Rupa-Rupa Tips lebaran



No automatic alt text available.


*Jadi runner-up writing competition yang dihelat Ruparupa

“Libur telah tiba…libur telah tiba…hatiku gembira…hore..horee”

Lagu dari penyanyi cilik Tasya ini benar-benar mewakili perasaan hati saat menyambut liburan lebaran yang datang sebentar lagi. Ah, siapa juga yang nggak senang liburan yaaa… 

Setelah sekian waktu berkegiatan, sibuk dengan rutinitas pekerjaan, giat belajar atau repot mengurus banyak hal, rehat singkat tentunya diperlukan untuk menyegarkan kembali badan dan pikiran.

Ya, berdasarkan berbagai penelitian, liburan yang identik dengan acara aktifitas berjalan kaki ke tempat sanak saudara ataupun tempat wisata, akan membuat kesehatan badan kita lebih terjaga. Meski di keseharian kita mungkin melakukan kegiatan yang sama, tapi karena saat liburan hati kita sedang senang maka akan memicu sistem imun bekerja dengan lebih baik. 

Lingkungan baru yang menyenangkan juga dapat meningkatkan kadar sel darah putih untuk mencegah terjadinya infeksi tubuh. Selain itu, berlibur juga baik bagi kesehatan jantung karena dapat mengurangi risiko tekanan darah tinggi yang disebabkan oleh stres. Sedangkan untuk kesehatan mental, liburan akan menciptakan emosi positif yang berdampak baik bagi keseimbangan jiwa.

Nah, lantaran liburan punya banyak manfaat, sepatutnya kita mengagendakannya secara berkala. Meski liburan sering diidentikkan dengan buang-buang uang karena harus mengeluarkan dana untuk transportasi, akomodasi atau oleh-oleh itu ini. Tapi, jika kita sudah siapkan jauh-jauh hari pasti tak akan merasa terbebani lagi. Seperti liburan lebaran kali ini.

Lalu apa saja yang harus disiapkan saat akan liburan lebaran? Saya punya info menarik tentang tips lebaran yang seru dan menyenangkan dan bisa didapatkan di ruparupa(dot)com

Ruparupa adalah one stop online shopping produk Ace Hardware, Informa, Toys Kingdom dan produk Kawan Lama grup lainnya. Ruparupa ada untuk menjawab kebutuhan masyarakat modern akan kemudahan berbelanja kapanpun dan dimanapun kita menginginkannya. Pilihan beragam barang yang ditawarkan beserta berbagai kemudahan diantaranya : gratis ongkir area Jabodetabek (syarat dan ketentuan berlaku), kemudahan pembayaran (debit/kredit/virtual account/cicilan 0%), kemudahan proses penukaran dan pengembalian produk, pelayanan purna jual dan store pick up service (di store ACE/Informa). 

Nah, berikut ini tips liburan lebaran yang seru dan menyenangkan. Let’s check them out !

1. Tujuan Liburan

Pertama kali pasti, tentukan dulu tujuan liburan lebaran kali ini. Sesuaikan tujuan dengan besaran dana dan waktu yang dialokasikan. Apakah akan mudik ke kampung halaman, pergi ke tempat wisata, kunjungan ke tempat keagamaan, atau ketiga-tiganya, mudik sekaligus berwisata. Kenapa tidak? Sekali mendayung, dua tiga pulau bisa terlampaui! Mumpung mudik, sekalian main ke tempat wisata di sekitarnya yang unik dan menarik. Duh, senangnya!


2. Kendaraan

Setelah tujuan, kemudian tentukan moda transportasi apa yang akan digunakan. Apakah menggunakan kendaraan umum (pesawat, kapal laut, kereta api, bus) atau memakai kendaraan pribadi. Jika memakai transportasi umum, pemesanan tiket bisa lewat agen perjalanan atau melalui aplikasi online yang menyediakan berbagai pilihan dengan kisaran tarif yang bisa kita sesuaikan dengan dana yang ada. Sebagai catatan, lebih baik pemesanan dilakukan jauh hari sebelumnya, mengingat ketersediaan tempat dan biaya. Karena biasanya makin dekat liburan makin susah dapat tiketnya juga mahal tarifnya. 

