5 Cara Aman Memanaskan Kembali Makanan





Sisa makan malam, hidangan dari perjamuan yang kebanyakan atau hantaran dari saudara juga kerabat yang tak habis saat dihidangkan, menjadikan makanan musti disimpan untuk disajikan lagi esok hari. Setelah disimpan di dalam lemari pendingin dan akan disiapkan lagi di meja makan, tentu makanan itu perlu dihangatkan kembali. Lalu, ada juga makanan beku, yang sebelum penyajian perlu dipanaskan terlebih dulu. Solusi mudah untuk semua itu adalah sebuah microwave yang menyediakan berbagai pilihan, untuk jenis makanan apa yang dihangatkan, beserta waktu yang sudah ditentukan. Tapi, bagaimana jika tidak tersedia alat elektronik yang satu ini? Tentu pilihan akhirnya, makanan dipanaskan kembali di atas kompor saja.


microwave

Memanaskan makanan kelihatannya memang mudah, tinggal taruh di panci lalu panaskan di atas kompor..terus sudah! Tapi kadangkala kita menemui hasil makanan yang dipanaskan lagi itu menjadi hancur teksturnya, kering atau rasanya jadi berubah.

Nah, berikut ini adalah lima cara aman untuk memanaskan kembali makanan :

1. Daging dan Ayam

Untuk menghindari agar tekstur daging atau ayam tidak hancur, pastikan menggunakan nyala api kecil. Tambahkan sedikit minyak jika daging atau ayam itu bukan makanan berkuah. Untuk makanan berkuah beri sedikit air panas. Jika perlu potong lagi makanan dalam ukuran lebih kecil agar panasnya cepat merata. Jangan lupa tutup panci, agar proses pemanasannya lebih cepat dan hasilnya akan lebih lembut. Bolak balik agar kedua sisinya kena panas yang sama. Butuh waktu sekitar lima menit saja agar tak menjadikan makanan berubah rasa dan bentuknya.

2. Ikan

Memanaskan ikan butuh perhatian lebih, karena teksturnya yang lembut. Tambahkan sedikit minyak untuk menghindari kekeringan. Tutup panci dan sesekali periksa apakah sudah merata panasnya. Panaskan pada nyala api sedang atau kecil. 

3. Makanan yang digoreng atau dipanggang

Agar tidak gosong, beri sedikit minyak pada gorengan atau panggangan dan bolak balik agar seluruh permukaan mendapat panas yang merata. Nyala api kecil dan waktu yang secukupnya saja, sekitar tiga menit untuk tiap sisinya.

4. Tumis-tumisan

Panaskan tumisan dalam panci di atas kompor dengan api kecil atau sedang. Jangan lupa aduk-aduk agar panasnya merata. 

5. Makanan Beku

Sebelum dikeluarkan dari lemari es hendaknya makanan beku dilelehkan atau dicairkan terlebih dahulu (thawing). Ikuti petunjuk yang tertera pada kemasannya. Atau jika tak ada, lelehkan saja beberapa jam sebelumnya di lemari pendingin bagian bawah/bukan freezer-nya. Hindari melelehkan terlalu lama di suhu ruang untuk menjaga agar bakteri tak datang. Setelah makanan leleh/cair, baru bisa kita panaskan sesuai dengan jenis makanannya. Jika ingin cepat, bisa juga melelehkan dengan cara meletakkan makanan beku beserta kemasannya pada wadah berisi air panas selama sekitar 10 menit, sebelum dipanaskan lagi.

Selamat Mencoba yaaaa!^^


No comments:

Post a Comment