34 Dongeng Super Amazing Kekayaan Fauna Indonesia



Judul Buku: 34 Dongeng Super Amazing Kekayaan Fauna Indonesia
Penulis: Wulan Mulya Pratiwi, dkk (34 penulis)
Kategori: Dongeng Fabel
Penerbit: Scritto Books
Cetakan/Tahun Terbit: 1/2018
Jumlah Halaman: 160
Harga: Rp 55.000,00 (Rp 40.000,00 Harga PO 11-23 April 2018) 



“Kaaaak,…Kakak!” teriakan Cendri mengagetkan Cendra. 

“Kak, dicari kemana-mana, ternyata di sini senyum-senyum sendiri,” sungut Cendri kesal karena sudah berkeliling hutan mencari kakaknya. 

“Iya, ada apa?” jawab Cendra sambil menatap geli adiknya yang cemberut. 

“Itu, Ibu minta kita membantu tetangga yang baru pindah ke pohon sebelah. Mereka punya anak sebaya kita lo, Kak. Namanya Kasu Kasuari Asyik, kita jadi punya teman bermain yang baru!” Cendri panjang lebar menjelaskan alasannya mencari kakaknya. 

“Oh, yang bulunya hitam itu ya? Aku sudah sempat kenalan kemarin. Aku lagi sibuk sekarang, kamu saja yang bantu mereka ya?” tolak Cendra. 

“Ya, ampun sibuk apa juga? Sibuk memuji diri sendiri? Ayolah, Ibu sudah di rumah mereka tadi. Kita diminta menyusulnya,” ajak Cendri. 

“Ya, sudah kamu duluan saja, aku nanti nyusul,” Cendra menjawab santai ajakan adiknya. 

Cendri sambil bersungut-sungut pun pulang meninggalkan kakaknya.

Scritto Books

Demikian penggalan dongeng fabel karya saya yang berjudul: 
"Si Cendra, Cendrawasih Merah yang Tak Sombong Lagi"
Cendra di kisah ini digambarkan sebagai sosok yang sombong karena memiliki fisik yang kereeeen! Sebagai Cendrawasih Merah jantan, dia memang mempunyai bulu berwarna merah darah dengan ujung berwarna putih pada bagian sisi perutnya. Juga, bulu hiasan di muka yang berwarna hijau gelap. Di ekornya terdapat pula dua buah tali yang panjang berbentuk pilin ganda berwarna hitam. Pokoknya ketje habissss!

Karenanya, Cendra menilai buruk tetangga barunya yang memang tak memiliki fisik seindah dirinya, si Kasu Kasuari. Sampai di sebuah peristiwa, Cendra tersadar bahwa sikap buruknya itu tidaklah benar.

Dongeng anak

Nah, dongeng tentang si Cendra ini ada dalam buku 34 Dongeng Super Amazing Kekayaan Fauna Indonesia yang ditulis oleh 34 penulis dalam buku setebal 160 halaman full colour.

Sebuah buku terbitan Scritto Books yang menampilkan:
  • 34 cerita fabel dari 34 provinsi di Indonesia
  • Pesan moral yang akan ditemukan di setiap cerita
  • Fakta unik dari karakter hewan dalam cerita
  • Bonus aplikasi edukatif untuk si buah hati
Scritto Books


Seperti pada dongeng saya, Cendrawasih Merah, pesan moralnya adalah:
  • Jangan pernah meremehkan orang lain karena kita belum tentu lebih baik dari orang yang kita remehkan
  • Kita memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kita harus bisa menjadikan itu untuk saling melengkapi dan bukan untuk saling menandingi.
  • Jauhilah menggunjing atau menyakiti hati orang lain dalam bentuk apapun dan janganlah berbicara kecuali yang baik.
Sedangkan fakta uniknya, yaitu:
  • Cendrawasih Merah hanya ditemukan di hutan dataran rendah di Papua Barat. 
  • Berdasarkan dari hilangnya habitat hutan yang terus berlanjut, serta populasi dan daerah di mana burung ini ditemukan sangat terbatas, Cendrawasih Merah dievaluasikan sebagai beresiko hampir terancam punah. 
  • Pakan burung Cendrawasih Merah terdiri dari buah-buahan dan aneka serangga
Dan, masih ada 33 dongeng fabel lainnya yang melengkapi bukunya, diantaranya:
  • Heri, Harimau Sumatera yang Baik Hati (Jambi )
  • Rosi, Rusa Timur yang Ingkar Janji (NTB)
  • Kisar, Si Ayam Jago Bersuara Merdu (Jatim)
  • dll
Scritto Books

Penasaran?