Kalau memilih kendaraan pribadi, lakukan pemeriksaan kendaraan secara menyeluruh terlebih dahulu di bengkel, agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan selama di perjalanan seperti ban bocor, mesin panas, mobil mogok, dan lain-lain. Lebih baik juga sediakan peralatan darurat kendaraan yakni dongkrak/kunci roda, kabel jumper, tali derek dan kotak perkakas. Jangan lupa aksesoris pelengkap yang mendukung kenyamanan selama berkendara, seperti tempat penyimpanan, tempat sampah juga pengharum mobil. 



3. Penginapan 

Lalu, pesan penginapan jika perlu. Kecuali jika memang akan menginap di rumah orang tua/saudara. Pemesanan penginapan bisa melalui aplikasi yang kini makin mudah didapati dengan harga yang bervariasi. Pastikan mengecek kesesuaian penginapan yang diambil dengan kebutuhan. Hingga kita bisa beristirahat dengan nyaman selama liburan. Untuk yang menginap di hotel, berikut ada penawaran voucher diskon hotel dan pesawat (syarat dan ketentuan berlaku)


4. Barang Bawaan

Liburan pasti bawa barang-barang pribadi dong yaaa…Biar nggak perlu beli-beli lagi di sana. Untuk itu, bawa barang yang sesuai dengan tujuan. Jangan sampai niat berlibur di pantai yang dibawa malah jaket dan selimut tebal, bukannya kacamata hitam, topi dan baju renang. Kalau berliburnya bersama anak-anak, barang bawaan mungkin jadi lebih banyak. Siapkan keperluan mereka dulu. Bawakan mainan kesayangan yang akan menghibur sepanjang perjalanan, buku cerita yang lucu atau buku gambar dan krayon untuk mengisi waktu saat menunggu.



Barang sudah...Hmm, bingung mau dibawa pakai apa barangnya? Sudah ada kopernya belum? Kalau belum, berbagai jenis koper ini bisa jadi pilihan. Oh ya, saat memilih koper perhatikan : jenis kopernya, jumlah roda, model handle, sistem penguncian dan ukurannya. 



5. Bingkisan Lebaran

Sudah siap pergi liburan, sudahkah bingkisan lebaran disiapkan? Lebaran saatnya silaturahmi, merupakan momen yang tepat untuk berbagi. Bingkisan untuk keluarga, kolega juga sanak saudara tentu akan berkesan di hati. Beragam pilihan dari makanan hingga keperluan sehari-hari bisa kita jadikan bingkisan lebaran. Sesuaikan dengan dana dan ditujukan pada siapa bingkisannya. Kalau mau tahan lama, daripada makanan, benda bisa jadi pilihan. Untuk Ibu Mertua, mungkin tea set yang cantik bisa jadi pilihan unik. Buat kolega yang masih lajang, chef’s simple set tentu akan membuatnya senang. 




6. Keamanan Rumah

Semua sudah siap…Ready, Set, ....!! Eitsss, tunggu dulu, sebelum berangkat, pastikan rumah aman saat ditinggalkan. Ingat untuk menginformasikan ke pengurus RT/satuan pengamanan lingkungan kalau rumah kita dalam keadaan kosong selama sekian hari. Sehingga rumah kita dalam pengawasan mereka. Selain itu antisipasi keamanan antara lain dengan: melengkapi pintu dengan kunci/gembok bermutu, memasang cctv, menyimpan barang berharga di brankas, memasang alarm rumah, memakai lampu sensor/timer, melepaskan colokan listrik dan melepas selang tabung gas.



Nah, lengkap sudah! Jadi nggak perlu galau lagi menyambut liburan lebaran ini. Karena Ruparupa menawarkan banyak solusi.



Oh ya satu lagi, untuk pendaftaran member baru akan mendapatkan voucher Rp 50.000,-. Seperti voucher yang saya dapatkan di atas. 
Seru, kan? Jadi tunggu apa lagi. Yuk, ceki-ceki ke ruparupa untuk berbagai pilihan barang menyambut liburan lebaran beserta tipsnya. Selamat menikmati liburan lebaran. Semoga liburannya seru dan menyenangkan, lancar di perjalanan dan kembali lagi ke rumah dengan sehat dan aman. Amin.^^



2 comments:

  1. yeay keren bingits dah mba Dian selamat y mba, btw mba aku lagi ngincer itu yang alarm deh itu caranya tinggal tempel kan ya?permanen atau mesti ganti batre gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya yang bisa ditaruh tas gitu...pake batre, buat keamanan kita. Nanti tinggal tarik kabelnya klo ada apa-apa, jadi bunyinya kenceeeng , biar ada yg denger. Ada senternya juga. Iya, ini penting buat kita buat jaga diri:)

      Delete