Kongkow di Markas Cafe yang Oke!


Cirebon Part 5

Saat pertama tiba di Hotel Cordela Cirebon, saya lega karena ternyata letaknya dekat dengan tempat jalan dan jajan. Sehingga malamnya kami putuskan untuk jalan kaki saja cari makan malamnya.

Si Mas, awalnya melirik restoran waralaba di seberang hotel. Tapi saya dan Bapaknya meyakinkan lebih baik kalau sedang pergi ke satu tempat, kita berburu kuliner setempat. Seperti siang tadi saat kita makan di Empal Gentong H. Apud.

Wisata kuliner Cirebon

Jadi nanti punya kenangan juga tentang makanannya. Dan, akhirnya dia mau juga. Lalu, kami pun memutuskan makan di Markas Cafe yang hanya berjarak 50 m berjalan kaki dari Hotel Cordela ini. Tepatnya di Jl. Cipto Mangunkusumo 105 Cirebon.

Markas Cafe buka dari pukul 12 siang sampai 12 malam dengan promo diskon 20% tanpa syarat di pukul 12.00-16.00. Hohoho..Jadi yang mau maksi, makso atau maksa, kalau mau cari diskonan datang saja di waktu-waktu itu. Lumayan, biaya nongki-nongkinya jadi lebih ringan.😀

Kuliner Cirebon

Cafe ini konsepnya outdoor dengan canopy besar yang mengatapi. Ada jajaran kursi di bawahnya dan sebagian kursi beratap indahnya langit malam. Ada hiasan lampu kelap kelip di sekeliling tempat duduk yang rapi. Sementara  di beberapa sudut ada konter makanan yang siap menyajikan hidangan yang tertera di daftar menunya.

Konter tersebut diantaranya: Cilok Sarjana, Baso Sapi&Sop Iga Balungan Gober, Markas Ayam Penyet, Markas Food Camp ..lengkap pilihannya, tinggal sesuaikan dengan selera. 

Untuk parkir kendaraan, cukup luas dan sangat memadai, jadi enggak perlu khawatir dengan parkir. Pokoknya cocok jadi tempat ngumpul komunitas, gathering atau reunian. Hanya kalau malam, tempat parkir ini sedikit gelap  karena kurang pencahayaan.


Lalu, buku menu menampilkan sajian beragam mulai dari menu lokal sampai internasional. Mulai dari menu bento, steak, aneka nasi goreng, nasi pedesan, menu ramean (sharing menu untuk 2-3 orang), aneka snack, roti bakar dan dessert, seblak, burger, cilok, fried chicken...dan lainnya.

Sedangkan untuk minuman ada aneka ice blend, susu, jus, ice tea dan minuman hangat,...semua lengkap! Untuk harga pun terjangkau, di rentang 3-30 ribu rupiah. Murmer lah pokoknya!

Ketika kita duduk, pelayan akan memberikan daftar menu. Setelah memesan, kita didatangi untuk dimintai uang pembayaran pesanan. Setelah bayar dan pesanan datang, ... silakan  ngobrol cantik sepuasnya.

Dan berikut beberapa diantara makanan yang bisa dipesan di daftar menunya:

Wisata Kuliner Cirebon


Cafe Cirebon

Kuliner Cirebon

Kuliner Cirebon

Karena kami sudah kelaparan setelah kecapekan berkunjung ke Keraton Kasepuhan, masing-masing pun memesan menu sesuai keinginan.

Si Adik pilih Omelet Seafood (25K)  dan Ice Strawberry Tea (8K). Si Mas mau Beef Steak Blackpepper (25 K) dan Sunrise Sparkling (13 K). Si Bapak pesan Nasi Wagyu Sambel Matah (22 K), Capcay Goreng Ayam ( 20K) dan Lime Squah (12K). Sementara saya pengin Nasi Wagyu Sambel Jeplak (22K) dan Wedang Jahe (7K). Sebagai tambahan kami pun memesan Cilok Cincang Goreng (16K).

[Lha, tumben biasanya kalau ke cafe ngopi, tapi ini.....?]

Hihihi..iya, sudah ngopi tadi sore waktu sampai di Hotel Cordela. Karena begitu memasuki lobby tercium wangi kopi, jadilah kami ngopi di lobby. Jadi sementara, meski penasaran sama kopinya,...skip dulu kopinya!

