sampai kini Pemerintah Kabupaten Nganjuk melestarikannya dengan rutin menggelar acara budaya Mandi Sedudo setiap tanggal 1 Suro penanggalan Jawa.

Selain itu, ada mitos pula katanya mandi di air terjun Sedudo bisa bikin awet muda. Juga dipercaya air terjun ini merupakan pemandian para dewa sehingga tidak akan pernah kering airnya. Apapun mitos yang dipercaya masyarakat, beberapa aturan yang ada dari pengelola dan masyarakat setempat hendaknya diperhatikan, seperti :
  • Jam berkunjung 07.00 - 16.00 
  • Bila cuaca buruk segera tinggalkan lokasi
  • Larangan berbuat asusila
  • Larangan  membawa pulang peralatan mandi(sabun/shampoo)
  • Anjuran menjaga kebersihan
  • Larangan menjaga omongan
Di luar semua mitos yang ada, Air Terjun Sedudo menjadi obyek wisata yang layak dikunjungi. Rasakan sensasi kesejukan air di tengah rimbunnya pepohonan dan hijaunya pesona alam sekitarnya. 

Selamat Berwisata....:)

Gerbang menuju Air Terjun Sedudo
Papan Informasi
Peta Wisata Nganjuk dan Informasi Jam Buka

Tingginya 105 m
Say Cheeeseee

Ritual Budaya Mandi Sedudo


No comments:

Post a Comment