Halo Kalijodo! 

RTH Kalijodo

Setelah kehebohan berita tentang Kalijodo beberapa waktu silam, hari Minggu, 19 Maret yang lalu,  akhirnya saya berkesempatan mengunjungi RTH/RPTRA Kalijodo.

Sebuah kawasan hitam yang telah berubah dalam wajah baru menjadi Ruang Terbuka Hijau (RTH) / Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA).

Info dari berita yang wara-wiri, areanya dibangun di atas tanah negara, oleh anak usaha Sinarmas Group, PT Bumi Serpong Damai Tbk. Melalui pembiayaan Corporate Social Responsibility (CSR) dengan perkiraan nilai mencapai 20 miliar. Wow!

Lokasi RTH Kalijodo ini di Jalan Pangeran Tubagus Angke, Tambora, Jakarta Barat. Diapit oleh Kali Angke dan Kanal Banjir Barat.

RTH Kalijodo

Memasuki lokasi kita akan sampai di pintu masuk yang ditandai bangunan tinggi bertuliskan nama tempat di sisi kanan pintu gerbang. Dari sini langsung menuju ke arah tempat parkir yang memanjang di kiri dan kanan. Masuknya tidak dipungut biaya, hanya membayar biaya parkir untuk motor Rp 2.000,00 dan mobil Rp 5.000,00 saja.

RTH Kalijodo
Lapangan futsal, playground, bmx/skateboard track

Fasilitas di bagian depan ada lapangan futsal, area bermain/playground dan toko ukm/PKK. Nampak di sini anak-anak yang sedang bermain dengan gembira. Bahkan berdesak-desakan mengantri di area bermainnya. Sementara, toko PKK masih belum buka, mungkin karena memang pembangunan Kalijodo ini belumlah tuntas.

Setelah melewati tangga ada, dinding lukisan mural yang bisa dipakai untuk foto selfie. Di depannya ada gazebo berukuran luas untuk tempat duduk santai. Menyatu dengan gazebo tersedia mushola dan toilet yang ber-AC. Sementara di sisinya ada sebuah area bermain anak berupa rumah balon.

RTH Kalijodo
Rumah balon, gazebo, area parkir, jogging track
Di bagian tengah area ada skateboard/BMX park, outdoor gym dan jogging track. 

Oh ya, di bagian tengah ini ada ruang terbuka yang pada waktu tertentu menghelat acara gratis untuk pengunjung seperti pertunjukkan live music atau berbagai perlombaan.

Selain fasilitas dari pengelola yang semua tanpa biaya, ada pula hiburan anak berbayar yang dikelola oleh masyarakat sekitar. Seperti sewa skuter/sepeda/mobil-mobilan, foto dengan badut, naik kuda, dan lainnya. Ada yang bayar seikhlasnya, ada pula yang berbiaya sewa Rp 5.000 - Rp15.000/15 menit. Dan, si Mas dan si Adik pun mencoba berbagai hiburan ini. Murah meriah!

Untuk pengunjungnya selain penduduk sekitar, juga dari tempat yang jauh (seperti saya, 15 km dari rumah kesini, jauh juga kan...). Buktinya saya melihat beberapa rombongan bis wisata berplat nomor daerah ketika berkunjung ke sana.

Parkir meter(belum berfungsi), petunjuk/papan peringatan
Ah, senangnya melihat anak-anak yang bermain dengan gembira.

Semoga makin banyak lagi didirikan tempat bermain anak(RTH/RPTRA) seperti ini di tempat lainnya. Sehingga anak-anak Indonesia akan tumbuh menjadi anak yang sehat, ceria, pintar, dan penuh semangat meraih masa depan. Aamiin 😇

Petunjuk dan Papan Peringatan

Comments

Popular posts from this blog