Dan, berikut penampakan makanan yang kami pesan:

Kuliner Cirebon
Beef Steak Blackpepper dan Sunrise Sparkling
Kalau dari kesan pertama, penampilan makanannya enggak kalah dengan restoran ternama. Kreatif juga penamaan dan mix&matchnya. Seperti model rice bowl yang saya pesan, merupakan perpaduan wagyu dengan sambel Nusantara. Jadi jangan tanya rasanya...pedes endess..kwkwkw. Ternyata mantap dipadankan begini!

Untuk menu internasional seperti steak, kata si Mas juga lumayan. Dengan harga sekian (di Jakarta jarang dapat steak 25 ribuan), worth it!

Kuliner Cirebon
Cilok Cincang Goreng
Sementara ciloknya, asli ada daging cincang di dalamnya. Anak-anak suka makannya, maklum mereka jarang-jarang jajan cilok begini. Karena saya enggak yakin dengan penambahan penyedap rasa pada jajanan cilok yang biasa dijual di depan sekolah/pinggir jalan. Kalau yang 16 ribu dapat 5 biji begini, percaya saya akan kualitas bahannya.

Wisata Cirebon
omelet seafood, ice tea strawberry
Dan, karena icip-icip ini itu dan menu pesanannya datang belakangan (sampai mau nangis dia), si Adik jadi enggak habis omeletnya. Saya pun minta agar dibungkus saja sama Mbak waitress-nya, sayang-sayang, baru juga dicolek sedikit... (Emak keluar hematnya hahaha)

Wisata Kuliner Cirebon
Capcay Goreng Ayam, Wagyu Sambel Matah, Wagyu Sambel Jeplak


Sedangkan untuk minuman, rasanya standar saja enggak jauh beda dengan tempat lainnya, meski dari sisi harga lebih murah di sini.

Nah, buat yang nanti ke Cirebon, Markas Cafe ini bisa disinggahi. Atau mau kepoin akun sosial medianya dulu biar tahu menu dan review...Monggo:

Markas Cafe:

FB: MarkasFoodCamp
Ig: Markas.foodcamp
Twitter: @ Markas Cafe
HP: 081909841350

Semoga infonya bermanfaat yaa!





Selamat Berwisata,


Dian Restu Agustina

Comments

  1. Kebayang kalau hujan bagaimana itu, Mbak ? Heheee...

    Banyak cafe serupa di Solo. Mungkin namanya saja yang berbeda, ya. Salah satu yang cukup famous disini namanya Cafe Tiga Tjeret. Pernah saya ulas di blog. Yuk Mbak Dian ajak keluarganya liburan ke Solo, nanti kita nongki-nongki cantik, hihiiyy :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebagian beratap kanopi (lebih banyak ini) dan sebagian lagi beratap langit Mbak Tia...Jadi kalau hujan tinggal pindah kursi hihihi..

      Semoga nanti bisa ke Solo dan ketemuan kita ya...plus nongki pastinya :)

      Delete
    2. Okay Mbak Di... ditungguuuu :*

      Delete
  2. Ahhh asyiknya jalan-jalan ama anak-anak yang udah gede, bisa diajak di mana aja.
    pengen deh nongki manjah sambil mengisi perut di tempat outdoor gitu, tapi parno ama asap rokok hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama.. Dilema kalau outdoor memang asap rokok dimana-mana.. Hiks
      Tapo syukur kemarin pas banyak keluarga, mungkin karena masih sore hehehe

      Delete
  3. Mantep cafe nya ya mba, menunya juga banyak pilihan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes Mas..saking banyaknya sampai bingung milih yang mana..:)

      Delete
  4. Kebayang buat inspirasi saya di kampung, kira - kira bisa apa nggak ya mendirikan cafe seperti itu,, soalnya anak muda banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa Mas..kalau tempatnya oke, pasti rame :)

      Delete
  5. Waaah, saya kepengin omelet seafoodnya....

    ReplyDelete
  6. keren cafenya, tempat asyik punya dan menu juga enak-enak

    ReplyDelete
  7. Belum pernah nyobain cilok a la restoran..enak juga buat ngemil malem2 di bawah langit berbintang hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, cilok restoran rasa daging beneran bukan rasa micin kwkwkw

      Delete
  8. wah kalau di sini sih suak mampir karena aku roang cirebon,wah kalau tahu mbak ke sini bisa ketemuan ya

    ReplyDelete
  9. Makyuzzz nich lokasinya Mbak, makanannya juga mengundang selera dan pastinya nendang diperut, apalagi bareng keluarga tambah aseeekkkk...:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, momen bareng keluarga bikin tambah maknyuz makanannya :)

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog