Mengonsumsi Jus Sayuran dan Buah-Buahan untuk Memenuhi Pedoman Gizi Seimbang



Konsumsi sayuran dan buah-buahan yang cukup, diperlukan untuk memenuhi kebutuhan gizi bagi tubuh. Selain berfungsi sebagai sumber energi, sayuran dan buah-buhan juga kaya akan serat, vitamin dan mineral yang akan membantu menjaga kesehatan badan. 

Berkaitan dengan berapa porsi sayuran dan buah-buahan ini sebaiknya dikonsumsi, kita bisa merujuk pada Pedoman Gizi Seimbang (PGS) yang diterbitkan oleh Kementerian Kesehatan RI. Dimana PGS ini merupakan penyempurnaan pedoman yang ada sebelumnya yakni 4 sehat 5 sempurna. 


Sumber: Kemenkes RI
PGS ini sendiri menyempurnakan pedoman yang ada sebelumnya dalam hal:

1. Penekanan Pesan

PGS tidak hanya menyebutkan jenis makanan apa yang sebaiknya dimakan, tapi juga mencakup pesan/prinsip berikut: mengonsumsi makanan beragam, membiasakan perilaku hidup bersih, melakukan aktivitas fisik, dan mempertahankan berat badan ideal.

2. Susu Bukan Penyempurna

Pada konsep PGS, susu dianggap pangan biasa bukan penyempurna. Susu termasuk dalam kelompok lauk-pauk dan dapat ditukar dengan jenis pangan lainnya. Sehingga tidak wajib mengonsumsi susu untuk “menyempurnakan” pola makan keseharian.

3. Penjelasan Mengenai Porsi

Pedoman Gizi Seimbang menyatakan tubuh membutuhkan asupan protein nabati 2-3 porsi, protein hewani 2-3 porsi, makanan pokok 3-8 porsi, sayuran 3-5 porsi, buah 3-5 porsi dan minum air mineral minimal 8 gelas per hari. 

4. Pentingnya Minum Air Mineral

Konsep PGS juga menjelaskan pentingnya mencukupi kebutuhan minum air mineral (minimal 8 gelas per hari). Selain kecukupan jumlahnya, kita juga harus mempertimbangkan keamanan dan kebersihannya.

Sumber: Kemenkes RI
Nah, PGS mempunyai 4 prinsip yang harus dipenuhi agar ada keseimbangan antara zat gizi yang masuk ke dalam tubuh dan zat gizi yang keluar/digunakan oleh tubuh. 

Keempat prinsip tersebut terdiri dari:

1. Mengonsumsi Makanan Beragam

Keberagaman makanan dibutuhkan untuk memenuhi semua zat gizi untuk menjamin pertumbuhan dan mempertahankan kesehatan tubuh. Karena tidak ada satupun jenis makanan yang mengandung semua jenis zat gizi secara lengkap, kecuali Air Susu Ibu (ASI). Itulah mengapa peran ASI sangat penting untuk bayi baru lahir sampai berusia 6 bulan.

2. Membiasakan Perilaku Hidup Bersih

Perilaku hidup bersih sangat terkait dengan prinsip Pedoman Gizi Seimbang. Membiasakan pola hidup bersih dalam keseharian akan menghindarkan diri dari kuman, virus atau bakteri penyebab penyakit. Karena penyakit infeksi merupakan salah satu faktor yang dapat memengaruhi status gizi seseorang, terutama bagi anak-anak. Sebab penderita penyakit infeksi akan mengalami penurunan nafsu makan, sehingga jumlah dan jenis zat gizi yang masuk ke tubuh pun kurang.

3. Melakukan Aktivitas Fisik

Agar ada keseimbangkan antara pengeluaran energi dan pemasukan zat gizi ke dalam tubuh maka aktivitas fisik secara rutin pun dibutuhkan.  Aktivitas ini meliputi segala macam kegiatan tubuh termasuk olahraga. Dimana ini merupakan upaya untuk menyeimbangkan antara pengeluaran dan pemasukan zat gizi. Selain itu, aktivitas fisik juga dapat melancarkan sistem metabolisme tubuh.

4. Mempertahankan dan Memantau Berat Badan Ideal.

Pemantauan Berat Badan menjadi bagian dari Pedoman Gizi Seimbang. Dengan tujuan mencegah terjadinya penyimpangan BB dari BB normal. Dan jika terjadi penyimpangan maka dapat segera dilakukan upaya pencegahan dan penanganan.


Sumber: kompasiana.com
Kemudian dalam pelaksanaannya ada 10 pesan Pedoman Gizi Seimbang yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan RI untuk masyarakat Indonesia  yang berusia dewasa, yaitu:
  1. Syukuri dan nikmati aneka ragam makanan
  2. Banyak makan sayuran dan cukup buah-buahan
  3. Biasakan mengonsumsi lauk pauk yang mengandung protein tinggi
  4. Biasakan mengonsumsi aneka ragam makanan pokok
  5. Batasi konsumsi pangan manis, asin dan berlemak
  6. Biasakan sarapan
  7. Biasakan minum air putih yang cukup dan aman
  8. Biasakan membaca label pada kemasan pangan
  9. Cuci tangan pakai sabun dengan air bersih mengalir
  10. Lakukan aktivitas fisik yang cukup dan pertahankan berat badan normal

Jus kekinian

Berkaitan dengan pesan kecukupan akan porsi sayuran dan buah-buahan, selain bisa memakan langsung, kita bisa juga mengonsumsinya dalam bentuk minuman. Minuman/jus sayuran dan buah-buahan bisa membantu tercukupinya kebutuhan zat gizi sehari-hari.

Selain sehat dan punya banyak manfaat, jus sayuran dan buah-buahan praktis karena bisa diminum kapan saja dan bisa dibawa kemana-mana.

Hanya sayangnya, kadang kita sulit menemukan beberapa jenis sayuran/buah-buahan yang kita inginkan. Belum lagi harus belanja banyak jenis sayuran/buah-buahan secara bersamaan. Juga waktu pengolahan menjadi kendala tersendiri terutama bagi yang memiliki banyak kesibukan.

Sementara beberapa varian jus sayuran dan buah-buahan yang telah beredar di pasaran seringkali tak berbahan alami. Karena adanya penambahan bahan pengawet, pewarna atau pemanis buatan.

Jus sayuran dan buah-buahan

Nah, untuk menjawab kebutuhan masyarakat, terutama yang tinggal di area Jabodetabek, Yas Jus, produsen jus sayuran dan buah-buahan yang berbahan alami dan tanpa bahan pengawet memiliki solusi.

Yas Jus tersedia dalam beberapa varian rasa, diantaranya:


COYNAS (Pakcoy-Nanas)


Jus Pakcoy Nanas

Manfaat Pakcoy:

Mengatasi obesitas
Menurunkan tekanan darah tinggi
Menurunkan kolesterol
Menjaga kesehatan mata
Menyehatkan kulit
Menyehatkan kandungan
Melancarkan dan memperbaiki kualitas ASI

COYDONG (Pakcoy-Kedondong)

Jus Pakcoy Kedondong

Manfaat Kedondong:

Mengobati peradangan
Obat anemia
Menjaga kesehatan gigi dan tulang
Anti kolesterol
Obat penyakit jantung
Asupan sehat untuk ibu hamil

WORNAS (Wortel-Nanas)

Jus Wortel Nanas

Manfaat Nanas:

Menurunkan tekanan darah
Menurunkan gula darah penderita diabetes
Meningkatkan kesuburan
Menyehatkan jantung
Menyehatkan kulit dan mata
Melancarkan pencernaan

WORDONG (Wortel-Kedondong)

Jus Wortel Kedondong

Manfaat Wortel:

Menjaga kesehatan mata
Mencegah penyakit jantung
Menjaga kesehatan otak
Anti radang
Anti penuaan dan kesehatan kulit
Menjaga kesehatan mulut

TOLE (Tomat-Lemon)

Jus Tomat lemon

Manfaat Tomat:

Meningkatkan produksi ASI
Mengurangi rasa sakit
Mengurangi darah tinggi
Mencegah penyakit jantung
Menurunkan berat badan
Menyehatkan mata

NASMON (Nanas-Lemon)


Jus Nanas - Lemon

Manfaat Lemon:

Melancarkan pencernaan
Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Menstabilkan tekanan darah tinggi
Merawat kesehatan mulut
Detoksifikasi racun dalam tubuh
Membantu menurunkan berat badan



Heuheu...kesemuanya segar, sehat dan berkhasiat!

Nah, bagi teman-teman yang berada di area Jabodetabek, Yas Jus ini bisa dipesan lewat WA 087774693193. Atau bisa juga kepoin Instagramnya di Yas Jus dan Facebook Yas Jus.

Sedangkan untuk harganya, pas dengan kantong kita-kita yaitu Rp 7.000/botol. (untuk pembelian lebih banyak akan ada potongan harga)

Jadi jika mau coba, silakan pesan dan tunggu di depan pintu yaa, Yas Jus akan dikirimkan via ojek online ke Jabodetabek area dengan segera! 😊

Praktis, kan?

Yas Jus, jus kekinian yang menyehatkan!




Salam Sehat,

Dian Restu Agustina


12 comments:

  1. wow, bisa jadi alternatif ya untuk yang ingin asupan sehat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak..bisa membantu memenuhi asupan gizi:)

      Delete
  2. Kalau sha, sampe sekarang masih gak doyan jus yang di mix gitu. Penasaran sama salah sau product jus di mall, yang mix tapi enak. sayang gak di jabotabek, jauh hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini meski di mix,, karena pas campurannya..rasanya lumayan sih Mbak :)

      Delete
  3. Aku kok tertarik yaaaaa :D. Pgn ih mau pesen. Sayur ama buah ini susah banget rutin dikonsumsi. Biasanya malah ga pernah. Kalo jd jus gini kan enak

    ReplyDelete
  4. Mbak Di... beritahu saya dong bagaimana caranya untuk suka sayur ? :(

    Gak semua sayur saya doyan, hiiiksss. Padahal tau betapa pentingnya konsumsi sayur.

    Takutnya nanti kalau udah punya bebi, bebi nya ikut-ikutan emaknya gak doyan sayur :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sebenarnya juga pemilih sama sayur, Mbak Tia..kwkwwk..Tapi syukurnya suami pelahap semua sayuran, jadi anak-anak lihat Bapaknya. Alhamdulillah sayur dan buah mereka suka, enggak kayak Ibuknya :D

      Delete
  5. Wow. Luar biasa bermanfaat infonya. Makasiih

    ReplyDelete
  6. Saya juga udah coba, rasanya enakkk. Anak saya suka bangettt..

    ReplyDelete
  7. Mupeng mbak Dian... Pas baca susu bukan penyempurna, wuih, happi banget saya. Hahaha.. Ketahuan nggak doyan susu seh

    ReplyDelete
  8. Minumanya lebih enak dingin kayanya ya mba.
    Bagus produknya, jadi solusi untuk anak2 yang susah makan sayur :)
    terima kasih untuk informasinya mba :)

    ReplyDelete