Merayakan Kemerdekaan Bersama Sate Khas Senayan




Sebuah pagi, tanggal 17 Agustus, di Kediri. Hari dimulai dengan kesibukan persiapan upacara peringatan ulang tahun kemerdekaan Indonesia. Bapak saya yang seorang guru pun bergegas  menyiapkan diri untuk mengikuti rangkaian acara peringatannya di tempatnya mengajar. Ketiga kakak saya yang sudah bersekolah pun sama. Sementara dua kakak lainnya yang belum bersekolah, tinggal di rumah bersama Ibu yang sedang hamil tua.

Sekitar pukul 9 pagi, Ibu merasa kesakitan, sepertinya sudah saatnya melahirkan. Lalu beliau segera diantar paman saya ke rumah sakit di dekat rumah. Sementara paman saya yang lain menyusul Bapak ke sekolah. Tak butuh waktu lama di rumah sakit, Ibu pun melahirkan seorang bayi perempuan (lagi) yang diberi nama Dian Restu Agustina. Ya, bayi itu adalah saya.

Ibu bersyukur bayi itu terlahir sehat tepat di hari ulang tahun kemerdekaan RI tanpa kurang suatu apa. Padahal sebelumnya, Ibu khawatir jika terjadi apa-apa dengan bayinya. Lantaran kehamilannya sebenarnya tidak direncanakan. Karena sudah punya 5 anak perempuan, maka Ibu memakai alat kontrasepsi untuk menghindari kehamilan. Tapi Allah berkehendak lain. Saya tetap bertahan hingga saat dilahirkan meski beberapa kali berusaha dibatalkan. (Nggak heran gedenya keras kepala begini hihihi😝)

Dan, jadilah hari lahir saya diperingati oleh orang se-Indonesia.😍 Nggak perlu bikin tumpeng sendiri karena banyak orang sudah bikin di pelosok negeri. Tak harus nunggu kado ultah, karena sering dapat hadiah dari ikutan lomba di RT atau di gerai-gerai yang meminta menunjukkan KTP dan dapatlah hadiah. (maunya gratisan kwkwkwk)

Meski, saya sendiri jarang merayakan ulang tahun secara istimewa. Mungkin saat remaja dulu iya, traktiran bakso sama teman misalnya. Tapi sejak menikah, suami dan saya memang membiasakan perayaan ultah di keluarga kami bukan dalam sebuah pesta. Ulang tahun sebagai momen berkurangnya usia, kami jadikan alasan untuk merapal syukur atas segala karunia. Pun mengoreksi diri dari khilaf yang selama ini terjalani. Hingga tak perlu rasanya berpesta pora. Kami lebih senang memperingati hari kelahiran dengan bercengkerama sekeluarga, berdoa lalu lanjut makan bersama. Tanpa kemeriahan yang membuang-buang uang.

Dan, untuk tahun ini pun sama. Setelah mengikuti kegiatan lomba di lingkungan RT, sorenya kami pun pergi ke Supermal Karawaci. Sebenarnya karena ada tujuan membeli sesuatu jadi sekalian makan di situ.

Tempat makan yang ada, rata-rata penuh pengunjung. Tak heran, momen perayaan dirgahayu kemerdekaan dimeriahkan pula dengan beragam program potongan harga dari tempat perbelanjaan, toko online juga restoran.

Seperti beberapa hari sebelumnya, beredar broadcast promo yang menggoda di sosial media saat tanggal 17 Agustus tiba. Ada yang diskon 17%, 45%,72% juga paket menarik lainnya.

Nah,  setelah melihat beberapa rumah makan, akhirnya pilihan pun jatuh pada Sate Khas Senayan. Lantaran menu Nusantara yang jadi ciri khasnya, tentunya pas untuk memperingati ulang tahun Indonesia (dan saya hahaha )

table mat Sate Khas Senayan
Saat datang kita akan disambut oleh pramusaji yang berbusana nuansa batik khas Indonesia yang menyodorkan daftar menu pilihan. Menu yang ditawarkan ini mewakili kuliner asal daerah seperti berbagai sate (ya pasti,  namanya juga sate senayan masak nggak jual sate kwkwkw) diantaranya: Sate Ayam Campur Bumbu Blora, Sate Lilit Bali, Sate Ayam Buntel, Sate Kambing, Rujak Cingur,  Karedok, Gado-gado,  Nasi Liwet Solo, Nasi Begana, Nasi Langgi, Nasi Gudeg, Nasi Krawu, Pecel Madiun, Jukut Urap, Soto Betawi, Soto Ayam Ambengan, Ayam Betutu, Gurame Bakar Jimbaran dan lainnya. (lihat daftar menunya saja sudah ngencesss saya 😄)

Info lengkapnya ada di Sate Khas Senayan

Soto Betawi
Kita bisa memesan pada pramusaji dan setelah beberapa lama kemudian makanan pun terhidang dan siap disantap. Menu yang tersaji dalam porsi yang lumayan besar hingga kita dijamin kenyang saat pulang. 

Nasi Uduk
Keunikan Sate Khas Senayan :
  • Keotentikan rasa: kita seperti makan di daerah asalnya.
  • Kualitas bahan yang utama: makanan yang disajikan kualitasnya tak perlu diragukan

  • Pelayanan cepat dan ramah.
  • Ragam pilihan menu Nusantara yang menggoda selera.
  • Tempat yang nyaman
  • Penyajian yang menawan

Nasi Liwet Solo
Meski harganya memang lebih mahal daripada restoran sejenisnya, tapi Sate Khas Senayan yang ada sejak tahun 1974 ini memang layak jadi tujuan saat mencari tempat makan citarasa khas Indonesia. 