Jika berminat silakan pesan bukunya di Scritto Books dengan harga PO 11-23 April 2018 sebesar Rp 40.000,00. Atau bisa melalui saya di WA 0819646162.

Oh ya, setelahnya, harga buku normal yaaa...Rp 55.000,00

Yuks, kita kenalkan kekayaan fauna Nusantara pada buah hati kita dan tumbuhkan kebiasaan membaca!

Dongeng Super Amazing Kekayaan Fauna Indonesia


Selamat Membaca,

Dian Restu Agustina









28 comments:

  1. Wah asiik nih ada buku dongeng buat bacaan para ponakanku ...
    Apalagi dengan tokoh binatang dari berbagai daerah.
    Bisa mengenalkan semua kebudayaan di Indonesia.

    Terimakasih infonya,kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas, bisa mengenalkan kekayaan fauna Nusantara :)

      Delete
  2. kebetulan nih aku juga punya ponakan msh umur tiga tahunan gitu, mungkin cocok kaliya kalo di beli'in buku cerita gitu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, Mas.. Dongeng bisa membantu anak mengembangkan imajinasi, menambah ilmu sekaligus mempererat bonding dengan ortu saat dibacakan.

      Delete
  3. Dongeng itu asik ya mba, saya pas kecil suka banget sama dongeng" karna saya juga suka berimajinasi, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaaa.. Mas, saya senang dongeng makanya bisa menulis dongeng 😊

      Delete
  4. Makin mudah ya, Teh. Dengan adanya buku dongeng gini, bisa dibacakan sembari mengajarkan anak belajar membaca..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mas kini banyak sarana belajar anak antara lain lewat dongeng.

      Delete
  5. Anakku setiap mau tidur..pasti minta dibacain buku mba..

    Untungnya aku deketperpusda rumahnya, jadi setiap minggu memang tak ajak ke sana, trus pinjem bawa pulang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah Mbak.. Semoga semakin semangat membaca ya Mbak..

      Delete
  6. Lengkap dan didesain menarik nih bukuuu.....

    ReplyDelete
  7. Wah, asyik nih buat cerita ke anak-anak. Semoga bukunya laris manis ya Mba

    ReplyDelete
  8. Wah bags juga nih, kayaknya kalau aku coba ceriatain dongeng ini sama ponakan dia bakalan merasa senang hehehe

    ReplyDelete
  9. Saya juga suka banget dengan buku..

    setiap bulan saya wajib minima satu buku untuk dibaca biarpun sibuk banget dengan aktiviti ngeblog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren Mas..membaca membuat kita tambah ilmu dan jadi tahu banyak hal baru :)

      Delete
  10. Mba Dian salah satu penulisnya ya? Whuaa bagus nih bukunya, secara fauna di Indonesia banyak dan variatif.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..saya aja baru tahu tentang Cendrawasih Merah ini saat nuli ini Mbak hihihi..Indonesia kaya fauna!!

      Delete
  11. Mba Dian mah olweis keren, nulis apa aja hayuuk hehehe.. proud to be one of your friend mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. tersanduuuuu..sandung deh saya. Makasih Mbak Bety, masih terus belajar ini :)

      Delete
  12. Menarik sekali bukunya mbak 😁 Asyik buat anak-anak

    ReplyDelete
  13. Melalui cerita, anak-anak bisa belajar banyak hal ya... Jadi anak-anak tidak merasa di gurui

    ReplyDelete
  14. Mba Dian, nanti aku japri lewat WA yaa.
    Mau beli deh untuk bacain anak2 sebelum tidur :)
    Terima kasih untuk informasinya :)

    ReplyDelete
  15. Seneng liat buku anak2 karya penulis indonesia...kereen

    ReplyDelete
  16. Huaaa keren Mbak Dian nulis buku lagi yaaa, cernak susah buatnya, kaya pesan moral dan edukatif. Selamat atas karyanya yaa Mbak, semakin produktif.

    ReplyDelete
  17. Barakallah mbak Dian, atas terbitnya buku ini.
    Oh ya, ini di setiap akhir cerita selalu ada fakta unik dan pesan moralnya kah?

    ReplyDelete