Bukit Dhoho Indah 

Wahana Wisata yang Asri dan Murah Meriah





Hai..hai..Apa kabar?
Sudah pernah ke Kediri, Jawa Timur atau belum?๐Ÿ˜

Iyaaa, Kediri, kota kelahiran dan tempat saya dibesarkan yang saat ini perkembangannya pesat sekali. Sampai-sampai setiap kali pulang kampung, saya terkaget-kaget sendiri. Lha, bagaimana nggak kaget, selalu saja ada yang baru di kotaku. Obyek wisata yang unik, tempat ngopi cantik atau wisata kekinian yang apik...Yeaay!!

Nah, salah satunya adalah yang saya kunjungi saat mudik lebaran silam. Sebuah tempat plesiran kekinian yang asri dan murah meriah yaitu Bukit Dhoho Indah.


Papan petunjuk jalan ke BDI
Bukit Dhoho Indah (BDI) berlokasi di Desa Tiron, Kecamatan Banyakan, Kabupaten Kediri. Tepatnya, melalui jalan raya utama Kediri-Nganjuk, lalu di perempatan Banyakan, belok ke arah Barat sejauh 4,5 km. Jalan menuju lokasi kondisinya lumayan bagus meski tidak terlalu lebar. Di kiri kanan ada pemukiman penduduk juga hamparan ladang jagung, singkong, dan tanaman lain yang menyejukkan pandangan. 

Setelah melewati beberapa belokan yang dilengkapi papan petunjuk jalan, akhirnya sampailah kita di gerbang utama wahana wisatanya. Lahan parkir yang disediakan cukup luas, berada tepat di depan lokasi wisata. Biaya parkir murah saja, hanya Rp 3000,- untuk motor dan Rp 5.000,- untuk mobil. 

Selanjutnya, kita bisa membeli tiket masuk sebesar Rp 5.000,-/orang di konter tiket. (Murah, yaaa,.. nggak kayak di Jakarta...๐Ÿ˜€). Dan, wahana ini dibuka dari pukul 09.00 sampai 17.00 setiap harinya. 

Saat di pintu masuk ini, kita akan melewati pemeriksaan keamanan, dimana pengunjung tidak diperkenankan membawa bekal makanan yang berlebihan lantaran di dalam lokasi nanti sudah tersedia kios makanan/minuman yang terjangkau harganya.

Lewat dari pintu masuk, di sebelah kiri ada kolam besar pemancingan ikan patin, mujair, gurami, dan lain-lain yang bisa disewa seharga Rp 50.000,- dengan durasi sepuasnya. Dan, hasil pancingan nantinya bisa sekalian dibakar untuk dimakan di tempat. Asyik, kan?

Kolam pemancingan besar

Sementara di sisi kanan ada wahana permainan anak seperti jembatan gantung/panjat tali, memberi makan kambing dan rusa, beberapa kolam pemancingan kecil untuk jenis ikan lele dan saung untuk tempat melepas lelah.
arena permainan anak
Masuk ke arah dalam akan kita dapati jalan setapak yang bersih dan rapi, disela rerumputan hijau terhampar dan dihiasi bunga-bunga cantik di sana-sini. 
Image result for bukit dhoho indah
taman

Image result for bukit dhoho indah
Deretan saung

Di dekat pintu masuk bagian dalam, ada Kedai Kemuning yang menyediakan hidangan dengan harga terjangkau pun saung pertemuan berukuran sedang yang bisa disewa untuk berbagai kegiatan. Seperti saat itu, saya mendapati saungnya sedang disewa untuk kegiatan reuni. Asyik pasti yaa reunian sekalian rekreasi bersama keluarga...

Kedai Kemuning
Sementara, di sisi kanan terdapat wahana persewaan ATV dengan tiket seharga Rp 20.000 untuk 3 kali putaran dengan track yang cukup panjang dan menantang. Si Mas pun tak ketinggalan mencoba naik ATV sendiri, sementara si Adik ikutan dengan diboncengkan sepupunya. Duh, senangnya mereka...! Dan Ibuk, bagian dokumentasinya...๐Ÿ˜

ATV tracking area
Menuju sisi kiri, terhampar barisan pepohonan dengan jejeran hammock yang dikaitkan diantara dua pohon yang berdekatan. Warna-warninya sangat menggoda mata untuk sekedar duduk, tiduran atau bergelantungan seraya menghirup aroma pepohonan khas hutan.

Awas ketiduran,...!
Sementara di bagian tengah tersedia wahana permainan anak seperti ayunan, jungkat-jungkit, perosotan, jembatan tali, jalur panjat pun saung-saung tempat berkumpul untuk menikmati penganan yang bisa dibeli di kios di sekitarnya. 

Image result for bukit dhoho indah
Arena permainan anak
Oh ya, semua hammock, arena permainan dan saung yang ada, termasuk fasilitas gratis yang disediakan pengelola dan kita cukup antri saja untuk memakainya. Dan, yang perlu diperhatikan juga, batas maksimum beban hammock yaitu 100 kg. Jadi, jangan sampai dipakai beramai-ramai agar tidak merusak hammock juga pohonnya yaaa..

Hangatnyaaa..!!
Sedangkan untuk jembatan tali, tertera aturan di papan petunjuknya yakni: untuk usia 10-16 tahun, maksimal dinaiki 10 orang dan alas kaki harap dilepas. Sayangnya, seringkali berbagai aturan seperti ini diabaikan oleh pengunjung sehingga failitas mengalami kerusakan yang tentu saja akan merugikan pihak pengelola dan pengunjung lainnya. Seperti saat saya datang, semua wahana jembatan yang ada sedang ditutup karena beberapa bagiannya putus akibat kelebihan beban. 


Setelah capek berkeliling dan bermain akhirnya lapar pun mendera. Namun, nggak perlu bingung harga makanan di BDI harganya terjangkau dengan rasa yang lumayan juga. Seperti nasi bakar hasil olahan penduduk sekitar yang sedap dan hanya berharga delapan ribuan. Juga berbagai camilan yang bisa dibeli untuk menemani ngobrol sana-sini seperti keripik pisang, keripik singkong, gorengan, dan lainnya. Juga jajanan kegemaran anak-anak seperti sosis bakar, es krim, bakso dan berbagai varian minuman.

Sluuurrp!!
Oh ya, BDI ini rencananya masih akan dikembangkan lagi menjadi area berkonsep techno edupark dan agrowisata dengan menampilkan hasil pertanian kecamatan Banyakan yaitu mangga jenis Podang juga pohon buah-buahan lainnya. Juga akan ada tambahan wahana flying fox, air terjun buatan, area outbond, dan banyak lagi. (wih, nggak sabar nunggunya..!)

Sementara, saat ini sudah dibangun wahana BDI 2 yang berjarak sekitar 500 meter dari lokasi pertama yang bisa menjadi tujuan kedua dengan wahana yang sedikit berbeda, seperti adanya arena soft gun.

Tak lupa, Bukit Dhoho Indah juga menyediakan fasilitas musholla, toilet bersih dan tempat sampah di berbagai sudut area. Bahkan kabarnya, pihak pengelola melakukan proses pengolahan kompos mandiri dari sampah organik yang dikumpulkan di area wisata.

Ingin sendiri? BIsa juga ke BDI..๐Ÿ˜
Tuh kan benar, Bukit Dhoho Indah bisa jadi pilihan saat plesiran di Kediri. Sudah lokasinya tak jauh dari pusat kota, aksesnya mudah, tempatnya sejuk dan indah, tiket dan kulinernya pun murah....Jadi, jangan lupa mampir ya kalau lagi di Kediri...!

Oh ya, yang lebih penting lagi, ingat ya, jagalah kebersihan saat berada di tempat wisata juga patuhi aturan dari pengelolanya. Sehingga semua bisa menikmati wisatanya dengan nyaman dan aman, pulangnya hati jadi senang dan pikiran pun tenang.

Terimakasih sudah membaca. Semoga infonya bermanfaat yaa...!๐Ÿ’–


Salam,

Dian


Sumber foto : beberapa dari blog lain yang saya cantumkan sumbernya. Karena pengunjung sangat ramai saat libur lebaran sehingga saya kesulitan mengambil foto di lokasi ๐Ÿ˜Œ






















16 comments:

  1. Wah saya belum pernah kesini Mbak Dian..baru mampir gapura aja hehee..TFS, next trip mau ke BDI

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mba Dira..monggo mampir, nggak jauh dari situ kok BDI nya

      Delete
  2. Wah saya belum pernah kesini Mbak Dian..baru mampir gapura aja hehee..TFS, next trip mau ke BDI

    ReplyDelete
  3. Wah, tempat wisata begini aku sekeluarga suka, mb.thx ya sharingnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mbak..komplit konsepnya untuk selera segala usia. Makasih dah mampir :)

      Delete
  4. Aku ngacung bleum pernah ke Kediri mba, ajakin dong klo pulkam kesana hahaha *ngarep*
    bayarnya cuman 5000 murce tapi pas sewa yang lain bayar lagi y mba mayan ni klo bawa anak2 pasti betah apalagi bisa kasih makan rusa ntar emaknya yang anteng bukan anaknya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuuk ah, main ke Kediri Mbak Herva..haha:D Yang bayar cuma ATV sama mancing, yang lain gratis Mbak..

      Delete
  5. Tapi jauh dari Lampung hiks.. asik ya, teduh tempatnya, tiketnya pun murah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..jauh ya..di Kediri masih banyak lagi tempat wisata murah meriah begini..padahal bagus lo Mbak:)

      Delete
  6. Lohh mbak orang kediri to?

    Samaaaaa. Heheee

    ReplyDelete
  7. Kediri itu kotanya sejuk ya mbak, aku suka. Pernah ke air terjunnya di lereng wilis. Lumayan jauh ternyata๐Ÿ˜€

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas..hawanya masih seger, nggak panas kayak Jakarta :D

      Delete
  8. murah ya mbak, padahal tempatnya luas gitu O.O

    ReplyDelete