Nasi Bali
Setiap menu komplit dilengkapi kerupuk, sambal, potongan jeruk atau pelengkap lainnya. Memang Sate Khas Senayan terkenal dengan penyajiannya yang istimewa hingga tak heran saya sering melihat tamu/wisatawan mancanegara makan di sini baik datang sendiri atau bersama rombongan dan pemandunya.

Es Campur
Kini dengan beberapa cabang yang tersebar di kawasan Jakarta, Depok, Tangerang, Cibubur, Cinere dan Bekasi, Sate Khas Senayan yang tergabung dalam Sari Rasa Grup siap mempromosikan kuliner tradisional Indonesia hingga bisa berjaya di negeri sendiri. 

Es Cincau Hijau
Begitu juga dengan varian minuman,  antara lain wedang angsle, wedang tape, es cendol, beras kencur,  es kacang merah,  jus buah dan masih banyak lagi minuman bercita rasa tradisional ditawarkan.

Es Jeruk
Nah, jika kita sedang merasa rindu dengan sajian kampung halaman atau lagi ngidam kuliner tradisional yang cita rasanya tak jauh beda dengan saat disajikan di daerah asalnya, sate Khas Senayan bisa jadi pilihan. Untuk lokasi cabangnya bisa dilihat di: lokasi Sate Khas Senayan

Es Cendol
Dan, kami sekeluarga pun pulang dengan perut kenyang dan dapat gratisan satu porsi makanan (menu Nasi Bali saya), lantaran program potongan harga kemerdekaan Indonesia sebesar 17,08%. (Lumayan...😀)

Akhirnya...

17 Agustus itu..
Tak sekedar lomba ini itu
Karena yang utama kita bersatu
Membangun Negeri ini..Negeriku..Negerimu

Selamat Ulang Tahun Indonesia...Semoga makin jaya ..!! Merdekaaaa!!💖

Salam hangat,
Dian


Mampir ke sini juga yuk:

Begini Cara Sehat Makan Mie Instan!

Kenali Bahan Tas Sebelum Membeli!

Beranilah Bermimpi!

28 comments:

  1. Olala ternyata 17an to ultahnya? Sugeng Tanggap Warso, Mbakyu. Semoga semakin bersinar di "dalam" dan "luar" Dirgahayu buatmu dan indonesiaku :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin..Maturnuwun jeng Damar:) Merdekaaa!

      Delete
  2. Es Cincaunya di Sate Senayan enak, aku suka. Ternyata hari kemerdekaan ultahnya mba ya. Selamat ulang tahun mba, sukses selalu ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, es cincaunya enaaaak! Aamiin, terima kasih Mbak :)

      Delete
  3. Mbak Diaaannn..gimana rasanya hari kelahiran dirayakan seluruh Indonesia setiap tahun hihihkhihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seneng pasti, banyak teman yang ingat karena gampang ngapalinnya.. Hahaha

      Delete
  4. Mbak Dian, selamat ulang tahun yaaaa, biasanya amlah ada yang gratis untuk yang lahir di hari peringatan proklamasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mbak Astin, iya sering dapat hadiah kejutan, pas di tempat makan nunjukin KTP eh dapat payung, gratis donat, dll.. Alhamdulillah 😀

      Delete
  5. Panjang umur dan sehat selalu ya Mba. Dirayakan seluruh bangsa Indonesia ya, ultahnya. Btw, Itu es cincaunya segeeeerr..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin..terima kasih Mbak..:)

      Iyaak..cincaunya swegeer..

      Delete
  6. Salam kenal mba. Whuaa saya suka banget sate khas senayan, apalagi sate ayam bumbu Blora. Itu sate terenak yg pernah saya makan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mbak Dwi.. Salam kenal balik yaa.. Saya belum pernah coba yang sate ayam bumbu blora.. Lain kali kalo ke situ lagi musti nyoba nih.. Trims infonya 😀

      Delete
  7. waaahhh, tiap tahun dapat hadiah dunk mba dian
    oh iya, berarti menu 33 provinsi ada di sana ya mbak.. masakkan padang berarti ada donk he he he

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak semua, mbak Rahayu..hehe:)

      Ada beberapa yang diwakili menu pembuka, makanan ringan atau minuman dari daerah.

      Delete
  8. Wah selamat ulang tahun ya, Mba. Senangnya ultah bisa barengan dengan ultahnya negeri ini. Saya belum pernah ke Sate Khas Senayan, baru nyobain take away-nya nasi jenggo. Rame terus sih tiap ke FX, haha... Satenya pun beragam ya, nanti saya mau cobain deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makaish Mbak..

      Ya mbak..beragam pilihan menunya..tinggal pilih saja..selamat mencoba ya:)

      Delete
    2. Pasti asyik nih penyajiannya, saya suka yang berbau tradisional

      Delete
  9. mantab banget makanannya.. bisa dicoba nih..

    ReplyDelete
  10. Waah...Mbak Dian ultahnya dirayakan oleh seluruh anak negeri dong...! Asyik ya...hehehe..
    BTW Barakallah ya... jadi pengen es campurnya, Mbak #glek!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin..Makasih Mbak Nurul:)

      Iya, es campurnya suegerr

      Delete
  11. Baca tulisannya, saya yakin makanan dan minumannya enak-enak semua ini.
    Aih jadi lapar :D

    ReplyDelete
  12. Se-Indonesia turut merayakan hehehe. Selamat ulang tahun, ya. Semoga selalu dilimpahi keberkahan. Aamiin

    ReplyDelete
  13. eta...nasi uduk lengkap amat ya....jadi ngiler euy....seru ya 17an nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa..sampai kekenyangan saking lengkapnya:)

      Delete