Superkidz Science Story 
Keajaiban Alam Sekitar



Judul Buku : "Superkidz Science Story - Keajaiban Alam Sekitar"
Penulis : Lish Adnan
Penerbit : Visi Mandiri
Tahun Terbit: 2017
Jumlah Halaman : 96
Kategori : Buku Anak / Non Fiksi

Seringkali kita mendapatkan pertanyaan dari anak kita, mengapa daun berwarna hijau? Mengapa kita harus makan? Bagaimana bisa terjadi hujan? Dan pertanyaan-pertanyaan lain yang berhubungan dengan kejadian di sekitar kita.

Untuk anak yang sudah mendapatkan pelajaran di sekolah, mungkin kita tinggal ambil buku pelajaran dan membacakan. Tapi, buku pelajaran seringnya menjelaskan secara ilmiah dan menggunakan kata-kata yang tak mudah dimengerti oleh anak-anak. Untuk itu, sebuah buku yang bisa menjembatani hal ini pun dirasa perlu.

Buku Superkidz Science Story - Keajaiban Alam Sekitar ini antara lain bisa jadi jawabannya. Buku yang mengungkapkan berbagai kejadian menakjubkan yang dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Komplit, ada cerita pendeknya, hikmah cerita, fakta sains, kilas info dan aktivitas kreatif lainnya.

Anak-anak disuguhi dengan cerita sarat moral yang diakhiri dengan hikmah yang didapat. Ada kutipan pesan yang mengena dan gampang dicerna.

Misalnya di bagian 1, ada cerita berjudul "Daun Merah Muda". Diceritakan tokoh Lili - adik Lilo - sedang mewarnai gambar. Ia mewarnai daun dengan warna merah muda. Ia dan kakaknya akhirnya bertukar komentar bahwa semestinya daun itu hijau warnanya. Perdebatan ini diakhiri pertanyaan kenapa daun itu kebanyakan berwarna hijau. Disusul penjelasan sains dalam bahasa yang mudah dimengerti anak-anak tentang "Mengapa daun berwarna hijau?". Dilanjutkan pesan tentang pentingnya melestarikan hutan. Dan, diakhiri dengan aktivitas mewarnai gambar bunga. 

Begitu juga pada 9 bagian berikutnya yang menyajikan tema beragam tentang kejadian di sekitar yang berhubungan dengan sains.

Sedangkan untuk aktivitasnya, selain mewarnai ada juga menyanyi, menyambung garis, teka-teki silang, mencari perbedaan gambar dan lainnya.

video

Buku setebal 96 halaman ini juga dilengkapi dengan ilustrasi yang menarik. Sehingga anak usia Sekolah Dasar, tak akan bosan membacanya.

Soal harga, karena saya langsung membeli dari penulisnya, Lish Adnan, harganya hanya 40 ribu. Bisa juga membeli melalui penerbitnya, Visi Mandiri. Selain itu tersedia juga di toko buku Gramedia dan toko buku online dengan harga sekitar 49 ribu. Sebuah harga yang sangat terjangkau untuk buku anak interaktif seperti ini.

Selengkapnya untuk materi yang dikupas di buku ini adalah sebagai berikut:
  • Buku diawali dengan perkenalan tokohnya: Lilo, Ayah, Ibu, Lili, Bimo, Eki, Sarah dan Paman Sandi.
  • Lalu, ada 10 bagian yang membahas tentang:
  1. Daun Merah Muda - Mengapa Daun Berwarna Hijau?
  2. Matahari yang Panas - Mengapa Kita Membutuhkan Matahari?
  3. Matahari Hilang -Mengapa Matahari Hilang di Malam Hari?
  4. Bentuk Awan yang Lucu - Darimanakah Awan Berasal?
  5. Gagal ke Taman Rekreasi - Bagaimana Terbentuknya Hujan?
  6. Bercanda - Apa Itu Pelangi?
  7. Lili Tidak Lapar - Mengapa Kita Butuh Makan dan minum?
  8. Ayo lari, Bimo? - Mengapa Hantung Berdetak Lebih Cepat saat Berolahraga?
  9. Semut di Kotak Pensil - Bagaiman Semut Menemukan Makanan?
  10. Catatan Super Kecil - Apa Hubungan Kertas dengan Lingkungan? 
  • Bagian terakhir dilampirkan Daftar Pustaka dan info Tentang Penulis. 
Akhirnya, buku yang ditulis oleh Lish Adnan, penulis cerita anak yang karyanya sudah dimuat di berbagai media cetak di Indonesia ini memang layak jadi bacaan anak-anak. Karena, buku ini tak hanya menyajikan cerita penuh makna tapi juga aktivitas yang membuat mereka mengenal alam sekitarnya.

Selamat Membaca....💞


12 comments:

  1. Rada khawatir sama anak-anak jaman sekarang yang lebih sering pegang gadget timbang pegang buku. Siiiph Mbak Dian, kampanye kan terus gemar membaca lewat buku-buku rekomendasi nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke..siyaap Mbnak Ellany...Makasih untuk supportnya:)

      Delete
  2. Ini baru jajanan edukasi. Sangat bermanfaat untuk tumbuh kembang anak..anak saya juga pake mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siip, Mas..Semoga anak-anak kita tumbuh menjadi anak yang cerdas dan berkualitas ya Mas...:)

      Delete
  3. Bagus neh bukunya, bisa buat anak-anak

    ReplyDelete
  4. Wah, menarik sekali Mbak, terima kasih resensinya. Saya tertarik sekali dengan bab mengapa kita harus makan dan minum, karena kadang anak saya nggak mau makan dan maunya dibacakan buku tentang kenapa harus makan, padahal saya nggak punya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak..materinya lumayan..dan buku ini berseri..ada seri lainnya juga:)

      Delete
  5. Bukunya cocok banget buat emak muda. Kalau emak tua seperti saya sudah telat pake banget,anaknya sdh mahasiswa...heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, ini khusus untuk mahmud...Atau buat ponakan Mbak Nuning hehehe

      Delete
  6. Bukinya bagus banget mbak, membuat anak tertarik untuk membaca.

    ReplyDelete